Penipuan Konsumen Program “ONLY 4U” oleh Indosat Ooredoo

Kepada Indosat Ooredoo yang terhormat,

Saya sudah melaporkan melalui telepon pada tanggal 12 Juli 2020 pukul 23.10 diterima oleh Pak Brian dan keluhan melalui email dengan nomor laporan DIG0007973381. Kronologi pembelian paket data internet melalui SMS ke *123# pada nomor Hp 0815*7**6*86. Saya memilih nomor 3: “ONLY 4U” dan kemudian memilih nomor 4: “Paket 60 GB” seharga Rp150.000. Saya pilih: “Ya”, dengan keterangan seperti gambar di bawah:

Screenshot ONLY 4U

Tawaran yang sama masih tampil pada layar hp saya (sampai hari ini tanggal 13 Juli 2020 Pukul 17.00):

Only 4 U
4. 150rb 60GB nelp semua 30 hari

Dengan keterangan lanjutan:

Internetan 60 GB dan menelepon 60 menit ke semua operator, berlaku non stop 24 jam selama 30 hari Rp 150 rb

Saat menerima SMS pembelian dikonfirmasi ,saya tanpa pikir panjang langsung pilih Ya. Karena 2 kali di layar sudah tampak yang saya pilih paket 60 GB tersebut.

Saya cek di aplikasi Im3 yang ada live chat-nya Indira (yang tidak dapat dikontak live chat-nya lebih dari 1 bulan terakhir, jika di-chat pun tanggapan rutinnya hanya berupa copy paste tanggapan standar dengan link ke web), dan di aplikasi tampak paket yang saya beli ternyata 50 GB, bukan 60 GB seperti tawaran pada pop up SMS sebelumnya.

Bahasa paketnya pun menjebak konsumen, tertulis paket 60 GB dan 60 menit telepon seharian. Namun ternyata yang dimaksud 60 menit telepon seharian sementara paket datanya ada penjelasan lainnya. 60 GB yang dimaksud, yang setelah diterima terkena diskon 10 GB menjadi 50 GB (menurut penjelasan CS di email sudah sesuai tergantung wilayah) dengan pembagian sebagai berikut:

25 GB data seharian
10 GB data di Jam 01.00-06.00
15 GB data kuota lokal
Total: 50 GB

Terkait perbedaan tawaran ONLY 4U antara pop up SMS dengan yang saya terima sudah saya laporkan by phone dan by email. Dari tanggapan email, saya mendapat tanggapan standar bahwa setelah dilakukan pengecekan paket yang saya terima sudah sesuai dengan tawaran. Lalu saya mendapat email sebagai berikut: [Do Not Reply] – Your Indosat Support Case DIG0007973381 has been Closed.

Hal ini merupakan bentuk penipuan kepada konsumen. Perbedaan tawaran awal dengan yang saya terima pada akhirnya agar dapat diketahui khalayak ramai dan tidak terjadi pada konsumen lainnya. Hanya 10 GB dari 1 konsumen, jika terjadi pada banyak orang mungkin pihak Indosat baru akan menindaklanjuti.

Harap ke depannya para pengguna Indosat Ooredoo tidak akan tertipu seperti saya dengan tawaran semu dari pihak Indosat Ooredoo.

Mohon perbaikan dalam pesan tawaran SMS-nya. Jika memang hanya menawarkan setengah hati, hentikan saja program ONLY 4U nya. Tawarannya bukan spesifik untuk hp dan wilayah saya, karena sampai saat ini yang saya terima tidak sesuai pada kenyataannya

Salam sehat.

Shelly
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:31    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Penipuan Konsumen Program “ONLY 4U” oleh Indosat Ooredoo

  • 16 Juli 2020 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pakai provider INDOSAT selama 20th….kalau baru seumur jagung saya tidak akan pakai provider ini. Banyak menipu konsumen dengan berbagai modus penawaran yang tidak jelas dan lagi kualitas jaringan yang tak kunjung membaik malah makin buruk, layananan CS nya pun makin parah.

