Surat Pembaca

Tarif Dasar Internet Indosat Ooredoo Tidak Jelas

Dear Pelanggan Indosat Ooredoo.

Pengalaman saya sama seperti Pak Albert di Bogor. Pada waktu itu saya membeli handphone dengan bundling kartu Indosat selama 12 bulan dengan paket plan Rp150 ribu setiap bulannya. Tepat 1 bulan sebelum kontrak berakhir, saya menelpon CS melalui 185, bahwa apabila ingin menutup harus datang ke Galery Indosat. Sekarang sudah era digital masih aja penutupan kartu masih harus datang ke Galery.

Terpaksa saya meneruskan paket plan 150 tersebut hingga sekarang. Kejadiannya tepat pada tanggal 2 Juli 2020, paket Ooeredoo 50 GB dengan harga normal Rp150.000 (waktu itu ada promo menjadi 100 ribu pada tanggal 2 Mei 2020) jatuh tempo dan pada saat yang sama saya menerima plan 150 ribu. Pada tanggal 2 Juli 2020 pukul 04.00, saat saya membuka handphone ternyata paket 50 GB saya tidak bisa diperpanjang dan pemakaian internet dasar sebesar 50 ribu.

Saya terkejut kenapa paket saya tidak bisa diperpanjang dan kenapa ada pemakaian internet sebesar Rp50.000? Sedangkan saya dari pukul 00 sampai 04 sedang tidur. Langsung saya matikan data saya sampai sekarang. Keesokan harinya saya menghubungi 185 dan menjelaskan bahwa paket 50 GB harganya 165 plus PPN, jadi pulsa saya tidak bisa untuk memperpanjang paket tersebut.

Kemudian saya tanya pemakaian saya berapa dan dijawab oleh CS sudah mencapai Rp100 ribu padahal data sudah saya matikan dan penggunaan data hanya 51MB. Kerugian saya dari kejadian ini:

  1. Saya tidak bisa menggunakan paket saya.
  2. Saya akan tetap membayar Rp150 ribu walaupun saya tidak menggunakan layanan tersebut.

Komplain telah saya lakukan melalui CS dan media Twitter dan jawabannya telah sesuai pemakaian tarif dasar internet dan menunggu billing tagihan. Mohon penjelasan Indosat apakah wajar pemakaian internet 51 MB dikenakan biaya Rp100 ribu?

Suparman
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Loh yang 150 rb per bulan itu prabayar atau pascabayar?
    Kalau pascabayar, kok bisa pulsa tidak cukup, kan bayar pake uang setiap bulan.
    Kalau prabayar, kok bisa di kalimat terakhir "menunggu billing tagihan", prabayar kan gak pake billing tapi bayar sesuai pulsa.

    Selain itu, lah emang bulan2 yang lalu gak nyadar bahwa 150 rb itu masih belum ppn?

    • Kartu indosat saya pasca bayar dan setiap bulan saya menerima plan 150 ribu.Kenapa tidak bisa diperpanjang paket 50gb tarif normal 150rb krn plan 150 ribu saya telah dipotong ppn 10% jadi saldo plan saya tinggal 136ribu. Akibatnya paket saya tidak bisa diperpanjang dan saya dikenakan tarif dasar internet yg besaran ga jelas alias mahal dari pukul 00.sd 04 sebesar 100ribu padahal saya sedang tidur kalau dilihat di handphone penggunaan data 51MB).

      • Maaf, saya sama sekali gak ngerti mekanisme plan yang beginian, karena saya gak pernah ikutan.
        Berarti kesimpulannya "kegagalan" ini gara2 sistem mereka sendiri kan, tidak ada yang bisa dilakukan konsumen untuk mencegah "kegagalan" perpanjangan plan tersebut. Jadi dengan kata lain, ini "kesengajaan" ataupun "penjebakan" terhadap konsumen.

        Semakin ngeri aja ikut plan2 yang beginian.
        Demikian juga soal tagihan 51 MB 100 rb.
        Semoga bisa dapat win2 solution, & berhubung biasanya setelah ada surat yang tayang di sini maka bisa dapat "perlakuan khusus" yang berbeda dibanding normalnya (di mana konsumen diperlakukan semau perusahaan), sekalian aja request tutup langganannya.
        KK yang notabene tagihan bulanannya bisa mencapai jutaan aja, bisa ditutup via telepon, ini bulanan 150 rb kok syaratnya macam2.

