Penutupan Kartu Kredit HSBC Tidak Pakai Nomor Laporan?

Pada hari Sabtu 18 Juli 2020 sekitar pukul 13.00 saya menghubungi call center HSBC bagian kartu kredit.
Butuh waktu lama sampai akhirnya ada cs yang mengangkat telpon karena masih melayani customer lain.
Singkat cerita saya dilayani CS bernama Lili dan setelah penyesuaian data, saya meminta penghapusan annual fee tapi ditawari Flexi Credit sebagai syarat penghapusan.

Karena saya tidak tertarik maka ditawari untuk mendaftarkan Best Bill. Masih tidak tertarik, saya meminta opsi lainnya. Akhirnya opsi yang diberikan yaitu menggunakan kartu sampai nominal 3 juta dalam waktu 3 bulan.
Saya cukup terkejut dengan nominal tersebut karena sangat jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana pernah cukup transaksi 3x ataupun 500rb dalam 3 bulan.

Bahkan bank sekelas BC* saja memberikan nominal 300 ribu dalam 3 bulan sebagai syarat penghapusan annual fee.
Karena kondisi masih membatasi untuk keluar rumah apalagi ke mall, Saya pun menyatakan keberatan dengan syarat tersebut dan bertanya apakah ada opsi lain.

CS menyatakan tidak ada dan akhirnya saya meminta untuk menutup kartu. Saat itu saya meminta nomor laporan penutupan kartu sebagai bukti agar nanti bisa di follow up tapi CS mengatakan tidak ada nomor laporan karena sudah kartu langsung dinonaktifkan dan dengan gampangnya mengatakan untuk menggunting kartu tersebut.
Sayangnya kartu kredit yang dikirimkan masih baru karena merupakan kartu perpanjangan.

Saya cukup menyesalkan pihak HSBC yang dengan sangat mudah memutuskan hubungan dengan customer padahal saya cukup aktif melakukan transaksi dengan kartu kredit HSBC sebelum PSBB karena covid-19.

Di sini pun saya mempertanyakan apakah HSBC sedang krisis finansial sampai syarat penghapusan saja bisa naik 10x lipat dibandingkan bank lain?

Yang kedua saya tanyakan adalah apakah SOP penutupan kartu sudah benar dimana customer tidak menerima nomor laporan sebagai tanda bukti bahwa customer pernah menelpon melakukan penutupan?

Dan yang ketiga apakah HSBC sama sekali tidak memperbaiki kinerjanya karena waktu menunggu yang lama saat menelpon dimana sudah banyak komplain yang saya baca terkait hal ini.

Semoga kritik saya ini dibaca dan dijawab pihak berwenang serta bisa jadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki kinerja HSBC kedepannya. Terima kasih.

David Tio
0878848254**
Muara Karang, Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Penutupan Kartu Kredit HSBC Tidak Pakai Nomor Laporan?

  • 21 Juli 2020 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari besarnya jumlah nominal transaksi yang harus dilakukan demi penghapusan iuran, kalau saya boleh numpang tanya, emang pengeluaran rutin per bulannya di bawah 1 juta kah? Saya kira cukup luar biasa untuk ukuran *pemilik kartu kredit yang tinggal di ibukota* kalau memang tagihan rutin bulanannya bisa di bawah 1 juta hehehe.

    Saya tinggal di Jawa Timur, bukan ibukotanya pula, bayar listrik, air, internet, asuransi, pascabayar dll per bulan sudah kurleb 1 juta.
    Jadi sekali lagi terlepas dari besarnya jumlah nominal yang diminta, kalau memang *terpaksa* harus mengikuti syarat tersebut, kalau saya sih tinggal gunakan KK tersebut buat bayar tagihan tersebut di tempat2 yang menerima pembayaran tagihan via KK (online marketplace misalnya). Kalau memang masih kurang, tinggal bantu bayarin (minta transferan lebih dulu, kalau mau) tagihan kakak, adik, orang tua, paman, bibi.

    Atau jangan2 semua tagihan2 tersebut sudah terlanjur di-autodebet semua? Kalau begitu ya memang susah…

    • 21 Juli 2020 - (13:58 WIB)
      Permalink

      Dear Bpk Samuel Wijaya,
      Utk pengeluaran rutin saya sempat ditawarkan Best Bill oleh pihak HSBC, namun karena tagihan rutin saya pembayaran menggunakan virtual account jd saya tidak mengambil tawaran Best Bill tersebut. Saya lupa mencantumkan ini.

      Terima kasih atas saran dan komentarnya..

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Penutupan Kartu Kredit HSBC Tidak Pakai Nomor Laporan?

oleh David Tio dibaca dalam: 1 min
2