Surat Pembaca

Sulitnya Pengajuan Kartu Kredit BCA

Perkenalkan saya Faris, nasabah BCA sejak tahun 2012.

Saya menulis surat di Media ini agar dapat dibaca oleh Manajemen Bank Central Asia karena sudah berkali-kali dan hampir 7 kali saya mengajukan Kartu Kredit BCA dengan alasan yang yang tidak logis.

Saya mencoba mengajukan Kartu Kredit agar saya sebagai pedagang online dan agar usaha saya sebagai pelaku UMKM semakin berkembang dan mempermudah usaha saya. Setiap pengajuan saya lampirkan dengan data yang valid dan data pendukung yang dapat dipertanggung jawabkan namun, tetap ditolak dan harus mengajukan ulang.

Setelah 3 bulan setelah menerima email/sms dari pihak BCA, untuk yang terakhir kali saya mengajukan tanggal 05 Juli 2020 via Aplikasi Shopee dengan nomor referensi A030214256, dimana pengajuan saya kembali tidak disetujui.

Yang membuat saya kecewa adalah ketika saya menerima email bahwa aplikasi tidak disetujui pada tanggal 14 Juli pagi hari pukul 08.00, siang hari team verifikasi baru menelepon saya dan keluarga tidak serumah setelah aplikasi tidak disetujui. Sangat disayangkan Bank Swasta terbesar di Indonesia tidak profesional dalam hal pengajuan kartu kredit nasabahnya.

Tolong kepada manajemen BCA agar memperhatikan keluhan saya sebagai nasabah.

Salam,

Faris Usman
Kabupaten Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau tujuannya untuk mempermudah transaksi bisnis, saya rasa semua kartu kredit juga bisa. Pembeda kartu kredit satu dengan yang lainnya hanya di promonya aja.

    Analis setiap bank punya kriteria tersendiri untuk pelamar kartu kreditnya.
    Mungkin benar masnya tidak bermasalah pada SLIK dan jualan jalan terus di online shop.
    Tapi kriteria yang dibutuhkan analis untuk approve bisa jauh lebih rumit dari itu.

    Misalnya saja rasio DBR, apakah ini mas sudah mengenal istilahnya?
    Rasio DBR ini memungkinkan orang yang hanya berpenghasilan katakanlah 3juta/bulan disetujui cc BCAnya dan orang yang justru berpenghasilan belasan juta per bulan ditolak.
    Coba dipelajari dulu tentang rasio DBR.

    Intinya, dalam dunia kartu kredit, penolakan sudah lumrah terjadi. Bank tidak mau mengambil resiko. Tentu kita sebagai orang yg mengajukan tahu kondisi keuangan kita dan yakin tidak akan macet, tapi analis tidak kenal dengan kita. Mereka bukan teman/tetangga yang tahu bagaimana ekonomi kita. Tapi mereka hanya melihat data dan data di lampiran kertas.

    Kalau ditolak 7x masih wajar, karena BCA memang dikenal tidak mudah untuk ditembus. Di grup2 kartu kredit silakan dicek ada berapa orang yang bahkan ditolak belasan kali.

    Intinya, jangan terlalu memusingkan penolakan aplikasi kartu kredit. Kalau tidak jodoh dengan BCA, banyak kartu kredit lain yang mungkin lebih mudah menerima profilnya mas. Intinya, jangan terobsesi dengan satu bank saja.

  • tahun 2015 saya tidak mengajukan kk bca, tp mengajukan di bank mega tapi ternyata ditolak bank mega, gak tau gimana, tiba² ada telpon dari bca tentang verifikasi kk bca, selang 2 bulan setelah itu kk bca dikirim dirumah, barulah setelah itu saya buka rekening bca untuk membayar tagihan kk bca, tapi yg bikin saya kurang senang, sampai sekarang ngajuiin penambahan limit selalu ditolak saja, padahal sudah 8 tahun kualitas kredit saya "lancar"

  • Mungkin saya org yg beruntung dlm hal cc BCA,saya tdk mengajukan untuk buka cc BCA tp saya malah di tawarkan oleh sales dari Bank tsb,awalnya saya tdk berminat dan ingin membantu sang sales dlm targetnya mencari nasabah yg mau buka cc BCA,bln Feb kemarin saya di minta mengisi data buat apply cc BCA stlh smua data saya tulis sebln kemudian pihak call center tlp saya berkali2 dan pd akhirnya saya menjawab tlp dr call centernya,stlh data saya smua valid 2 minggu kemudian cc BCA di kirimkan ke alamat rmh yg sesuai dgn data di KTp,wktu saya trima cc BCA tdk lgsung saya aktipkn krn awalnya niat saya ingin membantu sales bank tsb sampai target,lalu pd bln juni kmrn bru saya lakukan aktivasi dgn Mbanking itupun krn berkali2 pihak BCa email saya untuk segera aktivasi cc BCA..
    Sekedar pemberitahuan saja memang saldo saya di BCa tdk perna byk namun tiap bln ada pemasukan lewat transferan gaji saya krn kerja sama dgn bank BCA.

