Saldo Shopeepay Diretas, 7,5 Juta Rupiah Melayang, Shopee Tak Kunjung Memberi Pertanggungjawaban

Saya adalah pemilik akun dengan username velicia06 dan merupakan nasabah Shopee yang cukup aktif. Awalnya saya kira Shopee adalah marketplace yang bonafid dan berbobot hingga kejadian ini menimpa saya.

Pada tanggal 24 Juli 2020 saya membeli 1 unit Macbook Pro di aplikasi Shopee di toko muhamadsaid007. Setelah saya melakukan pembayaran, si penjual kemudian nge-chat saya via WA dan meminta saya untuk mengklik link yang mengatasnamakan Shopee buat asuransi pengiriman karena itu merupakan barang elektronik. Awalnya saya ragu, jadi saya menelepon CS Shopee, tapi tidak kunjung diangkat dan si seller ini juga ngotot agar link itu segera diisi supaya barangnya bisa dikirim hari itu juga. Akhirnya saya klik link tsb, tapi setelah itu pembelian saya yang di Shopee tiba-tiba dibatalkan oleh si seller dan si seller pun tak bisa dihubungi lagi setelah itu.

Maka otomatis saldo saya dikembalikan (refund) ke dompet Shopee Pay saya sebesar Rp9.926.000,-. Selang beberapa menit, tiba-tiba terjadi beberapa transaksi tanpa sepengetahuan saya yang menguras saldo Shopee Pay saya. Saat itu saya langsung sadar bahwa akun saya telah di-hack dan detik itu juga saya langsung melapor ke CS Shopee via live chat bahwa akun saya telah diretas dan meminta agar semua transaksi yang terjadi dibatalkan, tetapi C Shopee tidak langsung bertindak. Malamnya saya dikirim email oleh Shopee bahwa akun saya telah dibekukan.

BERIKUT FOTO DATA PENDUKUNG SY
Berikut bukti transaksi yg berhasil dilakukan si hacker dan respon email dari shopee

Pada tanggal 27 Juli 2020 saya menerima email bahwa akun saya sudah pulih, tetapi saldo Shopee Pay saya yang tersisa hanya tinggal Rp2.437.991,-, yang seharusnya awalnya senilai Rp9.937.991,- . Ternyata ada 6 transaksi yang berhasil dilakukan si hacker dengan total senilai Rp7,5 juta. Padahal sebelumnya saya tidak pernah memberikan kode verifikasi/OTP sama sekali kepada siapapun untuk bisa mengakses Shopee Pay saya. Yang sangat saya sayangkan adalah minimnya tingkat keamanan Shopee. Saya pun komplain lagi ke pihak Shopee, karena jelas-jelas nomor yang ditransferi si hacker itu bisa dilacak dan dananya bisa dibekukan dan dikembalikan kepada saya. Tetapi Shopee meminta waktu 3×24 jam lagi untuk diproses oleh tim terkait.

Lalu tanggal 1 Aug 2020, saya menerima jawaban dari Shopee yang sangat mengecewakan, bahwa akun pelaku cuma dinonaktifkan.

Sungguh suatu pelayanan yang sangat buruk. Jadi gimana dengan nasib saya sebagai korban? Gimana dengan saldo saya yang telah dicuri? Saya SUNGGUH SANGAT SANGAT DIRUGIKAN. Di mana TANGGUNG JAWAB Shopee sebagai marketplace?? Shopee sungguh sangat TIDAK AMAN DAN TIDAK DAPAT DIPERCAYA. Shopee memilih lepas tangan dan lepas tanggung jawab atas saldo nasabahnya yang telah dicuri akibat jeleknya tingkat keamanannya sendiri!

BETAPA IRONISNYA fakta bahwa marketplace mendunia sebesar Shopee TIDAK DAPAT MENGATASI masalah yang saya alami. Dan PERCAYALAH, jika terjadi sesuatu yang TAK DIINGINKAN, Shopee hanya akan tutup mata atas APAPUN yang terjadi di dalam pengawasannya sendiri. Anak kecil pun tahu jika solusinya hanya seperti itu, tidak akan ada konsumen yang berani bertransaksi lagi di Shopee dan hacker pun akan tetap berkeliaran dan memakan korban berikutnya lagi.

Para khalayak umum lainnya, setelah membaca kasus saya, lebih bijaksanalah dalam memilih marketplace untuk berbelanja. Dan berpikirlah matang-matang sebelum bertransaksi di Shopee, KEAMANAN ADALAH KUNCI NOMOR SATU. Jangan sampai hal ini menimpa Anda juga. Apakah Shopee bisa tetap bertahan dan bersaing dengan pasar online lainnya jika terus seperti ini? Saya rasa TIDAK.

