Penawaran Asuransi Berkedok Investasi AIA dari Bank BCA

Saya berumur 19 tahun, yang baru saja pulang berkuliah di luar negeri pada Januari lalu. Tidak bisa kembali dikarenakan pandemi ini. Saat ini tinggal di Tangerang. Saya adalah seorang nasabah di salah satu bank swasta terbesar di negeri tercinta kita ini, yaitu PT Bank Central Asia Tbk atau lebih sering dikenal dengan Bank BCA.

Singkat cerita, pada awal bulan Juni saya dan keluarga sedang mencari rumah dan telah mendapatkan rumah yang sesuai, hanya tinggal menunggu launching saja. Tetapi karena keluarga kami ingin membeli rumah itu secara KPR, jadi dibutuhkan beberapa surat pendukung. Salah satunya adalah Rekening Koran 3 bulan belakang.

Kemudian saya dan ibu saya pergi ke Kantor BCA di daerah Pasar Lama. Sesaat sampai disana saya ditanyai oleh satpam ada keperluan apa dan setelah itu saya disambut oleh salah satu teller wanita. Setelah itu saya dioper oleh teller wanita itu ke salah satu teller pria. Setelah saya dan ibu saya duduk. Kami langsung mengatakan keperluan kami dan setelah selesai print rekening koran.

Kemudian, di mulailah percakapan antara saya dan teller pria yang dimulai dengan teller pria membuka percakapan. Dia menanyakan apakah saya sudah mempunyai tabungan BCA. Tentu saja saya mengatakan tidak. Kemudian dia mengatakan bahwa di bank ini memiliki program tabungan dan terus dia mengatakan bahwa itu seperti investasi dan lain lain.

Terus saya kemudian berpikir bahwa lumayan juga ini karena bisa investasi. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa zaman sekarang sedang tren itu adalah investasi. Walaupun saya masih muda tetapi tertarik dengan dunia saham dan lain lain.

Tidak lama kemudian dia bertanya kepada saya “Untuk lebih jelasnya lagi saya akan memanggil orang terkait, apakah bersedia? ” Tanpa pikir panjang, saya langsung menjawab “Iya “.

Kemudian datanglah orang tersebut (wanita). Dia mengatakan bahwa ini adalah program tabungan BCA seperti tabungan berjangka dan investasi. Dan dia mengatakan bahwa 7 tahun sudah bisa diambil uangnya.  Tetapi sayangnya dia tidak mengatakan bahwa ini adalah asuransi. Karena memang jelas, asuransi adalah asuransi walaupun bisa dibilang investasi tetapi berbeda sekali.

Setelah itu dia berkata berapa yang ingin saya setor, dan dia berkata bahwa akan dikirim ditunggu beberapa hari. Tetapi dia tidak mengatakan “Polis”. Dia sama sekali tidak mengatakan kata kunci yang mengarah kepada Asuransi.

Setelah lewat beberapa lama, saya menunggu tetapi tidak kunjung datang. Kemudian beberapa hari lalu. Saya kembali ke cabang tersebut. Dan setelah saya melihat kertas tersebut tertulis AIA. Dan saya ketempat AIA. Setelah menunggu 5-10 menit didepan orang AIA yang sedang menelepon orang dan setelah itu mengobrol dengan orang lain. Akhirnya saya langsung memotong pembicaraan dan saya berpura pura menanyakan “Kapan polisnya datang?”.

Maksud dari berpura-pura itu adalah apakah ini Tabungan dari AIA atau asuransi beneran. Dan ternyata benar yang saya tunggu datang ke rumah itu adalah Polis. Yang dari awal tidak pernah dibilang kalau itu adalah Polis. Dan petugas itu juga menyebutkan bahwa Tahun Ke – 8 baru bisa diambil. Jadi bukan 7 tahun sudah bisa diambil.

