Perkenalkan nama saya Enita. Saya mempunyai pinjaman KTA DBS dengan nomor pinjaman 7801296182. Sejak bulan Mei 2020 yang lalu saya tidak mampu membayar KTA dari DBS tersebut dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini.

Rumah saya didatangi langsung dengan bapak yang katanya bekerja di Bank DBS. Beliau meminta saya untuk membayar hutang yang tertunggak lalu beliau akan memberikan jalan terbaik atas tunggakan saya. Saya memenuhi dengan membayar KTA DBS bulan April 2020 dengan saya cicil dari April awal sampai April akhir. Tapi hingga sekarang tidak kunjung ada jalan keluar dari pihak DBS. Malah setiap harinya saya ditelpon dari pihak Debt Collector DBS.

Diawal-awal telpon sempat debt collector ada yang mengancam atau bahkan berkata-kata kasar. Saya sudah melaporkan ke pihak customer service DBS dan saya juga meminta tolong kepada pihak customer service untuk menyampaikan kepada pihak berwenang, mengenai solusi terbaik ditengah pendemi saat ini. Mengingat sebelumnya saya juga tidak pernah punya masalah apapun dengan pihak Bank DBS.

Sampai Sekarang belum ada jalan keluar dari masalah ini dan setiap hari debt collector telpon saya dari yang kata kata halus sampai seringkali ada yang berkata kasar. Mohon bantuan dari pihak DBS untuk menindaklanjuti masalah saya ini.

Saya bukan tidak mau membayar, tetapi saya hanya meminta solusi ditengah pandemi ini yang menyebabkan saya tidak ada penghasilan sama sekali. Tolong juga bagi pihak debt collector, berkata katalah yang baik,jangan hanya bisanya mengancam saja. Terima kasih.

Enita Widjaja
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Enita Widjaja

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Halo Bu Enita

    Yg datang ga ibu mintain ID DBS nya Bu?bisa aja mereka agency(debtcoll lapangan).
    Yg datang berapa orang bu?sopankah?

    Ya bu saya jg ada KTA Dbs. Sampe skrg msh blm jelas bu permintaan keringanan.

    • Hallo,Bu... Katanya lupa bw ID nya. Mnrt sy lucu sih,udh datang nagih dan mengaku dari pihak Bank DBS tp tidak membawa apapun. Msh sopan kalau yg datang kerumah sy bu. Yg kurang sopan saat menelepon. Sy sdh diberikan program restrukturisasi,tp sy keberatan karena cicilannya masih banyak,sedangkan sy sampai saat ini betul2 blm ada penghasilan yg pasti ??
      Sy hanya ingin berdiskusi dengan pihak Bank DBS yg bersangkutan,bukan dengan pihak debt collectornya,jd bisa jelas.

      • Bu enita.

        Ya Bu,klo boleh tau jadi berapa bu?
        Aku sempet dapet.giliran aku udah bayar dan cuma beda beberapa hari tanggal transfernya,dibilang ga bisa karena aku dh telat 90hri KTA nya.
        Aku dari 4.845.333 jadi 2.646.000 tapi akhirnya ga jadi.

        Pusing bu nego nya. Deskcoll yg ini bilang A.yg itu B.beda beda.bu klo ada yg telp di rekam otomatis aja.klo ibu di ancam atau dikasarin kan bisa ibu adukan. Mereka ga blh mengancam or kasar Bu.

        Aku pernah di wa sama debtcoll lapangan dan dia minta ketemuan ma aku diluar.aku tolak krn aku cm mau urusan sama internal dbs.

        • DBS memang ga da hati. Ga sperti bank lain , mudah dan ga bertele tele. Saya cape sama DBS, dari 4 april sampai saat ini ga ada kejelasan apa2.

