Surat Pembaca

Merasa Tertipu oleh Telemarketing BRI Life

Saya adalah nasabah dari Bank BRI. Singkat kata, suatu hari saya dihubungi oleh telemarketing dari BRI Life saat jam istirahat kantor pada tanggal 26 Juni 2020. Untuk menjaga kesopanan, saya berusaha berempati dengan tidak langsung menutup telepon saya. Dia menjelaskan produk Davestera dengan intonasi cepat.

Dalam pembicaraan, si telemarketing mengatakan bahwa untuk memperoleh Produk Davestera tersebut, ada syaratnya. Rekening saya harus diaktifkan dulu dikarenakan sudah 8 bulan tidak digunakan. Karena saya ini orang desa, tidak tahulah ada aturan bahwa rekening bisa aktif atau non aktif. Saya juga mengatakan bahwa saya akan mengaktifkannya jika dikirimkan dulu modul untuk saya pelajari.

Dikarenakan kebodohan saya, saya menyetujui semua percakapan tersebut untuk mengikuti asuransi tersebut dengan premi Rp1.110.000, namun dengan syarat saya harus lebih dulu mengaktifkan rekening.

Saat pada tanggal 10 Juli 2020, sore hari. Saya kaget saldo rekening saya terpotong sebesar Rp1.110.000. Ternyata dari BRI Life dengan tujuan MBD_1223_xxx. Saya heran kok bisa saldo saya terpotong? Kan tidak aktif.

Keesokannya, tanggal 11 Juli 2020.saya menelepon CS BRI Life 1500087, menceritakan kekecewaan terhadap pelayanan BRI Life. Saya merasa dicurangi. Saya memohon untuk membatalkan dan mengembalikan saldo tersebut. CS BRI Life mengatakan jika dibatalkan, uang akan hangus.

Karena tidak puas percakapan dengan CS BRI Life, pada tanggal 13 Juli 2020, saya pergi ke Bank BRI untuk menanyakan hal tersebut. CS BRI mengatakan bahwa rekening saya bukan non aktif, tapi pasif (pasif dari pemakaian ATM). Saya kaget, ternyata si telemarketing itu membohongi saya dengan mengatakan bahwa rekening saya non aktif. CS BRI tersebut mengatakan bahwa asuransi ini bisa di-cancel dan saya harus menghubungi si telemarketing tersebut agar membatalkannya sebelum 14 hari.

Ada terasa kelegaan hati setelah mendengarnya. Lalu tanpa berpikir panjang, saya menelepon nomor telemarketing tersebut. Namun tidak dapat dihubungi. Timbul lagi kekecewaan ini.

Saya berharap dari BRI Life untuk memproses keluhan saya. Karena di saat pandemic ini, saya sangat membutuhkan uang tersebut.Saya juga berharap untuk para telemarketing, janganlah membodohi masyarakat dengan jebakan kata.

Mohon yang membaca berhati-hati apabila ada penawaran dari BRI Life.

Daniel Gordon
Dumai, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kejadian tersebut hampir sama dengan yang dialami saya. dimana setahun yang lalu saya jadi nasabah BRI Life tanpa Kontrak Polis sementara pembayaran dilakukan otomatis setiap bulan dari rekening bank BRI. Info dari petugas terakhir yang bisa dihubungi, karena petugas lama sudah mengundurkan diri, bahwa data saya tidak ada. Kontrak hangus dengan sendirinya saat pembayaran terhenti akibat Covid. Ya sudah nasib ..

  • Saya sudah tutup polis dari tanggal 23 oktober ,sampai sekarang kok belum cair juga,gimana itu,nyesel q ikut brilife,merasa tertipu

      • Saya juga sangat kecewa dengan Bank BRI, tiba tiba ada surat dari @BRILife isinya polis asuransi, didalamnya ada data pribadi saya yang benar adanya tetapi nomor telepon dan alamat email berbeda,
        Disebutkan jika saya tidak konfirmasi ke bank setempat 14 hari setelah polis diterima berarti saya menyetujui polis tersebut dengan auto debet sebesar 300rb per bulan. Disebutkan bahwa konfirmasi sebelumnya via WA nomor telepon dan email.
        Lah ini, saya gak pernah dapat konfirm apapun kok bisa langsung dapat polis. Khan nomor WA dan email bukan ke saya, ketika saya menelepon ke CS yang katanya bebas pulsa ternyata juga bohong. Jawabannya juga gak jelas.

        Mohon kiranya di viralkan saja biar ada tanggapan.
        #Datakitabocor
        #databocor

  • Saya sudah tutup polis dari tanggal 23 oktober,sampai sekarang kok belum cair juga gimana itu,tiap tak tanyain petugasnya slalu suruh nunggu,sudah bagian keuangan pusat.sampai kapan gak ada kejelasan

  • Saya sudah tupol dari tanggal 23 oktober sampai sekarang belum cair juga,tiap tak tanyain petugasnya,slalu suruh nunggu,sudah bagian keuangan pusat,sampai kapan gak ada kejelasan