Kelalaian Penanganan Laporan Kesalahan Transfer VA Shopintar Menyebabkan Denda Membengkak

Surat ini saya tujukan kepada Shopintar, karena sejak pembayaran saya pada tanggal 26 Maret 2019 hingga hari ini 21 Juli 2020 tidak ada kejelasan. Saya mendapat tagihan kembali pada tanggal 20 April 2019 yang menyebabkan saya menghubungi CS Shopintar melalui telepon untuk mengkonfirmasi. Ternyata saya salah transfer nomor Virtual Account ke VA a.n. Ibu L*sda, tetapi tetap masuk ke Nomor Rekening 2603/FTFVA/WS9503139999/KREDIT PINTA- – 800410 AN Kredit Pintar.

Menurut CS Shopintar, laporan saya tersebut akan diproses dan saya diminta untuk mengabaikan denda maupun tagihan yang ditimbulkan.Namun hingga bulan Oktober 2019 tidak ada tindak lanjut maupun konfirmasi dari pihak Shopintar. Kemudian saya berinisiatif untuk mengecek status di aplikasi, ternyata aplikasi berubah menjadi Kredit Pintar dengan denda yang semakin membesar.

Saya kembali menghubungi pihak Shopintar melalui email dan jawabannya adalah pesan otomatis yang meminta saya untuk bersedia menunggu karena masih dalam tahap investigasi oleh bagian keuangan. Padahal laporan saya sudah berjalan 6 bulan lamanya. Saya juga berkali-kali menghubungi CS Shopintar melalui email tetapi jawabannya sama saja.

Hingga hari ini pada bulan ke-15 (terhitung 458 hari) saya kembali menghubungi CS Shopintar dan mendapatkan jawaban untuk mentransfer sesuai dengan jumlah tagihan di aplikasi Kredit Pintar beserta dengan dendanya, karena denda tidak dapat dihapuskan.

Terkait denda saya diminta menghubungi tim penagihan yang tidak jelas kontaknya. Padahal saya sudah melampirkan bukti email dari CS yang mengatakan bahwa akan ada koreksi denda oleh pihak keuangan. Denda yang ditimbulkan akibat kelalaian proses investigasi yang memakan waktu 458 hari atau 15 bulan tersebut sudah melebihi nominal tagihan di akun saya.

Jika nanti ada pihak Kredit Pintar yang akan menjawab keluhan saya silahkan konfirmasi dulu dengan Shopintar atas permasalahan saya. Saya butuh kejelasan bukan hanya sekedar diminta menunggu masih dalam proses.

Yohana Elizabeth
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Shopintar atas Surat Ibu Yohana Elizabeth

Kepada Yth, Ibu Yohana Elizabeth. S, Menanggapi surat Ibu Yohana melalui Website www.mediakonsumen.com 23 Juli 2020 berjudul “Kelalaian Penanganan Laporan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • selamat pagi saya pelanggan acc kredit cabang bandung mau tanggapan nya tentang program anjuran pemerintah dampak covid 19 pertama saya pengajuan telpon dahulu acc kantor bandung menanyakan ga bisa datang kantor saya di suruh masuk web site nya saya sudah masukan di webset dari bulan maret data saya kalo ga salah di terima pada bulan april sampai saaat ini hari ini 23 juli 2020 belum ada kepastian nya setiap saya menelpon call center di jawabnya sedang di proses selama itukah memproses nya setelah saya hubungi acc jl naripan kata nya masuk acc syariah jadi gaada program resecejul untuk acc syariah ko gt yah kemarin tgl 22 juli 2020 saya masuk di akun ig acc finence setelah saya kontak acc finence bilang menwarkan program di kasih waktu 2 bulan yaitu angsuran ke 12 dan 13 ke 14 nya normal kembali saya nawar mnt 6 bulan katanya bisa namun kena biayaya admin 300 ribu ples bayar angsuran yang ke 11 hingga total menjadi 3.170.000 harus dibayarkan sebeleum tgl 25 juli2020 karna program nya berakhir 25 juli 2020 dan nnt setelah 6 bulan penangyuhan kembali normal angsuran nya karna ssaya belum yakin saya tgl 22 juli juga pun segera mengecek konfirmasi sama acc naripan namun jawaban nya acc naripan ga kenal dengan atas nama pt ode teknologi yang di akun ig acc finence tersebut saya terus terang aja kecewa dan mana kebijakan pemerintah dan juga diketahui oleh ojk sampai saat ini saya blm dapt keringanan sama sekali mohon bantuan nya saya dengan hormat acc kredit tolong kebijakan nya sehingga kami tidak bingung dan mnt pengertian nya beberapa bulan lalu sya setiap nelpon call center sll jawaban nya sedang di proses setiap saya menelpon kantor cang ataupuns aya menrima telpon tagihan harus dibayar sebelun di acc penangguhan saya sudah mengusahakan mana gaada keringan sama sekali ini nomer kontrak saya 16200207001934994 saya mohon penjelasan nya dan pengertian nya dan mnt bantuan nya trs terang aja saya bingung dengan acc ini