Surat Pembaca

Estimasi Waktu Barang Sampai dari RupaRupa “Tidak Clear”

Saya melakukan pembelian Sepeda Lipat AIRWALK EXPRESSO SEPEDA LIPAT 20 INCI 6-SPEED – HITAM pada aplikasi Ruparupa pada Sabtu 27 Jun 2020 sekitar jam 9 malam.

Tidak lama setelah pembayaran saya mendapatkan email notifikasi dari Ruparupa bahwa barang yang saya beli dengan No. Invoice #INV217546139 akan dikirim ke alamat rumah saya oleh Ace Hardware Puri Indah Mall dengan estimasi pengiriman wilayah Jabodetabek 2-5 hari.

Namun pada Minggu 28 Jun 2020 tepatnya jam 4:32 sore saya menerima email notifikasi dari CS Sisca bahwa barang saya sudah siap untuk diambil (pick up ke store) Ace Hardware Radio Dalam dari pukul 12.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

Keberatan harus pick up di store (karena masih masa pandemi) saya akhirnya kirim email keberatan saya ke CS Ruparupa pada tanggal yang sama.

Keesokan harinya, Senin 29 Jun 2020, CS Raden mengirim email dan menyampaikan bahwa barang tersebut saat ini tidak tersedia di store (Ace Hardware Puri Indah Mall), sehingga mereka membuat order baru dengan nomor order ODI16483726721. Dan bahwa barang akan dikirim oleh kurir NCS, sehingga saya diminta untuk mengabaikan status Pick Up.

Karena percaya dengan profesionalisme Ruparupa saya menunggu hingga Jumat 3 Juli 2020. Saya akhirnya hubungi Call Center Ruparupa untuk menanyakan status pengiriman barang saya. Saat itu CS sampaikan bahwa ia akan info via email.

Beberapa waktu kemudian CS Fikar email informasikan bahwa status terakhirnya dalam proses persiapan pengemasan produk di pihak store agar selanjutnya bisa diserahkan ke pihak logistik untuk proses pengiriman.

OMG, jadi dari Senin 29 Jun 2020 sampai akhirnya saya telepon CS Ruparupa Jumat 3 Juli 2020, barang tersebut masih dalam proses pengemasan?? Apa perlu selama itu untuk mengemas barang?? Apa ACE Hardware tidak ada SOP berapa lama maksimal seharusnya mengemas suatu barang?

Estimasi penerimaan produk wilayah Jabodetabek 2-5 hari kerja bahkan setelah barang diserahkan ke kurir. Sejak saya lakukan pembayaran Sabtu 27 Jun 2020 hingga Jumat 3 Jul 2020 saja barang saya belum juga diserahkan ke kurir?

Dan ternyata akhirnya Senin 6 Jul 2020, ada email notifikasi bahwa Pesanan #ODI16483726721 dengan No.Invoice #INV158286537 sudah diambil oleh kurir pengiriman.

Well, hitung bad case-nya saja berarti barang saya baru akan sampai sekitar Senin 13 Jul 2020. 5 hari kerja setelah barang diserahkan ke kurir hari Senin 6 Jul 2020.

Rekap:
– Sabtu 27 Jun 2020: Pembayaran
– Minggu 28 Jun 2020: Konfirmasi Invoice dan Perubahan Store Pengirim Barang
– Senin 6 Jul 2020: Barang diserahkan ke Kurir
– Senin 13 Jul 2020: Estimasi 5 hari kerja barang sampai di pelanggan

Kesimpulan waktu tunggu hingga barang sampai ditangan pelanggan untuk wilayah Jakarta adalah minimal 14 hari. Untuk Bodetabek atau diluar Bodetabek pasti lebih lama dari itu.

Untuk Management Ruparupa, tolong agar informasi di Web / Applikasi mengenai estimasi barang sampai di pelanggan diubah sesuai fakta / data real, agar tidak banyak pelanggan kecewa dengan estimasi waktu yang tidak sesuai tersebut.

Rizkanirma Annisa
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sudah biasa kak.. ruparupa cmn nanmany saja yg kykny besar. tp dari service ama pengaturan belum layak menjadi omni channel.. palagi lagi masa2 pandemi begini..
    saya jga melakukan transaction di ruparupa, dan customer serviceny kabur donk...
    saya mo ketawa jga ngak gmn bisa.. krna bukan jumlah yg cukup murah

  • Saya terlambat membaca reviewnya rupa2.com. Pikir sy grup Ace & informa adalah grup yg profesional. Gak nyangka saya. Biasanya sy order via shopee atau lazada dari Sby ke jawatengah 2 hari dah nyampe. Sy order cuma aquarium kecil saja lamanya bukan main kirimnya. Di status pengiriman dari sby ke jawatengah. Ternyata sd 5 hari cm nunggu dijemput kurir. Sdh dijemput statusnya sy tracking hari ke 3 nyampe pati. Skrg sdh 3 hari posisi brg nya diPati. Tetap tdk dikirim, statusnya on process saja. Sy sdh usaha hubungi kurir NCS yg dipati, dipingpong 2x sampai sy dpt no WA yg bagian cargonya. Sy tanyain kemarin bilang... bentar mau dicek, sampe skrg ga adavkbrnya. Sy tanya lg tdk dijwb. Herannya tdk ada perbaikan dari rupa2.com. pengalaman, sdr, teman sy, sdh sy ksh info utk tdk usah order via online di rupa2.com. bikin jengkel saja krn lamanya pengirimannya.

  • ruparupa.com bukan perusahaan yang profesional, lebih ke arah startup yang tidak kunjung berubah lebih baik. saya bukan mengeluhkan soal pengiriman, karena barang saya tidak pernah dikirim. tanggal 4 april 2023 saya melakukan pembelian dengan metode bayar melalui QRIS, di saat proses bayar ternyata error tapi saldo saya terpotong dan mutasi rekening tertulis jelas untuk pembayaran ke merchant ruparupa. saya hubungi cs nya melalui chat maupun email, jawabannya seperti bot, tidak merasakan adanya jawaban dari manusia dan mereka hanya sampaikan untuk menunggu 1X24 jam karena sistem mereka tidak menerima adanya pembayaran masuk (sepertinya finance mereka buruk). dari situ barang saya tidak pernah dikirim dan uang saya raib begitu saja. so, lupakan rupa2.com dari internet.