          • Haoo bnersy sy blm ad pengsihan dr gaji krna sy mah d rmhkan tp bagaiman sy juga suk d tlvon tru dr colektor bukn sy g mau tnggung jawab tpnkedaan y sperti ni sm sy uga sdh 3 bulan d dbs mngunggungk tp gmn orng ga pemasukan

          • Iya,sy jg dr April. Sampai akhirnya disuruh membayar tagihan yg bulan April terlebih dahulu,katanya akan dicarikan solusi. Tp sampai sekarang belum ada solusinya,pdhl tagihan bulam April sdh saya bayarkan. Malah sy ditelpon setiap hari oleh pihak DC DBS.

        • Hallo bu ayu salam kenal..
          Saya udah mau 6 bulan nih..
          Saya memang bener2 macet semenjak pandemi covid19.
          Tiap ada yg tlp selalu beda2 omonganya,, Dan saya bisa dapet program keringanan asalkan bayar dulu tagihannya.. Saya kan ga ada uang untuk itu, buknya meringankan malah makin memberatkan.. Saya takut ada yg kerumah bu.. Biasanya gak bayar berapa Lama tuh dc dateng.. Apa masa pandemi gini dc bakalan dateng juga..

          • hallo mba yully.

            saya selama ni klo mereka telp slalu auto rekam ya. jadi klo ada yg beda saya tanya lgi kok beda. atau saya email aja ke dbs nya.
            malah ada bbeberapa dc internal mereka tuh slalu blg ke saya,klo bs jngn di up ke media konsumen.

            saya kurang paham bu akan di datangin klo udh berapa lama.waktu itu sya pernah di wa sama dc lapangan. tapi saya bilang ke mereka klo saya mau urusannya sama bank nya aja. bukti wa mereka saya ss saya up ke media konsumen.besoknya malah si DC nya nelp saya,suruh saya klarifikasi klo mereka ga ngebentak saya dngn kata kasar.
            memang ga kasar dan cooperative cuma males aja di wa mulu,ya saya up ke media konsumen.

            mba yuli tenor berapa lama mba?
            slama ni klo yg nelp pada kasar ga mba?

          • Salam kenal mba Yully,saya telat baru bulan Agustus kemarin Uda diancam mau kerumah,sampai tadi pagi di tlp mereka blg sudah mengeluarkan surat tugas buat Dateng kerumah,MB Yully selama 6 bln ada yg kerumah atau ke kantor kah?

    • Mba ayu memang galak2 terakhir Yang tlp namanya marsel saya in get, bukan saya gak mau bayar tapi to long kasoh penyelesaianya supaya diringankan. Tapi mereka gak mau ngerti. Mba ayu maaf klo boleh tau sampai saat ini udah telat berapa bulan.

      • Percuma mbak. Sy tiap hari ditelpon dsn dimaki2. Omongan pihak DC yg telpon jg berbeda2. Tidak ada solusi sama sekali dr pihak DC. Adanya makian mbak ???

        • Mbak udah telat berapa Lama,, aku 6 bulan semenjak covid aja mba.. ??mba udh pernah didatengin dc kerumah

          • Sy jg terlambat sejak covid ini mbak. Mei sy belum bayar sampai sekarang. Sy didatengin sm DC tp sopan. Yg telpon ini tidak sopan sama sekali mbak. Sampai puncaknya sy diinfo bahwa hutang sy 600jt. Dan bapak sy meninggal mbak. Karena kaget dengarnya. Telponnya sy speaker jg,karena sy tidak kedengaran DC bilang apa sj. Sy mau mengadu kemana kalau seperti ini. Hutang jauh dibawah 600jt tetapi diinfo kalau 600jt mbak. Sedih sy.

      • mba yully.

        klo galak, close aja telp nya trus rekaman lampirin ke email.

        yg penting slama coiperative tiap telp d angkat,jngn ga d angkat.

        aku udh 6bln jg mba.cicilanku 4,8.aku ga sanggup. kurang 10bln lg pdhl...

