Surat Pembaca

Shopee Lebih Memihak atau Melindungi Seller

Hai, saya konsumen yang beberapa hari sebelumnya menggunakan Shopee untuk memesan sepatu dengan nomor pesanan 200731TAGDFCAD pada tanggal 31 Juli 2020.

Sebelum saya memesan sepatu, saya mencoba mengukur kaki saya terlebih dahulu, setelah itu saya mencocokkan ukuran sesuai deskripsi seller size 38 = 23,5 cm. Ketika barang sampai ke rumah saya cek dan saya coba ternyata sepatu kebesaran dan saya ukur pakai meteran, ternyata ukuran lebih dari 23,5 cm. Lalu saya kirim pesan ke seller tapi responnya sangat lama walaupun online tiap waktu. Setelah menunggu sampai malam seller menjawab pesan saya, seller bilang bahwa ukuran bisa selisih 1-2 cm lebih besar karena pengembangan produk.

Saya sebagai konsumen merasa kecewa, karena diibaratkan saya pesan sepatu size 38 tapi yang saya dapatkan size 40 walaupun di kotak dan di insole sepatu tertulis size 38.

Lalu saya mencoba untuk meminta persetujuan seller untuk menukar size tapi seller menjawab mereka sudah mengirimkan sesuai size yang saya minta size 38. Memang sangat benar saya pesan size 38 tapi kenyataannya size-nya lebih besar, di deskripsi penjual size 38 setara 23,5 cm tapi kenyataannya lebih dari 23,5 cm, di sini saya merasa dicurangi.

Karena berdebat dengan seller tidak ada solusinya lalu saya mengajukan pengembalian dana dengan harapan Shopee bisa berlaku adil sebagai pihak ketiga. Lalu saya mengirimkan sepatu tersebut ke gudang Shopee pada tanggal 06-Juli-2020 setelah 2 hari saya terima barang. Barang sampai di gudang Shopee tanggal 10-Juli-2020.

Karena saya penasaran saya mengirim pesan melalui customer service di Shopee dan kagetnya saya Shopee bilang bahwa seller telah membatalkan pengajuan dana saya di tanggal 10-Juli-2020, tepat saat barang saya tiba. Saya sangat kecewa Shopee sangat cepat membuat keputusan menutup kasus dan mengembalikan sepatu saya tanpa menyelidiki lebih dalam.

Di sini saya merasa bahwa Shopee sangat melindungi seller daripada membuat keputusan yang adil untuk kedua belah pihak. Malahan customer service Shopee memberikan nasihat kepada saya untuk membeli sepatu dengan ukuran lebih kecil atau lebih besar dari ukuran kaki. Saya hanya memesan sesuai ukuran kaki saya lalu saya mendapatkan produk yang tidak sesuai ukurannya dengan alasan pengembangan barang. Di sini saya selaku konsumen sangat kecewa dan dirugikan.

Selama 2 tahun ini saya selalu membeli barang di Shopee sampai menjadi gold member tapi kali ini lagi sial dapat penjual yang tidak bertanggung jawab serta Shopee yang tidak adil membuat keputusan. Saya harap Shopee bisa berbuat adil untuk customer seperti saya.

Cindi Ayura
Simalungun, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalo Judul dari SP ini adalah "Shopee memihak dan melindungi seller", sepertinya kurang tepat ya. Karena Shopee adalah MARKETPLACE yang menyediakan platform untuk penjual bertemu dengan pembeli. Bukan memihak dan melindungi, tetapi mereka hanya bertindak sesuai dengan KEWENANGAN mereka dalam transaksi yang terjadi di platform mereka.

    Dalam hal ini keterangan penjual kurang sesuai dengan produknya. Kalo melihat dari lingkup lebih luas, ukuran baju dan sepatu untuk masing-masing produk dan brand memang kadang-kadang tidak sesuai. Sepatu Brand A dan Brand B dengan ukuran 38 mungkin beda dalam cm dan beda dalam konversi ke Indonesia.

    Permasalahan pengembalian uang dalam konteks Anda "seller telah membatalkan pengajuan (pengembalian) dana" juga kurang tepat. Karena Seller tidak bisa membatalkan dan menolak permintaan pengembalian uang, justru Otomatis akan diterima proses "pengembalian uang" nya apabila Seller tidak merespon. Itu juga salah satu kebijakan dari Shopee yang memang harus disetujui oleh Seller seperti kami.

    Selanjutnya untuk proses pengembalian produk ke Gudang Shopee. Shopee sebagai penengah akan mengecek klaim dari kedua belah pihak. Dalam hal ini opini Seller lebih diterima, karena Anda membeli ukuran 38 dan sudah dikirim ukuran 38 jadi sudah pasti Shopee akan lebih mempertimbangkan opini dari Seller.

    Proses jual beli online memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Akan lebih baik jika kedua belah pihak mengetahui Hak dan Kewajibannya agar tidak menyulitkan pihak lain.

  • sekedar share pengalaman aja,dari sekian banyak penyedia marketplace seperti ini menurut saya tokopedia yang paling saya sukai. Saya beberapa kali pernah bermasalah dengan seller curang, namun dana saya selalu dikembalikan, saya melihat pihak tokopedia cukup teliti dalam menengahi permasalahan antara seller dan buyer.
    Dalam salah satu kasus saya barangnya lumayan mahal, satu juta lebih dan memang penjual tidak jujur dalam memberikan keterangan barang yg dijual. Setelah saya kirimkan bukti2nya, akhirnya tokopedia menyetujui proses refund saya full.

    • Oiy kk mau tanya proses refund di tokopedia itu gimana sih aq sih gk pake toped cmn kmren kn sodara qu belanja online lewat toped terus barangnya rusak alhasil dia mau return kn toped memberi solusi pengembalian barang dan dana dan penjual pun menyetujui tapi pas mau kirim barang di toped itu gk ada no resinya padahal katanya bisa klaim ongkir klw sudah menulis resi jadi kita returnnya gratis gitu beda banget sama shopee klw shopee kn udah ada resinya jadi kita tinggal kirim aja.jadi aq suruh aja lgsung ke ekspedisinya biar bisa dpt resi .tapi pas kesana adekku balik lagi terus bilang gk bisa kk klw resinya dari ekspedisi otomatis kita bayar ongkir.ih jadi takut belanja di toped gk ada agen costumer yg bisa di tanyak lagi.