Barang Belum Diterima namun Status Sudah Selesai di Shopee

Siang Media konsumen, Saya Yunida No ID pesanan: 200708SGKTVC88 sebelumnya saya melakukan pemesanan barang di Shopee tgl 8/7/2020. Pas saya cek hari ini diinfokan bahwa barang yang saya pesan sudah saya terima dan status selesai di aplikasi. Nyatanya saya belum terima sama sekali barangnya. Ini bisa dibilang penipuan publik, baru kali ini saya belanja di @ShoppeIndonesia kecewa gini.

Saya coba klarifikasi ke penjual infokan kurir yang selesai bagaimana ceritanya kurir yang selesaikan sedangkan saya chat ke CS Shopee infokan dana sudah terima sama penjual. Parah banget, ini benar-benar penipuan terhadap konsumen dan saya malah disuruh nunggu gak tahu sampai kapan sama penjual.

Saya lampirkan buktinya.

Terima kasih

Yunida
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Yth Shopee,

    Saya beberapa bln kebelakang istri saya membeli pembersih cairan untuk laptop,di satu toko..brg pun sampai,tetapi nyatanya barang hanya sampai 1 buah,sedangkan pesannya 2.Dan tanggapan dari pihak toko,hanya blg masa iya,dan katanya akan segera dikirim satu lg.tetapi sampai dengan saat ini tidak sampai2.Kiranya pihak shopee tolong untuk mensortir para mitra toko yg jujur.
    Dan shope saya sekalian untuk limite paylater,saya tidak pernah telat,sudah 3-4 bulan limit nol,sedangkan teman saya sudah oulih limitnya walau tidak ful.saya hanya limit 750.000 alasannya sampai dengan saat ini masih terus dipantau dalam keadaan covid,saya org bekerja kok.tdk pernha telat bayar shopee..tolong untuk cs jawabannya tidak memuaskan.shoppe secara perbaiki yah sekedar saran. Tq

    • Izin share kak,
      Saya sebagai penjual juga sering menangani kasus seperti ini. Barang d kirim, status d terima tp barang nyatany blm sampai.
      Ada beberapa kemungkinn...bisa jadi d terima tetangga atau orang rumah yg blm memberitau, dan yang paling sering adalah karena KURIR NAKAL.
      Kenapa saya bilang kurir NAKAL, sebab s kurir malas mengantarkan atau apalah.....jadi dia sendiri yg ubah status menjadi sudah d terima.
      SARAN SAYA HUBUNGI KATOR JASA PENGIRIMANNYA, SAMPE KETEMU KURIR YANG BERTUGAS MENGANTARKAN PAKET KETEMPAT ALAMAT YANG DITUJU.
      Karena YANG BERTANGGUNGJAWAB Terhadap paket yang sudah dikirim dari penjual adalah jasa pengirimann.
      Klo masalah uang sudah d terima penjual itu karena kurir sudah ACC barang d terima, sebagai penjual kami tugasnyengirimkan, yang perlu d tindaklanjuti dan d cecar habis2an itu kurir nakal.
      Maaf saya ga bermaksud membela pihak penjual.
      Tapi itu pengalaman saya sebagai penjual.
      Yang sering d rugikan oleh kurir2 nakal dan malas.

      • Yes saya setuju dengan teteh,tetapi syaa pesen 2 .dtg 1 udah gtu komplain jugagad tanggapan.Ya sehausnya shopee menyikapi hal ini,karena kurir yg nakal,jika memang spt itu terjadi itu ajah seh.Tapi saya berbucara ini untuk kemajuan shoppe bisaemperbaiki kembAli.karena sayang banyak masyrakat sudah percaya ke shoppe tapi kalo sptnini takutnya malah berkurang lepercayaannya hanya gar2 kurir...jika spt itu.tq

  • Jika belum menerima barang kenapa tidak memperpanjang masa garansi,, ?? Status pesanan di shopee tidak akan berganti ke selesai hingga kurir memperbarui status pengiriman dan itupun butuh waktu untuk hingga 2 hari setelah status update, disini bukti kurang kuat cuma screen shot percakapan sama penjual, d shopee ada masa garansi dimana dana masih tertahan dishopee selama pembeli belum konfirmasi terima pesanan, disini menunjukkan anda yg salah jika belun terima barang kenapa tidak memperpanjang masa garansi shopee atau mengajukan pengembalian,,, ?? Bisa jadi anda dianggap menipu karna barang memang sudah sampai.

