Surat Pembaca

Awas!! Di-banned Akun Anda atas Pembelanjaan di Shopee

Dalam beberapa hari ini saya memang sedang mencari sepeda di belanja online, namun baru pertama kalinya saya belanja online di Shopee mendapatkan kesan yang tidak mengenakan. Sebelumnya pernah belanja online di tempat lain tidak seperti ini.

Kronologinya singkatnya seperti ini, saya belanja sebuah sepeda online di Shopee. Setelah penjual Ok saya membayar dengan mobile banking. Dengan minim pengetahuan saya dan tidak ada pemberitahuan lanjutan bahwa ada verifikasi code lewat WhatsApp resmi dari Shopee selang beberapa menit masuk dengan nomer hp 085213051939 dengan gambar profil Shopee dan mengaku Shopee menyuruh untuk mengklik tautan web yang diberikan agar belanjaan anda dapat segera dikirim.

Setelah saya klik mendapatkan kode verifikasi dan dari situlah akun saya di-banned. Saya curiga akun saya dihack karena pembelian sepeda saya sebesar Rp 1.775000 ada yang membatalkan tanpa sepengetahuan saya. Dan saya beberapa kali menelpon CS Shopee untuk memastikan apakah memang ada verifikasi lewat WhatsApp dan CS Shopee pun menjawab ada akan tetapi tidak memberi tahu WhatsApp verifikasi yang resmi seperti apa?

Saya menceritakan kronologi saya ke CS Shopee bahwa saya tidak pernah membatalkan belanjaan saya dan CS Shopee pun hanya menjawab kami akan follow up kebagian terkait.

Sampai besok harinya saya buka aplikasi Shopee akun saya tidak bisa terbuka tanpa ada pemberitahuan sebelum atau sesudahnya pemblokiran tersebut dari pihak Shopee, dan saya makin panik saya terus menghubungi CS Shopee dan email pengaduan ini sampai 3 hari bagaimana dana saya yang pembelanjaan sepeda yang telah dibatalkan tanpa sepengetahuan saya masuk ke dana shopepay. CS Shopee hanya menjawab kami akan follow up kebagian terkait.

Sampai akhirnya Jumat malam tgl 10 Juli saya baru dapat email dari pihak Shopee. Bahwa akun saya di-banned dan dana tersebut tidak dapat dikembalikan karena si pengguna akun membelikan pulsa sebesar dana tersebut.

Kemudian saya email kembali pihak Shopee “Apakah ada petunjuk atau pemberitahuan dari pihak Shopee apabila pembayaran akan dikirimkan WhatsApp dan WhatsApp Shopee resmi seperti apa?”.

Dari pengalaman ini saya sangat kecewa dan tidak ingin belanja online di Shopee sudah diblokir tanpa pemberitahuan sedikitpun dan dana shopepay pun tidak dapat dikembalikan.

Mohon untuk yang lainnya pembelajaran bagi kalian.

Muamar Fauzi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pembeli salah dr awal, seprtinya tergiur harga murah dan logika sdh tdk bermain lg, minim pengetahuan sehingga mudah tertipu dan walaupun begitu shopee dan marketplace lain shrsnya terus berbenah tuk minimalisir hal ini, karna dari semua mrktplce blm ada terobosan tentang keamanaan sejak banyaknya penipuan yg merajalela. Minimal beri selalu peringatan ketika pembeli akan lakukan checkout, dan ada divisi cs khusus fraud yg memiliki otorisasi khusus sehibgga bs cepat bertindak bila ada laporan.

    Dan pemerintah entah siapa itu, dulu berjanji klo no hp diregistrasi akan dijamin terhindar seminim mungkin dr penipuan via no hp, bebas dr spam dll tapi buktinya malah semakin merajalela dan tidak ada perlindungan sama sekali.

  • saya sering belanja di shopee dan ga pernah harus melakukan verifikasi via WA samasekali
    biasanya masalah yg sy hadapi kalo belanja online ya berkisar dr ekspedisi yg lambat, barang yg nyasar dan barang yg dibeli ga sesuai.
    belajar dari pengalaman, kalo belanja di shopee pilihlah penjual yang star seller dan lokasinya ga terlalu jauh dr kita agar ongkir nya ga kemahalan.
    umumnya star seller bisa lebih dipercaya dibandingkan yg bukan star seller

    • Intinya, jika beli di shopee, segala urusan ya lewat aplikasi. Bahkan jika lewat chat dari app shopee pun kita ga boleh sembarang klik link, ga boleh memberitahu kode OTP, dsb.

  • emang pembeli yg awam sehingga tertipu dan akunnya kena hack.
    tapi respon shopee (ataupun toko online lain) dlm menangani kasus2 seperti ini luar biasa lambat, bisa dikatakan masa bodoh.
    sangat tidak pantas.

  • akun shopee anda yg kena bobol, mungkin anda biasa login shopee dari link2 phising ,,sehingga pelaku dapat username dan sandi akun shopee..

    Saya akan menunggu anda untuk melakukan pembelian,, setelahnya saya akan membatalkan pembelian itu, dan meminta pengembalian dana,, setelah dana itu masuk ke saldo shopee,, saya kemudian melakukan pembelian pulsa ...

    Pulsa sudah masuk, saya tinggal melanggar aturan shopee sehingga akun anda kena banned

    #seandainya saya pelakunya

    • Saya justru bertanya-tanya, apa yang terjadi setelah mengklik link tersebut. Link tersebut kan pasti mengarah ke suatu tempat atau memanggil sebuah proses. Karena bukan tidak mugkin, penulis tanpa sadar melakukan proses authorisasi.

      Jika kita masih ingat dengan kasus kilkbca (bukan klikbca ya) dimana orang membuat sebuat website muka yang sama persis dengan web klikbca, lalu ketika orang melakukan login, akan muncul gagal login, tetapi data login sudah dicapture oleh hacker. Kemudian digunakan untuk login ke halaman asli klikbca. Setelah kasus tersebut, baru kemudian BCA memberlakukan token BCA.

  • Lain kali kalo mau belanja online lihat dulu reputasi penjual dari review2 pembeli sebelumnya. Jangan tergiur harga murah di luar kewajaran, dan jangan terpancing untuk berkomunikasi di luar platform aplikasi marketplace tsb.

  • Akun saya dibatasi dan tidak dapat dipulihkan
    Dalam akun masih ada saldo penjualan
    Dan pihak cs shopee kalau akun dibatasi dan tidak dapat dipulihkan dana tidak dapat proses, tolong pihak shopee dana penjual dikembalikan kepada yang berhak

    Terima kasih atas kerjasamanya

Penulis
MegaMuamar