Penyalahgunaan Akun Akulaku, CS Selalu Bilang Harus Menunggu Sampai Limit Saya Habis Terpotong Pembayaran Denda

Dear Akulaku Team,

Saya ingin menyampaikan keluhan saya terhadap pelayanan akulaku. Langsung saja, pada tanggal 19 Maret 2020 saya membayar tagihan saya lebih cepat dari jatuh tempo saya yaitu tanggal 25 setiap bulannya. Saya menggunakan aplikasi akulaku ini kurang lebih hampir 4-5 tahunan.

Setelah membayar tagihan tersebut aplikasi tidak saya buka sampai akhir bulan dan dibuka kembali tanggal 1 April 2020. Setelah saya buka aplikasi sudah keadaan keluar/log out, saya mencoba beberapa kali masuk tidak bisa dengan keterangan nomor tidak terdaftar. Tapi saya positive thinking mungkin belum di-update. Saya update dan mulai log in kembali keesokan harinya.

Pada tanggal 2 April 2020 saya kembali log in dengan keterangan yang sama. Saya panik dan langsung telepon CS akulaku. Setelah beberapa menit telepon CS bilang bahwa nomor saya berubah menjadi 087832891104 dan sudah melakukan pembelanjaan pulsa handphone ke daerah Bengkulu pada tanggal 31 Maret 2020 kurang hampir 6 juta. Limit saya dihabiskan, padahal saya tidak sama sekali memberikan atau menerima kode OTP kepada siapapun. Akhirnya saya minta bantu CS untuk melakukan penarikan akun saya kembali dengan beberapa kali telepon Customer servicenya.

Transaksi pembelian voucher dengan nomor telpon tidak saya kenal

Setelah saya lakukan penarikan dan minta kode verifikasi facebook, ternyata dari facebook lah akun saya di- hack, padahal facebook saya selalu aktif dan tidak dalam keluar. Setelah saya lakukan pemulihan akun facebook, terteralah siapa saja yang melakukan log in di facebook:

Sejak saat itulah saya telepon ke CS, tim inbound collection dan semua pihak sampai datang ke kantornya, tapi hasilnya sama, hanya jawaban masih proses investigasi dan menunggu.Dan saya hanya disuruh lakukan pembayaran sesuai tanggungan saya saat itu.

Setelah selesai untuk tanggungan saya muncullah telpon-telpon tagihan setiap hari dan mulai sedikit stres. Saya tidak mengerti kenapa selalu ditagih pada sudah jelas permasalahannya.

Dan hingga sampai saat ini saya masih selalu suruh menunggu.sampai sudah dapat SMS dari slik OJK dan pemotongan limit yang saya bayar setiap harinya. Feedback beberapa kali melalui email ke cs.id@akulaku maupun telepon CS 1500920 tidak ada hasil yang memuaskan.

Dalam laporan ini,ada beberapa yang saya minta:

  1. Penghapusan tagihan yang tertera saat ini,karena saya sudah membayar tanggungan saya. Dan yang tertera itu bukan tagihan saya.
  2. Lakukan penghapusan permanen sesuai komunikasi saya terhadap CS akulaku 1500920
  3. Pemutihan nama saya di SLIK OJK karena saya bukan orang yang tidak bertanggung jawab dan saya sudah mendapatkan SMS dari Slik OJK.
  4. Perbaiki sistemnya dalam sisi manapun. Karena korban ini semakin betambah.

Saya sudah tiap minggu feedback dan telepon CS untuk masalah saya ini selesai. Tolong respon dan selesaikan kasus saya sejak bulan April 2020 ini.saya tahu kasus ini banyak dan saya yakin jika dilakukan dengan keseriusan semua pasti akan terselesaikan.

Helmi Husein
Cikarang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Helmi

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Akulaku dan Mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saya suka sama permintaan mas yang bilang perbaiki sistem nya karena mungkin korban bertambah..karna saya adalah korban nya juga..baru seminggu yang lalu terkena tipu yang mengatas namakan Akulaku..yang bikin heran nya kenapa sudah banyak korban penipuan atau hacker akun tapi pihak akulaku merasa tutup mata tidak melakukan tindakan..malah c korban harus tetap mencicil cicilan yang tidak mereka lakukan dan itu sangat merugikan..

  • Harusnya pihak akulaku bisa melacak data yang dikirim, masa iya bisa transaksi terus menerus, di perbaikilah Systemya, kemungkinan ada oknum dari dalam juga yg bermain

  • Dear pihak akulaku,
    Mohon diberikan perhatian dan tindakan tegas atas keluhan tersebut. Sebelum semakin banyak korban berjatuhan. Korban sudah mengalami kerugian materiil ataupun inmateriil. Tindakan tersebut harus dilakukan sesegera mungkin.
    Kasian pihak korban harus membayar transaksi dan cicilan yang bukan dia gunakan. Tolonglah segera berikan feedback dan tindakan tegas.

  • Ayo akulaku perbaiki lagi jngan sampai banyak keluhan konsumen , terutama dalam hal penagihan yg berhubungan langsung pada konsumen sangat tidak sopan

    • Saya tidak kenal dan tidak pernah login selain FB di handphone saya, dia menghack FB dengan cara tidak mengeluarkan/sign out fb yang sedang login. Jadi posisi FB saya selalu aktif,padahal posisi password sudah berubah.

      Saya berharap pihak akulaku dapat segera memberikan feedback dan solusi untuk permasalahan tersebut.