Surat Pembaca

Dealer Mobil San Auto88 Season City Tidak Bertanggung Jawab

Salam Pembaca,

Berikut saya ceritakan kronologi permasalahan saya membeli Mobil Second di San Auto88 Season City Jakarta Barat dengan melihat iklan dari OLX. Jadi pada bulan Desember 2019 saya membeli mobil second Honda CRV ke pihak dealer dengan cara kredit. Setelah proses verifikasi saat itu saya mendapat kabar kalau permohonan kredit saya sudah di-approved oleh KKB BCA.

Dari awal saya mau melakukan pembelian saya sudah menginformasikan ke pihak sales San Auto88 untuk tanggal pembayaran kredit diatur di tanggal 25 setiap bulannya (mengikuti tanggal gajian saya). Pada saat itu sales dari pihak San Auto88 yang bernama Agung dan Sandy pun menyanggupi untuk membantu saya sebagai customer agar tanggal pembayaran cicilan di setiap tanggal 25.

Sesaat setelah saya bayar uang DP pihak KKB BCA pun mengkonfirmasi ke saya untuk proses verifikasi kredit by phone dan saya pun ditanya untuk perihal tanggal jatuh temponya, dimana pada saat itu saya juga bilang ke pihak KKB BCA untuk set tanggal jatuh tempo tiap tanggal 25 dan pihak BCA pun menyetujui.

Tidak lama kemudian pihak dealer San Auto88 yang diwakili Sandy pun kontak ke saya memohon untuk merubah tanggal validasi ke tanggal 19 dengan alasan karena mobil sudah ada di pihak saya (yang pada saat itu pihak dealer sendiri yang suruh saya untuk membawa mobilnya). Namun saya masih berkeberatan kalau validasi diubah ke tanggal 19 (artinya tanggal jatuh tempo kredit saya ada di tanggal 19 pula).

Akhirnya saya setelah diskusi, saya setuju untuk merubah tanggal validasi ke tanggal 19 dengan niatan membantu pihak dealer (karena saya berasumsi ini ada kaitannya dengan komisi sales) dan pihak KKB BCA pun tanpa saya minta telepon ke saya untuk verifikasi. Namun terkait hal itu saya minta garansi ke pihak dealer San Auto88 untuk ke depannya bisa merubah tanggal validasi saya lagi ke tanggal 25. Pihak dealer pun menyanggupi untuk merubah tanggal jatuh tempo di kemudian hari di tanggal 25 dan saya pun meminta pernyataan tertulis di atas materai atas kesanggupan tersebut dimana untuk semua biaya yang ditimbulkan juga akan ditanggung oleh pihak dealer (surat bermaterai yang sudah di-ttd oleh pihak dealer ada di saya).

Di bulan Januari 2020 pihak KKB BCA/ BCA finance mengirim surat kontrak ke rumah saya dimana di situ masih tertulis tanggal jatuh tempo tanggal 19. Saya pun menanyakan ini ke pihak dealer dan pihak dealer yang diwakili oleh Sandy menyuruh saya untuk mengirimkan surat kontrak tersebut ke Dealer San Auto888 Season City. Namun hampir setiap bulan saya follow up masih tidak ada perubahan terkait tanggal jatuh tempo saya.

Singkat kata hingga berselang 7 bulan saya bayar cicilan ke BCA dari pihak Dealer SanAuto88 hingga saat ini terkesan lepas tanggung jawab atas janjinya merubah tanggal validasi jatuh tempo saya. Hingga saya yang akhirnya dirugikan karena pihak KKB BCA setiap tanggal 19 menagih saya seolah-olah saya punya tunggakan utang, plus pihak BCA juga menginfokan ke saya kalau ada denda berjalan yang harus saya tanggung.

Saya berkali-kali follow up ke pihak San Auto88 dengan Sandy tapi malah dia tidak ada itikad baik untuk membantu (kronologi chat di WA pun masih saya simpan semua). Terakhir saya dibantu oleh Pak Abdul dari pihak San Auto88 tapi sampai detik ini pun masih belum ada hasil dan hingga saat ini pihak San Auto88 tidak ada inisiatif untuk menghubungi saya terkait dengan kasus ini.

Saya sungguh kecewa dan menyesal telah membeli mobil second di San Auto88 Season City karena dari pihak dealer pun tidak ada itikad baik serta menghargai customer-nya. Buat pembaca yang budiman hati-hatilah apabila memilih dealer mobil second dan hati-hatilah untuk jangan cepat percaya dengan kata kata pihak sales-nya.

Rizki Ramdani
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Duh saya malah ngalamin hal yang merugikan, di SAN 88 AUTO SEASON CITY LANTAI 5 DENGAN SANDY ITU, PADA SAAT NGASIH DP KATANYA DP SUDAH TERMASUK CICILAN PERTAMA ( CICILAN PERBULAN 5.090.000 ) SESUAI YANG DI SAMPAIKAN SI SANDY ITU KATANYA AKAN MEMOTONG SECARA OTOMATIS TAGIHAN DI BULAN DEPAN , NAMUN PADA KENYATAAN NYA DP TERSEBUT TIDAK MEMOTONG CICILAN SAYA, DAN SAAT DI TAGIH PUN TIDAK ADA ITIKAD BAIK UNTUK MEMBAYARKAN NYA DAN NGULUR WAKTU TERUS SAMPAI SEKARANG sampe udah cicilan masuk 20 bulan , udah gtu si shandy ngeblok nomor saya, KAPOK SIH BELI MOBIL DI DEALER SAN 88 AUTO SEASON CITY LANTAI 5 , karena saya merasa di rugikan senilai cicilan tersebut,

  • PENGALAMAN PRIBADI KALO BELI MOBIL DI SAN AUTO88 lantai 5 season city kalo ketemu nya sama sandy hati hatu deh, pinter nge bohong bangt, pada saat pembayaran dp senilai 40jt katanya sudah termasuk 1x angsuran (5.090.000)
    Tau tau pas dari bca finance nya approve malah ngga memotong sama sekali, pas di tagih ke dealer nya jawab nya nanti bulan ke dua ,
    Terus bulan ke 6 terus bulan ke 12 dan sampe ini cicilan mobil sudah memasuki ke 37 ngga di potong sama sekali, pokok nya harus berhati hati kalo mau beli mobil di SANAUTO88 season citu lantai 5 KHUSUSNYA KALO DI TANGANI SAMA SHANDY HARUS ADA KETERANGAN TERTULIS BIAR KUAT, karena janjinya palsu!!!!!!!!! Saya di rugikan senilai 5.090.0000 , biarin aja deh makan tuh, biar jadi penyakit buat keluarganya uang tidak berkah