Refund dalam Bentuk Voucher, Traveloka Semakin Tidak Jelas dan Tidak Konsisten

Kepada Pihak Traveloka,

Saya telah mengajukan Refund pada tanggal 25 April 2020 dengan Refund ID: 3121880 untuk penerbangan Citilink QG-799 Jakarta – Surabaya (20 Mei 2020 ; Pukul 15:50 WIB) dan Refund ID: 3121910 untuk penerbangan Citilink QG-170 Semarang-Jakarta (27 Mei 2020; Pukul 18:00 WIB), bukti foto terlampir.

Sebelumnya saya sudah melakukan pengajuan komplain ke call center Traveloka, tetapi sekalipun tidak pernah tersambung. Akhirnya saya mencoba komunikasi lewat help center di Aplikasi Traveloka justru dari jawaban tersebut meminta untuk email ke refund@traveloka.com. Namun setelah saya coba email tetapi berstatus gagal terkirim.

Setelah itu saya mencoba komunikasi via Call Center Citilink. Jawabannya tanggal 15 Mei 2020 pihak Citilink menyatakan telah melakukan proses refund ke Traveloka, akan tetapi masih belum menemukan hasil yang memuaskan terkait refund tsb. Bahkan ketika saya cek status refund di aplikasi Traveloka muncul pernyataan status non refundable di kedua pesanan penerbangan tersebut. Padahal di awal statusnya sedang diproses dan karena ini penerbangan dibatalkan oleh maskapai jadi harusnya dikembalikan 100%.

Ternyata pada tanggal 2 Agustus 2020 pihak Traveloka mengkonfirmasi terkait refund dalam bentuk voucher, dan itupun tidak sesuai dengan nominal yang saya bayarkan ketika pesan tiket pesawat. Saya tidak bersedia kalau dana dikembalikan dalam voucher, karena kesepakatan awal (terlampir di foto) sudah jelas pihak Traveloka memberikan pernyataan seperti itu.

Saya mau dikembalikan dana refund sesuai nominal pembelian ke rekening dan kartu kredit saya. Karena saat saya melakukan pembelian di awal di syarat dan ketentuan yang berlakunya akan dikembalikan ke rekening dan kartu kredit saya. Pihak Traveloka, mohon ditanggapi permasalahan saya saat ini.

Minkhaya Silviana Putri
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Traveloka untuk Ibu Minkhaya Silviana Putri

Kepada Yth., Ibu Minkhaya Silviana Putri Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai...
Baca Selengkapnya