Tiket.com Mengembalikan Dana Refund Tidak Sesuai Perjanjian Awal dan Membuat Susah Pelanggan yang Sudah Ikuti SOP Mereka

Dear Media Konsumen dan semua Pembaca disini,

Melalui surat ini saya sudah benar-benar kesal sekali dengan tiket.com dimana saya adalah member Elite mereka tapi diperlakukan seperti member murahan.

Kekesalan saya di sini terkait pesanan saya nomor ID 84307932, dimana saya membeli tiket. Singapore Airlines dari Kuala Lumpur ke Narita, Jepang untuk tanggal 23 Mei 2020 dan kembali tanggal 01 Juni 2020. Karena pandemi COVID-19 pihak SQ menerbitkan policy per tanggal 09 April 2020 bahwa tiket pembelian sebelum bulan Maret 2020 bisa diajukan opsi reschedule, open ticket dan full refund.

Berhubung tidak ada kepastian pandemi ini kapan selesai maka saya memutuskan untuk meminta full refund. Awalnya pihak tiket.com menginfokan ke saya bahwa pihak Singapore Airlines Malaysia menolak refund karena tidak ada kebijakan tersebut, [padahal saya sudah memegang bukti email dari Representative Singapore Airlines Malaysia Mr. WANG HENG, bahwa tiket saya bisa full refund] singkat cerita setelah saya push SQ Social Media lewat Twitter akhirnya pihak Singapore Airlines Malaysia menyetujui full refund lewat travel agent saya yaitu tiket.com.

Akhirnya refund saya diajukan per 23 April 2020 dengan meminta data-data rekening atas nama saya untuk di transfer dana full refund dari Singapore Airlines. Setelah ini janji-janji tiket.com mulai berubah-ubah alias mencla mencle:

  1. Full refund saya dijanjikan 7 Hari Kerja ok saya tunggu tapi ternyata tidak ada realisasi.
  2. Full refund saya setelah saya email lewat 7 Hari Kerja diminta tunggu 14 Hari Kerja, ternyata juga tidak terealisasi
  3. Saya email kembali setelah 14 Hari Kerja, ternyata full refund saya diminta tunggu 30 Hari Kerja, namun tetap sama tidak terealisasi.
  4. Saya email kembali setelah 30 Hari Kerja, ternyata full refund saya tetap belum terealisasi dan meminta tunggu lagi 90 Hari Kerja.
  5. Saya sempat email-email kembali tiap minggu di minggu ke-2 dan ke-3 bulan July 2020 terkait full refund saya.

Yang saya dapat diinfokan bahwa dana refund belum diterima dari maskapai [padahal saya waktu itu tidak percaya dan saya live chat Singapore Airlines ternyata dana saya sudah dikembalikan ke tiket.com tanggal 07 July 2020 (minggu ke -1)] Mencla-mencle lagi ini sih tiket.com berapa kali coba. Namun saya tidak mengkonfrontir ini lagi karena tidak lama berselang saya diemailkan bahwa refund akan dikembalikan ke dana kartu kredit saya. Di sinilah mulai puncak kekesalan saya, karena tiket.com tidak tepat janji.

Akhirnya mereka meminta saya mengisi Surat Pernyataaan, Bukti Pernyataan penutupan kartu kredit saya yang dipakai transaksi, foto KTP dan kartu kredit tersebut karena mereka mengeluarkan statement “ancaman” kalau tidak dilakukan sesuai SOP mereka ya saya dminta tunggu saja saja sampai pihak Financenya menemukan bahwa kartu kredit saya sudah ditutup atau belum. Belum lagi dinotes bahwa pengembalian dana refund transfer menunggu 3p hari kerja lagi. (Niat bener ya mengulur-ulur waktu customernya di masa pandemi gini)

6. Terakhir setelah akhirnya saya turuti SOP mereka. Pagi ini saya diemail saya diminta data-data lagi bahwa pengembalian dana saya ternyata sudah dikembalikan ke kartu kredit yang sudah ditutup, kan benar-benar tidak punya aturan ini tiket.com.

Saya minta case saya diselesaikan dengan deal awal dan saya tidak peduli bagaimana tiket.com memproses dana saya ke rekening bank saya, bukan ke kartu kredit saya.

Demikian surat pembaca saya dimana saya terpaksa memposting ini agar tahu kedepannya memilih travel agent yang mana bisa peduli sama pelanggannya.

Terima kasih.

Andreas Halim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Andreas Halim

Hai Sobat Tiket, Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait pengajuan refund yang Bapak Andreas ajukan dengan nomor pemesanan 84307932, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Tiket.com Mengembalikan Dana Refund Tidak Sesuai Perjanjian Awal dan Membuat Susah Pelanggan yang Sudah Ikuti SOP Mereka

  • 3 Agustus 2020 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Salam dari sesama konsumen travel agent yang serupa tapi tidak sama (saya beli lewat marketplace-nya) yang juga mengalami kejadian yang mirip.
    Bersyukur saya sudah happy end setelah surat saya tayang di sini. Semoga permasalahan Bapak pun bisa happy end kelak.

    Lengkap juga ya experience-nya, mulai dari dibilang butuh 7, 14, 30 sampai akhirnya 90 hari kerja wkwkwk. Hal ini semakin memperkuat kecurigaan saya bahwa memang ada indikasi para “makelar” tiket ini memperlambat pemrosesan refund, sementara kalau sudah ter-confirmed dari maskapai sendiri bahwa refund sudah disetujui, mereka maksimal minta 30 hari saja, itu pun biasanya jauh sebelum 30 hari sudah dieksekusi (apalagi & khususnya maskapai2 kaliber internasional semacam SQ). Kelihatannya mereka kesulitan dana segar juga akibat pandemi ini, jadi dana refund dari maskapai diputar dulu (gak bisa dijadikan alasan juga sih, tapi saya cuma sekedar me-raba2 aja kenapa sih kok mesti di-undur2 begitu, padahal maskapai sudah kirim dana)…

    Sayangnya kalau saya ambil kesimpulan dari isi surat ini, nampaknya KK yang digunakan untuk pembelian tiket tersebut sudah ditutup ya. Yah ini bisa jadi “potensi yang bisa digunakan untuk memperlambat lagi” proses refund tersebut. Kalau saya sih kemarin masuk KK yang sama lagi.

  • 4 Agustus 2020 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Halo Pak Samuel,
    Terima kasih atas supportnya, memang melelahkan hadepin travel agent di masa2 ini.

    Btw case saya sudah selesai ya, per hari ini tiket.com sudah mengembalikan dana saya ke rekening bank saya. Bukan ke kartu kredit. Saya harap kedepannya tiket.com dalam mengurus pelanggannya yang lain terutama member elitenya supaya koordinasi team work yang jelas dan sinkron jangan mencla mencle.

    Sekian dari saya. Terima kasih.

    Dear team Media Konsumen,

    Mohon case ini di close karena sudah diselesaikan tiket.com

    Terima kasih banyak atas bantuan dan perhatiannya.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Tiket.com Mengembalikan Dana Refund Tidak Sesuai Perjanjian Awal dan M…

oleh _8661 dibaca dalam: 2 min
2