    Dari pengalaman saya ini,mgkin saya tarik ksimpulan pihak BCA menganalisa tabungan rutin kita apakah ada traksaksi 3 bln trakhir dan saldo di rekening hrus stabil sesuai ketentuan dr bank BCA.

  • Ini sih lucu...
    Jadi, ceritanya, anda mau pinjam uang sama orang, tapi ga dipinjami.
    Lalu anda ga terima.
    Helloooooo...
    Bank punya kriteria dan aturan dalam menerima atau menolak aplikasi kartu kredit. Sama seperti anda kalau diminta pinjaman sama orang lain, anda juga akan mempertimbangkan berbagai hal.
    Lagian, Kartu kredit itu adalah kredit komsumtif, bukan kredit investasi usaha, ya jelaslah ditolak sama bank.

  • Hak tolak pengajuan ada di pihak bank. Apapun keputusan nya dan tanpa alasan. Perlu dicermati barangkali BI Cheking anda jelek . Coba minta laporan BI Cheking dulu secara online bisa kok .

  • Tidak menyetujui ajuan kartu kredit ke anda itu tidak profesional. Apa arti profesional itu sendiri?
    Menyetujui ato tidak itu hak bank tersendiri dan pihak bank pasti ada pertimbangan tersendiri.
    Apakah pihak bank harus mnyetujui semua ajuan biar di bilamg profesional?
    Apakah kamu tidak ada rasa malu sama sekali membicarakan profesional sedangkan kamu sendiri tidak mengerti apa arti kata itu?
    Kamu seorang penjual. Jikalau orang tidak membeli produk kamu,kamu juga mau salahin masyarakat?
    Kenapa cuman bisa menyalahin orang? Ga bisakah kamu berpikir kek orang dewasa? Cuman bisa mengeluh kek bocah..

  • Saya pribadi 2x ditawarkan oleh langsung oleh telemarketing CC BCA. Tapi proses pertama ditolak. Entah karena cash flow saya gak bagus atau ada data yang tidak sesuai.

    Tapi, penawaran kedua (oleh telemarketing juga) diterima. Bank dalam hal ini memang memiliki kewenangan penuh. Bukan berarti anda nasabah di satu bank, terus anda punya hak untuk menuntut diberikan kartu kredit atau pinjaman.

    Ada surveyor di bank yang akan menentukan kualitas kredit anda. Apakah anda punya pinjaman di tempat lain, entah itu cicilan rumah, kendaraan, KTA, dll. Terus keuangan anda juga akan dipelajari oleh pihak bank. Apakah penghasilan anda memadai atau setidaknya mencukupi untuk Limit Pinjaman.

    Kalau BCA, limit awal biasanya 3jt dan itu berarti minimal penghasilan bersih anda setiap bulan harus ada 2x atau 3x dari limit pinjaman. Karena menurut aturan BI, maksimal kredit seseorang setelah dikurangi biaya bulanan dan kebutuhan adalah 40% dari gaji/upah/penghasilan.

    Saran saya, perbanyak transaksi keluar masuk agar cash flow anda terlihat dengan jelas oleh bank. Atau anda dapat mengajukan kartu kredit bank lain terlebih dahulu, kalau disetujui akan jadi dasar pertimbangan bank untuk menawarkan pinjaman/cc kepada anda.

  • Saya aja sebagai karyawan BCA selalu di tolak padahal saya karyawan bca yg nerima gaji di bca, di sayangkan sekali Bapak faris kecewa di mediakonsumen, apalagi saya ? . Tapi tetap lihat ke masa depan tidak ada tagihan tidak ada tunggakan bulanan. Hidup tenang, liat teman limit 10 jt gali lobang tutup lobang. Kadang minjam ke saya ? . Tetap bersyukur aja apa yg ada pak faris.

Penulis
FARIS USMAN