Insentif Prakerja, Ketidaksiapan Sistem dan Sulitnya Perbarui Data GoPay, Merugikan Penerima Bantuan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya di sini ingin dapat solusi pemecahan dari masalah pemberian insentif Kartu Prakerja program gagasan dari Bapak Presiden yang sangat baik dan sangat membantu di kondisi sekarang ini.

Saya mengikuti program Kartu Prakerja setelah saya di PHK di perusahaan saya. tanggal 31 Maret 2020 Via Zoom.
saya mengikuti prosedur seperti apa yang terdapat di Kartu Prakerja dan saya menyelesaikan pendidikan online saya dan mendapatkan sertifikat tanggal 15 Mei 2020. Setelah itu muncul informasi jadwal insentif yang dimana seharusnya insentif pertama keluar pada tanggal 22 Mei 2020.

Karena ada permasalahan di Gopay yang terdaftar jadi insentifnya tidak dapat diproses. Dilihat dari keterangan dashboard kartu prakerja no KTP berbeda. Saya baru ingat bahwa dulu Gopay saya upgrade premium menggunakan SIM karena KTP saya masih resi dan tidak bisa dipakai untuk upgrade akun.

Lalu pada tanggal 18 Mei 2020 saya telepon pihak gopay untuk meminta solusi bagaimana kalau seperti ini mereka meminta saya kirim email dengan meminta foto KTP, screen shoot dashboard Kartu Prakerja, screen shoot penggunaan gojek gosend maupun Goride, screen shoot Penggunaan Gopay diaplikasi gojek dan mendapatkan Laporan ID: 31443948 PT. Gojek Indonesia.

 

Pada tanggal 19 Mei 2020 saya mengirim email ke alamat cs@go-pay.co.id dan mengikuti petunjuk mereka. Dan saya mendapat balasan pada tanggal 22 Mei 2020 yang menginformasikan data sedang diproses (terlampir). Pada tanggal 24 Mei 2020 saya kirim email kepada kartu prakerja dengan isi melaporkan masalah ini (terlampir) tapi tidak dapat respon sampai sekarang. Baru pada tanggal 25 Mei 2020 saya mendapat balasan lagi bahwa upgrade saya ditolak.

Pada tanggal 25 saya merespon surat dari gopay dan menanyakan dimana letak kesalahannya karena data yang saya berikan adalah data yang sebenarnya yang sah menurut hukum dan undang-undang Republik Indonesia. Setelah itu tanggal 26 Mei 2020 saya dapat balasan dari gopay bahwa data kita akan dilaporkan kembali (terlampir). Dan hasilnya sama juga ditolak dan terus muter-muter dengan jawaban yang sama. Setelah itu saya telepon ke kartu prakerja dan dapat jawaban bahwa sistem tidak bisa dirubah.

Bulan Juni aplikasi prakerja sudah ada tombol pemutusan rekening saya sudah gembira setelah sekian lama saya suratin ada jalan tapi saya coba tekan tombol pemutusan rekening dari juni sampe sekarang saya kirim surat belum bisa. Saya sampai menggunakan beberapa media handphone, laptop, komputer saya sengaja pinjam punya orang tetap tidak bisa malahan saya coba tengah malam sampe jam 3 pagi tetap tidak bisa karena saya pernah telepon operator katanya banyak yang melakukan pemutusan rekening jadi aplikasi sering gagal saya diminta hapus histori dan lain-lain coba 1 jam setelahnya saya sudah coba tetap tidak bisa dan sekarang update terbaru ada pernyataan gagal transfer bulan Mei sama Juni. Ya gimana tidak gagal sekarang masih belum beres juga permasalahannya.

Saya di sini hanya meminta yang sudah menjadi hak saya dan menyelesaikan masalah ini. Karena dapat merugikan kita selaku yang mendapatkan dana tersebut karena sampai sekarang saya tidak tahu bagaimana penyelesaiannya

Semoga dengan saya mengirimkan surat ini dapat mendapat penyelesaian terbaik. Karena bagaimanapun ini menjadi contoh untuk perbaikan kedepannya terima kasih. Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya lampirkan dengan data yang sebenarnya.

salam hormat

Rusli Handayani
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:101    Rata-Rata: 4.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

25 komentar untuk “Insentif Prakerja, Ketidaksiapan Sistem dan Sulitnya Perbarui Data GoPay, Merugikan Penerima Bantuan

    • 5 Juli 2020 - (08:50 WIB)
      Permalink

      asalamualaikum, saya jga mngalami hal tersebut, seharus nya insentif prakerja sudah turun, tp karna ada kendala pada gopay malah jadwal 2 insentif saya gagal

      saya sudah 2 bulan ngurus ke gopay sampai skarang belum ada hasil,

      saya juga sudah konfirmasi ke costomer prakerja tp hasil nya nihil

      mau di ganti ewalet nya gak bisa

      saran saya buat sistem agar bisa betindak cepat dan ada keputusan. biar tidak gantung

      • 5 Juli 2020 - (20:03 WIB)
        Permalink

        Sama saya jg..padahal akun gopay saya udh ke upgrade..tpi belom cair jg.di email pihak prakerja..jawabnnya harus sabar.ampe sekarang belom cair jg.tolong diperjelas.

