Insentif PraKerja Gelombang I Tak Kunjung Cair, Masalah ada di Pihak Siapa?

Saya adalah peserta kartu PraKerja lolos seleksi gelombang I. Saya mengambil paket pelatihan ojek online seharga 1 juta rupiah di Tokopedia tanggal 28 April 2020 dan langsung mengikuti pelatihan esok harinya tanggal 29 April 2020. Semua pelatihan sudah saya ikuti termasuk test dan memberi review serta rating. Sertifikat pun sudah saya dapatkan. Namun hingga hari ini tanggal 15 Agustus 2020 ( 14 minggu), sertifikat di dashboard PraKerja belum muncul juga.

Bukti pelatihan selesai

Berbagai usaha sudah saya tempuh, mulai dari menghubungi Skill Academy sebagai penyelenggara pelatihan, Tokopedia sebagai penjual paket pelatihan, dan PraKerja lewat email maupun telepon berkali kali tidak terhitung jumlahnya.

Di DM twitter Skill Academy, admin menyarankan supaya saya menunggu selama minimal 7×24 jam serta memantau dashboard PraKerja secara berkala. Setelah saya menunggu seminggu lebih tanpa ada perkembangan, saya kembali menghubungi Skill Academy lalu disarankan supaya menghubungi pihak Tokopedia. Di DM twitter Tokopedia, admin pun menyarankan hal yang sama untuk menunggu selama 7×24 jam dan saya menunggu kembali tanpa ada perkembangan sedikitpun sampai hari ini.

Terakhir kali saya menghubungi Tokepedia, tanggal 9 Juli 2020, pihak Tokopedia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan bukti pelatihan berupa sertifikat saya ke pihak PraKerja. Soal sertifikat Pihak Tokopedia menyatakan sudah menyelesaikan kewajibannya dan sekarang segala sesuatunya adalah tanggung jawab PraKerja.

Pihak PraKerja selama ini mencantumkan nomor telepon pengaduan, namun selalu nihil untuk dihubungi. Jawabannya selalu sambungan telepon penuh, baik di pagi, siang, maupun sore hari. Kontak email berkali-kali pun hanya dibalas oleh BOT dengan kalimat yang sama yaitu antrian sedang penuh dan diminta bersabar.

Kepada pihak-pihak terkait, saya tidak mengerti sebenarnya masalah ada di pihak mana, tetapi saya mengharap penyelesaian sebagai berikut:

1. Skill Academy: Tolong diulang kembali meneruskan sertifikat pelatihan saya kepada Tokopedia.
2. Tokopedia: Tolong kirim kembali sertifikat pelatihan saya kepada Kartu PraKerja agar diproses kembali oleh team PraKerja.
3. Team Kartu PraKerja: tolong segera update sertifikat saya di dashboard. Saya sudah menunggu selama lebih dari 3 bulan. Dengan tidak munculnya sertifikat saya berarti insentif saya tidak akan pernah cair.

Saya sangat mengharapkan penyelesaian masalah saya dari pihak – pihak terkait yang saya sebutkan di atas mengingat banyak dari teman – teman peserta Prakerja Gelombang ke 1, 2 bahkan mungkin 3 sudah menerima insentif sampai tahap 3 atau mungkin 4.

Kalau keluhan saya ini pun tidak direspon oleh pihak terkait, lalu k emana lagi saya harus mengadu? Terima kasih.

Isnan Huzein Mustafa
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PraKerja:
[Total:90    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

38 komentar untuk “Insentif PraKerja Gelombang I Tak Kunjung Cair, Masalah ada di Pihak Siapa?

      • 19 Agustus 2020 - (16:52 WIB)
        Permalink

        Saya gelombang 4, baru siap bikin akun link, buat transfer saldo, belum ada saldonya, no kartu prakerja belum juga keluar, mau ikut pelatihan blm bisa

      • 2 September 2020 - (14:14 WIB)
        Permalink

        Sy gelombang 2 masih brshukur dpt insentif sudah 3 x terakhir insentif ke 4 dan insentif survei. Yg jadi masalah sy insentif ke 4 dan insentif survei itu blom ada pergerakan sejak tgl 16 agustus sudah dlm proses untuk insentif ke 4 saya.. Sedangkan untuk insentif survei tgl 25 agustus harusnya sudah dlm proses.. Didasbor pra kerja kenyataaan dari tgl 16 agustus sampai saat ini tgl 2 september hak dari pada saya blum dicairkan oleh pihak kartu prakerja… Sudah bikin laporan via email laporan via instagram hasilnya…. Zonk gk ada tanggapan sama sekali dari pihak kartu prakerja kenapa ini bisa terjadi ? Dan bagaimana dengan nasib peserta yg lain untuk gelombang diatas saya..? Apakah sama atau tidak .. Mudah2an untuk peserta kartu prakerja yg lain bisa lebih baik.. Asal sbr sbr dan sabar .. Tunggu dan tunggu sampai waktu sabr dan tunggu hilang sendiri dan tidak berharap lagi… Pertanyaanya .. Kemanakah itu dana yg seharusnya sudah bisa didpt tapi tidak didapat..? Ada apa dengan kartu pra kerja…