Felisia Fondarich
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:73    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

29 komentar untuk “Saldo Shopeepay Diretas, 7,5 Juta Rupiah Melayang, Shopee Tak Kunjung Memberi Pertanggungjawaban

  • 4 Agustus 2020 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Update kasus :
    Pihak shopee telah menghubungi sy dan menginformasikan bahwa kasus sy sementara di proses oleh pihak manajemen. Tinggal menunggu kabar baik dr shopee dlm wkt seminggu. Terima kasih

    • 9 September 2020 - (00:55 WIB)
      Permalink

      Halo kak,, kakak orang makassar yah? Saya juga pada tgl 6 baru saja di tipu oleh pihak yg mengatas namakan shopee, shoppepay later saya di retas dan penipu melakukan pembelian pulsa sebanyak 10 kali.
      Kalau kakak mau gabung bersama saya, kita bisa melapor ke OJK makassar untuk kerugian yg kakak alami, DM saya di ig: Sun14__

    • 9 September 2020 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Kakak bisa melaporkannya ke pihak ojk dan polisisiber (tapi polisi cyber hanya mengumpul data pencurian, dan itu belum termasuk laporan kepolisian)
      Utk link yg kakak klik (link penipuan) kakak bisa simpan sbg bukti

  • 4 Agustus 2020 - (23:45 WIB)
    Permalink

    jangan pernah melakukan transaksi diluar marketplace.
    mbak nya udah kena phising melalui link yang dikirim oleh seller. udah banyak kejadian sih seperti ini.

  • 4 Agustus 2020 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Dshopee menu chat sudah ada pemberitahuannya tidak disarankan transaksi d luar aplikasi shopee, untuk menghindari penipuan,,,kesalahan anda mengakses link yg ada d wa yg mengatasnamakan shopee ,,itu jalannya hacker untuk meretas akun anda, dia mengetahui nomor wa anda saat anda membuat pesanan karena sudah menampilkan rincian nomor telp yg ada di alamat pengiriman, sebaiknya hati” jangan mudah percaya untuk d arahkan transaksi d luar shopee,,lihat detail toko ulasan pembeli dan rating sebelum memutuskan membeli barang, disini tidak ada kaitannya tidak seharusnya anda menyalahkan shopee,,,ini adalah oknum,,,

  • 4 Agustus 2020 - (23:59 WIB)
    Permalink

    saya ragu kalo shope akan mengembalikan dananya.
    tapi mudah-mudahan shope mau berbagi sedikit rezeki nya.

    • 5 Agustus 2020 - (01:23 WIB)
      Permalink

      Dana bisa diproses jika
      Transaksi penipu belum sampai / barang dikirim oleh seller ke penipu.

      Dianulir by system oleh pihak shoppee
      Tapi mungkin tidak semudah itu , jangankan 1 penipuan . Aduan pasti banyak, namun jika barang sameday delevery + sudah sampai ke tangan penipu / masih dalam perjalanan ( by kurir / expedisi ) kalau iya bagus banget udah ranah ke expedisi dan kurir. Kira – kira sudah luas diluar sistem shoppee
      Jadi harus cut di expedisi / kurir dimana shopee hanya menyediakan sistem bukan kurir / expedisi.

  • 5 Agustus 2020 - (00:56 WIB)
    Permalink

    @ Felicia mengatakan cukup aktif, namun dia tak cukup pintar.

    Jujur saja, apa yang membuat anda tertarik dengan produk tawaran penipu itu,?

    Tidak lain dan tidak bukan, karena ‘Lebih Murah’ dan

    Yang membuat anda buru buru membayar tanpa sabar menunggu keraguan menjadi keyakinan,?

    Karena penipu bilang ‘stok terbatas’ dan ‘banyak yang sudah antri membeli’.

    Modus penipu seperti ini hanya berjodoh dengan orang Serakah seperti @Felicia

    Anda dengan frontalnya melupakan shopee yang kemarin kemarin aktif memberikan kepuasan pada anda, merendahkan menyudutkan shoppe setelah 1 kekecewaan ini yang notabene sifat serakah anda sendiri yang jadi penyebabnya.

    Kata kata anda yang liar itu seharusnya untuk penipu itu, bukan untuk shopee.

    Karena anda sendiri yang meng-aktif kan mereka karena keserakahan anda.

