Saya Sebagai Seller di Shopee Merasa Dirugikan dengan Ketidakjelasan Asuransi

Saya sebagai penjual merasa dirugikan, karena sebagai penjual saya melakukan penjualan barang seharga Rp. 1.648.000 di Shopee dan menggunakan kurir SiCepat, BARANG yang saya kirimkan HILANG SAAT pengiriman menggunakan SiCepat. Nomor resi 000754775291 , nomor pesanan Shopee: 200609BK8YGDE6.

Saya sudah membuat laporan ke sicepat dan diminta bukti invoice transaksi shopee yang tertera nominal harga barangnya. Dan pertanggal 29 Juni Shopee hanya melakukan ganti rugi senilai Rp400 rb ke saldo penjualan saya.

Saya sebagai seller sangat dirugikan dengan sistem Shopee yang tidak terbuka mengenai asuransi pengiriman barang. Tidak seperti di tokopedia yang ada pilihan buat buyer untuk membeli asuransi pengiriman. Di Shopee sama sekali gak ada pilihannya.

Hendrik
Medan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Saya Sebagai Seller di Shopee Merasa Dirugikan dengan Ketidakjelasan Asuransi

  • 2 Juli 2020 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Jualan di shopee memang gitu bos, baiknya kalo di shopee hanya membuka pengiriman via jnt aja karena di gerai kita bisa req asuransi luar (tentunya ada biaya tambahan) kalo ekspedisi yang lain setahu saya tidak ada.

    • 3 Juli 2020 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Kalau opsi jne cashless dishopee tidak bisa ditambah2 asuransi di counter kak…di tokopedia kan jelas …pembeli ada di beri pilihan mau nambahin asuransi atau non asuransi..dan penjual juga bisa set produk yg dijual wajib asuransi atau non asuransi..dan pembeli yg dikenakan biaya asuransi nya…di shopee bingung gan…memang sekarang saya baru tau kalau jnt bisa request asuransi..tp wajib info lg ke pekerja jnt nya .. jadinya repot gan ..sebelum nya saya cuman request pickup tinggal dijemput kurir pickup sekarang harus ngantar2 lagi ke counter jnt…

  • 2 Juli 2020 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Ok per tgl 2 juli 2020 ..shopee sudah mengembalikan sisa dananya kepada saya..terima kasih pihak media konsumen dan shopee yg sudah membantu menyelesaikan masalah ini..tolong ke shopee kalau bisa buat sistem pilihan asuransi kepada pembeli supaya seller nyaman jualan di marketplace kalian..thanks

    • 10 November 2020 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Gimana bisa jadi dikembalikan dananya kk? Saya juga baru mengalami hal yg sama.. dan dr sicepat hanya mau mengembalikan dana 400rb yg mana cuman setengah harga. Saat ini shopee blm ada tindakan apa2 ?

  • 25 Agustus 2020 - (14:42 WIB)
    Permalink

    hari ini saya mengalami hal yang sama tgl 25 agustus 2020
    barang saya hilang dan di ganti hanya 10x dari biaya ongkir. dan uang pembeli kembali full.
    kami sebegai penjual yang di rugikan. bagaimana sistem shopee ????

    • 4 Januari 2021 - (22:55 WIB)
      Permalink

      Betul, hanya Jnt yang bertanggung jawab. Kalau JNE sama sicepat udahlah. Ga bakal bertanggung jawab. Saya kirim barang lewat sampai 10 hari padahal estimasi maksimal 3 hari, dan pihak sicepat tidak mau bertanggung jawab. Sicepat sama JNE cuma mau untungnya doang. Kalau ada masalah mereka cuci tangan

  • 3 Maret 2021 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian hari ini nih. tanggal 15 Feb 2021 kirim barang senilai 1350k via JNE ke Makassar via JTR dengan total ongkir 84k. Hari ini tanggal 3 Mar 2021 pesanan dibatalkan sistem Shopee dengan alasan barang hilang oleh JNE.
    Dana kompensasi yg diberikan untuk penjual hanya senilai 10x ongkir saja yaitu 840k sedangakan dana pembeli kembali full.
    Ini bisa jadi celah buat permainan oknum nakal, karena kalo mereka dapet barangnya dan hanya mengganti 10x ongkir untungnya banyak sekali.
    Pihak Shopee harusnya bisa memberikan opsi asuransi pengiriman barang.

  • 30 Mei 2021 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Barang saya rusak dengan ekspedisi si cepat. Luar biasa memang..kecewa deh berjualan d marketplace seperti toko orange dan toko hijau.

    • 4 Maret 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Toko hijau ada asuransi yg cover kerusakan dan kehilangan yg disebabkan oleh tokopedia kak…di aktifkan aja asuransi nya…

  • 14 Agustus 2021 - (02:41 WIB)
    Permalink

    Ya ini shopee parah banget. Saya ada orderan dengan no: 210628FNH9J0U3 seharga 1 juta rupiah dengan tujuan Jakarta dengan kurir J&T, barang hilang. saya hanya dibalikin 90k. Gila ini penjual rugi parah. Mana tidak ada sistem asuransi lagi d shopee. Tolong balikin duit kami.

  • 16 Februari 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Shopee ini sih terus terang kalau soal asuransi kurang , jadi sangat SUPER high risk untuk seller. Solusinya, seller nanggung biaya asuransi waktu pengiriman , harganya harus dimark up.

    Saya di tokopedia barang 2 jutaan, itu klaim asuransi dibayar ama asuransi simas.
    Barang 50rb pun datang pecah, dibayar. mantab tuh.

    • 4 Maret 2022 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Masalahnya asuransi ga bisa di hidupkan dibelakang …sudah saya tanyakan ke kurir nya..iya tokopedia yg lebih jelas masalah asuransi …

      • 4 Februari 2023 - (13:47 WIB)
        Permalink

        saya barusan juga mengalami hal serupa dan ternyata banyak yg mengalaminya juga
        mohon dari penulis artikel bisa menjelaskan bagaimana caranya kok bisa dikembalikan semua dananya?
        agar bisa membantu para seller yg mengalami hal serupa
        terimakasih sebelumnya

  • 27 Mei 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Asuransi shopee sangat mengecewakan dan tidak jelas.
    Program asuransi yang baru telah diaktifkan tapi barang hilang dalam pengiriman, kompensasinya tidak jelas, malah merugi dipotong asuransi.
    Apa gunanya asuransi?
    Sebagai penjual, maka akan tidak berani menerima order jumlah besar dan stock produk terpaksa tidak bisa banyak.
    Jauh lebih aman dan jelas di tokopedia ya…

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Saya Sebagai Seller di Shopee Merasa Dirugikan dengan Ketidakjelasan A…

oleh Hendrik dibaca dalam: <1 menit
15