Setelah datang dari bank BCA tersebut kemudian saya googling tentang Asuransi AIA yang ditawarkan oleh pihak BCA. Dan hasilnya banyak yang merasa kecewa. Di sini saya merasa tertipu, bukan karena ketidaktelitian saya, tetapi karena tidak dijelaskan secara mendetail. Karena orang awam seperti saya tidak menahu tentang itu.

Dan sekarang saya sudah mengosongkan uang dari bank saya agar tidak terpotong untuk asuransi itu dan sudah diikhlaskan. Walau hanya 500 ribu rupiah, tetapi dikalikan berapa banyak yang sama dengan saya.

Terima kasih

Kevin
0813175789**
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi AIA:
[Total:172    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Kevin

Menanggapi keluhan Bapak Kevin melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 10 Agustus 2020, dengan judul “Penawaran Asuransi...
Baca Selengkapnya

Loading...

29 komentar untuk “Penawaran Asuransi Berkedok Investasi AIA dari Bank BCA

    • 14 Agustus 2020 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Pada Jumat 14 agustus 2020
      Saya Kevin ingin mengklarifikasi bahwa sudah bertemu dengan Pihak BCA pasar lama dan Pihak AIA secara langsung dan sudah menyelesaikan kesalahpahaman , terkait pernyataan yang sudah saya sampaikan melalui Media Konsumen ini .
      Terima kasih kepada Bank BCA dan AIA
      Sukses Selalu

  • 10 Agustus 2020 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Selamat siang,
    Saya juga nasabah AIA, tepatnya ayah saya. Pada saat awal tidak dijelaskan dengan detail bahwa produk ini memiliki asuransi jiwa di dalamnya. Memang benar ada investasi di dalamnya tapi tidak disinggung perihal mengenai polis/ asuransi jiwanya. Mengingat ayah saya adalah tipikal yang percaya kepada omongan orang dekat (dalam hal ini ayah saya dekat dengan orang bank BCA tepatnya di BCA Pondok Cabe) karena itu tanpa menanyakan lebih detail program yang ditawarkan, langsung menyetujui untuk mengikuti program tersebut. Saat ini saya sedang proses pencairan total kerugian yang dialami sekitara 120 Jutaan. Saya sangat kecewa dengan tenaga pemasar (sales) karena tidak menyinggung bahwa program investasi ini terdapat asuransi jiwa di dalamnya. Mendengar berita mengenai mantan Agen AIA yang menuntut AIA , saya segera mungkin menarik dana dari sana untuk walau harus merugi. Mohon untuk teman teman jika ada produk yang ditawarkan khususnya investasi untuk dibaca lebih detail agar tidak kecewa dikemudian hari.
    Terima kasih.

    12
    4
  • 10 Agustus 2020 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Astaga, ternyata di tengah tahun 2020 ini pun, & di bank dengan nama sebesar ini pun, masih sama aja cara “cari mangsa” nya…
    Ikut prihatin atas pengalaman “penipuan” (baca: tidak diberitahu secara lengkap & transparan) yang dialami.
    & benar sekali, cara paling gampang “berhenti” (tanpa perlu urus segala tetek bengek ataupun “debat kusir” dengan CS, habis waktu pulsa tenaga emosi dll) ya tidak usah dibayar preminya ataupun kalau sudah terlanjur konek dengan tabungan, ya di-nol kan tabungannya (kalau urus tutup tabungan, sama aja mesti urus2 dengan CS dll wkwkwkwk).
    Karena asuransi beda dengan “kredit,” jadi tidak bakal berpengaruh dengan kredibilitas di BI hehehe.