    • Dear pak Muil, kok anda bisa bilang saya penipu???? coba anda sebagai pelanggan kita balikan....
      Anda memesan barang, alamat sudah sesuai nomor hp anda cantumkan, nm brg blm anda terima, apa yg anda perbuat??????? Dan saya komen begitu sama anda, blgkan anda yg penipun..!!!!!di aplikasi di buat extimasi pengiriman plg lama tgl 13 Juli, saya tdk tau kl tgl 9 brg sudah sampai, Krn sore nya saya masih chatt Ama penjual infokan LG di antar kurir, nm pagi nya kita lihat tgl 10 pesanan sudah selesai dan dana sudah terima sama penjual gimana ceritanya???????? Saya ada 2 pesanan, & pesanan 1 kenapa bs sampai ke tangan saya, itu Krn kurir ya Hubg saya,knp yg ini malah tdk!!!!!!!!!!kalau masalah garansi ,gmn saya mau perpanjang kl extimasi pengiriman tgl 13 Juli dan 9 Juli saya masih chatt ke penjual?????? & Seharusnya kl kurir ngirim brg , kita di Hubg donk, jgn asal kirim ketempat salah, buat apa di cantumkan nmr hp di situ, kl tdk utk di Hubg terlebih dahulu.....!!! Paham anda.........atau saya lampirkan bukti LG sama anda itu hanya sebagian....

  • saya sering belanja di shopee dan pernah juga mengalami status kiriman sudah diterima sedangkan saya belum nerima, itu terjadi krn barang udah di kurir dan siap dikirimkan jd si kurir lgs aja bikin status udah keterima krn emg udah siap diantar, tapi ternyata barang yg mau dikirim kebanyakan sehingga tertunda, jd barang udah ada di kurir akhir, tinggal nunggu 2.-3 hari maksimal udah pasti diantarkan. itulah pengalaman saya
    tapi kalo mengalami spt itu, hendaknya masa garansi barang langsung di perpanjang tiga hari karena kurirnya kan bisa saja lupa atau barangnya tertinggal di gudang akhir padahal seharusnya sudah dibawa oleh si kurir menuju rumah kita.

  • Dear Media konsumen.....
    Untuk masalah ini saya anggap sudah selesai, terimakasih buat shoppe sudah tanggap membantu saya dalam menyelesaikan permasalah an yg saya hadapin sebelumnya dan saya juga sudah menerima brg tersebut di tgl 11 /7/2020 setelah saya carik tau ke PAk RT di mana alamat yg di antar kurir tersebut,. Hanya saran saja: sebaiknya utk pihak kurir kL mengirim kan brg ke pelanggan harap pelgg di Hubg terlebih dahulu jgn asal kirim brg ke alamat yg berbeda supaya tidak terjadi masalah seperti ini LG sama konsumen lain ya....

    Terimakasih,,
    Yunida
    Jakarta barat

  • Senada dengan komentar diatas saya, terkadang "Status Pesanan" sudah diupdate terlebih dahulu oleh kurir sebelum kurir mengantarkan paket. Sebagai konsumen kita perlu menunggu beberapa jam atau 1 harian untuk barang akhirnya sampai.

    Kita juga bisa mengecek ulang apakah alamat yang kita berikan ketika memesan, sudah lengkap dan sesuai dengan alamat kita. Cek juga orang - orang sekitar yang kemungkinan menerima paket namun lupa menyampaikan kepada kita.

    Sebagai konsumen, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana proses dalam jual beli online dan segala kemungkinannya. Hargai proses dan prosedur yang ada di dalamnya, tidak serta merta menulis "ini bisa dibilang penipuan publik".

  • Dear Xplod, Mbak , sis, brooo, bisa baca komentar saya sebelumnya tidak??? Saya juga bukan org begok yg br pertama x belanja di online shop, ini purrrr, saya ada 2 pesanan di shoppe kenapa pesanan pertama bs nyampe ke tangan saya, sedgkan yg 1 LG tdk sampek?? & Kt cek pagi2 status sudah selesai, pdhl extimasi tgl 13 & alamat saya sudah sesuai, nmr hp active 24 jam, apa salahnya dhbg dulu sebelum ngatr mastiiin??? Kl anda di posisi saya Giman saya komentari postingan anda ,dan blg anda bs di blg penipu publik???

  • Kurang pembuktiannya saja, lbh banyak nuduh2 dgn histeria, tp kurang bukti No. Resi dan screenshot pengecekan resinya.

  • "Ini bisa dibilang penipuan publik" yang kita kutip itu dari tulisan Anda sendiri di Surat Pembaca ini mbak. Coba perhatikan tulisan Anda sebagai pembuat SP ini di Paragraph Kedua kalimat terakhir, Anda menuliskan kalimat tersebut.

    Pada komentar berikutnya Anda juga menyampaikan "extimasi pengiriman plg lama tgl 13 Juli, saya tdk tau kl tgl 9 brg sudah sampai" berarti tanggal 9 memang sudah sampai. Kalo tanggal 9 dinyatakan sudah sampai tanggal 10 sudah berstatus "Terkirim" wajar adanya.

    Ada bagusnya kita bertindak bukan atas dasar emosi sesaat, dan tetap berpikiran jernih dalam kondisi apapun. Daripada nanti malu sendiri.