  • Sya malah nglami nasib lebih parah.styap beli pulsa berapapun.pasti pulsa nya habis dgn sndirinya.padahal gk pernah di pake sms atopun telvon.rata" styap hari pulsa hilang 1000-2000.karna alasan no sudah terikat dgn berbagai dokumen lain.makanya no sya pertahankan.
    Minta solusinya yg tau buat ngatasi masalh kartu sya.

    • Saya juga hilang setiap isi pulsa prabayar, bahkan meskipun data sudah pakai operator lain. sudah lapor CS dikatakan tidak ada langganan apapun. jika saya perhatikan, kehilangan pulsa terjadi setiap kali menyalakan hp. bisa jadi setiap kali bergerak dapat blank spot terpotong juga pulsa saya. akhirnya saya cuma beli paket data saja, pulsa dibiarkan habis tidak pernah isi lagi. terima telpon masih indosat, telpon keluar pakai nomer operator lain. tidak ada solusi dari CS, siap2 pindah saja lah.

  • Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang menjembatani keluhan pelanggan sebagai konsumen dan produsen bahwa keluhan saya telah ditayangkan dan saya ucapkan terima kasih kepada Indosat yang langsung menanggapi keluhan saya dan telah selesai dan mengoreksi tagihan saya.Namun sangat disayangkan provider yang sangat besar seperti Indosat menyelesaikan permasalahan saya setelah keluhan dimuat di Media Konsumen.Harusnya keluhan yang masuk segera ditanggapi dan diselesaikan dengan cepat.Mudah-mudahan keluhan keluhan konsumen menjadi pemicu bagu Indosat menjadi lebih baik.

  • Sama kasusnya seperti saya. Jadinya kena berapa per kb setelah di koreksi?saya juga tagihan agustus ini tiba2 1 jutaan. Pemakaian 0.1 gb. Ditanya udh sesuai pemakaian. Katanya per kb 15.hhhuhu

    • Memang seperti itu jawabannya jika kita komplain lewat 185 atau media sosial seperti twitter.Saya sarankan coba tulis surat pembaca di Media Konsumen mudah-mudahan pihak Indosat akan menindaklanjuti keluhannya.

  • Saya pelanggan pasca bayar indosat matrix, untuk kedua kalinya merasa kejebak dengan tarif dasar.
    sebelumnya sy pakai paket Freedom internet 12Gb, paket habis saya coba beli kembali tetapi transaksi gagal. padahal paket data sudah saya matikan, krn saya tidak pakai hanya satu nomer hp. tetapi hari ini keluar pemakaian tarif dasar 99rb.
    bingung saya menyikapinya. solusi saya terbaik adalah tidak akan berlangganan lagi di provider ini.

  • Tarif dasar Internet Indosat mahal sekali, ketika paket internet dihapus, tarif dasar langsung dimulai, pulsa langsung tersedot besar-besaran..

    Saya sering terjebak dengan hal seperti ini di Indosat.
    Ada yang mengalami seperti saya ?

    Mengapa tarif dasar internet Indosat dibuat sangat mahal ?

  • Sy SDH pakai mentari Indosat bertahun tanpa keluhan... Tp bbrp bulan belakangan ada yg aneh saat isi pulsa dlm hitungan menit habis... Penasaran kenapa telpon sesama Indosat konon murah ... Sy isi Lagi pulsa buat telepon ..ternyata benar habis Lagi.. sy telp ke CS Indosat untuk tanya kenapa..
    Ternyata tarifnya jd Rp 17/detik...!!
    Wah mau ngomong apa Krn operator yg jawab jg cuma pegawai..kebijakan tetap diatasnya .jd walaupun gondok Krn merasa ditipu ikhlasan saja... Jd males isi mungkin pindah ke provider lain yg lebih "wajar" dlm tarif ..
    Semoga LBH fair dlm tarif tidak seperti yg diiklankan yg membohongi konsumen....