        • 2 September 2020 - (20:15 WIB)
          Permalink

          betul sya gel. 1 jadwat tgl 13 Agustus hingga saat ini blm ada tanda2… berubah kata SEDANG DIPROSES dr tgl 17 d DM IG pihak ovo jawab y sednag d proses pihak prakerja, tapi sampai saat ini blm ada… wajar kami menanyakan karna itu HAK kami…

    • 22 Agustus 2020 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Bagaimana kak, dari pihak Tokopedia kemarin meminta nomor invoice? Tapi tidak ada respon lagi? Tidak ada progress sedikitpun, pihak Prakerja pun belum mau memberi tanggapan sampai sekarang.

    • 17 September 2020 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Sampai kapan batas waktunya insentif kartu prakerja berakhir…? Apakah setelah kita sudah menerima semua insentif nya kita harus daftar lagi..untuk mendapatkan insentif berikutnya…?terima kasih

  • 18 Agustus 2020 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Kurangnya rasa tanggung jawab dari pihak tokopedia, kasiankan SDH TDK punya pekerjaan dan lagi berusaha utk bangkit kok di telantarkan tanpa adanya solusi yg pasti andai saja anda pihak tokopedia yg jd prakerja trus di beginikan pasti juga ada rasa kecewa.

    • 18 Agustus 2020 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Saya prakerja gelombang 2 juga mengalami hal yg sama. Sertifikat pelatihan tgl 21 mei 2020 sampai skrg 18 agustus 2020 tdk muncul di dashboard prakerja. Berbagai usaha sdh sy lakukan. Baik menghubungi bukalapak atau lembaga pelatihan memberikan info bhw sertifikat sudah di updated ke pihak prakerja. Tapi memang benar dr pihak prakerja ini sulit sekali di hubungi. Mungkin byk sekali orang yg mengalami hal seperti ini. Maaf Untuk pihak prakerja bekerjalah scr lebih profesional & bertanggungjawab spy kita bs menerima hak & manfaat yg seharusnya kita dapatkan dr pemerintah.

  • 18 Agustus 2020 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Saya baru daftar gelombang ke 4 maap mau tanya jadi uang yang selama 4 bulan itu 600 000 rb cair ngga

    • 18 Agustus 2020 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Insentifnya cair, hanya harus sabar menunggu. Apalagi tim prakerjanya sibuuk, sehingga meskipun ada tanggal jadwal pencairan, tapi tidak akan sesuai dengan tanggal tersebut, minimal 10 hari kemudian baru cair (dengan tahap “sedang diproses” sampai 2 hari).
      Bagian ini agak membingungkan di masa semua serba online….

  • 18 Agustus 2020 - (20:40 WIB)
    Permalink

    saya mengalami hal yang sama, saya ikut prakerja gelombang 2, pelatihan skillacademy saya beli di tokopedia, selesai pelatihan tanggal 30 April. Bulan Mei banyak libur, sehingga saya asumsikan libur bekerja, saya terus mengirimi email ke skillacademy, dan beberapa kali ke tokopedia, setelah hampir sebulan berlalu, setiap hari saya kirim email ke cs prakerja, setelah evaluasi prakerja, 1 Juli baru insentif saya cair. skillacademy lambat memproses sertifikat karena baru dilaporkan ke tokped 11 Mei (berdasarkan email dari skillacademy), karena setelah itu saya masih ikut pelatihan di kemnaker dan sekolahmu (sambil menunggu insentifnya cair), 3 hari setelah selesai sertifikatnya sudah muncul di dashboard.
    @Isnan Huzein Mustafa jangan menyerah mengirim email, good luck

      • 19 Agustus 2020 - (22:13 WIB)
        Permalink

        Insentif saya juga belum cair saya gelombang ke 2, sertifikat sudah dpt seharusnya insentif cair, tp dr tgl 11 Mei sampe sekarang gak cair2.. sudah kirim email gak di bales, Telpon tp komputer yang jawab berkali kali ngabisin pulsa doang, gak tau nih prakerja gak profesional..PHP doang!!!

  • 18 Agustus 2020 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Saya baru di terima di glombang ke empat dan apakah saya juga mengalami seperti kalian?!!!!