      • 6 Juli 2020 - (12:51 WIB)
        Permalink

        Sy udah 2 kali ganti e-walet di kartu prakerja ovo SM link aja …krn Maslah foto KTP buram dan Selfi foto dianggap muka beda …saya ganti ke BNI Alhamdulillah yg pertama sdh dikirm tp yg ke 2 belum jadwal 2 Juli..

  • 5 Juli 2020 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Masalah saya berhubungan dengan prakerja, pdhl saya sudah menyelesaikan pelatihan, dan utk mengikuti pelatihan ini saya menghabiskan banyak kuota. Saya sangat senang ketika saya bisa mendptkan sertifikat pelatihan saya. Pd bulan mei saya sudah menerima pencairan incentive saya, ini bagaikan pertolongan Tuhan diwaktu saya sbg kepala keluarga hrs menerima dirumahkan tanpa pesangon. Duit incentive itu bisa membeli beberapa kebutuhan pokok istri dan anak anak saya. Pencairan itu di lakukan ke rekening e wallet saya OVO, tp krn memang keuangan saya lg sempit saya lupa mengisi pulsa no handphone saya yg terdaftar di rekening ovo saya. Saya sudah ajukan pergantian ke pihal OVO dan sudah bisa diganti, tapi yg menjadi petaka adalah rekening saya yg di prakerja tdk bisa di update, saya sudah coba email dan telp ke CS prakerja tp tdk bisa email selalu gagal, telp ke cs tdk pernah bisa nyambung, saya klik akun putuskan rekening di prakerja jg tdk bisa, mohon kepada pihak yg berwenang di prakerja dan bapak presiden yg menyelenggarakan program prakerja ini saya dibantu penyelesaian masalah saya agar saya dpt menerima manfaat dr prakerja, krn saya sudah mengikuti pelatihan yg memakan banyak waktu dan biaya kuota.

    Hormat saya
    Sues japanal h

    • 5 Juli 2020 - (09:50 WIB)
      Permalink

      Saya juga memiliki masalah yang sama, malahan saya baru pertama kali pakai gopay tapi uprade gopay plus saya selalu ditolak, padahal dokumen yang saya unggah sudah sesuai ketentuan dan udah coba ganti di beberapa Hp, masak gak ada yang keterima satupun.
      Udah lapor cs gopay, alasan ditolak enggak jelas, yang balas robot. Saya merasa ada yg bermasalah dari aplikasi gojek tersebut. Saya malah merasa dirugikan dengan adanya kartu prakerja karena sudah banyak kuota internet yang saya habiskan untuk menyelesaikan pelatihan kartu prakerja. Awal nya sempat senang karena adanya fitur penggantian rekening, tapi ternyata gak bisa dipakai juga. Sistem nya selalu bermasalah. Dan sekarang intensif saya sudah berubah jadi gagal. Saya selalu berdoa semoga ada solusi dari pihak gopay maupun prakerja, agar apa yang menajadi hak saya dapat saya terima. Terimakasih.

      • 5 Juli 2020 - (11:29 WIB)
        Permalink

        Saya sebener surat yang ini sudah dikirim ke prakerja dan diteruskan ke Diteruskan kepada :
        Presiden Republik Indonesia melalui Staf Kepresidenan Indonesia (KSP)
        Sekretariat Negara Republik Indonesia
        Kementrian koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia
        Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia
        Ombudsman Republik Indonesia
        Kartu Prakerja Indonesia
        Go-pay/Gojek PT Aplikasi Karya Anak Bangsa
        Tapi belom ada realisasi saya maaf sekali bukan lebay atau gimana saya masih apply keperusahaan2 tapi masih belum ada panggilan saya g nerima bansos apapun kok lantaran dlu saya bekerja karena sekarang kondisi sulit tadi nya ini sebagai jalan untuk bantu saya minimal mengurangi beban saya tapi kalau sekarng saya jg ga bisa begitu berharap kita harus tetap berusaha. Buat temen2 yang sama seperti saya tetap semangat ya semoga pandemi ini bisa berakhir kita jg support pemwrintah ko ini adalah wujudnya memberikan masukan untuk diperbaiki supaya tidak banyak lagi masyarakat yang mengalami nya. Semoga bisa didengarkan. Salam buat semua ya 🙂