    @ Felicia, kamu meragukan sesuatu, namun tetap kamu lakukan, dan ketika keraguan menjadi penderitaan malah kamu menyalahkan pihak yang tidak ada sangkut pautnya dengan itu. Bukan menyalahkan dirimu sendiri, mengapa tidak menghargai ‘keraguan’ itu.

    Padahal ‘Keraguan’ itu adalah sisi pintarmu yang sudah kamu buang, demi transaksi murah menguntungkan yang di tawarkan penipu.

    Saya tidak habis pikir, anda yang memiliki ‘kosakata’ yang begitu frontaL, bisa keok dengan penipu bermodus klasik seperti itu,

    Saran saya, jangan anda serakah, membeli jangan karena murah, tapi karena butuh, dan jika butuh seharusnya anda berani membayar mahal kepada produk yang pasti anda pikir berkelas itu,

    Macbook Pro gitu Loh,

    • 5 Agustus 2020 - (01:12 WIB)
      Permalink

      Keren Boss Ku, Kata yg Baik dan Sopan untuk si Korban adalah Serakah Karna Tergiur dgn Harga Murah,

    • 5 Agustus 2020 - (01:16 WIB)
      Permalink

      Dan akhirnya saya klik link tsb, tapi setelah itu pembelian saya yang di Shopee tiba-tiba dibatalkan oleh si seller. Dan si seller pun tak bisa dihubungi lagi setelah itu.

      Itu namanya phising / memberikan tautan mengenai akun anda dengan alamat email dan data yang ada pada seller. Saat menekan klik pada link tsb anda tertipu dan penipu tidak ambil pusing mau anda rugi atau tidak yang penting penipu berhasil menipu anda dan terjebaklah anda. Hilang uang 7.5JT

      Jika yang bersangkutan ( anda ) pernah membeli di toko online. Seharusnya tidak ada sangkut paut seller dan buyer.

      Tidak ada klik link dsb yang ada klik selesai ( barang diterima )
      Urusan seller mau kirim barang atau tidak ( misal dikirim barang yang salah )

      Siap2 anda videokan jadi bisa klaim. Sewaktu membuka barang ( masih dalam keadaan terbungkus rapi ) jelas dengan bukti alamat anda pada luar kemasan / packing

  • 5 Agustus 2020 - (02:41 WIB)
    Permalink

    Itu bukan kesalahan shopee, karena shopee sudah mengingatkan dengan redaksi tebal untuk tidak melakukan transaksi di luar shopee, karena anda sudah terjebak di situ, saya rasa shopee tidak juga berdosa, karena di luar tanggung jawab dia sebagai marketplace, salahkan penipunya jangan salahkan shopee nya.

  • 5 Agustus 2020 - (07:13 WIB)
    Permalink

    PADA INTINYA, KESALAHAN ADA DIPIHAK PEMBELI, KARENA KALAU KITA SUDAH SERING BERBELANJA DI MARKET PLACE/E-COMMERCE, MAKA KITA AKAN PUNYA SEDIKIT/BANYAK PENGALAMAN TENTANG PENIPUAN SEPERTI INI, TERKECUALI JIKA MEMANG SIPEMBELI BARU PERTAMA KALI INI BELANJA DI MARKET PLACE -(DAN HAL INI KAYAKNYA TIDAK BERLAKU UNTUK SIPEMBELI INI)-. SETIDAKNYA INI BISA JADI PELAJARAN BUAT KITA SEMUA SEBAGAI CALON PEMBELI. JANGAN BURU-BURU MEMBELI KARENA TERGIUR DG HARGA YG TERLALU MURAH, LIHAT DULU REVIEW-NYA, BANDINGKAN HARGA DG DISTRIBUTOR RESMINYA (PENJUAL MALL/STAR SELLER), KALAU HARGA TERPAUT TERLALU JAUH, SUDAH DAPAT DIPASTIKAN ITU ADALAH PENIPUAN. SEMOGA ADA HIKMAH DIBALIK SEMUA INI.

  • 5 Agustus 2020 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat sih itu kesalahan Anda karena tertipu dengan cara itu, jadi kasihan juga dengan pihak shopeenya.
    Semoga pihak shopee tidak melakukan yang terbaik.
    dan kita sebagai pengguna internet alangkah lebih baiknya belajar juga penipuan-penipuan di internet dan belajar mengamankan akun pribadi.

