Pemasangan Indihome Gagal Terus Karena ODP Belum Aktif

Yth. PT. Telkom Indonesia

Saya telah mendaftar pasang baru INDIHOME awal bulan April 2020 melalui Sales yang ada booth sekitar perumahan saya. Karena di perumahan saya terdapat banyak ODP Indihome (ada 6 ODP), maka saya yakin jaringan lokasi rumah saya sudah tercover oleh layanan Indihome dan akan terpasang di rumah saya. Karena SOP Indihome harus bayar Deposit terlebih dahulu, dan sayapun membayar depositnya.

Setelah 2-3 hari dari pendaftaran, datanglah Teknisi Indihome ke rumah untuk survey dan pemasangan. Akan tetapi setelah dicek oleh Teknisi, ODP yang dekat rumah saya (berjarak 3 rumah dari rumah saya) ternyata belum aktif, dan dicek lagi ODP lainnya yaitu ada 4 ODP, semuanya belum aktif. Di perumahan saya itu ada 6 ODP dan cuma 2 ODP yang aktif. 2 ODP itu aktif karena dekat dengan jalan raya yang pembangunan rumahnya lebih awal. Sedangkan yang 4 ODP lainnya agak ke dalam perumahan.

Karena ODP belum aktif, saya lihat teknisi tersebut berusaha menghubungi atasannya, akan tetapi hasil komunikasinya tidak jelas dan belum ada solusi. Akhirnya teknisi menjanjikan besok datang lagi, akan tetapi teknisi yang ditunggu-tunggu teknisi tersebut tidak datang juga. Setelah sekian lama menunggu (sekitar 2 mingguan) saya coba hubungi sales yang awal daftar untuk menanyakan bagaimana nasib kelanjutan pemasangan indihomenya. Dan Sales pun melakukan pengecekan lapangan, dan memang benar ODP nya belum aktif.

Karena saat ini lagi pandemi COVID-19, semua harus serba di rumah, kerja dari rumah, sekolah dari rumah dan lainnya, sehingga kebutuhan internet sebagai penunjang kegiatan dirumah sangat di perlukan, terutama untuk anak Sekolah dan Kerja. Untuk itu saya mencoba lagi cari sales Indihome lagi, baik itu dari sales yang online ataupun datang ke booth untuk registrasi pemasangan baru, dan sudah 4 tim teknisi Indihome datang untuk survey ke rumah, akan tetapi semua hasilnya gagal pasang alias nihil, dikarenakan ODP nya belum aktif. Dan untuk Deposit pendaftaran awal belum refund juga, dan baru dikembalikan dari Indihome sekitar awal akhir Bulan Juni 2020, itu pun setelah sering kontak 147 dan minta bantuan sales-sales tempat saya daftar.

Untuk permasalahan ini, saya telah beberapa kali mengadu ke CS di 147, akan tetapi cuma dapat nomor keluhan aja dan hasilnya tidak ada. Selain itu juga saya sudah pernah mengisi form untuk minta pengaktifan ODP lewat bantuan sales Indihome, sama aja, hasilnya nihil.

Dan saya juga telah melaporakan dan komplain ke Developer perumahan, dan Developer pun melakukan pengaduan ke TELKOM sebagai mitranya, untuk pengaktifan ODP, akan tetapi hasilnya selalu “on progress”, “Telkom nya mau cek data dulu”, “Telkom nanti survey lapangan” dan lain sebagainya, akan tetapi dari bulan April sampai sekarang belum ada juga porgressnya maupun orang Telkom yang datang untuk survey atau cek lapangan.

Yang saya herankan dari TELKOM adalah banyak orang mau daftar Indihome, tapi banyak kendala ditemui, diantaranya: ODP penuh, tidak tercover (tidak ada ODP), ODP jauh dan lain-lain. Di tempat saya ada ODP nganggur, portnya banyak dan tidak terpakai, kalau diliat dari dashboard ODP telkom status udah hijau dan siap jual, sekarang ada beberapa calon customer yang mau daftar, tapi kok kenapa tidak cepat responnya, tidak segera mengaktifkan ODP nya, kenapa ya?

Untuk itu, Kepada PT. Telkom Indonesia, sebagai BUMN yang selalu mendukung program pemerintah, saya mohon bantuannya untuk segera mengkatifkan ODP yang belum aktif disekitar rumah saya, agar saya dapat menikmati pelayanan internet Indihome terutama untuk daring anak sekolah yang sebentar lagi tahun ajaran baru akan di mulai.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Roni Efendi
Cluster Miana Asri, Jatibening Baru,
Pondok Gede, Bekasi 17412, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Roni Efendi

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Roni Efendi pada tanggal 08...
Baca Selengkapnya