  • Sy bekerj d salon kecantikna otomatis mall buka tp tolo dna kntor sy tutup krn pekrjan sy kontk lngsung debgan Custemer

  • Saya pun ada kta d DBS bu Enita, 2 bulan yg lalu ada org ngaku2 dr DBS mau dtg tp sy ajak ktemuan di luar, bilangnya mau bantu proses restruktur dgn membawa berkas2 dokumen. Tp ketika sy minta difotokan id card utk pegangan saya, dia menolak dgn alasan SOP mreka tidak mengijinkan hal tsb. Akan diperlihatkan ktika ktemu. Sy bilang ga mungkin sy menyerahkan berkas dokumen pribadi ke org yg tidak sy kenal. Tp sesuai hari yg dijanjikan dia ga bisa dgn alasan sudah pulang krumah & saya tetap meminta ktemu dgn org tsb tetapi dia slalu beralasan, malah sy dikasih alamat kantor DBS Jkt utk ktemu dgn pihak collection. Sudah sy sampaikan sebelumnya tidak mungkin datang jika jam kerja normal krn sy msh punya tanggung jawab dgn kerjaan. Ya sudah sejak itu blm sy lakukan. Setiap hari memang ada yg telp. Pernah saya bicara via telp tnyata dibilangnya tidak ada keringanan atau restrukturisasi apapun & memang kata2 nya cukup kasar. Entah itu dri DBS cabang mana krn posisi kantor dia beda dgn alamat yg diberikan org sebelumnya.

    • Mba sonya...
      Skarang mba gmna udh jdi ke dbs pusat nya?
      Ada penyelesaian ga mba?
      Klo dc lapangan Dbs setauku memang wa dan minta ketemu diluar terus mba.
      Aku prnh jg d wa. Aku tanya dari internal Dbs atau bukan.dia blg iya.tpi ga bs tunjuk id. Itu mah agency.krn prnh dpt dc lapangan yg baik bgt.dia blg,klo dc lapangan da yg janjikan mau proses jngn prcya bu krn kami hanya agency bukan internal Dbs.

    • Waduh,masalah kita sm bu. Sy juga begitu. Sy sampai bingung harus melapor kemana. Sy akan bayar hutang KTA sy,tp sekarang kondisi tdk ada pemasukan bu. Mau bagaimana lg. Sy minta program penangguhan paling tdk sampai desember,malah dibilang tidak ada program apapun dr DBS. Jadi ya setiap hari pagi,siang,sore dan malam pun DC dr DBS masih menghubungi saya.

    • Sy sampai sekarang masih ditelpon mbak. Diteror terus2 tiap hari dan minggu lalu sy diinfo bahwa hutang saya 600jt di bank DBS.Sy heran bagaimana hutang tidak sampai sebanyak itu menjadi berlipat lipat kali ganda pada saat sy tidak membayar selama 6 bulan. Sy sampai kaget mendengarnya. Kalau 600jt ya tidak sy bayar,karena sy tidak merasa hutang sebanyak itu.

      • Bukannya surat ibu sudah ada tanggapan dri pihak marketing dbs nya ? Penyelesaian spt apa yg mereka tawarkan bu ? Mohon di sharing dgn saya. Thanks

        • Sudah ditelpon dengan pihak bank dan solusi yg ditawarkan hanya menambah beban. Masa pembayaran ditambah menjadi 5 tahun dan bunga yg ditawarkan sangat besar. Menurut sy itu jg tidak menyelesaikan masalah. Maka dari itu sy tidak mengambil usulan dari pihak DBS. Sudah jatuh tertimpa tangga apabila seperti itu. Omongan DC yg mn yg bisa sy percaya jg tdk tahu. Karena selalu berbeda2 infonya.