  • 5 Agustus 2020 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Inimah kesalahan pengguna juga, kurang teliti, se aman apapun sebuah marketplace kalau dikasih link jebakan dan disuruh isi lalu user isikan semua data dia ya jebol juga, lagian shopee sudah berulang2 menyampaikan jangan melakukan transaksi diluar shopee atau mengklik link yg dikirim diluar chat shopee, udah lapor polisi aja, biar dilacak itu pembelian kemana

  • 5 Agustus 2020 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Seharusnya Shopee bisa mengantisipasi modus penipuan ini, dengan cara memberikan tenggang waktu (misal 1×24 jam) pembekuan saldo Shopee Pay yang diretur karena pembatalan pesanan. Jadi korban punya waktu untuk melaporkan ke Shopee jika mengalami penipuan semacam ini.

  • 5 Agustus 2020 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Harapan nya nihil bu , untuk bisa kembali keuangan shopee pay nya kembali, sy juga mengalami kejadian yg sm persis dengan ibu, cuma nominal nya saja yg berbeda saya di angka 3 juta 675 rb , dan saya pun sudah mengikhlaskan uang tsb di ambil, dan pd awalnya sy juga sempat berharap pihak shopee ada kebijaksanaan bisa meringankan kerugian saya , tapi ya sudah lah , sy pun ambil hikmah nya ..

    • 5 Agustus 2020 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya kalau sudah ragu jangan diteruskan apalagi klik link yang tidak jelas asal usul nya.

      Dan lemahnya sistem shopee adalah cuma tegas terhadap akun pembeli tapi kalau akun seller meskipun penipu tidak dibersihkan. Menurut saya seller di shopee harus memenuhi kualifikasi semisal verifikasi KTP dan biometrik serta minimal akun harus berumur 6 bulan untuk memastikan bahwa dia benar-benar seller dan bukan seller fiktif.

  • 6 Agustus 2020 - (05:18 WIB)
    Permalink

    To Felisia
    Semoga kasusmu cepat selesai dan uangmu bisa dikembalikan, utuh. Itu macbook second kah? Kalau iya memang betul harga bisa segitu. Kalau itu new, maka lain kali kamu harus lebih hati-hati. Buat orang-orang yang malah menyalahkan kamu dan menyebutmu bodoh atau serakah, kalian tidak membantu dan malah membuat mental felisia jadi down. Sudah, jgn dihiraukan. Pertama saya tahu, sebagai konsumen pasti ada kalanya jadi ceroboh (tp saya ngga pernah klik link sembarangan🙂). Kedua, saya juga tahu kamu kecewa atas pelayanan shoppe yang terkesan lama. Ketiga, kamu panik (jelas saja karena jml uang yg hilang mencapai 7,5 jt) dan yg bisa kamu lakukan hanyalah mengandalkan shoppe. Semoga ini jadi pembelajaran buatmu. Alangkah baiknya kalau kamu lebih waspada kepada orang. Berprasangka buruk itu tidak baik, tapi waspada itu perlu. Saya doakan semoga uangmu bisa kembali, amin.

    • 6 Agustus 2020 - (08:55 WIB)
      Permalink

      To. Gembala Sapi

      Anda mengatakan,
      “Buat orang-orang yang malah menyalahkan kamu dan menyebutmu bodoh atau serakah, kalian tidak membantu dan malah membuat mental felisia jadi down, “

      Saya membantu orang seperti @Felicia, agar sadar, dia harus banyak belajar. Dan memang agar dia down dari amarah dia kepada shopee.

      Kata kata dalam ulasan @Felicia itu,

      1. Mendominasi kebenaran diri sendiri.

      Awalnya dia mengaku sudah cukup aktif menggunakan shopee, dari kata itu, kita di ajak ikut mengakui kalau dia sudah berpengalaman dalam dunia belanja online di shopee.

      2. Kosakata buruk yang dia suguhkan kepada shopee sangat frontal, liar, dan jelas keluar jalur.

      Bahkan dia menunjukkan kemampuan menganalisa/ meramal bisnis perusahaan seperti pada kalimat ini,

      “Apakah Shopee bisa tetap bertahan dan bersaing dengan pasar online lainnya jika terus seperti ini? Saya rasa TIDAK”

      3. Ada kalimat pengakuan yang kontras, dari kalimat ini,

      “Padahal sebelumnya saya tidak pernah memberikan kode verifikasi/OTP sama sekali kepada siapapun untuk bisa mengakses Shopee Pay saya”

      Dengan kalimat ini,

      “penjual kemudian nge-chat saya via WA dan meminta saya untuk mengklik link yang mengatasnamakan Shopee buat asuransi pengiriman karena itu merupakan barang elektronik. Awalnya saya ragu, jadi saya menelepon CS Shopee, tapi tidak kunjung diangkat dan si seller ini juga ngotot agar link itu segera diisi supaya barangnya bisa dikirim hari itu juga. Akhirnya saya klik link tsb, “

      Dari ini kemungkinan apa yang dia sampaikan pada csShopee tidak sedetil/ sejujur apa yang dia sampaikan dalam ulasan media ini.