  • 16 Juli 2020 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Saya menerima telepon hari ini dari pihak VIP Customer Care Indosat, Pak Irwan hari ini. Setelah dilakukan penelusuran oleh pihak Indosat mereka mengakui adanya kekurangjelasan dalam bahasa sms penawaran Only 4 u yang mereka tawarkan. Mereka menyampaikan permintaan maaf dan akan memperbaiki kinerja serta bahasa sms penawaran mereka ke depannya. Mereka menambahkan selisih 10 gb ke kuota utama saya sebagai pemenuhan janji penawaran awal mereka. Semoga ada banyak perbaikan kinerja, layanan, jaringan dan penawaran yang lebih baik ke depannya.. Layanan Indira Live chat juga semoga bisa aktif kembali.. Bukan 10 gb nya yang penting, namun perbaikan keseluruhan dan evaluasi semoga tetap diperbaiki

  • 17 Juli 2020 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Saya .mengalami hal serupa. Penawaran total 60GB setelah dibeli dgn harga yg sama dapat nya total hanya 50GB tapi saya diam dan kapok tdk beli yg itu lagi. Kalo anda melapor dan ditambahi beruntunglah anda.
    Ini ibarat kita beli beras 1kg tapi dapatnya kurang dari 1kg

  • 18 Juli 2020 - (01:12 WIB)
    Permalink

    Hi Ari Yudi, ia karena bahasa program only 4 u 60gb di sms tsb memang menjanjikan yg berbeda dengan kenyataan yang terjadi. Saya mengangkat hal ini supaya menjadi perbaikan pada program, layanan, dan jaringan Indosat ooredoo ke depannya. Semoga ke depannya tidak semakin banyak yang mengalami hal serupa dengan yg kita alami. Penanganan lewat cs by email sangat standart dan tidak menyelesaikan apa-apa saat hari H sampai H+1, jika tidak diangkat ke media seperti ini, penanganan dan perbaikannya tidak mungkin seserius dan secepat yg saya alami.. Semoga ke depannya, semua customer indosat dapat menerima penanganan dan layanan sepenuh hati tanpa harus melalui media massa.
    Supaya tidak ada lagi yg megalami seperti Ari yang membiarkan rugi 10 gb, atau mungkin ada banyak customer lain yg menyerah setelah menerima jawaban standart yg diberikan team cs by email kalau paket data yg diterima sudah sesuai ..

    Update untuk live chat indira saya yang tidak dapat diakses.
    Hari Ini ada team lain dari Indosat yg menghubungi saya untuk penelusuran lerihal hal ini. Live chat Indira saya tampaknya terkena glitch setelah tidak mendapat tanggapan dari representatif Indira bulan lalu, ini sebelum 8 Juni 2020. Sekalipun sudah diupdate aplikasi Im3 nya pada tgl tersebut, entah kenapa live chat nya tetap stuck dengan error sebelumnya. Sehingga saya tetap mendapat notifikasi standart berulang akan segera dihubungi representatif disertai link jika ingin diarahkan ke web nya atau ingin mem”batal”kan live chat tsb. Tanpa bisa terhubung dan mendapat tanggapan dari representatif Indira manapun selama 1 bulan terakhir. Screenshot bukti sudah diterima team Indosat. Per malam ini Glitch tsb sudah berhasil diatasi. Semoga tidak berulang kembali ke depannya..

  • 18 Juli 2020 - (01:20 WIB)
    Permalink

    Dan saya mengapresiasi kinerja team Indosat hari ini, saya mengecek program Only 4 u melalui sms ke *123#, bahasa dan program yang ditawarkan untuk 150k (no 3) sudah diperbaiki dan sesuai kuota yg dimaksud program nya, disertai penjelasan lebih lanjut kuota utama, kuota lokal, serta kuota malamnya. Semoga ke depannya tidak ada yg seperti saya dan Ari serta teman-teman lainnya alami sebelumnya

  • 20 Juli 2020 - (16:19 WIB)
    Permalink

    hahhaa, saya indosat yg dipake nomornya doang (karna sayang nomor, nomor dari jaman hp nokia)… kalo beli kuota pake kartu lain… pernah tuh mutusin buat beli kuota di Indosat, alhasil waktu dipake malah pulsa yg disedot bukan kouta, mana sinyalnya jelek parah… saran saya sih pindah provider lain aja mba

      • 26 September 2020 - (05:45 WIB)
        Permalink

        persis. punyaku juga gitu. kuota 32gb tapi yang utama 22gb katanya ada embel2 ekstra kuota 10 gb. tapi gak ada.
        padahal udah cek ke *557*8#.

  • 11 Agustus 2020 - (11:37 WIB)
    Permalink

    saya juga kena tipu, tgl 7/8/2020 daftar paket only 4u 10GB(4G)+1GB 5rb/ujari, tpi yg masuk cuma 1GB, sudah komplain leawat twitter tpi sampai hari ini kekuurangannya belum masuk juga, payah memang indosat

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Penipuan Konsumen Program “ONLY 4U” oleh Indosat Ooredoo

oleh Shelly Shelly dibaca dalam: 2 min
11