Surat Pembaca

Insentif PraKerja Gelombang I Tak Kunjung Cair, Masalah ada di Pihak Siapa?

Saya adalah peserta kartu PraKerja lolos seleksi gelombang I. Saya mengambil paket pelatihan ojek online seharga 1 juta rupiah di Tokopedia tanggal 28 April 2020 dan langsung mengikuti pelatihan esok harinya tanggal 29 April 2020. Semua pelatihan sudah saya ikuti termasuk test dan memberi review serta rating. Sertifikat pun sudah saya dapatkan. Namun hingga hari ini tanggal 15 Agustus 2020 ( 14 minggu), sertifikat di dashboard PraKerja belum muncul juga.

Berbagai usaha sudah saya tempuh, mulai dari menghubungi Skill Academy sebagai penyelenggara pelatihan, Tokopedia sebagai penjual paket pelatihan, dan PraKerja lewat email maupun telepon berkali kali tidak terhitung jumlahnya.

Di DM twitter Skill Academy, admin menyarankan supaya saya menunggu selama minimal 7×24 jam serta memantau dashboard PraKerja secara berkala. Setelah saya menunggu seminggu lebih tanpa ada perkembangan, saya kembali menghubungi Skill Academy lalu disarankan supaya menghubungi pihak Tokopedia. Di DM twitter Tokopedia, admin pun menyarankan hal yang sama untuk menunggu selama 7×24 jam dan saya menunggu kembali tanpa ada perkembangan sedikitpun sampai hari ini.

Terakhir kali saya menghubungi Tokepedia, tanggal 9 Juli 2020, pihak Tokopedia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan bukti pelatihan berupa sertifikat saya ke pihak PraKerja. Soal sertifikat Pihak Tokopedia menyatakan sudah menyelesaikan kewajibannya dan sekarang segala sesuatunya adalah tanggung jawab PraKerja.

Pihak PraKerja selama ini mencantumkan nomor telepon pengaduan, namun selalu nihil untuk dihubungi. Jawabannya selalu sambungan telepon penuh, baik di pagi, siang, maupun sore hari. Kontak email berkali-kali pun hanya dibalas oleh BOT dengan kalimat yang sama yaitu antrian sedang penuh dan diminta bersabar.

Kepada pihak-pihak terkait, saya tidak mengerti sebenarnya masalah ada di pihak mana, tetapi saya mengharap penyelesaian sebagai berikut:

1. Skill Academy: Tolong diulang kembali meneruskan sertifikat pelatihan saya kepada Tokopedia.
2. Tokopedia: Tolong kirim kembali sertifikat pelatihan saya kepada Kartu PraKerja agar diproses kembali oleh team PraKerja.
3. Team Kartu PraKerja: tolong segera update sertifikat saya di dashboard. Saya sudah menunggu selama lebih dari 3 bulan. Dengan tidak munculnya sertifikat saya berarti insentif saya tidak akan pernah cair.

Saya sangat mengharapkan penyelesaian masalah saya dari pihak – pihak terkait yang saya sebutkan di atas mengingat banyak dari teman – teman peserta Prakerja Gelombang ke 1, 2 bahkan mungkin 3 sudah menerima insentif sampai tahap 3 atau mungkin 4.

Kalau keluhan saya ini pun tidak direspon oleh pihak terkait, lalu k emana lagi saya harus mengadu? Terima kasih.

Isnan Huzein Mustafa
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hai Kak, maaf atas kendalanya ya. Boleh lampirin nomor invoicenya agar Alya bantu cek lebih lanjut kak. Thanks :)

      • Saya gelombang 4, baru siap bikin akun link, buat transfer saldo, belum ada saldonya, no kartu prakerja belum juga keluar, mau ikut pelatihan blm bisa

      • Sy gelombang 2 masih brshukur dpt insentif sudah 3 x terakhir insentif ke 4 dan insentif survei. Yg jadi masalah sy insentif ke 4 dan insentif survei itu blom ada pergerakan sejak tgl 16 agustus sudah dlm proses untuk insentif ke 4 saya.. Sedangkan untuk insentif survei tgl 25 agustus harusnya sudah dlm proses.. Didasbor pra kerja kenyataaan dari tgl 16 agustus sampai saat ini tgl 2 september hak dari pada saya blum dicairkan oleh pihak kartu prakerja... Sudah bikin laporan via email laporan via instagram hasilnya.... Zonk gk ada tanggapan sama sekali dari pihak kartu prakerja kenapa ini bisa terjadi ? Dan bagaimana dengan nasib peserta yg lain untuk gelombang diatas saya..? Apakah sama atau tidak .. Mudah2an untuk peserta kartu prakerja yg lain bisa lebih baik.. Asal sbr sbr dan sabar .. Tunggu dan tunggu sampai waktu sabr dan tunggu hilang sendiri dan tidak berharap lagi... Pertanyaanya .. Kemanakah itu dana yg seharusnya sudah bisa didpt tapi tidak didapat..? Ada apa dengan kartu pra kerja...

