Refund Traveloka Lebih dari 100 hari dan Jumlah yang Dikembalikan Tidak Sesuai Refund Policy

Saya mengajukan refund Traveloka dengan booking id 623459736 sejumlah 3 tiket dengan detail perjalanan Jakarta-Ambon 31/04/20 pada 24 Maret 2020 karena wabah covid

Kode booking

Setelah menunggu lebih dari 60 hari status progress refund tidak berubah masih tetap pada “awaiting for airlines approval“. Akhirnya saya menghubungi traveloka dan hanya dibalas dengan menunggu hingga 90 hari atau lebih

Lalu setelah 90 hari menunggu status belum berubah maka saya kembali coba mengontak Traveloka yang hanya dibalas dengan voicemail pada aplikasi pun hanya dibalas dengan pesan “template”.

Akhirnya saya hubungi Lion Air untuk menanyakan kejelasan tiket saya, betapa gusarnya saya ketika informasi yang diberikan pihak Lion Air adalah bahwa pihak agen (Traveloka) tidak pernah merequest refund untuk tiket ini. Saya mengirim pesan kepada Traveloka terkait keadaan ini dan dijawab dengan “semua proses telah berjalan sebagaimana mestinya harap menunggu” apa?

Lama Refund

 

Setelah menunggu lama hingga 110 hari akhirnya status refund berubah menjadi approved. Lalu pada hari ke 115 dana refund saya ditransfer. Yang membuat saya semakin emosi adalah dari tiket saya adalah Rp. 4.139.736 dikurangi 10 persen plus biaya administrasi dan sebagainya menjadi estimated refund 3.6 jutaan tapi yang ditransfer Traveloka hanya Rp1.228.135, WTF?

Setelah drama ratusan hari refund Saya hanya dikembalikan 1/3-nya? Padahal refund Saya ajukan 30 hari sebelum keberangkatan pun pada aplikasi telah jelas estimasi refundnya hampir 3.7jt.

Total tiket
Yang dikembalikan
Hasil refund

Hingga saat ini belum ada kejelasan apapun dari pihak Traveloka. Saya paham pada kondisi covid ini kita harus bersabar dan saya sudah bersabar menunggu hingga 115 hari, tapi dimana profesionalisme Traveloka? Jika saya masih terus tanpa seperti ini maka saya melayangkan prosedur hukum kepada pihak Traveloka lewat YLKI.

Muhammad Charistha
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Muhammad Charistha

Kepada Yth., Bapak Muhammad Charistha Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Refund Traveloka Lebih dari 100 hari dan Jumlah yang Dikembalikan Tidak Sesuai Refund Policy

  • 20 Juli 2020 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Dari hasil baca2 SP di sini, kelihatannya travel agent yang 1 ini juara terjelek terkait proses refund.
    Patut dipertimbangkan di kemudian hari ketika akan membeli tiket pesawat. Karena iya kalau bisa terbang dengan lancar, ya no problem. Tapi bagaimana kalau tiba2 terjadi hal2 yang menyebabkan tidak bisa terbang, baru kelihatan apa bedanya antara pesan via travel agent yang bagus dengan yang jelek, atau bahkan pesan langsung ke maskapai.

    Mana di setiap tanggapan resmi bisa2nya ngaku terima permintaan refund/reschedule RIBUAN per menit. Berarti 60 menit kira2 60 ribu paling sedikit? 1 hari kerja jadi berapa? 1 minggu jadi berapa? Emang penumpang pesawat berapa banyak sih? & semuanya pesan di travel agent ini ya? Lagian pesawat sejak grounded sampe sekarang baru mulai beberapa yang jalan lagi, masak iya yang minta refund/reschedule sama aja segitu banyaknya sejak jadul s.d. sekarang?
    Kalau menurut saya sih zaman now ini petugas travel agent tinggal nganggur2an duduk santai, secara yang nyari tiket juga nyaris gak ada.

    • 21 Juli 2020 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Saya paham setiap korporasi punya strategi tersendiri untuk bertahan dalam menghadapi wabah covid ini, ibarat pohon jika musim panas ia menggugurkan daunnya untuk bertahan hidup tapi jelas salah jika memilih membusukkan buah yang akan dimakan konsumen.

  • 21 Juli 2020 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya pesanan d Traveloka yg sampai saat ini belum tuntas 1april sudah mengajukan refund sampai sekarang g ada kejelasan..

  • 21 Juli 2020 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Saya sudah menunggu 4 bulan dengan sia2 juga,,,
    No Pesanan 583922732 juga di tipu oleh traveloka,
    Total refund tiket yang harusnya : 15.189.300,- Hanya di retur 3.139.789,- (hanya 20% dari nilai).
    Gila bener cara traveloka mengambil/merampok duit konsumennya.
    Padahal saya sudah menghubungi Maskapai Malaysia Airlines dan sesuai prosedur di haruskan kita menhubungi langsung travel agen pembelian tiket yaitu traveloka,…
    Karena uangnya sudah di retur ke traveloka secara penuh.

    Masa sekarang ini baru saya tau… hanya satu2nya traveloka travel agen yg tidak bisa di percaya. Padahal saya konsumen setianya.

    • 21 Juli 2020 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Lalu bagaimana pak sudah ada tanggapan dari pihak travelokanya? Barusan saya ditelp pihak traveloka mereka berjanji akan mengembalikan sisa dananya dalam 2-5 hari, jika dalam kurun waktu tersebut tidak dikembalikan maka saya memposting hal yg sama di media yang lain lalu setelah itu melanjutkan langkah hukum.

