Surat Pembaca

Refund tiket.com pada Order-id 90978695 Belum Juga Dibayarkan

Pada tanggal 1 November 2019, saya melakukan pembelian tiket pesawat Citilink QG 990 & QG 991, untuk tanggal 22 Mei 2020 dan kembali tanggal 28 Mei 2020, dengan Order-ID 90978695, dan kode Booking JHREPH atas Nama Saya sendiri, beserta Istri dan Anak untuk keperluan Mudik.

Kemudian pada tanggal 22 April 2020, saya mencoba untuk me-refund tiket tersebut, terkait dengan larangan terbang yang dikeluarkan oleh pemerintah, dengan nomor Refund-ID : 536874, dan pengajuan saya diproses oleh sistem tiket.com pada tanggal 23 April 2020.

Karena tidak ada informasi apapun dari tiket.com terkait dengan proses refundnya, saya mencoba untuk menanyakan terkait dengan progress refund saya pada tanggal 31 Mei 2020, dengan nomor case 04092266. Dan pihak CS tiket.com menjawab akan diupayakan akan menerima konfirmasi refund sebelum tanggal 10 juni 2020.

pada kenyataannya tanggal 10 Juni tidak ada informasi apapun dari tiket.com, padahal sudah mulai masuk 30 Hari kerja dari pengajuan awal refund pada tanggal 22 April 2020 lampau, jadi saya melakukan open case kembali pada tanggal 11 Juni 2020, dengan nomor case 04137372. Jawaban tim CS waktu itu adalah mentioned bahwa proses refund masih dilakukan maskapai, jadi pada saat itu juga saya coba konfirmasi ke pihak Citilink, menanyakan terkait dengan proses refund kode booking JHREPH tiket saya.

Alangkah kagetnya saya ketika pihak Citilink Memberikan konfirmasi bahwa Tiket saya dengan kode booking JHREPH sudah dilakukan refund pada tanggal 29 April 2020 yang lalu, dan meminta saya saya untuk melakukan konfirmasi langsung ke travel terkait, dalam hal ini adalah tiket.com

Kemudian saya konfirmasi kembali ke tiket.com perihal informasi yang saya dapat dari pihak citilink, bahwa refund sudah dilakukan. Dari sana pada tanggal 11 Juni tersebut, ada pihak tiket.com yang menelpon untuk melakukan konfirmasi tiket, dan saya menanyakan kapan refundnya bisa saya dapatkan, pada call tersebut pihak tiket.com mentioned akan langsung dikirimkan pada tanggal 11 Juni tersebut. Namun sayangnya setelah menunggu sampai dengan sore, email yang masuk HANYA menyatakan proses refund sedang dilakukan ๐Ÿ™

Pada tanggal 19 Juni 2020, saya kaget ketika menerima email bahwa case nomor 04137372 sudah dinyatakan close, dan pihak tiket.com meminta saya untuk mengisi survey terkait case tersebut, padahal Refund belum juga saya terima, tapi case sudah ditutup secara sepihak oleh tiket.com :(. Akhirnya saya langsung open case lagi pada tanggal tersebut, dan respond dari pihak tiket.com adalah akan mengupayakan untuk ditindaklanjuti, dan estimasi pelaporan โ€˜molorโ€™ kembali selama 14 hari kerja.

tanggal 22 Juni 2020, saya coba Open Case kembali mengenai progres refendnya, dan jawabannya seperti biasa, masih dalam proses, dan akan di upayakan maksimal. Saya mendapatkan nomor case baru, yaitu 04172035.

pada tanggal 26 Juni 2020, saya kembali melakukan open case ke tim tiket.com, dan saya masih menerima jawaban yang sama, akan diupayakan semaksimal mungkin, masih dalam proses ๐Ÿ™

Dimana tanggung jawab dari tiket.com terkait dengan refund tiket Customernya? padahal untuk kasus saya ini, dari pihak maskapi, yaitu Citilink, sudah melakukan refund tiketnya ke pihak tiket.com pada tanggal 29 April 2020. Namun sayangnya sampai detik ini, pada saat saya menuliskan pengalaman saya di surat pembaca, belum juga ada jawaban terkait dengan kepastian kapan saya bisa menerima refund saya ๐Ÿ™

Berikut pengalaman pribadi saya yang kurang menyenangkan terkait dengan refund tiket di tiket.com.

Mohon kiranya tiket.com dapat mengembalikan refund tiket saya.

Indra Prasetyo Nugroho
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kejadian yg sama dengan agen yg sama dan maskapai yg sama, cuma bedanya saya dibatalkan otomatis oleh maskapai ya.
    Anehnya lagi tiket.com menghapus history pembelian saya untuk tiket yg sedang saya refund. Dan di history proses refund juga tidak ada. Saya sudah telpon berkali2 tapi cuma bilang minta maaf akan diproses padahal proses sudah sejak bulan april.

  • Makin mengerikan pemesanan tiket via Online Travel Agent. Mendingan langsung ke maskapai, palingan selisih harga 30-50ribu. Mungkin bener juga duit Refund dari maskapai diputar dulu. Hadewwwh

  • saya sudah dari 15mei 2020 dari tiket.com
    belum mengembalikan dana saya.. sudah 3bulan lebih..jawabannya itu itu trua