      Sedikit banyak dia mengaku kepada csShopee bahwa ‘tidak ada yang salah’ atas transaksi yang telah dia lakukan itu, yang salah adalah sistem keamanan di aplikasi shopee.

      4. Dan masih banyak lagi ulasan nya yang hanya fix bertujuan untuk merendahkan menyudutkan shopee.

      5. Sifat serakah itu banyak menyertai orang. Waspada teliti, dan hati hati tidak cukup dalam hidup tapi anda harus membuang jauh jauh sifat serakah anda.

      Dan biasanya sifat serakah ini selalu membuat persepsi berbeda,

      Yang serakah bilang, “kok murah banget ya macbook ini, beda dari toko lain, mungkin ini yang jual lagi cuci gudang, mungkin karena ngabisin stok, mungkin yang punya toko sepi pembeli jadinya jual murah aja yang penting laku, mungkin penjual bodoh gak update harga pasaran.

      Yang tidak serakah bilang,
      Wah yang bener aje nih toko jual macbook kok harga segitu, wah gak bener nih, wah penipuan nih, wah wah wah bahaya.

      6. @ Gembala Sapi, kenapa anda masih juga menebak nebak produk yang dia beli ini ‘produk baru atau second’. Memperpanjang ketidak tegasan kata kata.

      Sudah pasti produk yang akan dia beli ini produk baru, karena,

      1. Dia wanita, coba anda pahami style belanja wanita, tidak seperti kita yang fine fine aja pakai barang second. Dan angka 9 juta itu sangatlah mahal bagi wanita jika membeli barang second.

      Notabene jika pengguna produk apple pasti tau, harga segitu untuk macbook pro 2017, mending dan harus beli baru saja.

      2. Di shopee tidak begitu banyak penjual barang second, yang paling banyak dan paling mantuL ada di To**pedia.

  • 6 Agustus 2020 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Pendapat sy pembeli kurang pengalaman dengan link yang dikirim lewat WA pribadi . Tetapi dia sudah ada keraguan. “jangan2 tidak benar” namun syng dia tidak ingin pesanan lambat diproses dan kasihan sama penjual yg sdh menunggu. Akhirnya YES
    Saran saya yang paling aman adalah. Jangan MENGISI SALDO SHOPEE PAY di akun shopee.Kalau terpaksa perlu JNG terlalu BANYAK. Sebab kalau terjadi peretasan akun tidak akan kehilangan uang.

    • 6 Agustus 2020 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Anda membayar pakai atm debit, lewat indomaret, lewat mana saja, kalau transaksi dibatalkan maka uang anda akan berpindah ke saldo shopee pay,

      Anda belum sempat memindahkan nya, atau anda belum sempat belanja ulang, namun peretas sudah membelanjakan saldo anda lebih dulu.

  • 6 Agustus 2020 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Ya elah, jelas2 pembeli yang salah malah cari pembenaran nyalahin shopee, lagian macbook pro 2017 harga sgitu udh gk wajar tetep aja dibeli

  • 7 Agustus 2020 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk kasian banget korban udh uang hilang dihujat pula,, ni yg hujat spertinya ga pernah kena tipu ato kehilangan, ye mudahan lu pada kena batunya jg deh, amin
    Jujur buat shopee jg akhir2 ini banyak link jebakan Betmen tiap kali blanja n buka app ato webnya,, terakhir gw belanja akhir Februari kmren gw bli barang satu paket eh malah dikirimin 6 paket barang yg sama dengan packingan yg berbeda, untung gw baek jd gw balikin, sebelumnya pas gw mw belanja banyak tautan link yang kebuka sendiri trus gw tutup2in, and after 3days wow i got much more stuff, do you know that 5 minutes in my life i smile like the devil hahahaa but alhmdlh i have tatto in my head الله موجود
    *Buat shope toolong keamanannya ditingkatkan
    *Buat korban …
    *Buat yg Laen nyari ribut Lo ayoo gw jabanin
    KaboooorrrrRRR

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Saldo Shopeepay Diretas, 7,5 Juta Rupiah Melayang, Shopee Tak Kunjung …

oleh FELISIA dibaca dalam: 2 min
29