Sulitnya Pengajuan Restrukturisasi ke Bank DBS

Selamat pagi,

Saya Malta Lungidta dengan nomor pinjaman 7800975851, telah 3 bulan menunggak. Dan dari bulan Maret telah mengajukan permintaan restrukturisasi pinjaman. Namun sampai sekarang tidak ada kejelasan mengenai pengajuan saya sampai akhirnya tunggakan berjalan 4 bulan.

Lalu bagian penagihan menghubungi saya agar saya membayar 1x cicilan dahulu agar pengajuan program restrukturisasi saya bisa diproses, namun hingga saat ini saya sama sekali tidak dibantu oleh Bank DBS. Saya sudah tidak sanggup kalau harus tiap bulan membayar sesuai nominal cicilan pada saat ini dikarenakan kondisi saat ini sedang susah dimana-mana. Bisnis saya juga tutup.

Sulit sekali meminta restrukturisasi ke pihak DBS. Setiap menelepon hanya menagih dan menagih dan tidak ada solusi.Saya kalau tidak sulit seperti ini tidak akan menunggak ataupun macet pembayaran. Saya sangat kecewa Bank besar sekelas DBS tidak bisa melihat niatan dari nasabah yang niat bayar dan yang tidak, mereka tetap keukeuh tidak mau memberikan keringanan. Padahal sudah jelas ada kebijakan yang dikeluarkan OJK.

Dan sehubungan dengan kebijakan OJK tentang restrukturisasi terdampak Covid-19 dimana di dalam surat itu dinyatakan, bahwa debitur dapat kelonggaran pembayaran untuk:

a. penurunan suku bunga;

b. perpanjangan jangka waktu;

c. pengurangan tunggakan pokok;

d. pengurangan tunggakan bunga;

e. penambahan fasilitas kredit/pembiayaan;

f. konversi kredit/pembiayaan menjadi Penyertaan Modal Sementara.

Berbagai skema tersebut diserahkan sepenuhnya kepada bank dan sangat tergantung pada hasil identifikasi bank atas kinerja keuangan debitur ataupun penilaian atas prospek usaha dan kapasitas membayar debitur yang terdampak COVID-19. Jangka waktu restrukturisasi ini sangat bervariasi tergantung pada asesmen bank terhadap debiturnya dengan jangka waktu maksimal 1 (satu) tahun.

Saya selalu bekerja sama kepada pihak Bank DBS untuk mencari solusi pinjaman saya yang macet. Dan saya juga telah membuat surat ke media konsumen ini tentang permasalahan saya. Tetap belum mendapatkan keringanan. Kami ini tolong jangan dipersulit yang niat bayar dan tidak kabur dari tanggung jawab.

Terima kasih.

Malta Lungidta
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank DBS Indonesia:
[Total:9    Rata-Rata: 3.8/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Malta Lungitda

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

14 komentar untuk “Sulitnya Pengajuan Restrukturisasi ke Bank DBS

  • 7 Juli 2020 - (01:08 WIB)
    Permalink

    Hallo mba Malta.

    Saya korban PHP restrukturny mba. Saya udah males nego nya. Sekarang saya bayar sesuai kemampuan aja. Dari deskcoll satu ke deskcoll lainnya suka beda beda infonya.oia stiap ada telp di record otomatis mba. Kadang ada deskcoll yg suka lupa ingatan atas apa yg mereka ucapkan.saya slalu rekam jdi klo ada perbedaan info bisa saya komplen.

    • 7 Juli 2020 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Salam kenal mba Malta & mba Ayu, saya juga disuruh bayar 1 bulan dulu oleh DBS agar bisa ditindaklanjuti proses restrukturisasi. Dan bulan Juli ini sudah menunggak 4 bulan. Maksud Mba Ayu diPHP in apakah Mbanya sudah membayar 1bulan dulu tapi tidak bisa direstruktur ? Jadi sekarang bayarnya sesuai nominal tagihan atau ga?

      • 7 Juli 2020 - (15:27 WIB)
        Permalink

        Hallo mba dini

        Ya mba jadi gini mba klo sudah masuk ke keterlambatan 90hari itu sudah tidak bisa di proses restruktur mba kata deskcoll atas nama pak bernadus(beliau baik menginfokan jelas) tapi kata pak ujang bisa ,akhirnya saya coba pastikan dulu dan hasilnya memang sudah tidak bisa kalau sudah 90hri keterlambatan. Saya sampai skrg bayar cuma setengah nya atau kadang dibawhnya krn saya gaji lagi 50%.
        Saya pernah ditawari pembayaran composite (sekali bayar dalam jumlah besar dan dapat diskon) tapi masih gede jg mba. Jdi sya msh bayar yg sesuai saya mampu aja..

        Klo mba dini bagaimana?msh d telp?bayarnya?