    Kalau mau asuransi, silakan/usahakan ikut *asuransi* yang benar2, dengan segala “resiko” yang mungkin terjadi di masa depan.
    Kalau mau investasi, silakan/usahakan ikut *investasi* yang benar2. Silakan diriset dulu ber-macam2 investasi yang ada, lengkap dengan segala resiko maupun potensi profit-nya, & kemudian dipilih sesuai selera & tanggung jawab pribadi sendiri.
    Kalau soal asuransi “plus” (investasi), ataupun investasi “plus” (asuransi), yah … no comments dah LOL

    4
    2
    • 10 Agustus 2020 - (22:22 WIB)
      Permalink

      Ceritanya sama persis dengan saya. Tapi Saya pilih lanjutkan sampe 7 tahun jadi klien AIA dengan setoran bulanan 500 rb karena ditakut2i kalo tutup ditengah jalan bakal kena penalti. Setelah 7 tahun, saya tutup polis dan menarik seluruh uang saya, dan nilainya:::::::::::::: jengjengjeng 27 jutaan. Lemes dengkul saya.
      Katanya disuruh bilang lapor call center BCA. Giliran lapor bilangnya sudah tidak ada kerjasama lagi, tapi di slip yang saya terima tiap bulan dari AIA ada tulisan pihak BCA hanya merekomendasikan tapi tidak bertanggung jawab terhadap kinerja AIA.
      Harusnya kalo tidak mau tanggung jawab ya jangan direkomendasikan.
      Tapi ya sudah lah. Buat pengalaman saja. Semoga tidak terulang lagi dan jadi lebih baik

      • 11 Agustus 2020 - (16:24 WIB)
        Permalink

        Pasangan saya nabung di AIA setahun 5,5 juta. Sudah 6 thn menabung, pas ditutup hanya terima 18 juta saja kak. Menurut saya, seharusnya marketing AIA menggunakan bahasa yang gamblang yang dapat dimengerti nasabah. Dan tidak mengiming-imingi nasabah dengan bunga yang besar. Jadi lebih baik apa adanya saja.

  • 10 Agustus 2020 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Lhoh kok sama bgt…. Ini sy lg proses cancel. Katanya 3thn k dpn bs diambil sparo tp nyata ny pas telemarketing ny blg gbsa. Ebuset. Telemarketing nyalahin marketing yg d BCA nya. Sippp….

    • 17 Agustus 2020 - (06:04 WIB)
      Permalink

      Duh, gw jg msh ada asuransi di AIA,, & apa yg d katakan agen sm call centreny tuh beda.. Nyesek bgt ga sih musti nunggu lebih lama yg hrsny kt agenny bs d ambil th k 7 eh.. Call centreny blg ga bs d ambil.., udh gt total nilai yg gw dpt smpe skrg cm belasan jutaa.. Hiks hiks… Gw merasa disirep sm agenny wktu itu.. Main ok2 muluk2 pula…

  • 11 Agustus 2020 - (06:27 WIB)
    Permalink

    Halo mas.
    Sebenernya bukan bank BCA saja sih.
    Waktu saya buka tabungan ci*b ni**a,CS nya bilang seperti itu.investasi dengan AIA, krena kebetulan saya di kntor pakai asuransi AIA sya lngsung bilang sudah punya. Tp mba2 CS nya ngotot tetep nawarin. Lalu saya mnta jelaskan manfaat dan kegunaannya,ya namanya jg CS jualan dengan bhasa2 yg ga awam dan dengan nada cepat. Smpe sperti org budek saya nanya berkali2 karena ga awam dengan bahasanya. Dari pada pusing saya putuskan untuk tidak mengambil.
    Untuk bahasa2 perbankan,asuransi dan sejenisnya jika tidak mengerti, lebih baik jangan di ambil tawarannya.

