Surat Pembaca

Ganti Simcard IM3 di Gerai Indosat Dikenakan Biaya, Padahal Seharusnya Tidak

Pada hari Jumat tanggal 3 Juli 2020, saya datang ke gerai Indosat di Sleman City Hall dengan maksud mengganti simcard yang lama karena sudah mulai bermasalah di signal. Setibanya di gerai Indosat Sleman City Hall, saya langsung menuju gerai Indosat. Setelah nomer antrian saya dipanggil, saya disambut oleh CS, saya langsung menyampaikan maksud tujuan saya untuk melakukan penggantian simcard.

Ketika itu mbak CS bilang begini “untuk penggantian kartu nanti dikenakan biaya 160.000 pak”. Saya pun bertanya kok bisa ada biayanya dan dijawab “memang begitu pak, tapi nanti akan kita convert ke kuota internet 20GB satu bulan pak”.

Waktu itu saya mengiyakan untuk sekalian mencoba layanan internet dari Indosat, karena selama ini saya memakai Telkomsel.

Ketika proses sudah selesai, saya mendapat simcard pengganti simcard IM3 lama saya, tapi saya jadi bingung kok saya malah diberikan kartu perdana Matrix baru, sambil dibilang “ini nanti diaktifkan 1×24 jam pak”.
Setelah saya pulang saya cek, lho kok ini perdana baru, berarti 20GB bukan diincludekan di kartu IM3 saya, malah saya tertipu untuk membeli dan mengaktifkan kartu Matrix.

Setelah satu hari saya coba mengaktifkan kartu matrix tersebut saya tidak bisa memdapat signal data yang bagus, ternyata di daerah rumah saya signal data indosat tidak bagus, rata-rata hanya dapat edge. Setelahnya saya telepon ke CS 185, saya jelaskan kronologinya, hanya diinfo dari cs 185 bahwa kartu matrix senilai 160.000 itu sifatnya hanya penawaran saja, bisa diambil atau tidak, saya pun ngeyel, kalau hanya penawaran kenapa dibilang bahwa penggantian kartu ada biaya 160.000, tapi ternyata hanya untuk menipu membeli kartu matrix. CS 185 hanya menginfokan agar saya menerima kenyataan bahwa saya telah tertipu CS galeri indosat untuk membeli kartu matrix, dan menerima kenyataan bahwa kartu matrix saya tidak bisa dipakai.

Mohon tanggapan dari Indosat. Terima kasih.

Adi Sumaryanto
Sleman

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Baru tadi pagi kejadian (31/10/2020), saya mau ganti kartu indosat ke ukuran nano karena ganti hp baru. Oleh customer service di gerai jln. Pemuda Jakarta Timur diharuskan membeli paket internet 180.000. Saya kira ini bukan penawaran tetapi pemaksaan karena cs tersebut tidak mau melayani jika saya tidak membayar paket tersebut. Jika managemen Indosat menganggap ini perbuatan oknum harap ditertibkan karena saya dengar ini juga terjadi di gerai indosat yang lain. Jika tidak ditertibkan orang akan beranggapan memang begini cara kerja indosat.

  • Assalamualaikum...Alhamdulillah petunjuk Allah Al Hadi, saya nemu web ini. Pengalaman saya sm seperti yg lain, hr ini saya anter suami ke gerai indosat utk ganti sim card krn hp suami hilang kemaren. Seperti komen2 lainnya, saya jg diminta utk bayar kartu seharga 185rb. Alhasil krn bener2 ngga ada uang, saya ngomong baik2 ke CS, jelaskan info dr CS indosat ooreedo di tlp 185 yg sebelumnya sudah saya rekam jg, biaya kartu hanya 25rb. Saya rekam, saya tunjukkan, saya tunjukkan berita2 ini juga yg saya baca. Alhamdulillah CS nya mau urus dan hanya kena biaya 25rb. Terima kasih perantara web ini sangat bermanfaat.

  • Cukup satu buat mereka ****** tenan, bahkan mereka bilang peraturan, dan bilang harus bayar 185

  • Brusan kejadian 25/11/2020, saya mau ganti kartu karena hp hilang, sampai dsn kita d wajibkan bayar 185, dpt kuota 3 bulan, saya blng kl ambil kartunya aja katanya tidak bisa dan dia blng kita seharusnya d wajibkan ganti kartu pascabayar, wah....wah....wah.... angel wes ....angel....., semoga tidak ada lg yg kena tipu2

