Ongkir Lion Parcel Berubah Tanpa Konfirmasi Terlebih Dahulu, Sehingga Mahal dan Merugikan Penjual

Selamat siang Lion Parcel Express,

Saya amat sangat kecewa atas apa yang saya alami, pada tanggal 7 Juli 2020, saya mendapatkan pesanan baru melalui Tokopedia. Barang tersebut berupa stroller bayi dengan berat estimasi 7 kg, dibeli oleh Mas Galang yang mana barang tersebut akan dikirimkan ke daerah Cilacap, Jawa Tengah melalui ekspedisi Lion Parcel RegPack.

Setelah beberapa hari proses pengiriman, pada tanggal 11 Juli 2020 barang telah sampai dan diterima oleh pembeli. Namun betapa saya kaget dan terkejutnya ternyata biaya ongkir di luar ongkir yang tertera di invoice yaitu Rp297.000,- (di invoice tertera Rp67.500 (estimasi 5 kg) dan perubahan tersebut tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada penjual. Ini sangat merugikan penjual karena harga ongkir hampir sama dengan harga barang yang dijual. Dengan kata lain penjual tidak mendapatkan penghasilan dari barang yang sudah terjual.

Gambar Ongkir yg difoto

Kemudian penjual mencoba menghubungi Customer Service pihak Lion Parcel dan mengatakan jika barang terkena volume. Saya sebagai penjual tidak mau menerima keputusan demikian karena di aplikasi Tokopedia tidak mencantumkan tentang volume, sehingga saya menuntut atas kerugian yang saya alami.

Yang saya amat sayangkan, jika memang ada perubahan perhitungan, pihak Lion Parcel memberikan konfirmasi terlebih dahulu kepada penjual agar penjual bisa menghubungi pembeli dan mencari solusi lain. Namun hal itu tidak dilakukan oleh pihak ekspedisi dan secara sepihak memutuskan sendiri. Dan untuk pemberitahuan kepada yang lain, dia website Lion Parcel pun perhitungan barang tidak menggunakan volume, tapi hanya berat.

Oleh sebab itu, saya minta pertanggungjawaban kepada pihak Lion Parcel karena saya tidak ikhlas jika harus membayar ongkir sedemikian mahal. Terima kasih.

Dina Rosdiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lion Parcel:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

15 komentar untuk “Ongkir Lion Parcel Berubah Tanpa Konfirmasi Terlebih Dahulu, Sehingga Mahal dan Merugikan Penjual

  • 13 Juli 2020 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Setahu saya memang ada ukuran volume
    Jika paket di kemas kardus
    Apalgi itu troller bayi
    Mungkin itu kesalahn agen saja dalam menginput data

    • 13 Juli 2020 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Tapi dari aplikasi tokopedia gak ada ukuran volume selain itu tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak ekspedisi, jikalau ada mungkin saya gak permasalahkan krn sy bisa ganti ekspedisi lain lagi pula packingnya gak pake kardus hanya plastik saja

      • 13 Juli 2020 - (18:04 WIB)
        Permalink

        Barang di pick up sesuai dengan request aplikasi, berarti penjual tidak tau jika ada pengukuran volume karena penjual hanya mengikuti pesanan sesuai aplikasi. Seharusnya pihak lion tau dong jika barang dipickup jika tidak sesuai invoice dikonfirmasi dulu masih byk pilihan ekspedisi lain. Dan satu lagi sekama saya dagang baru kali ini ekspedisi bermasalah, kemaren2 sesuai. Jadi anda jgn menyalahkan pelapak/penjual karena diakan tulis sesuai yg tersedia diaplikasi.

  • 13 Juli 2020 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Berarti kesalahan dari pihak Tokopedia Bu.
    Biasa klo kita anter langsung ke agen
    Pasti di ukur
    Apapun expedisi nya memang
    Klo paket besar pasti di ukur

    • 13 Juli 2020 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Setidaknya dari pihak ekspedisi konfirmasi ulang biar saya diskusi dgn pembeli agar cari yg lebih murah, ini gak sama sekali yg pasti sy ttp gak terima ongkir segitu.