  • 11 Agustus 2020 - (08:38 WIB)
    Permalink

    betul disini agen atau karyawan nya kurang ngajar karena tidak menjelaskan, namun tidak merubah fakta bahwa nasabah juga memiliki kesalahan, yaitu tidak membaca dgn seksama tulisan panjang yg ditanda tangani anda sendiri. tulisan itu dibuat panjang dan njelimet memang untuk bikin anda malas. hikmahnya selalu baca sepanjang apapun tulisan yg harus anda tanda-tangani

    • 12 Agustus 2020 - (15:31 WIB)
      Permalink

      Mempercayai orang itu tidak salah
      Yang salah itu tidak bisa dipercaya orang
      Nasabah percaya terhadap orang yang sudah ahli dibidangnya dan berada ditempat yang bisa dipercaya, tentu bukan kesalahan

  • 11 Agustus 2020 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Benar apa kata saya kan , tidak hanya saya yang merasa tertipu tetapi banyak sekali ….

  • 11 Agustus 2020 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Kak, sekedar info. Kebetulan pasangan saya dulunya pernah ambil asuransi AIA juga dan sama seperti kakak, ditawarkan di bank dengan iming-iming. Sebenarnya kita tidak menyalahkan instansi atau perusahaannya, yang pantas kita salahkan ada orang yang menjelaskan ke kakak. Investasi dan asuransi memang hampir mirip hanya beda penggunaannya. Kebanyakan orang mengetahui investasi sebagai tabungan hari tua yang sewaktu-waktu bisa diambil sama seperti deposito. Sedangkan asuransi ada banyak macam. Untuk asuransi sendiri, semuanya mengikuti ekonomi yang berlaku. Jika saham sedang turun, maka investasi kakak pun turun. Jika saham sedang naik, maka investasi pun naik. Mungkin yang dijelaskan ke kakak berbeda dengan apa yang kakak tangkap.

  • 11 Agustus 2020 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Hai..
    turut prihatin dgn kejadian yg Kevin alami.
    Saya adalah salah satu nasabah BCA dan juga salah satu dari Nasabah AIA dan nasabah bbrpa di asuransi lain..
    menurut saya ..
    dalam kondisi tersebut, yg tidak benar adalah team marketing yg tidak menjelaskan dgn benar. Bukan perusahaannya BCA / AIA. Karena dalam semua produk yg kita ambil semua tertulis jelas di dalam ketentuan2 yg sudah kita ambil dan kita tanda tangan sendiri. Ada baiknya sebelum melakukan tanda tangan, di baca secara singkat saja dan poin2nya.
    Jika memang tidak sesuai dgn penjelasan marketing, bisa langsung di batalkan di saat awal join atau terima buku polis. Karena setelah kita menerima Polis, itu sudah jelas adalah produk asuransi.

    Karena saya masih aktif menjadi nasabah Asuransi Aia Bca dan sangat merasa terbantu pada saat kondisi sakit. Karena saya beli produk aia bukan untuk menabung investasi, tapi untuk memproteksi diri aaya dari resiko penyakit.
    Karena sales dari awal dgn baik dan detail menjelaskan produk yg saya ambil.

    Jadi jgn salahkan perusahaannya / produknya.
    Yg salah salesnya dan diri kita sendiri.

    Jika merasa di rugikan silahkan ajukan Komplain tertulis ke bank bca atau aia .
    Semoga masalahnya bisa terselesaikan 😊

    • 11 Agustus 2020 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Hallo juga , sebelumnya saya lupa memberitahu juga . Bahwa saya hanya mentanda tangani secarik kertas biru kecil yang seperti nota dari bank BCA .setelah itu urusannya selesai sampai sekarang dan saya tidak diberikan penjelasan apapun terkait asuransi sebelumnya . Terima kasih 🙂

      • 11 Agustus 2020 - (19:59 WIB)
        Permalink

        Wah cuma tanda tangan slip setor sih itu mah. Brrti itu tidak sah. Karna semua pengajuan itu PASTI tanda tangan di form hardcopy dan ttd di IPAD . Kalau tidak merasa ttd di form surat kuasa debet dan IPAD. Kamu boleh bgt komplain ke AIA. Ak yakin kalau kamu memang benar tdk merasa ttd apapun kecuali slip setor, uang kamu yg sudah di setor akan di kembalikan FULL .