        • 6 Juli 2020 - (19:26 WIB)
          Permalink

          Sy slh satu peserta prakerja gelombang kedua . Sy mengikuti program prakerja dikarenakan usaha tenant makanan sy di area wisata d tutup karena pandemi . Hrs nya tgl 10 Juni 2020 sy mendapatkan insentif yg kedua . Pd tgl 25 Juni sy mengirim email k fihak prakerja utk menanyakan hal itu , bkn nya cair status insentif berubah dari ” belum diproses ” menjadi ” gagal ” . Lalu sy kembali mengirimkan email k fihak prakerja , jgn kan d jwb …terkirim pun tidak k fihak prakerja . Sy hanya ingin tahu knapa bs ” gagal ” ? No KTP sama dgn yg ad d link , posisi jg msh tersambung , link pun msh aktif n sdh d upgrade . Sy jg sdh memberikan rating n review kembali k fihak pelatihan yg sdh sy ikuti . Mhn penjelasannya biar sy tdk bnyk berharap . Trs terang uang segitu buat sy sangat membantu , sy berencana membuka usaha kecil-kecilan d rmh jika menerima uang insentif itu . Tp ternyata sampai sekarang blm ad kejelasannya

      • 5 Juli 2020 - (17:18 WIB)
        Permalink

        Sama seperti yang saya alami
        Saya pakai linkaja isentif pertama berhasil isentif kedua yg seharusnya tgl 19 juni sampe sekarang belum juga cair dan status di dashbord gagal .. padahal saya sudah beri rating dan ulasan. Kata pihak skillacademy saya suruh hubungi cs.prakerja
        Sedangkan dari cs prakerja tidak ada tanggapan sama sekali

  • 5 Juli 2020 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Sama persis saya bang, tidak ada penyelesaian ,dua insentif sudah lewat masalah NIK tidak selesai .insentif tanggal 11 mei dan insentif 10 juni seakan terbang.Sudah saya urus , semua syarat sudah saya kirim tapi endingnya suruh nunggu, fitur ganti rekening tidak bisa digunakan walaupun sudah ganti hp,maupun ganti browser ,dan itu sudah saya coba pagi ,siang , malam, sampai kapan insentif itu bisa cair saya tidak tahu.Mohon pihak gopay maupun pihak prakerja menanggapi keluhan kami dengan serius.Terimakasih.Beri kami solusi tidak mengambang seperti ini.

  • 5 Juli 2020 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Saran saya gak usah pakai gojek,pakai BNI aja yg udah jelas kredebelitas nya,
    Klo perlu demo aja ke kantor gojek klo gak ajak temn2 kita blokir gojek,,kasihan Klian yg selalu gagal nrima dana prakerja gara2 gojek.

    • 5 Juli 2020 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Saya pakai pertama sudah cair dan isentif kedua 19juni status di dashbord gagal. Padahal saya udah beri rating da ulasan

    • 6 Juli 2020 - (10:56 WIB)
      Permalink

      saya kemarin belum beres ktpnya masih suket baru minggu kemarin baru cetak e-ktpnya, mau ganti rekening tidak bisa sampai sekarang.

  • 5 Juli 2020 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Kelihatannya pilih BNI yang paling tepat, meskipun di twitter jg ada yg masalah meski pakai BNI. Ya memang pada dasarnya programnya yg harus dibenahin, mudah-mudahan channel untuk komplain bisa lebih banyak dibuka oleh prakerja. Semoga jadi perhatian presiden agar tidak terjadi backlash, kalau perlu direview menterinya.

  • 5 Juli 2020 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga,padahal 2 pelatihan sudah sukses dan sertifikat sudah tampil didashboard,insetif pertama cair tanpa terkendala dan itu berarti data nik ktp,prakerja dan ewallet saya sama,kenapa yang kedua gagal,pihak prakerja pun jika diemail balasannya hanya sistem,apalagi ditelp susahnya minta ampun,kepada YTH Pihak Prakerja,jika memang proses pencairan gagal,mohon diberitahu didashboard apa yang harua kami perbaiki.

