Surat Pembaca

Jebakan Indosat Oredoo

Dear Indosat Oredoo, apa yang terjadi dengan kalian?

Saya dan keluarga adalah pelanggan indosat yang sudah cukup lama , dengan penggunaan kartu jenis prabayar.
Sekitar April 2019 , saya dan istri membeli HP di Erafone Cabang Cibinong Bogor, dan kemudian ditawarkan paket bundling dengan kartu Indosat pasca bayar dengan nomor 0816-xxx-903 yang berlaku kontrak selama 12 bulan dan dibayar di muka. Saat penawaran awal, saya sudah memastikan kepada sales tersebut bahwa kartu pascabayar itu saya tidak mau jika lebih dari 12 bulan karena kami memiliki kartu indosat prabayar, dan disampaikan bahwa setelah 12 bulan, kartu tersebut akan non aktif secara otomatis.

Namun sekarang yang terjadi, saya dikirimkan tagihan senilai Rp 305.000 ++ , dan diminta untuk membayar, sedangkan kartu tersebut sudah tidak dipakai karena asumsi awal tersebut bahwa kartu akan non aktif jika sudah selesai kontrak.

Saya sudah mencoba menghubungi CS via Telp dan Twitter, namun tanggapannya seperti robot, sekalipun saya sudah menyampaikan bahwa kontrak yang saya tandatangani adalah kontrak perjanjian 12 bulan, tanpa ada persetujuan untuk melanjutkan lagi, CS tetap mengatakan bahwa apabila tidak dinonaktifkan saat 12 bulan tersebut selesai, maka akan dilanjutkan dengan tagihan.

Yang jadi pertanyaan, hal tersebut disetujui oleh siapa? Saya sudah berulang kali menanyakan, apakah dasar dari perpanjangan kontrak diluar dari perjanjian kontrak yang saya tandatangani dengan durasi 12 bulan tersebut. Namun CS sama sekali tidak mampu memberikan jawaban, hanya menjawab berulang bahwa saya bisa melakukan penutupan jika sudah melakukan pelunasan, dan kartu akan otomatis perpanjang jika sudah lewat dari masa 12 bulan.

Saya jelas tidak pernah melakukan persetujuan tersebut. Dan saya merasa berhak untuk menolak perbuatan Indosat Ooredoo tersebut. Jika dikatakan itu adalah syarat dan ketentuan, berarti Indosat telah melakukan upaya mengaburkan perjanjian tertulis dan sudah tidak sesuai dengan aturan bahwa pernjanjian kontrak harus transparant sesuai UU pasal 1321 KUH PERDATA.

Jika praktik hal seperti ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin akan terus muncul korban lainnya yang terpaksa harus membayar karena praktik penjualan produk yang tidak dijelaskan secara lengkap dari kontrak yang sebenarnya tidak akan mudah untuk diberhentikan.

Albert Cahyadi
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga kecewa dengan indosat... Nomor tiba2 dinon aktifkan... Lalu saya ke gerai indosat alasanya karena nomor cantik kalo mau diaktifkan kembali harus membayar sejumlah uang (....) spontan saya kaget... Aturan dari mana ini indosat kok bisa ngeluarin kalimat seperti itu... Selagi kita slalu beli pulsa dan selalu aktif tidak masalah kan... Tolong ini pihak indosat ditangani banyak keluh kesah dari pElanggan indosat ditanggapi diberi solusi penjelasan dan ditindak lanjuti.

  • operator yg satu ini memang sudah tidak sehat, sering nyedot pulsa
    sudah komplen via sosmed tidak ada kelanjutanya lgi, banyak jebakan betmen nya, harus hati², jangan naruh saldo pulsa reguler terlalu lama, bisa amsyong...

  • Yang sering saya alami adalah terpakai nya pulsa reguler, sementara saya punya paket data Indosat yang masih aktif. Complain ke cs di berbagai media sosial ga pernah ada balik tuh pulsa.

  • Uda beberapa kali saya bayar angin karna kartu pasca bayar yang ditawarin di eraphone.. katanya terdebet double untuk paketn saya sejumlah 180.000 . Karna ga dibayar diblokir, datang cs 1 dbintaro plaza kesalahan indosat dibuka dah tu blokirannya, semnggu kmudian diblokir, balik lag ke cs 2x dirawa mangun, kataya memng kesalahan indosat mash dpt cs yg baik cwo, nnt dibantu follow up ya pa dia bilang, seminggu kmudian diblokir lagi. Datang cs ke 3 ke rawamangun lagi kbtulan dpt cs cwe dan ga sopan beecanda sama sales hpe dan gw ngerasa ga dihargain ada org dpnnya, dan dia kekeh kesalaham dr gw, siapa yg ngaktifin paketan coba. Dan gw ttp suruh bayr paketan yg gw ga pake. Dan gw mnta solusi dong. Dengan muka jutek dia blang solusinya ttp bayar.karna no ya ud terkoneksi bank dll. Akhr nya ttpgw bayr ????

  • Jgn kan yg model gt, yg model promo receh via sms aja srg zonk, mis dgn isi pulsa sekian akan dpt free sekian giga, atau free telp dll, tp sudah isi pulsa kebanyakan bonus itu zonk.