        • 11 Agustus 2020 - (20:15 WIB)
          Permalink

          Wait , saya ingat ada ttd bbrp lembar form dan slip biru . Tetapi tidak ttd di ipad .

          • 11 Agustus 2020 - (20:17 WIB)
            Permalink

            Waktu itu dikarenakan waktu sudah mepet dengan launching rumah jadi saya tidak membaca dan langsung ttd . Tapi saya tidak ttd di ipad .

    • 12 Agustus 2020 - (15:46 WIB)
      Permalink

      Yang dimaksud bukan asuransi jiwa atau kesehatan
      Tellernya bilang investasi jangka panjang, begitu saya bilang tertarik baru di alihkan ke sales AIA
      Dari sales pun tidak ada pejelasan tentang ASUransi, hanya investasi, bahkan sampe mengeluarkan fotocopy-an tentang berapa nominal yang saya peroleh jika saya setor sekian ribu/juta selama sekian tahun
      Saya hanya percaya dengan orang yang menurut saya lebih mengerti dari saya dan di tempat yang saya percaya, jika ada yang memanfaatkan kepercayaan saya, itu bukan salah saya

      Dimana2 yang salah adalah yang tidak bisa dipercaya, bukan yang mempercayai

      • 12 Agustus 2020 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Betul & setuju.
        Tapi susah lah, pihak mereka pasti bilang (secara resmi nya) bahwa sales/marketing yang semacam itu = oknum, tidak menjalankan SOP yang benar karena tidak transparan dll dsb.

        Kenyataannya: sudah sejak tahun berapa praktik “SOP yang salah” tersebut dilakukan? Terus-menerus, bahkan s.d. Agustus 2020 seperti yang saya tulis di komen di atas. Padahal keluhan tentang “model penawaran” yang beginian sudah marak di berbagai media, yang tidak komplen & memendam sakit di dalam hati pasti lebih banyak.
        Bahkan bank swasta terbesar ini pun “ikut ambil bagian.” Contohnya: di kasus Anda, kan katanya “sudah tidak bekerja sama”; eh ternyata di surat ini kerjasamanya diperbarui/dilanjutkan(?)

        Tanggapan resmi ataupun komentar dari para pro asuransi pasti seperti itu, sudah bisa diduga: salah calon “mangsanya” karena kurang pintar memahami, gak mau tanya lebih detil, gak mau baca tulisan kecil2. Atau paling banter ya: salah sales-nya karena kurang transaparan.

        Sudah, berhenti di situ saja.
        Padahal kenyataannya “investasi plus” (asuransi) macam beginian (merk & istilahnya macam2) tidak pernah gol “investasi” nya. Asuransinya *mungkin* benar2 bermanfaat (selama perusahaan tidak wanprestasi di kemudian hari), tapi “investasi” nya pasti hasilnya minus. Masih mending dimasukkan deposito aja, bunga mungkin kecil & fixed, tapi selama banknya resmi & dijamin LPS, yah gak bakalan berkurang duit yang dimasukkan.

  • 11 Agustus 2020 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Salam kenal smua…sebelumnya sy sangat berterimakasih atas info krn sharing. Kejadiannya persis yg sy alami 5 thn yang lalu.Ada seorang sales bca menawarkan investasi tabungan jangka panjang dengan setoran 1jt berjlan 7 tahun br bisa di ambil, dan pada thn ke 8 akan menerima uang kisaran 130jt begitulah penjelasan dr salesnya. Tak bepikir panjang sy langsung setujui tak panjang cerita hingga skg sy msh setor 1jt tiap bulan sudah berjalan 5 Thn. Yang saya tanyakan apakah benar uang sy bisa cair di thn ke 8 walaupun tdk untung setidaknya balik modal. Mohon sharing jika teman2 berkenan.

