Blibli Tidak Memegang Janji untuk Pengembalian Dana Saya

Setelah Blibli menjanjikan pengembalian dana pada tanggal 4 Juni 2020, ternyata pada bulan ini hanya dikembalikan dalam bentuk voucher yang baru saya terima hari ini tanggal 20 Juni 2020. Awalnya saya ke situs Blibli.com untuk membeli HP (setelah konsultasi dengan Samsung) untuk model Galaxy S10 Lite. Saya sempat bertanya apakah barangnya merupakan sesuatu upgrade dari Samsung Galaxy S8+ dan dari pihak Samsung menyatakan ya.

Namun ternyata barang S10-nya tidak water resistant dan menurut saya bukanlah sebuah upgrade dari handphone lama saya. Begitu saya sadar atas kekeliruan saya, kurang dari 1 jam dari pembayaran (yang pasti barang belum dikirim) saya hubungi Blibli.com untuk membatalkan pembelian. Namun Blibli.com tidak mau mengembalikan uang saya, melainkan hanya berupa voucher. Karena saya membutuhkan HP lain untuk pribadi, saya terima solusi Blibli.com dengan syarat voucher dibagi beberapa bagian; untuk bayar telepon baru dan sedikit sisa untuk barang lain.

Gambar website yang bermasalah tercentang hitam tetapi berwarna lain.

Saya menggunakan voucher untuk beli HP Samsung Galaxy s9+ baru dengan voucher yang saya siapkan. Lewat beberapa hari HP baru datang dengan spesifikasi yang salah. Saya menawarkan blibli untuk mengirimkan barang yang benar kalau bisa cepat atau pengembalian dana. Blilbi.com memilih pengembalian dana. Lewat beberapa hari saya hanya dikembalikan ongkos kirimnya. Sesudah ditegur, Blibli.com baru mau mengembalikan dana sisanya dalam bentuk voucher. Padahal pengembalian dana sudah disetujui sama Blibli.com. Saya bukan pengacara, tetapi kalau di dalam bahasa Indonesia pengembalian dana itu lain dengan pengembalian voucher.

Kalau Blibli.com memegang dana saya, padahal blibli.com tidak bisa mengirimkan barang yang sesuai walaupun sudah diberi kesempatan, komitmen blibli.com untuk mempermudah pengembalian (https://kumparan.com/kumparantech/cara-blibli-com-puaskan-pelanggan-lewat-customer-service-1rnY5KB2QDf) adalah bohong belaka.

Sebagai konsumen saya dirugikan karena dana saya ditahan blibli.com, tidak bisa dipakai untuk barang yang seharusnya.

Indra Nurdjaja
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Blibli.com untuk Bapak Indra Nurdjaja

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak Indra untuk bertransaksi di Blibli.com dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Apakah blibli.com sebenarnya mengerti kalau pengembalian dana tidak sama dengan pengembalian voucher? Setelah melakukan pengembalian dana masih saja vouher yang dibalikan. Blibli tidak dapat memberikan produk yang benar ke saya pakai voucher. Sekarang dikasih voucher pun ngggak ada artinya.

    • Blibli belum melakuakan pengembalian dana. Dan pengembalian dana tidak sama dengan pengembalian voucher. Saya tidak terima pengembalian voucher. Jangan menyamakan hal tersebut di media koncumen.

      Tolong perhatikan dengan baik bahasa Indonesia nya pengembalian dana bukan pengembalian voucher. Kalau blibli.com salah kirim barang dan kemudian nggak punyabarang untuk dikirim, dana yang harus di kembalikan. Kalau nggak kunsumen harus tahu kalau cara kerja blibli seperti apa?