  • Saya Sudah menggunakan kartu im3 lebih Dari 10 tahun, jadi kartu belum 4g, beberapa bulan lalu sya datang ke galeri indosat untuk upgrade ke 4g, sesudah beres ternyata ada biaya upgrade sebesar 25 ribu.. Kok upgrade jga bayar, sedangkan ada operator lain upgrade ke 4g gratis tanpa biaya sepeser pun.

    • UPDATE PER HARI INI TGL 2 Agustus 2020 , jam 13:50 WIB.
      CS Indosat Ooredoo dgn bapak Deddy telah menindaklanjuti permasalah saya , dan masalah antara saya dgn Indosat Ooredoo telah selesai dengan baik. Terima kasih atas bantuannya, smoga permasalahan seperti ini tidak terulang kembali dengan membuat SOP yang jelas kepada marketing dan sales dilapangan supaya menjelaskan syarat dan ketentuan secara transparant.

    • Bapak masih beruntung pak hanya dikenakan biaya 25 ribu,di gerai indosat depok,upgrade seperti itu harus pindah dulu ke pascabayar,minimal ambil paket yang 3 bulan,kalau kita tidak mengajukan migrasi lagi ke prabayar,maka nomor kita akan trus diperpanjang otomatis paket pascabayarnya.

      • Pak saya juga mengalami hal yang sama tiba-tiba ada tagihan pascabayar bundling saat beli handphone. sekitar 400rb bagaimana kelanjutannya ya? Apakah bisa dengan menulis surat keluhan seperti ini?

        kejadiannya sama saat saya beli hp tahun lalu saya ditawari promo 12 bulan
        namun setelah 12 bulan kartu sim saya saya pikir sudah mati otomatis dan saya buang. Tapi tiba-tiba dikirim tagihan ke rumah sebesar 400rb padahal tidak ada pemakaiam sekitar 3 bulan lebih.

    • Salam pak Albert
      Saya juga mengalami hal yang sama sperti yang bpk alami,barusan sy di hubungi sama kk sy klau ada surat masuk dan isi nya tugihan pascabayar kartu indosat sebesar 400 ribuan, padahl sy sudh lupa kapan memakai kartu tersebut. Apa ynay harus sy lakukan ya pak boleh minta arahannya pak, atau minta nomor CS indosatnya pak.

  • Ditawari My Kuota Deals Rp 40 rebus dapet 15 Gb, eh beli...ternyata dapet 10 Gb doang..tega emang....

  • persis seperti yang saya alami. kartu tidak pernah dipake, tiba2 ada tagihan 3 bulan. gak jelas ini kontraknya INDOSAT

  • Saya juga punya pengalaman soal kartu pascabayar indosat ini. Kartu saya waktu itu terblokir, dan akhirnya mengharuskan saya upgrade ke pascabayar. Awal aktivasi saya diarahkan CS untuk berlangganan Paket Freedom L, lalu sebulan saya non aktifkan, hingga beberapa bulan harus membayar tagihan dasar sebesar 38.500. Kemudian 4 bulan belakangan ini saya selalu aktivasi paket, sehingga saya tidak dikenakan tagihan dasar (tagihan saya 0), nah bulan ini masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya, saya masih aktivasi paket untuk menghindari tagihan dasar tersebut. TETAPI, saya dikirimkan tagihan dasar. Saya sudah tanyakan ke CS, apa pembeda bulan sebelumnya dengan bulan ini? mereka tidak ada satupun yang bisa menjawab, dan selalu mengulang jawaban yang sama bahwa saya dikenakan tagihan dasar + PPN 105 dan nominal invoice sudah sesuai. Padahal pertanyaan saya "Apa pembeda bulan ini dengan sebelumnya? sama-sama aktivasi paket, namun kenapa bulan ini ada tagihan dasar?" Dan memang Indosat tidak memiliki jawaban hingga saat ini.

    • Bedanya: yang bulan kemarin2 kemurahan, kurang kontribusi profit ke perusahaan. Sehingga bulan ini di-cari2 cara supaya profit perusahaan meningkat. Tapi bingung bagaimana caranya, sementara menaikkan tarif belum bisa dilaksanakan.
      Akhirnya ambil cara dengan mengutak-atik komponen2 yang ada.
      Nah, ini orang kok bisa tarif dasar = 0? "Gak boleh begitu," kata mereka (entah siapa "mereka" itu).
      Nah jadilah tagihan bulan ini lebih tinggi dari yang kemarin2 wkwkwk.

      Mirip lah dengan tagihan langganan internet/tv saya. Awal2 tidak ada biaya tambahan. Kemudian muncul pos "biaya admin." Lama2: "kok kurang yah pendapatannya, sekalipun sudah narik biaya admin juga?"
      & akhirnya biaya admin pun dikasih/dikenakan ppn. Lumayan kan dapat tambahan 10%.

      Begitulah "kreativitas" untuk meningkatkan pendapatan korporasi...

  • Pak saya juga mengalami hal yang sama tiba-tiba ada tagihan pascabayar bundling saat beli handphone. sekitar 400rb bagaimana kelanjutannya ya? Apakah bisa dengan menulis surat keluhan seperti ini?

    kejadiannya sama saat saya beli hp tahun lalu saya ditawari promo 12 bulan
    namun setelah 12 bulan kartu sim saya saya pikir sudah mati otomatis dan saya buang. Tapi tiba-tiba dikirim tagihan ke rumah sebesar 400rb padahal tidak ada pemakaiam sekitar 3 bulan lebih.