  • saya baru kemarin siang mengganti kartu lama saya dr 3g ke 4g , nah trs dibilang suruh bayar 165rb jika ingin mnggti krtu, nnti dpt kuota . trs ktnya sudah kebijakan , yauda deh namanya ga tau. lalu say diberi dua kartu, satu kartu itu krtu baru yg berisi nomor lama saya dan pulsa saya masih sama. lalu yg satunya lagi nomor kuota katanya, hanya bisa di aktifkan setelah 3-4hari. terus saya malam nya ke gerai lagi untuk menanyakan kejelasan. lalu mrka bilang itu kartu dengan nomor yg berbeda dan berisikan pulsa, habis itu saya tanya tapi nanti tidak akan ada tagihan kan setelah 3 bulan. orang nya bilang enggak,. yauda saya pulang, tp sampai skrg saya masih ragu, itu kartu pascabayar atau emang krtu kuota biasa ya? krn saya masih belum bisa cek nomornya juga dikarenakan belum aktf krtunya. ada yang bisa membantu jawab?????

  • Dan terjadi lagi, saya baru saja mengganti sim card yang hilang sinyal sejak minggu lalu.

    kemarin Selasa, 27 April 2021, saya diharuskan mengganti layanan ke pasca bayar, dengan paket bulanan Rp 77.000, kuota 15gb. itu diharuskan, walau hanya untuk menggnti sim card yang rusak

    Selain itu, pembayaran juga diharuskan plus deposit untuk bulan ke empat, Rp 55.000.

    pembayaran juga dilakukan di CS, tidak melalui kasir dan tidak ada kwitansi

    kenapa begini Indosat?

  • Dan ternyata masih berlanjut sodara2, 7 mei 2021 sy msh ngalamin hal serupa, ke galery indosat mall kokas, mau ganti kartu dr micro ke nano krn udh lama bgt pakai kartunya, sama cs dibilang skrg peraturan batu dari 2020 kena biaya 160rb, dan dpt kartu internet 30gb, sempat debat sy bìlang bukannya gratis ya? Kata csnya.."itu tahun berapa bu?" , sy msh kekeuh cm byuh simcard sy sj ga btuh sim baru kartu internet apalah itu, kata csnya ga bs bu. Krn sudah keburu waktu, akhirnya sy ok in saja yg pnting kartu sy bs. Akhirnya byr 160rb (cm bs pakai cash kata csnya), oke.. s dikasih sim sy yg baru dan 1 lg simcard lain dgn nmr baru bertuliskan pascabayar, kata csnya ini kartu internet isi 30gb, dipakai sebulan ga bs diperpanjang, abis itu bs dibuang,. Sy ragu, tp krn keburu waktu akhirnya sy balik kantor. Sepulang kerja sy msh penasaran dan tyt nemu thread ini dan msh byk keluhan lain yg sama, td sy cb tlpn cs 185, ktnya harusnya itu penawaran saja, bs menolak.. yg sy alami dilapangan berbeda, diwajibkan. Yah... kejebak sama cs tipu2 tyt, dan keselnya pas sy make sure ke cs 185 katanya kartu pasca bayar tsb sudah aktif, walah pdhl kartunya msh segelan blm sy apa2in, dan akan ada penagihan pemakaian tiap bulannya.. ampun dah!! Pr lgi, gmn cara menonaktifkan kartu pasca bayar yg notabene ga saya pakai ini????

    • Waktu itu didatangin gerai manager ke rumah setelah bikin thread ini, dibalikin duitku, kartu barunya diminta lagi. Dikasih tahu itu sifatnya penawaran dan tidak harus. Cuma karena ada target aktivasi matrix baru di tiap gerai makanya pada mengahalalkan segala cara, walaupun caranya tidak elegan, semoga orang orang gerai indosat segera pada sadar deh.

    • Akhirnya kelar juga setelah debat kusir, direfund balik 135 rb dan cm dikenakan biaya 25 rb (utk biaya cetak kartu katanya), drtd kek di refundnya, krtu perdana pasca bayar sy balikin masih utuh segel, cuma ya gt, sy harus debat panjang lebar dl baru mereka mau balikin uang saya.

  • Baru banget dari galeri indosat mau ganti kartu lama karena masalah sinyal internet. ternyata dikenakan biaya 300 ribu dan dapat quota selama 3 bulan, sudah saya tanya tidak ada solusi lain selain harus bayar 300 ribu ?, jawaban CS tidak ada dan saya pun tidak jadi ganti kartu krn perasaan udh ga enak.
    Sampai kantor saya tlp CS Indosat, kata CS biaya 300 ribu itu sifatnya penawaran untuk penggantian kartu menjadi pascabayar, dan untuk penggantian kartu saja hanya dikenakan biaya 25 ribu.
    Solusi CS indosat menyarankan untuk cari gerai indosat yg lain.

Penulis
adi sumaryanto