Ketidakjelasan Home Credit soal Promo Gratis Cicilan 1 Bulan

Ibu saya mengambil cicilan handphone di salah satu toko di MTC Makassar dan ditawarkan oleh SPG Home Credit dengan cara mencicil. Dikatakan oleh SPG tersebut bahwa JIKA PEMBAYARAN IBU TIDAK PERNAH TERLAMBAT DARI JATUH TEMPO, IBU DAPAT PROMO GRATIS CICILAN 1 BULAN. Senanglah ibu saya. Sampai akhirnya ibu saya ambil kredit dengan nomor kontrak 3903612205. Terlebih saya search sebelumnya, promo gratis cicilan ini memang ada di Home Credit.

Selama 8 bulan ibu saya tidak pernah terlambat bayar, selalu tepat waktu dan dia merasa kewajiban dia telah selesai. Tapi di bulan ke-9 dia mendapat tagihan bertubi-tubi dari Home Credit. Dan setiap kami berikan penjelasan selalu jawaban yang sama “akan kami ekskalasikan ke atasan kami”.

Namun masalah ini tidak berujung sampai saya lakukan email keluhan pun dijawab dengan pernyataan ibu saya tidak mendapatkan promo gratis cicilan tersebut karena dari awal tidak didaftarkan ke program tersebut. Seharusnya ini menjadi urusan internal Home Credit dalam rekrutmen karyawan dong. Kenapa justru dibebankan ke pelanggan?

Tolong pihak Home Credit telusuri dan konfirmasi ke karyawan yang ditempatkan di outlet MTC KAREBOSI MAKASSAR di toko Handphone karena kami sebagai pelanggan dirugikan sekali dengan penagihan ini.

Indah Anggraini
Makassar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Indah Anggraini

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Indah Anggraini di MediaKonsumen.com pada 10 Agustus 2020 di kolom...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Ketidakjelasan Home Credit soal Promo Gratis Cicilan 1 Bulan

  • 11 Agustus 2020 - (06:51 WIB)
    Permalink

    HCI = Home Credit Indonesia saya jg pelanggan Anda knp Ada Promo Gratis 1 cicilan konsumen msh tetap bayar jg. Saya jg sdh lunas pembayaran knp msh tertera msh suruh bayar angsuran??? No Pelanggan 3903680888 saya tdk akan bayar karena sdh Lunas. Trima kasih

    • 21 Agustus 2020 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Berarti untuk masalah seperti ini sudah banyak dan sepertinya HOME CREDIT INDONESIA hanya menyalahkan ke spgnya tapi tidak membenahi internal perusahaan. Ngapain buat promo yang kesannya menipu seperti ink

      • 2 Oktober 2020 - (13:20 WIB)
        Permalink

        Saya juga customer di hoMe kredit dan saya juga kecewa dengan janji dapat gratis cicilan jika pembayaran lancar. Saya ambil tenor 9x katanya hanya cicil 8x saja jika pembayaran lancar dan sudah saya lakukan, nyatanya pada bulan ke 9 masih di tagih juga dan terpaksa saya bayar juga. Tolong jgn PHP kn customer, no kontrak saya 3905045777.
        Nb.
        Jika potongan cicilan itu ada tlng di kembalikan cicilan saya yang 1 bulan itu dan pihak home kredit tau caranya.
        Jika program itu tidak NYATA maka pihak home kredit tau juga masyarakat berfikir apa.

  • 11 Agustus 2020 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Karena yang mendapatkan promo gratis 1x hanyalah tenor seperti berikut :
    Tenor 12x, 15x, 18x (masih ada bunga)
    Tenor 7x (bunga 0%)
    *pembayaran selalu tepat waktu
    Contoh : anda memilih tenor 12x. Maka anda cukup membayar 11x secara rutin. Dan cicilan ke 12 akan menutup dengan sendirinya di tanggal jatuh temponya.

    Karena tenor yang anda pilih 9x, maka tetap membayar dengan penuh 9x.

    Demikian yang bisa saya sampaikan. Saya selaku mantan sales Home Credit.

    • 11 Agustus 2020 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Bohong mas,saya juga waktu itu kredit tv tenor 12bulan bilangnya ada potongan gratis 1 bln bila pembayaran cicilan lancar. Saya santai2 saja karena bilangnya akan terhapus secara otomatis. Taunya ada tagihan malah jadi nambah sama denda 50 rb..dengan berbagai macam dalih..

