Surat Pembaca

Insentif Prakerja, Ketidaksiapan Sistem dan Sulitnya Perbarui Data GoPay, Merugikan Penerima Bantuan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya di sini ingin dapat solusi pemecahan dari masalah pemberian insentif Kartu Prakerja program gagasan dari Bapak Presiden yang sangat baik dan sangat membantu di kondisi sekarang ini.

Saya mengikuti program Kartu Prakerja setelah saya di PHK di perusahaan saya. tanggal 31 Maret 2020 Via Zoom.
saya mengikuti prosedur seperti apa yang terdapat di Kartu Prakerja dan saya menyelesaikan pendidikan online saya dan mendapatkan sertifikat tanggal 15 Mei 2020. Setelah itu muncul informasi jadwal insentif yang dimana seharusnya insentif pertama keluar pada tanggal 22 Mei 2020.

Karena ada permasalahan di Gopay yang terdaftar jadi insentifnya tidak dapat diproses. Dilihat dari keterangan dashboard kartu prakerja no KTP berbeda. Saya baru ingat bahwa dulu Gopay saya upgrade premium menggunakan SIM karena KTP saya masih resi dan tidak bisa dipakai untuk upgrade akun.

Lalu pada tanggal 18 Mei 2020 saya telepon pihak gopay untuk meminta solusi bagaimana kalau seperti ini mereka meminta saya kirim email dengan meminta foto KTP, screen shoot dashboard Kartu Prakerja, screen shoot penggunaan gojek gosend maupun Goride, screen shoot Penggunaan Gopay diaplikasi gojek dan mendapatkan Laporan ID: 31443948 PT. Gojek Indonesia.

 

Pada tanggal 19 Mei 2020 saya mengirim email ke alamat cs@go-pay.co.id dan mengikuti petunjuk mereka. Dan saya mendapat balasan pada tanggal 22 Mei 2020 yang menginformasikan data sedang diproses (terlampir). Pada tanggal 24 Mei 2020 saya kirim email kepada kartu prakerja dengan isi melaporkan masalah ini (terlampir) tapi tidak dapat respon sampai sekarang. Baru pada tanggal 25 Mei 2020 saya mendapat balasan lagi bahwa upgrade saya ditolak.

Pada tanggal 25 saya merespon surat dari gopay dan menanyakan dimana letak kesalahannya karena data yang saya berikan adalah data yang sebenarnya yang sah menurut hukum dan undang-undang Republik Indonesia. Setelah itu tanggal 26 Mei 2020 saya dapat balasan dari gopay bahwa data kita akan dilaporkan kembali (terlampir). Dan hasilnya sama juga ditolak dan terus muter-muter dengan jawaban yang sama. Setelah itu saya telepon ke kartu prakerja dan dapat jawaban bahwa sistem tidak bisa dirubah.

Bulan Juni aplikasi prakerja sudah ada tombol pemutusan rekening saya sudah gembira setelah sekian lama saya suratin ada jalan tapi saya coba tekan tombol pemutusan rekening dari juni sampe sekarang saya kirim surat belum bisa. Saya sampai menggunakan beberapa media handphone, laptop, komputer saya sengaja pinjam punya orang tetap tidak bisa malahan saya coba tengah malam sampe jam 3 pagi tetap tidak bisa karena saya pernah telepon operator katanya banyak yang melakukan pemutusan rekening jadi aplikasi sering gagal saya diminta hapus histori dan lain-lain coba 1 jam setelahnya saya sudah coba tetap tidak bisa dan sekarang update terbaru ada pernyataan gagal transfer bulan Mei sama Juni. Ya gimana tidak gagal sekarang masih belum beres juga permasalahannya.

Saya di sini hanya meminta yang sudah menjadi hak saya dan menyelesaikan masalah ini. Karena dapat merugikan kita selaku yang mendapatkan dana tersebut karena sampai sekarang saya tidak tahu bagaimana penyelesaiannya

Semoga dengan saya mengirimkan surat ini dapat mendapat penyelesaian terbaik. Karena bagaimanapun ini menjadi contoh untuk perbaikan kedepannya terima kasih. Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya lampirkan dengan data yang sebenarnya.

salam hormat

Rusli Handayani
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sama saya juga mengalami kendala pàda saat akan di transfer dana insentif saya.karena saya mencoba mengganti e wallet saya yg tidak bisa di upgrade ke gopay plus tetapi pada saat saya mengganti e wallet saya selalu gagal dan tertera tulisan kalo e wallet ini sudah pernah saya pergunakan,padahal pada kenyataannya saya belum pernah menggunakan gopay plus saya ini ke prakerja.yg semula saya memakai ovo ( karena tidak bisa di upgrade ) saya mencoba e wallet lain gopay plus yg bisa di upgrade untuk mengganti e wallet yg terupgrade atas peintaan kartu prakerja.

  • Waktu intensif yg pertama dlu aku sempat takut gkdapat intensif karena pakai rekening atas nama kakak saya akhirnya saya tlpn pihak call center katanya gpp klo rekeningnya gkada kendala.
    Eh kok intensif yg kedua tulisannya gagal mau ganti rekening tapi didasboard gkbisa saya mau gimana tlpn pihak call center sibuk trs, email pun gkdapat balasan web pemerintah kok gini amat yak gkbagus katanya ada pembenahan tpi mana humm klo gagal mulu yaudahlah gkberharap lagi intensif dri pemerintah dah pakai aja tuh uangnya sono gkpeduli gue bikin kecewa rakyat mulu heran deh

  • Intesif 1 intensif 2 gagal uprage gopay plus tidak bisa karena KTP resi tidak bisa terferifikasi namun fitur putuskan rekening selalu gagal hubungi cs tidak bisa selalu full kirim email balasan tidak jelas produk gagal jadinya

  • Programnya sih sudah bagus sebenarnya. Aku sendiri ngerasa terbantu dgn adanya program ini. Terlepas dr insentif, pelatihan yg aku ikuti di Pintaria kmrn bermanfaat untuk mulai usaha dan alhamdulillah sejauh ini usahaku lancar. Semoga yg lain jg merasakan manfaat yg sama

  • selamat siang semua
    saya mau update informasi setelah menunggu beberapa bulan akhirnya terputus sendiri rekening nya sehingga saya bisa merubah ke aplikasi link aja dan alhamdulillah kemarin sudah cair dana insentif pertama saya yg harusnya bulan ini terakhir saya menerima bantuan, mungkin program ini harus benar2 disiapkan terlebih dahulu karena banyak teman2 kita yang benar2 membutuhkan bisa terbantu dengan cepat. apalagi sekarang ada program baru yang buat pekerja gaji dibawah 5 juta dapa insentif. mudah2 program tersebut bahkan semua program yg bertujuan untuk membantu masyarakat dapat berjalan dengan baik. amiin buat teman2 semangat... salam

    • Maaf mas mau tanya, itu insentif nya hanya dapat satu kali atau tetap 4 kali?
      Saya juga mengalami kendala, dompet gopay saya tiba2 diblokir. Sudah email k pihak gojek tapi jawabannya tidak jelas, saya harus gimana ya? Coba putuskan rekening tetap gagal

  • Mohon maaf saya mau bertanya kan saya sudah memutuskan rekening dari gopay ke ovo tapi sebelum putuskan rekening itu dijadwal intensif saya sedang proses, apa nanti itu mempengaruhi intensif saya atau tidak? Soalnya saya mengkhawatirkan masuk diakun gopay tidak masuk diakun ovo saya, karna akun gopay saya terblokir oleh pihak gopay. Mohon pencerahannya