        • betul sya gel. 1 jadwat tgl 13 Agustus hingga saat ini blm ada tanda2... berubah kata SEDANG DIPROSES dr tgl 17 d DM IG pihak ovo jawab y sednag d proses pihak prakerja, tapi sampai saat ini blm ada... wajar kami menanyakan karna itu HAK kami...

    • Bagaimana kak, dari pihak Tokopedia kemarin meminta nomor invoice? Tapi tidak ada respon lagi? Tidak ada progress sedikitpun, pihak Prakerja pun belum mau memberi tanggapan sampai sekarang.

    • Sampai kapan batas waktunya insentif kartu prakerja berakhir...? Apakah setelah kita sudah menerima semua insentif nya kita harus daftar lagi..untuk mendapatkan insentif berikutnya...?terima kasih

  • Kurangnya rasa tanggung jawab dari pihak tokopedia, kasiankan SDH TDK punya pekerjaan dan lagi berusaha utk bangkit kok di telantarkan tanpa adanya solusi yg pasti andai saja anda pihak tokopedia yg jd prakerja trus di beginikan pasti juga ada rasa kecewa.

    • Saya prakerja gelombang 2 juga mengalami hal yg sama. Sertifikat pelatihan tgl 21 mei 2020 sampai skrg 18 agustus 2020 tdk muncul di dashboard prakerja. Berbagai usaha sdh sy lakukan. Baik menghubungi bukalapak atau lembaga pelatihan memberikan info bhw sertifikat sudah di updated ke pihak prakerja. Tapi memang benar dr pihak prakerja ini sulit sekali di hubungi. Mungkin byk sekali orang yg mengalami hal seperti ini. Maaf Untuk pihak prakerja bekerjalah scr lebih profesional & bertanggungjawab spy kita bs menerima hak & manfaat yg seharusnya kita dapatkan dr pemerintah.

  • Saya baru daftar gelombang ke 4 maap mau tanya jadi uang yang selama 4 bulan itu 600 000 rb cair ngga

    • Insentifnya cair, hanya harus sabar menunggu. Apalagi tim prakerjanya sibuuk, sehingga meskipun ada tanggal jadwal pencairan, tapi tidak akan sesuai dengan tanggal tersebut, minimal 10 hari kemudian baru cair (dengan tahap "sedang diproses" sampai 2 hari).
      Bagian ini agak membingungkan di masa semua serba online....

  • saya mengalami hal yang sama, saya ikut prakerja gelombang 2, pelatihan skillacademy saya beli di tokopedia, selesai pelatihan tanggal 30 April. Bulan Mei banyak libur, sehingga saya asumsikan libur bekerja, saya terus mengirimi email ke skillacademy, dan beberapa kali ke tokopedia, setelah hampir sebulan berlalu, setiap hari saya kirim email ke cs prakerja, setelah evaluasi prakerja, 1 Juli baru insentif saya cair. skillacademy lambat memproses sertifikat karena baru dilaporkan ke tokped 11 Mei (berdasarkan email dari skillacademy), karena setelah itu saya masih ikut pelatihan di kemnaker dan sekolahmu (sambil menunggu insentifnya cair), 3 hari setelah selesai sertifikatnya sudah muncul di dashboard.
    @Isnan Huzein Mustafa jangan menyerah mengirim email, good luck

      • Insentif saya juga belum cair saya gelombang ke 2, sertifikat sudah dpt seharusnya insentif cair, tp dr tgl 11 Mei sampe sekarang gak cair2.. sudah kirim email gak di bales, Telpon tp komputer yang jawab berkali kali ngabisin pulsa doang, gak tau nih prakerja gak profesional..PHP doang!!!

  • Saya baru di terima di glombang ke empat dan apakah saya juga mengalami seperti kalian?!!!!

    • semoga anda lebih beruntung. meskipun banyak terdengar keluhan, bahkan saya juga awalnya mengeluh karena tidak ada kejelasan sertifikat di dashboard prakerja, insentif yang tidak tahu kapan cairnya meski ada jadwal dengan tanggal, namun masalah saya sudah diatasi oleh tim prakerja dan platform pendukungnya, untuk itu saya sampaikan terima kasih
      Semoga kinerja tim prakerja bisa meningkat, dan keluhan serupa di atas dapat segera diatasi

  • Saya juga mengalami hal yang sama ..sertifikat blm diberikan dari bulan juli stlh saya menyelesaikan pelatihan sehingga insentif tak kunjung cair..dari pihak pijar mahir hanya memberi email untuk mengisi test survei namun sudah saya isi berkali kali..sertifikatpun blm keluar sampe sekarang

  • Sy sdh lolos gelombang 4 tp kok blum muncul nomor kartu prakerjanya ya...bgmn ini mohon solusinya....

  • bagaimana ya,ko Kartu prakerja saya masih Dalam proses ,mau ikut pelatihan dana masih proses juga.ini bagaimana ya???ko di suruh tunggu 7x24 jam,dari hari minggu sampai skrng tetap dalam proses