    Hormat Saya

    EKO YULIANTO

  • 5 Juli 2020 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Permasalahan Sama persis seperti saya juga,tidak ada penyelesaian ,dua insentif sudah lewat masalah NIK tidak selesai
    karena perbedaan antara alamat di nik sim A dan KTP, sedangkan email dan nomor telp antara gopay dan prakerja sama. perbedaan nik karena saya sudah pindah tempat tinggal.insentif tanggal 11 mei dan insentif 10 juni tampil di dasboard tertera “GAGAL”. saya sudah buat laporan kepihak gopay sejak 19 mei 2020 dan diminta menunggu dan akhir nya dapat balasan tanggal 5 juli 2020, bahwa tidak dapat di proses. pihak gopay saya nilai lamban karena saya sudah pengaduan sejak mei . demi untuk mendapatkan kepastian sampai menunggu 1bulan lebih. dan akhir nya kekecewaan yg saya dapatkan. secara hukun akun gopay adalah sah dan real milik saya pribadi, di prakerja fitur ganti rekening jg tidak bisa digunakan walaupun saya sudah ganti device maupun ganti browser ,dan itu sudah saya coba tiap waktu pagi ,siang ,dan beberapa malam, bahkan sampai begadang.demi agar insentif saya cair.lalu sampai kapan insentif saya bisa cair? mungkin bagi yang berduit uang Rp.1.200.000 tidak berarti, tetapi bagi saya nominal tersebut sangat lah berarti. sudah email pihak prakerja masih tidak ada respon. Mohon pihak prakerja berikan solusi. dan pak mentri serta pak presiden bisa bantu kami, terima kasih

  • 5 Juli 2020 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Sy pki BNI, smpi sekarang insentif kedua jg belum cair yg seharusnya tgl 17 juni lalu, sudah seminggu lebih sedang diproses tp belum jg berhasil, pd hal dana tsb sangat sy butuhkan untuk biaya hidup, tolonglah pihak manajemen prakerja segerah cairkan insentif kami….

  • 6 Juli 2020 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama untuk e-wallet gopay,,sudah nlpn cs dan email berkali2 di janjikan terus,, di minta data sudah saya kirim baik tampilan akun maupun video akun gojek saya, ternyata hasil nya sama sama ,,lalu saya memutuskan datang ke kantor gojek
    Hari selasa di janjikan akan cair,ternyata nihil ..jumat saya kembali ke kantor gojek ternyata sama sama karena di gojek tidak ada pelayanan berhadapan langsung sampai akhir nya saya di suru menunggu tlpn dari cs gopay,,dan alhasil ternyata akun saya bermasalah…hadehh
    Akhir nya saya memilih untuk di refund ke rekening saya..dan akhir nya di suru nunggu 14 hari kerja..
    Itu kalo beneran terlaksana
    Kalo ngak ya zonk lagi aja
    2 kali terima insentif 2x zonk

  • 6 Juli 2020 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami kendala pĂ da saat akan di transfer dana insentif saya.karena saya mencoba mengganti e wallet saya yg tidak bisa di upgrade ke gopay plus tetapi pada saat saya mengganti e wallet saya selalu gagal dan tertera tulisan kalo e wallet ini sudah pernah saya pergunakan,padahal pada kenyataannya saya belum pernah menggunakan gopay plus saya ini ke prakerja.yg semula saya memakai ovo ( karena tidak bisa di upgrade ) saya mencoba e wallet lain gopay plus yg bisa di upgrade untuk mengganti e wallet yg terupgrade atas peintaan kartu prakerja.

  • 6 Juli 2020 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Waktu intensif yg pertama dlu aku sempat takut gkdapat intensif karena pakai rekening atas nama kakak saya akhirnya saya tlpn pihak call center katanya gpp klo rekeningnya gkada kendala.
    Eh kok intensif yg kedua tulisannya gagal mau ganti rekening tapi didasboard gkbisa saya mau gimana tlpn pihak call center sibuk trs, email pun gkdapat balasan web pemerintah kok gini amat yak gkbagus katanya ada pembenahan tpi mana humm klo gagal mulu yaudahlah gkberharap lagi intensif dri pemerintah dah pakai aja tuh uangnya sono gkpeduli gue bikin kecewa rakyat mulu heran deh

  • 9 Juli 2020 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Intesif 1 intensif 2 gagal uprage gopay plus tidak bisa karena KTP resi tidak bisa terferifikasi namun fitur putuskan rekening selalu gagal hubungi cs tidak bisa selalu full kirim email balasan tidak jelas produk gagal jadinya

  • 28 Juli 2020 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Programnya sih sudah bagus sebenarnya. Aku sendiri ngerasa terbantu dgn adanya program ini. Terlepas dr insentif, pelatihan yg aku ikuti di Pintaria kmrn bermanfaat untuk mulai usaha dan alhamdulillah sejauh ini usahaku lancar. Semoga yg lain jg merasakan manfaat yg sama

 Apa Komentar Anda?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Insentif Prakerja, Ketidaksiapan Sistem dan Sulitnya Perbarui Data GoP…

oleh Rusli dibaca dalam: 2 min
25