    • 12 Agustus 2020 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Ibu anda menerima penawaran dari pihak kedua Home Credit.

      Ini bisa di pastikan kesalahan dari SPG Toko Handphone di MTC KAREBOSI MAKASSAR.

      Patut di curigai,
      Apakah,?
      SPG itu hanya fokus memperbanyak penjualan Produk di Tokonya saja, tanpa memastikan Promo Gratis Cicilan 1 Bulan Home Credit sudah beserta pada produknya.

      Kalau terbukti adanya unsur kelalaian dari SPG, baiknya Ibu anda langsung mendatangi lagi SPG tersebut dan meminta pertanggung jawaban ganti rugi.

      • 21 Agustus 2020 - (19:51 WIB)
        Permalink

        Saya cuma cari keadilan buat saya dan keluarga. Home Credit kan perusahaan besar. Masa hal seperti ini bisa terjadi dan berkali kali

      • 21 Agustus 2020 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Halo Bapak Muhammad. Terima kasih pendapat anda. Tapi saya juga seorang pekerja pihak ketiga untuk suatu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Dan kami sebagai pekerja dituntut banyak dari perusahaan agar dapat membawa nama baik perusahaan. Tapi kok yah ini Home Credit seakan2 lepas tangan dengan Spgnya?? Harusnya mereka kan dapat bimbingan bekerja dan lain halnya. Nasib buruk saya.. Karena saya ke toko tersebut, mba spg itu sudah tidak bekerja disana dan pihak toko cuma blg “abaikan saja bu.” yang artinya ini masalah kayak gini sudah sering. Haduh.. Home Credit kan sekelas perusahaan besar kok bisa begitu. :’D

      • 29 September 2020 - (01:55 WIB)
        Permalink

        Saya baru lunas kemarin senin 28 september dengan jatuh tempo akhir bulan. Tenor pembayaran 7 kali no. Kontrak 4001324292 padahal saya berniat kalo lunas saya mau ngambil lg untuk istri, tp di aplikasi saya masih tersisa 1 kali angsuran lagi, saya tidak pernah bayar lewat dari tgl 28. Jatuh tempo akhir bulan, saya wa salesnya cuma di read ngga dibalas, besok saya coba samperin dan tanya info ke radja ponsel jl. Agus salim samarinda tempat saya membeli hp. Semoga sales home creditnya masih bekerja disana.
        Yg saya sesalkan salesnya hanya mengutamakan penjualan tp tidak menjaga pelayanannya setelah kita melakukan kontrak, padahal disitulah letak kualitas dan nama baik seorang salesman. Pelayanan dari awal sampai akhir. Apa salahnya bales wa saya mas a**s,

    • 21 Agustus 2020 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Dear mas Hengky..

      Seandainya ada penjelasan seperti ini yah, mas.. Saya dan pihak keluarga tidak akan pernah mempublish artikel ini ke media. Nyatanya waktu saya kesana untuk mempertanyakan dari tokonya bilang “sudah abaikan saja, bu. Nanti akan hilang sendiri”padahal saya sudah 1 bulan ini dapat rentetan tlp dari HCI. Tapi saya dan pihak keluarga tetap kekeuh karena dari awal dari pihak sales itu tidak ada penjelasan yg mas bilang. Dia cuma blg kalau bayar oke, cukip bayar bulan ke 8. Apalagi waktu dihubungi oleh collection saya sdh blg ke mereka dan mereka sperti kebingungan dan cuma blg “oh iya.. Pembayaran ibu bagus yah. Kalau begitu saya akan coba ekskalasikan ke atasan saya” seperti itu terus menerus. Memanh HCI banyak nipu

    • 6 September 2023 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Istri Saya juga kasus sama itenor 7x bayar tidak pernah jatoh tempo, dan di aplikasi jelas tertulis catatan dibawah kalo anda berhak mendapat 1 x gratis cicilan ayo bayar tepat waktu…tapi udah 6x cicilan masih ada tagihan cicilan ke 7….lha kenapa di kasih pemberitahuan di aplikasi kalo masih berhak mendapat 1 x gratis cicilan????

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Ketidakjelasan Home Credit soal Promo Gratis Cicilan 1 Bulan

oleh Sartika dibaca dalam: 1 menit
11