Tiket.com Belum Kembalikan Refund yang Sudah Diterima dari Maskapai Sejak 3 April 2020

Saya mengajukan refund tanggal 27 Maret 2020 melalui aplikasi tiket.com untuk pembelian tiket Citilink rute Pekanbaru-Surabaya penerbangan tanggal 28 April 2020 dengan kode booking E8KDMF dan rute Surabaya-Makassar penerbangan tanggal 8 Mei 2020 dengan kode booking A8PBGS karena pandemi Covid-19. Informasi dari pihak Maskapai, proses refund sudah selesai dan deposit sudah dikembalikan ke Tiket.com 3 April 2020.

Namun sampai sekarang, dana belum diteruskan ke konsumen. Saya telah menghubungi tiket.com berkali-kali melalui WA. Tanggal 11 April saya hanya disuruh menunggu dan mereka berjanji akan menyelesaikan dalam 14-30 hari kerja serta tidak perlu khawatir karena dana akan dikembalikan 100%..

Saya hubungi lagi tgl 30 April, 19 Mei, 26 Mei, 27 Mei jawabannya juga sama, walaupun sudah melawati 30 hari kerja dari percakapan pertama.

Tanggal 12 Juni saya hubungi lagi dan saya disuruh menunggu 1 hari kerja, tapi refund dana yang diterima dari maskapai citilink tidak juga dikembalikan.

Sampai pada WA dengan CS Tiket.com tanggal 18 Juni dan 19 Juni, saya hanya disuruh menunggu tanpa ada kepastian. Mereka malah balik bertanya kapan saya menelpon customer maskapai citilink serta meminta bukti percakapan. Apakah tidak terbalik!! Seharusnya mereka yang menelpon ke pihak maskapai citilink dan harus menunjukan bukti ke saya bahwa mereka sudah melakukan tanggung jawabnya. Tiket.com bahkan tidak bisa menjawab ketika saya bertanya apakah mereka sudah menelpon pihak maskapai perihal refund saya yang telah dikembalikan pada tanggal 3 April 2020. Tiket.com juga tidak bisa menunjukkan bukti apa pun bahwa refund sedang diproses. Dan malah berusaha mengganti refund dengan voucher yang sudah jelas tidak akan bisa kami gunakan untuk 1 tahun ke depan.

Terlihat jelas di sini tiket.com berupaya menahan dana tunai yang sudah diterima dari maskapai Citilink sejak tanggal 3 April 2020, kemudian berkelit untuk mengembalikan dalam bentuk tunai dan mau mengganti dengan voucher mengikuti peraturan tanggal 24 April 2020. Apakah memang seperti itu cara kerja travel agent sekelas tiket.com?? Seharusnya tiket.com memberikan apa yang menjadi hak konsumen yang telah dikembalikan oleh maskapai.

Mohon tanggung jawab Tiket.com. Terima kasih

Erick Victor Malaka
Poso, Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Erick Victor Malaka

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 1 Juli 2020 yang ditulis oleh Bapak Erick Victor Malaka berjudul “tiket.com Belum...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Setelah surat pembaca ini dimuat pihak tiket.com juga tetap tidak mengembalikam dana tunai berupa deposit yang telah dikembalikan dari maskapai pada tanggal 3 april 2020 pukul 22:17 dan pukul 22:21..
    Sangat disayangkan sikap dari tiket.com yang menahan dana refund berupa deposit yang telah mereka diterima dan tidak mau meneruskan kepada konsumen..
    Travel agent sekelas tiket.com ternyata bersikap seperti itu