Kecewa dengan Moderasi Tokopedia yang Terkesan Tidak Fair

Pada tanggal 21 Juli 2020, Toko saya dimoderasi permanen karena terindikasi melanggar Syarat & Ketentuan Tokopedia yaitu produk non fisik. Produk yang saya jual memang produk digital tapi tetap dilakukan pengiriman fisik ke alamat pembeli dan tidak merugikan pihak manapun dalam hal ini.

Jika dalam hal ini memang toko saya terindikasi melanggar Syarat & Ketentuan Tokopedia karena dilarang menjual produk non fisik, oke its fair jika semua toko yang menjual produk non fisik selain Tokopedia sendiri mestinya dilakukan hal yang sama, saya rasa tidak fair saja jika hanya salah satu toko saja yang di-banned, tidak ada rasa keadilan pada Marketplace ini, yang menjadi kekecewaaan saya sebagai pelanggan setia Tokopedia.

Jika memang dari awal sudah dibuat SOP tsb mengenai pelarangan menjual produk digital, seharusnya saat toko membuat produk tsb dan terindikasi mestinya saat itu juga di-banned produknya. Tapi yang terjadi di Tokopedia berbeda, produk dibuat dan berhasil tayang namun setelah ada laporan dari pengguna lain baru dibanned ini yang menjadi titik lemah dari sistem Tokopedia, tidak ada sistem pendeteksi diawal jika dikategorikan melanggar syarat ketentuan Tokopedia.

Sangat disayangkan saja, karena masih banyak produk-produk digital yang masih beredar di Tokopedia dan blm ditindak, hal ini merupakan kekecewaan saya saja jika dirasa tidak adil, ubahlah itu menjadi keadilan dalam berjualan.

M. Deny Amsah
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: