Rekening Diblokir oleh Bank Mandiri karena Hutang Suami

Saya merupakan nasabah Bank Mandiri dengan nomor rekening 1070005479797 atas nama Mira. Saya merasa keberatan karena rekening saya diblokir secara sepihak oleh Bank Mandiri cabang Imam Bonjol Medan, karena adanya kredit macet suami saya yang bernama Muhammad Sahril beberapa tahun lalu.

Ceritanya begini, pada tahun 2012 suami saya mengajukan pinjaman KTA ke Bank Mandiri. Pada tahun 2014 suami saya berhenti bekerja karena mau menjalankan usaha. Rupanya pada tahun 2015 usaha suami saya jatuh. Sejak saat itu suami tidak melakukan pembayaran lagi karena ekonomi waktu itu sangat pailit. Setelah coba semua usaha, akhirnya pada bulan April 2018 suami mendapatkan pekerjaan di perusahaan sebelumnya.

Karena merasa sudah punya penghasilan kembali, suami saya menghubungi pihak Mandiri 14000 untuk bernegosiasi dalam pembayaran cicilan kembali. Awalnya kami disambut baik dan disuruh mengisi formulir pemotongan, saat itu angka yang kami ajukan sesuai dengan kemampuan finansial karena masih mulai bekerja.

Namun pada bulan ke-4 bekerja bertepatan saya mau melahirkan, gaji suami dipotong semua dengan alasan sudah peraturannya, tunggakan tersebut wajib dilunasi selama 1 tahun. Karena tidak ada lagi berpenghasilan, suami saya kembali berhenti bekerja. Dua bulan kemudian pada sekitar bulan 1, rekening saya yang diblokir, dengan alasan saya merupakan istri dari Bapak Muhammad Sahril.

Saat ini terjadi lagi pemblokiran rekening saya, sementara saat ini suami saya sedang dirawat d RS dengan diagnosa penyakit hepatitis B dan sudah infeksi. Perobatan ini akan berlanjut sampai 6 bulan ke depan. Namun Bank Mandiri seperti tak punya hati memblokir rekening saya. Jadi pakai biaya dari mana saya untuk berobat suami dan makan kami sehari-hari?

Pemblokiran ini bukan yang pertama, tapi sudah yang keempat kalinya, personil yang saat ini memblokir a.n. Bapak Andar.

Saya hanya mau pihak Bank Mandiri membukakan blokir rekening saya. Kalau masalah kredit macet suami saya, itu bukanlah menjadi kewajiban saya. Mana perlindungan nasabah dari Bank Mandiri? Saya sangat kecewa dengan Bank Mandiri, khususnya cara bagian collector-nya.

Demikian, terima kasih.

Mira
Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:127    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Surat Pembaca Ibu Mira

Mohon maaf atas ketidaknyamanan Ibu Mira dan terimakasih atas masukannya. Kami telah menghubungi Ibu Mira dan menyampaikan penjelasan secara langsung...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Rekening Diblokir oleh Bank Mandiri karena Hutang Suami

  • 9 Juli 2020 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin ya bu. Namun boleh saya komen ada beberapa kesalahan jg di pihak ibu dan suami…kalau ada hutang pada suatu bank dalam hal ini bank mandiri kenapa masih pakai juga bank ini buat hal-hal yang lain, resikonya bank akan ambil semuanya karena masih dalam kekuasaannya. Harusnya kalau ada hutang mangkrak di bank mandiri, ya jgn pakai mandiri lg, apalagi untuk gajian. Lalu kenapa karena di autodebit mandiri lalu berhenti kerja..ya harusnya diganti cara gajiannya apa cash atau lewat bank lain, kenapa terpaku harus bank mandiri lagi. Masalah ibu sebagian besar karena terlalu terpaku pada pilihan 1 bank ini.

    • 13 Juli 2020 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pak atas tanggapannya.
      Awalnya kami memang sudah berniat baik untuk membayar hutang bank dg kemampuan finansial masih dg kesepakatan awal dg bank mandiri, namun saat kami sedang sangat membutuhkan dana saat itu 2018, bank mandiri memotong habis gaji suami saya, disitu suami saya merasa sangat kecewa dg bank mandiri,

  • 9 Juli 2020 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Gaji suami dipotong semua? Waktu ttd autodebet kan sudah jelas nilai yang dipotong, kok Bank Mandiri main ptong semua?

    Maaf, ini cerita Ibu yang kurang lengkap atau bagaimana? Kalau pihak Mandiri main potong semua gaji suami Ibu di luar perjanjian maka Ibu bisa tuntut mereka.

    • 9 Juli 2020 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Untuk KK dan KTA memang ada klausul tentang kalo mangkrak bank berhak sita tabungan, bukan di form autodebet tp di tulisan kecil2 yg org2 nggk pernah baca waktu apply KK atau KTA….

    • 13 Juli 2020 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Pemotongan memang diluar kesepakatan, namun kami juga tidak tahu mengenai hukum tentang hal tersebut, sehingga tidak berani mengambil tindakan.
      Terimakasih tanggapannya.

  • 10 Juli 2020 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Sy bingung sm logika nya ibu. Suami ibu berenti kerja gara2 gaji nya dipotong oleh pihak bank buat bayar tunggakan.
    Sy jd berpikiran kl anda tidak ada niat untuk melunasi hutang ibu tersebut.
    Hrs nya bgs dong dengan bekerja jd bisa lunasin hutang.

    • 13 Juli 2020 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Kami sudah membayar 4 bulan pertama dg angka yg sudah disepakati di awal, namun di bulan ke 5, tanpa info dr mandiri, semua gaji semua habis dipotong mandiri. Sementara, beliau dan keluarga juga butuh uang untuk kebutuhan sehari2, makanya suami saya mencoba mencari2 pekerjaan lainnya

  • 10 Juli 2020 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Prihatin atas kejadian ini, namun sebaiknya segera di cari titik temu,

    Perlu diteliti kembali situasi antara tahun 2015 hingga april 2018,

    Sepertinya cukup banyak pokok materi yg bisa di ambil utk upaya meluruskan situasi ini.

  • 12 Juli 2020 - (02:47 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin bu..

    Tapi ini aneh

    “Karena tidak ada lagi berpenghasilan, suami saya kembali berhenti bekerja.”

  • 30 Oktober 2020 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Yang saya herankan, kenapa tetap bertahan di Mandiri, kenapa uang ibu tidak dipindahkan ke bank lain ?
    Sampai di blokir 4 kali.
    Bank itu banyak bu, bukan mandiri aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Rekening Diblokir oleh Bank Mandiri karena Hutang Suami

oleh mira dibaca dalam: 1 min
13