    • 12 Agustus 2020 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Bantu jawab ya mas gusli, kalau ada salah mohon di koreksi, sya juga nsbh dri AIA dan BCA nya, sma mengikuti program investasi nya juga yg bayar nya cukup 7 thn sja, nanti di thn ke 8 baru bisa di cairkan, nah kmarin sya dpat penjelasan, ada 3 batas dlm investasi nya ini, batas terendah nya itu seingat saya di 5%, jadi maaf2 katanya nih, kalo investasi nya lagi rendah, serendah2 nya ada di batas itu, batas sedang 10% dan batas tertinggi nya di 15%, nah saya pribadi pda saa membuat itu hnya membayangkan batas tertinggi nya saja, pdhal di satu sisi kita juga hrus ngelihat batas terendah nya nilai investasi kita brpa nanti nya, nah agen nya juga kmarin jelasin, kalo kita mau cairin investasinya, kita juga mesti lihat pda saat itu harga unit nya lagi naik atau turun, kalo lagi tinggi2 nya silahkan di cairkan, tpi kalo lg rendah di hold dlu aja. Sya juga punya asuransi di tmpat lain, di awal tdk di jelaskan mengenai investasi ini secara detail, salah salah juga gak teliti ketika ikut investasi ini, nah ketika saya lihat nilai polis sya yg udh 7 thn, sya hnya dpat sekitar 1/3 dri yg sya tabung selama ini, sya tnya ke agen nya, ternyata slma 5 thn ada biaya akuisisi nya, dan pda saat sya berniat mau mencairkannya nilai unitnya juga lagi rendah, jadi nya saya hold dlu, tunggu ketika naik dlu. Setau sya info nya seperti itu. Skali lagi kalau ada salah mohon di koreksi🙏🙏 semoga membantu yg lain. Trims

    • 12 Agustus 2020 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Tidak bro
      Saya sudah membuktikan
      Saya ambil tempo 7 tahun dengan setoran 500 rb
      Bilangnya diawal bisa diambil di tahun ke 7 dengan keuntungan mencapai 70 jt
      Begitu sudah sampai tahun ke 7 masih saya lebihkan satu bulan biar mantab, setelah itu saya tutup polis dengan harapan dapat keuntungan, ternyata begitu dapet laporannya cuman 27 jt an
      0.5x12x7=42 jt. 42-27= 15 jt lenyap
      Malah saya ditawarin perpanjangan polis dengan uang pertanggungan 40 jt, jadi kalo ada apa2 dengan saya akan ditanggung 40 jt, meskipun saya sudah setor lebih dari itu

      Silakan cek laporan bulanan yang mereka kirim tiap bulan, disitu ada saldo, nah itulah saldo anda, dan jangan kaget

  • 11 Agustus 2020 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Ya ampun..lemes sya denger berita ini. Karna sy juga nasabah dari AIA. Ini udah masuk tahun ke 6. Klau memang seperti itu kenapa BCA sebagai partnernya diam saja? Setidaknya itu merusak citra bank partnernya kan? Apa ga sayang citra BCA bank paling terbaik rusak karna mitra AIA seperti itu?? Trus gimana dong solusinya😔?? Kok pihak dari AIA ga ada yg jawab?? Pantesan sy agak ragu..karna waktu itu pernah telat bayar..eh tiba2 di kembalikan cuma 500.000an. alasannya kalo telat otomatis putus. Langsung sy urus lagi karna syang bgt kan uang masuk udah 10 jt an..klo tau gini mending putus sekalian. Masa dapetnya ga sesuai sama yg dijanjikan?? Klo kaya gini terus kemana ngadunya??hiks.. susah payah sy nabung untuk anak kuliah. Bodoh nya saya

    • 12 Agustus 2020 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Anda tidak bodoh
      Hanya awam tentang dunia perbankan
      Sama seperti semua nasabah

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Penawaran Asuransi Berkedok Investasi AIA dari Bank BCA

oleh Kevin dibaca dalam: 2 min
29