    • 13 Juli 2020 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Sudah terselesaikan dari pihak tokopedia, dan jika anda dari pihak lion parcel lain kali konfirmasi kalau ada perubahan berat barang bukan malah nyalahin penjual, jelas2 diaplikasi tokopedia gak hitungan volume. Jelas gak terimalah jika ongkir semahal itu msh byk ekspedisi lain yg jauh lebih murah.

  • 13 Juli 2020 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Biasanya jga agen itu tinggal input barang
    Karena data2 pesanan Tokopedia yg menginput
    Jadi si penjual itu datang ke agen
    Dengan menyertakan kode boking
    Nah di situ agen tinggal input
    Maka secara otomatis data penjual dan pembeli sudah tercantum
    Begitu kira2
    Terima kasih

  • 13 Juli 2020 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kesalahan ada di pihak pelapak dan jga agen itu
    Ketika pelapak datang ke agen
    Dengan membawa paket
    Tentu pihak agen akan bertanya
    Apa isi paket
    Tujuan
    Dan kemudian di timbang serta di ukur
    Di saksikan pelapak
    Pertanyaan annya apakah waktu itu di ukur apa cuma di timbang saja

  • 13 Juli 2020 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh saya masukan saja.., berat barang kan dimasukin dari awal mulai jualan. Jadi kita harus benar menghitung berat barang yg kita jual, kita hitung volume dan aktual berat, yg kita pakai jumlah yg terbesar jadi tidak akan rugi. Disini penjual kelupaan bahwa semua expedisi ada hitungan volume selain berat saja. Saja juga pernah salah begini, kelupaan hitungan volume dan sy masukin berat aktualnya, pas ada yg pesan dan waktu mau kirim kaget sendiri, tp ya sudah jadi pelajaran saja. Ini ada disetiap expedisi gan, jadi bukan salah marketplace tp salah penjual sendiri.

    • 13 Juli 2020 - (20:28 WIB)
      Permalink

      Ko salah penjual?
      Penjual dudah mengikuti sesuai apa yg tertera diaplikasi tokopedia yang tidak mencantumkan hitungan volume. Saya kasih tau ya di shopee aja ada lho pencantuman berat volume bukan saya mau membandingkan tapi itu kenyataan. jadi jgn salahkan penjual dong kalau terjadi seperti ini. Dari pihak ekspedisi juga seharusnya konfirmasi kan di invoice 5kg kalai ada perubahan bisa konfirmasi barangnya mau tetap dikirim atau gak, kalau gitu kan enak saya juga gak akan mempermasalahkan.

  • 13 Juli 2020 - (20:51 WIB)
    Permalink

    Bukan nyalahin ya mbak, tp terserah masing2 saja mau anggap sbg pelajaran atau nyalahin marketplace/expedisi. Sekedar FYI, perhitungan standar volume sama semua, PxLxT / 6000 = XXkg, ini bisa gampang dicari di google, dan semua pakai rumus ini jg. Kalau soal pencantuman di aplikasi/web marketplace/expedisi ya balik jg ke msing2 ya, sebenarnya sih sdh ada : https://seller.tokopedia.com/edu/cara-menghitung-berat-paket/ . Yang membedakan cuman apakah marketplace itu ‘newbie friendly’ apa tidak. Ya semoga berhasil ya mbak.

  • 13 Juli 2020 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Emang strollernya sebesar apa Mbak? Apakah tidak bisa dilipat? Kok jauh banget beda berat volumetriknya? 🤔

  • 13 Juli 2020 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Lain kali lebih teliti lgi Bu
    Dalam menginput barang
    Di sini saya tegaskan Lion Parcel Expres
    Tidak bersalah.

  • 14 Juli 2020 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Tapi mmg biasanya di info kan kalo ada salah berat dan ongkir.
    jika tidak ada info dan tidak menolak paket tsb, ya berarti sdh cocok dan ekspedisi menyetujui sesuai dgn ongkos yg tertera.

    kan MP sekarang sdh ada kode booking jg?
    dimana tertera berat dan harganya?

 Apa Komentar Anda mengenai Lion Parcel?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Ongkir Lion Parcel Berubah Tanpa Konfirmasi Terlebih Dahulu, Sehingga …

oleh Dina Rosdiana dibaca dalam: 1 min
15