Lanjutan, Kebingungan yang Tidak Berujung kepada Kartu Kredit BNI dan Tokopedia

Sambungan dari surat tanggal 13 Juli 2020.

Saya pemilik Kartu Kredit BNI dengan no. 4105-04**-****-5103.

Setelah saya memposting surat di Media Konsumen dan diterbitkan tanggal 13 Juli 2020, pihak BNI menghubungi saya dan menyatakan dana yang muncul pada tanggal 3 April 2020 sebesar Rp. 1.773.103 adalah selisih dari pembelian tiket saya tanggal 30 October 2019 sebesar Rp. 3.078.458. Memang jika dikurangi pengembalian tiket pertama sebesar Rp.1.305.355 akan muncul nominal 1.773.103.

Dan saya minta semua pernyataan ditulis melalui email agar saya pun bisa mengirimkan bukti-bukti pembayaran cicilan saya yang lunas di bulan April 2020 tapi sampai pagi ini saya belum menerima email apapun dari BNI.

Pertanyaan saya;

1. Kenapa ada selisih? Saya sudah membayar 6 bulan cicilan sampai selesai di bulan April 2020. Jika saya membayar selisih lagi berarti saya membayar Rp.3.078.458,- sebanyak 2 kali dong (pembayaran yang saya cicil sebanyak 6 bulan, lalu pengembalian saya sebesar Rp.1.305.355 dan dana yang dinyatakan selisih sebesar Rp. 1.773.103). Dan jika pengembalian dari Air Asia melalui tokped dijadikan pembayaran lagi. Dimana hak saya untuk pengembalian dana tiket pesawat yang saya batalkan?

2. Dan saya diinformasikan cicilan saya terhenti di bulan Januari. Kalau memang cicilan pesawat terhenti kenapa masih ada tagihan di billing statement saya di bulan Februari – April 2020. Dan memang bisa ya cicilan terhenti begitu saja tanpa ada info? Harusnya jika ada cicilan yang terhenti berarti ada tunggakan di billing saya kan? Mohon cek sistemnya ya BNI. Apa ada kesalahan pada sistemnya? Sehingga semua ini bisa terjadi.

3. Tanggal 15 Juli 2020 saya ada pengembalian dana lagi atas pembatalan tiket pesawat saya rute Bali-Yogyakarta ke limit kartu kredit sebesar Rp941.654,- dari Tokopedia.

Mohon apa yang jadi milik konsumen tidak dipotongkan kepada dana yang masih saya pertanyakan dan saya bingungkan.

Saya sudah membuat laporan juga kepada Tokopedia terkait hal ini. Tokopedia juga sedang melakukan investigasi mengenai hal ini.

Mengenai pengembalian tiket pesawat di surat saya yang lalu, Air Asia sudah membereskannya melalui Tokped.
Sekali lagi untuk bantuan Tokped mengenai pengembalian dana tiket pesawat, saya mengucapkan terima kasih untuk pelayanannya yang sangat memuaskan. Walau dana yang dikembalikan tidak sesuai dengan perkiraan awal dikarenakan semua sesuai dengan kebijakan dari pihak maskapai.

Mohon bantuannya juga Tokped untuk laporan saya yang kedua.

Bella Afillia
DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BNI atas Surat Ibu Bella Afillia

Menanggapi surat Ibu Bella Afillia di www.mediakonsumen.com pada tanggal 12 dan 17 Juli 2020 berjudul “Kekecewaan dan Kebingungan terhadap Kartu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Selamat ya mbak, semoga tidak ada kerugian untuk selanjutnya. Kalau sy sih jg bingung ngeliatnya. Mungkin yg pakar-pakar disini bisa tolong bantu mbak ini...