Mempertanyakan Kesiagaan Call Center Kartu Kredit HSBC

Saya adalah nasabah kartu kredit HSBC yang sering kali mengelus dada setiap kali menelepon Call Center kartu kredit HSBC. Hari ini saya ingin menanyakan hal yang berkaitan dengan tagihan kartu kredit saya. Sesuai dengan informasi yang tertera pada website resmi HSBC (hsbc.co.id), layanan Call Center kartu kredit HSBC dapat diakses selama 24 jam. Meskipun pada halaman website-nya tidak disebutkan harinya, dapat diasumsikan bahwa layanan Call Center kartu kredit beroperasional setiap hari selama 24 jam, hal ini pun saya konfirmasi pada salah satu Customer Service HSBC yang menangani masalah kartu debit dan perbankan. Namun sepanjang sejarah saya menggunakan kartu kredit HSBC, memang sulit sekali menghubungi Call Center kartu kreditnya pada jam malam, terutama pada hari Sabtu atau Minggu.

Hari ini, saya menghabiskan sekitar 20 menit mencoba menghubungi Call Center kartu kredit HSBC dengan hanya diberikan nada tunggu. Yang menerima saya hanya mesin penjawab yang meminta saya bersabar agar terhubung dengan Customer Service. Namun, total 20 menit ini adalah waktu yang sudah saya buang sia-sia untuk menunggu agar terhubung. Selain waktu, tentu saya juga membuang pulsa saya secara percuma.

Saya kemudian berinisiatif menghubungi Call Center HSBC yang melayani perbankan, dan ternyata tersambung. Saya menanyakan apakah bagian kartu kredit tutup di jam malam terutama di hari Minggu. Customer Service tersebut mengatakan bahwa layanan Call Center kartu kredit HSBC tetap beroperasi di hari Minggu dan di jam malam (ketika saya menelepon), dia mengatakan layanan kartu kredit sedang menerima banyak telepon dari customer lain terkait pembuatan PIN.

Kemudian Customer Service tersebut meminta data kartu kredit saya agar dapat dihubungkan ke bagian kartu kredit dan dijanjikan agar saya menunggu selama 1 atau 2 menit. Saya menyetujui, dan ternyata hingga menit ke 11 saya tidak juga terhubung dengan layanan kartu kredit HSBC. Karena saya merasa ini sudah terlalu lama, dan menimbang pulsa saya yang semakin terbuang percuma, saya berinisiatif mengakhiri telepon dengan nada tunggu tersebut.

Sebenarnya tidak sekali ini saja saya rasakan terkait sulitnya menelepon Call Center kartu kredit HSBC. Berkali-kali saya alami mulai dari tahun awal saya menjadi nasabah kartu kredit HSBC dan saya hanya bisa mencoba bersabar setelah waktu dan pulsa saya terbuang sia-sia. Jadi saya rasa alasan bahwa Call Center kartu kredit HSBC sedang sibuk melayani pembuatan PIN kartu kredit customer lain patut dipertanyakan kebenarannya.

Maka saya putuskan menulis surat ini sebagai bentuk kritik dan kekecewaan saya sebagai nasabah kartu kredit HSBC. Jika ini tetap dibiarkan, maka selamanya HSBC tidak akan melakukan perbaikan terhadap layanannya. Coba kita bayangkan, bagaimana seandainya saya mengalami kedaruratan yang berkaitan dengan kartu kredit saya? Semisal ada transaksi mencurigakan pada kartu kredit atau pembobolan pada kartu kredit, tentu nasabah haruslah secepat mungkin dilayani dalam hal darurat seperti itu. Apa jadinya jika nasabah yang mengalami kedaruratan pada kartu kredit tapi harus menunggu berpuluh-puluh menit hanya untuk menunggu terhubung ke bagian Call Center kartu kredit HSBC?

Pada tanggal 17 Juni 2020 pukul 16:25 saya juga menerima telepon dari HSBC (021 28541866) yang mengaku sebagai petugas survey pelayanan Call Center HSBC. Dari skor 1 hingga 10, saya memberi skor 6 pada layanan Call Center HSBC karena terkait lamanya waktu yang dibutuhkan untuk terhubung dengan bagian kartu kredit HSBC. Dan benar saja, hari ini terulang kembali kekecewaan saya. Apa yang terjadi pada layanan nasabah kartu kredit HSBC ini? Apakah bank sekelas dunia seperti HSBC kekurangan jumlah karyawan di Call Center-nya?

Saya harap ini agar menjadi perhatian serius pada perbaikan layanan HSBC, terutama pada layanan Call Center kartu kredit HSBC. Karena apapun urgensinya, nasabah kartu kredit adalah nasabah yang paling rentan terkena pembobolan kartu kredit dan tentunya Call Center kartu kredit HSBC haruslah selalu siaga 24 jam 7 hari, seperti yang jelas tertera pada informasi di halaman resmi HSBC. Tentu saja hal ini selaras dengan komitmen bank yang berkewajiban menjaga keamanan nasabahnya.

Semoga HSBC dapat memperbaiki dan segera meninjau dengan serius terkait pelayanan Call Center kartu kreditnya.
Terima kasih.

Yan Saputra Tanaiel
Sidoarjo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank HSBC Indonesia atas Surat Bapak Yan Saputra

Dengan hormat, Terkait dengan pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat mediakonsumen.com dengan judul “Mempertanyakan Kesiagaan Call Center Kartu Kredit HSBC”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya pengguna KTA HSBC, awalnya kesulitan komunikasi dengan crew KTA HSBC, tetapi saya gunakan komunikasi via email dan saya paksakan agar saya juga punya report komunikasi mengingat bila via call centre akan banyak makan pulsa, akhirnya semua clear dan aman.
    Demikian 🙏

  • barusan telepon tanya poin, cuman tanya soal poin aja penjelasannya bertele-tele dan tidak menguasai permasalahan, ditanya detailnya gimana pura-pura ga kedengeran halo halo terus menerus, saya tanya namanya langsung diam ga ada suara, apakah itu namanya profesional? sekelas HSBC lo...

  • @Pak Jimmy, iya memang dari dulu pelayanan HSBC terbilang buruk untuk para nasabahnya dan walaupun sudah banyak dikomplain sana sini pun tidak ada perbaikan kinerjanya. Awal2 mereka gencar menggaet nasabah CC dengan iming2 promo dan cashback tapi begitu sudah jadi nasabah ya siap2 gigit jari sama pelayanannya. Disini saja sudah banyak yang komplain, belum media2 lainnya. Silakan digoogle kl mau lebih banyak info..