          • Itu yg balas kan dri petinggi dbs ya. Apa ga direspon balik lg bu. Dikiranya sudah selesai begitu saja dgn menghubungi ibu tp tidak memberikan solusi penyelesaian

  • Bu saran Saya ke Pengacara yg Biasa mengurus kartu kredit atau kta....nanti mereka yg tangani semua,tinggal Kita bayar jasa mereka,Dan nanti Pengacara yg akan negosiasi jumlah yg harus Kita bayar

    • Bukannya itu sama aja ya pak?ini pengalaman tetanggaku.dia pake jasa pengacara,tpa DC lapangannya tetep datengin rumah dia.jadi sama.aja di.kudu ngadepin dc lapangan

  • Intinya pihak bank DBS harus ada solusi buat kita semua terutama apabila kondisi kita saat ini terkena pandemi. Bukan hanya lsg main serahkan ke DC yg seringkali maaf .. omongannya kasar. Sy hanya mau negosiasi dengan pihak bank DBS. Semoga pihak KTA dr bank DBS mendengar keluhan sy dan kita2.
    Sy akan bayar KTA sy,tp memang untuk sementara waktu ini sy tidak ada penghasilan jadi sy mohon ada solusi penangguhan dari pihak Bank DBS.

  • Bapak/ibu sekarang sudah ada solusi blm di BDS,krn saya juga mengalami hal yg sama.saya di tlp setiap hari oleh DC DBS.saya sudah bingung sekali.

    • Belum mba diah.saya masih gitu gitu aja.capek mba d telp cm janji doang mreka. Mba diah gmn?

    • Blm juga mba..saya masih di tagih2 terus,gak ada program penundaan gitu ya?yg di info beberapa waktu lalu cuma yg relaksasi angsuran di rendahkan tenor di panjangin tapi bunga nya gede. Mba ayu udh nunggak brp lama mba?

      • Aku katanya udah 90hri.kata mereka.tapi Entahlah mba.suka beda beda mba..puyeng klo mereka dh mulai telp

      • Iya bener mba,saya jg udh pusing banget.hutang saya gak hanya di DBS,di bank2 lain saya dapat keringanan relaksasi penundaan 6 bulan.tapi DBS sulit banget..pembelajaran banget buat saya.

  • Saya sudah berbicara dengan pihak dbs juga bbrp waktu llu. Tetapi tetap mereka hanya ada program relaksasi yang menurut sy program tersebut juga malah memberatkan saya. Dan malah sy harus membayar tunggakan terlebih dahulu apabila akan mendapatkan program lainnya seperti penangguhan. Situasi seperti ini apabila ada program malah memberatkan buat apa.

    • Bu enita. Relaksasi itu apa bu?boleh bantu sharing bu.maaf ya bu sy banyak tanya

  • Relaksasi itu tenor diperpanjang bu. Tp klo dihitung2 malah banyak hutang pinjaman kita bu. Susah kena DBS. Sy jg bingung mau mengadu dan berbicara kepada siapa.

    • Parah bgt ya Bu. Tapi akhrnya bu ernitaa pilih yg mana Bu?aku msh blm ada kabar.pengen nulis disini lg udh males. Paling aku email aja.

  • Saya ndak pilih bu. Sy blm ada dananya. Sy biarkan dulu untuk sementara waktu.

    • Ibu ibu sekarang bagaimana?saya masih di tagihkan terus sampe malem masih di tlpin.sayabudh nunggak kurang lebih 3 bulan. Sudah pusing banget di tlp terus,sampai tlp ke kantor

    • mba enita.
      saya baca diatas,sampe bapak mba mninggal krn kaget ya. jahat bgt si itu penagihan. sy turut berduka cita ya mba.
      mba maaf nanya,itu 600jt kelipatannya hampir 50% kah?mba ada welcome letter nya kan ya.

      • Iya mbak. Bener2 ndak mau tahu urusan orang mbak. Bapak sy dikira bukan manusia kali ya. Katanya bukan salah mereka meninggalnya dan yg menelepon bukan DC DBS. Sy mengarang cerita katanya. Sampe sy omong apa perlu sy share kan surat kematian dan jam telpon DC DBS pd waktu itu.
        Pinjaman sy 200jt mbak. Mmg besar,tapi klo saya ditagih 600jt ya sy tidak mau mbak walopun sy mmg bayar terakhir bulan April.

        • mba enita

          aku baru td d hub.
          udh di ancem bsk d krm orang lapangan.

          mba pas d datengin orang lapngan. mba ditanya apa aja?berapa orang?teriak teriak ga mba.