      • 21 Juli 2020 - (12:17 WIB)
        Permalink

        Saya mau tnya ni proses tranfer uang yg masuk ke rek kita kita hrus nunggu brp hari pak soal nya saya juga tinggal nunggu masuk uang ke rek saya uda saya cek tp blom ad masuk kata nya tunggu 7 hri krj bener bgitu pak? Tolong jawab pak trimah kasi

        • 21 Juli 2020 - (12:34 WIB)
          Permalink

          Untuk case Saya info mereka 2-5 hari ke depan. kalau belum masuk coba di kontak lagi Bu

    • 24 Juli 2020 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih Banyak Kepada Traveloka Yang telah menyelesaikan masalah Refund Dana Tiket saya pada Tgl 24 July 2020.
      Semoga pada masa sulit sekarang ini dapat kita lewati bersama dan Saya Harapkan Traveloka sebagai agen travel terpecaya dapat lebih maju/sukses lagi di masa depan.

  • 21 Juli 2020 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Sudah menunggu hari demi hari pak … hanya dari mesin jawab saja,.. dengan alasan yang sama sekali tidak masuk akal.

    Belum ada tanggapan apapun dari pihak traveloka.
    Mungkin mereka sangat butuh uang konsumennya untuk perputaran Kas mereka.
    Tetapi dengan cara yang sangat curang.

    • 21 Juli 2020 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Saran saya coba buat surat pembaca seperti yang saya tulis diatas pak, mediakomsumen.com bukan satu2nya, mungkin jika bapak bersuara lebih ‘keras’ akan lebih didengar oleh mereka

    • 21 Juli 2020 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Saya pun punya masalah yang sama, pemesanan dri Jakarta ke Yogyakarta, dan dri Yogyakarta ke Jakarta , namun disini yang baru ke refund dri Yogyakarta ke Jakarta, sedangkan yg dari Jakarta ke Yogyakarta mslh dlm proses… Waktu dtnykan estimasi pengembalian dana ke rekening hanya bsa balas sabar dan tunggu email dri pihak Traveloka nya…saya kira hanya saya yang seperti ini, ternyata banyak yang mengalami nya…mohon info bagaimana agar pihak Traveloka nya mengembalikan dana yang sudah kita transfer.

  • 21 Juli 2020 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Hal serupa terjadi kepda sy jg, namun refound yg dikembalikan berupa voucer travel, dan ini adalh hal yg konyol!!!!
    Dan sy sdh menghubungi traveloka agar refound dikembalikan berupa uang cas, namun sampai saat ini tdk ada tangapan.

    #uninstallTraveloka

  • 21 Juli 2020 - (22:05 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal yang sama dengan bapak ibu sekalian. sudah sekitar 5 bulan saya menunggu kepastian perihal refund ini, dan Jika saya hitung kembali sekitar 30% selisih nya dari nominal yg mereka kembalikan. Hal itu gak sesuai dengan kebijakan yg mereka buat mengenai refund. Apa ug harus saya perbuat???

  • 22 Juli 2020 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama.. Saya Refund Surabaya Bangkok.. Memang lama, lebih dari 90 hari kerja. Dan uang yang ditransfer sesuai dengan harga tiket saya. Saya maklumi atas lamanya proses, karena pandemi yang mahadasyat ini

    • 22 Juli 2020 - (15:54 WIB)
      Permalink

      Kalau refundnya sesuai dengan harga tiket berarti kasusnya berbeda mas, saya pun menunggu hingga 115 hari tidak masalah yang saya masalahkan pada artikel diatas sudah lama tidak sesuai pula, Alhamdulillah setelah 3 hari artikel ini terbit sisa dana saya sudah dikembalikan. Total 120 hari

      • 22 Juli 2020 - (16:28 WIB)
        Permalink

        Jadi memang prosedur refund-nya dicicil seperti itu, atau dikembalikan full gara2 nulis surat di sini?

  • 2 November 2020 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Saya mau sedikit sharing, saya juga sempat mengajukan refund Traveloka sebesar 5,2jt (CGK-DMK) PP. Menggunakan Thai Lion. Refund ini karena tidak bisa berangkat dampak Pandemi COVID19. Pihak Traveloka memang sangat lama, tapi saya menghubungi pihak Lion Air untuk follow up ke Thai Lion (kurang lebih 30 hari kerja). Dan saya diberikan BUKTI TRANSFER DARI THAI LION KE TRAVELOKA dalam mata uang Thailand. Berkat dokumen tersebut, saya kirimkan ke Pihak Traveloka. Kurang lebih 7 hari kerja, dana refund cair ke rekening saya sesuai yang di transfer oleh Pihak Thai Lion (Hanya dipotong biaya admin saja, uang bagasi tetap di transfer FULL). Saran saya, yg dana refundnya lama, bisa langsung menghubungi maskapai dan minta bukti TRANSFER dari Maskapai ke Traveloka. Sehingga dapat mempercepat proses refundnya

    • 18 Desember 2020 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Apakah cara ini ampuh ya Pak? Lalu bagaimana cara kirim bukti dr airlines ke pihak traveloka nya ya? Terimakasih

  • 18 Desember 2020 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga seperti kena tipu refund traveloka. Penerbangan jakarta-lombok PP sy refund, sebelum di submit terinfo bahwa estimated amount yg akan diterima adalah 1.2jutaan (sudah dipotong tax, fee, dll). Namun saat sudah di submit, kok konfirmasi estimated amount yg akan diterima hanya 500ribuan. Dan itu bisa di transfer jadi coupon/ voucher. WTH!! Saya masih cari tahu ini kebijakan airlines nya atau uang kita dipermainkan di Traveloka! Sangat kecewa dengan Traveloka.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Refund Traveloka Lebih dari 100 hari dan Jumlah yang Dikembalikan Tida…

oleh muhammad dibaca dalam: 1 menit
22