        • 7 Juli 2020 - (16:15 WIB)
          Permalink

          Halo Mba Ayu, namun menurut Bu amalia bagian penagihan, pengajuan restruktur bisa diajukan di tunggakan 3 bulan.

      • 7 Juli 2020 - (16:14 WIB)
        Permalink

        Halo mba ayu, awalnya saya pengajuan restruktur dari ga ada tunggakan, lalu waktu jalan 2 bulan pengajuan restruktur sy ditanganin sama bapak siapa namanya saya lupa lalu ga ada kabar lagi bagai ditelan bumi, lalu jalan 3 bulan pengajuan saya dihandle lagi sama orang berbeda dengan Pak Alam, lalu hilang lagi kabarnya, lalu jalan tunggakan 4 bulan dihandle sama org berbeda dengan bu amalia disuruh bayar 1 bulan dulu krna program restruktur bisa diajukan kalau tunggakan 3 bulan. Lalu sudah saya bayar, lalu hilang lagi tuh kabarnya mengenai pengajuan restruktur saya. Sampai akhirnya saya tulis disini keluhan saya.

        • 7 Juli 2020 - (16:22 WIB)
          Permalink

          Ya mba Malta. Smoga program nya dapat yaa mba. Saya skrg klo d telp di tagih ya saya jwb aja.gajian jg sebulan skali.ya setoran pas gajian.

          Emang gt mba suka ngilang ga jelas. Kejar terus aja mba krn nanti ada aja mba alasannya.

          Tapi so far saya akui, deskcoll yg handle saya walopun kdang suka beda beda infonya tapi mreka msh baik mba. Msh bs ngerti. Tapi klo deskcoll yg prempuan ada bberpa nama saya ingat, pada nagih kayak bank punya dia aja.

          Intinya slama kita msh pny niat baik buat bayar.kita bayar ya mba.mba malta ngangsurnya msh jalan?

  • 7 Juli 2020 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Tiap hari ditelponin mba, jadi kalo sdh lewat 90 hari sdh ga bisa direstruktur, kenapa ga dari awal aja mereka bilang kalau mau direstruktur syaratnya harus bayar dulu. Saya sudah balas link yang mereka kirim tapi jawaban akhirnya seperti ini. Sebelum tanggal jatuh tempo hrs sdh dibayar, saat ini belum ada uang dan fokus buat keperluan sehari-hari. Mba Ayu kan bayarnya ga sesuai nominal terus denda dan bunganya nambah terus?

    • 7 Juli 2020 - (16:38 WIB)
      Permalink

      Mba dini..
      Ya mba d telp tapi klo d telp mba ajak sharing saja. Sbnrnya mreka msh enak mba di ajak diskusi. Mreka msh bs ngerti keadaan. Cuma kadang emg klo pas nemu deskcoll yg ga tau diri klo nagih y ku komplen krn aku bukan galbay tp hanya bayar kurang. Kan beda y mba. Aku gaa trima lah d perlakukan kayak galbay.

      Ya aku bayar hanya 2jt.cicilanku 4,8. Ya nambah si cumaa dripads ga bayar ya mba. Sbnrnya manajemen Dbs bs d ajak nego. Smoga mba dpt deskcoll yg pas ya dan yg punya hati plusss ngerti produk(karena da beberapa nagih doang tp ga paham hehe) jdi mba nanti bs d bantu arahkan bagaimana solusinya.

    • 7 Juli 2020 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Mba dini mba malta.

      Klo ga bayar gt di wa ma dc lapangan ga?aku pernah dlu di wa.tp aku gamau urusan ma mreka.aku urus ma internal dbs

  • 7 Juli 2020 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Baru ditelpon aja, kalo wa takutnya bukan org DBS dan mau manfaatin aja krn tau data kita. Saya jg cicilan 2,2/bln. Tp mba Ayu msh ditelponin terus walau udah bayar separo. Kalo bisa separo saya juga mau byr sesuai kemampuan saya, intinya kan tetap ada itikad baik buat bayar.

    • 7 Juli 2020 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Masih mba d telponin 😂 ya mau gimana lgi.biarin aja.tp klo sampe sy d perlakukan kayak galbay , malah saya ga bayar beneran.dulu ada mba dc lapangan wa mau ktemu. Syaa blg aja..klo sampe ada yg samperin saya kekantor atau k rumah.ga akan saya bayar. Krn saya merasa di permalukan.

      Akhirnya saya suratin ke media konsumen
      Sampe skrg alhmdllh yg handle internal Dbs

        • 11 Juli 2020 - (11:18 WIB)
          Permalink

          Udah mba. Pernah hampir dapat.tapi trnyata krn udah telat 90hri udh ga bs.yaudah aku diemin aja. Aku malah di tawarin composite. Program 1x pelunasan.cuma belum ku tanya lagi. Mba malta gmn selanjutnya?sudah ada berita baik?

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Pengajuan Restrukturisasi ke Bank DBS

oleh Malta Lungidta dibaca dalam: 1 min
14