Surat Pembaca

Voucher Deals ShopeePay 60% yang Ternyata Cuma 20%

Saya adalah salah seorang customer setia dari Shopee. Selama ini saya banyak menggunakan fitur-fitur promo dari ShopeePay yang memang sangat menarik bagi customer-nya. Secara umum saya sangat puas ketika menggunakan aplikasi Shopee.

Namun ada satu masalah yang beberapa kali terjadi dengan saya, yakni persentase Voucher Deals yang ditampilkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Misalnya pada 27-07-2020 saya membeli 2 buah voucher deals untuk pembelian di Restoran Ta Wan yang berjudul “ShopeePay Cashback 60% s.d. 20RB” dengan nomor pesanan 2020072701051639605 menggunakan saldo dan koin ShopeePay seharga Rp2.000. Dimana untuk optimal mendapatkan cashback 60% s.d. 20 ribu koin maka secara matematika bila dibelanjakan sekitar 33 ribuan maka saya bisa mendapat cashback maksimal sekitar 20 ribuan koin.

Namun pada tanggal 28 Juli 2020 sekitar pukul 11:42 ketika saya ingin membeli menu makanan di Restoran Ta Wan Taman Anggrek seharga 33 ribu menggunakan voucher ternyata di halaman pembayaran tertulis bahwa minimal pembelian dengan voucher ini minimal 100 ribu. Oleh karena dari pihak Ta Wan mengatakan pembelian tidak dapat dapat dibatalkan akhirnya dengan terpaksa saya membeli tanpa menggunakan voucher dan mendapatkan cashback hanya 30%.

Setelah saya perhatikan lagi bagian S&K voucher tersebut ternyata memang ternyata ada tulisan minimal pembelian sebesar 100 ribu dan akan mendapatkan cashback ShopeePay sebesar 60% maksimal 20.000 koin Shopee. Menurut ilmu matematika sederhana apabila cashback maksimal adalah 20.000 dengan pembelian minimal 100 ribu, maka label yang tepat adalah “Voucher 20% maksimal 20.000” bukannya “Voucher 60% maksimal 20.000”.

Beberapa waktu sebelumnya saya juga mengalami kejadian yang hampir serupa yakni saya membeli Voucher Deals ShopeePay untuk pembelian di Merchant Prima Freshmart. Di keterangan voucher tertulis “Voucher Cashback ShopeePay 60% min. transaksi 75 ribu, maks cashback 10.000 koin Shopee”. Menurut saya sangat tidak tepat apabila ditulis Cashback 60% bila dalam kenyataannya cashback yang didapatkan hanya 13,3%.

Sebelum menulis surat pembaca ini saya sudah menghubungi customer service ShopeePay. Namun karena jawabannya tidak memuaskan maka saya putuskan untuk menulis surat pembaca ini. Yang saya permasalahkan bukanlah saldo 2.000 rupiah yang saya gunakan untuk membeli voucher ini namun agar di kemudian hari pihak Shopee tidak memberi label voucher dengan label yang tidak semestinya.

Christianto Hardono
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan ShopeePay untuk Christianto Hardono

Kepada Bapak Christianto Hardono, Terima kasih telah menjadi customer setia ShopeePay. Menanggapi surat yang ditujukan kepada ShopeePay mengenai “Voucher Deals...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Permainan marketing, sering sperti ini. saya pernah dapat voucher 100% max 10rb minimal pembelanjaan 100rb, sama saja 10%.

  • Bisnis jaman skrg memang penuh trik yg sengaja ingin menjebak konsumen dengan permainan kata2nya. Mereka sudah abai dengan etika2 bisnis & lebih mengedepankan keuntungan semata.

  • Nah ini.
    Saya juga sudah semakin tidak simpatik dengan penyelenggara2 promo yang pake bahasa bombastis tapi menjebak macam begini. Sudah mulai saya catat2in, & kalau terus2an pake marketing macam begini, saya akan berhenti pake app/metode pembayaran ybs.

    Mungkin tidak ada artinya "boikot" saya buat mereka, no problem. Saya cuma berharap semoga semakin banyak orang yang bisa setuju & menyadari, bahwa model promo semacam ini sangat menjebak, & kalau dibiarkan akan terus menjadi-jadi & semakin parah, akhirnya yang dirugikan juga konsumennya sendiri.

    Dulu2 cuma sekedar "s & k bisa diubah se-waktu2 tanpa pemberitahuan sebelumnya." Setelah "sukses" (nampak dianggap "normal" oleh masyarakat), sekarang berlanjut dengan pembodohan matematis macam begini.

    Ini contoh di app sebelah: cashback 50% maksimal 10 rb dengan minimum transaksi 100 rb.

  • Turut prihatin bro, cuman rata2 hampir semuanya sudah pernah promo ky gini mau marketplace TKP/LZD/BL/SHPEE/dll atau ewallet Gopay/Ovo/Dana/dll.., jadi ingat dulu promo gopay DISKON 90% taunya ada tulisan kecil2 'max 10rb' . Diambil hikmatnya aja, dan jangan suka kemakan promo yg gembor2, apalagi dgn masa pandemi gini, mereka jg udah nggk bisa buang2 duit lg. Just try to be a smart customer.