    • 20 Agustus 2020 - (01:23 WIB)
      Permalink

      semoga anda lebih beruntung. meskipun banyak terdengar keluhan, bahkan saya juga awalnya mengeluh karena tidak ada kejelasan sertifikat di dashboard prakerja, insentif yang tidak tahu kapan cairnya meski ada jadwal dengan tanggal, namun masalah saya sudah diatasi oleh tim prakerja dan platform pendukungnya, untuk itu saya sampaikan terima kasih
      Semoga kinerja tim prakerja bisa meningkat, dan keluhan serupa di atas dapat segera diatasi

  • 19 Agustus 2020 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama ..sertifikat blm diberikan dari bulan juli stlh saya menyelesaikan pelatihan sehingga insentif tak kunjung cair..dari pihak pijar mahir hanya memberi email untuk mengisi test survei namun sudah saya isi berkali kali..sertifikatpun blm keluar sampe sekarang

  • 19 Agustus 2020 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Sy sdh lolos gelombang 4 tp kok blum muncul nomor kartu prakerjanya ya…bgmn ini mohon solusinya….

  • 19 Agustus 2020 - (20:12 WIB)
    Permalink

    bagaimana ya,ko Kartu prakerja saya masih Dalam proses ,mau ikut pelatihan dana masih proses juga.ini bagaimana ya???ko di suruh tunggu 7×24 jam,dari hari minggu sampai skrng tetap dalam proses

  • 19 Agustus 2020 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Saya mengikuti gelombang 4 dan sudah mendapatkan SMS bahwa akan mendapatkan no kartu prakerja tanggal 19 Agustus 2020.
    Setelah menunggu selama 24jam, pada tanggal tersebut, dan melakukan pengecekan pada halaman dashboard, masih tetap tertulis masih dalam proses.
    Yang menjadi pertanyaan, harus menunggu berapa lama kembali sampai muncul no kartu prakerja ?
    Apakah Dilapangan untuk rekan2 yang lain mengalami hal yang serupa dengan saya ? Sehingga tidak sesuai berdasarkan informasi SMS dari prakerja yang didapatkan.
    Semua itu dikarenakan, tadinya saya ingin fokus melakukan tahap pelatihan secara fokus, karena untuk melakukan pendaftaran diperlukan memasukan no kartu prakerja tersebut.
    Dan didalam melakukan pelatihan, diperlukan waktu yg khusus, itu semua dikarenakan apabila ingin melakukan pelatihan diperlukan waktu yang tidak sedikit, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.
    Mohon sekiranya rekan2 sekalian dapat membantu informasi nya.
    Terimakasih
    šŸ™

    • 20 Agustus 2020 - (02:19 WIB)
      Permalink

      Kelihatannya belum ada yang dapat nomor kartu pada gelombang 4 ini ya? padahal gelombang 5 sudah dibuka … apa maunya tim prakerja ini, satu masalah belum selesai, sudah buka masalah baru …..

  • 20 Agustus 2020 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Gelombang 4 Nomor Kartu dan saldo sudah masuk,Tapi untuk membeli modulpun tidak bisa..Sudah menunggu lama giliran dipake buat beli modul eh malah gak bisa…huhuhuu sedih

  • 24 Agustus 2020 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Update :
    Hari ke 6 setelah surat pembaca ini ditulis ( masuk minggu ke-16 setelah saya menyelesaikan pelatihan ) : Masih belum ada perkembangan sama sekali maupun tanggapan dari Pihak terkait dalam hal ini adalah Prakerja.

  • 24 Agustus 2020 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Sekedar membantu terkait Kartu Prakerja,
    Saya apply gelombang pertama, tetapi lolos di gelombang kedua.
    Sampai saat ini semua insentif (4x600rb) sudah saya terima, tinggal menunggu yang 50rb (survei).
    Beberapa hal yang perlu diperhatikan rekan-rekan semua :
    1. Selama sudah ada pemberitahuan lolos artinya sudah diterima, jangan berpatokan pada sms tetapi selalu cek di web prakerja. Kadang kala error karena masalah trafic akses. No kartu prakerja keluar dulu, lalu insentif pelatihan sebesar 1jt (screenshoot kalau perlu).
    2. Akun insentif (sampai saat ini) tidak bisa diganti, jadi jangan sampai salah, harus atas nama sendiri dan sudah diupgrade ke premium (Gopay, OVO, Linkaja), kalau tidak walaupun insentif sudah turun, akun tidak tersambung.
    3. Untuk pelatihan, saya kemarin mengambil di Sekolahmu, dengan nilai 300rb, jadi masih tersisa 700rb. Itupun karena masih tahap awal Prakerja sertifikat belum tercantum di akun prakerja saya walaupun saya sudah menyelesaikan pelatihan, kira2 10 harian baru muncul sertifikat.
    4. Pencairan insentif tidak sesuai tanggal, jadi tidak perlu dikhawatirkan, pastinya bersamaan dengan yang lain sesuai gelombang yang diikuti.
    Kendala saya kemarin adalah akun Gopay saya gagal upgrade dikarenakan KTP sudah buram, padahal insentif sudah cair. Meminta penggantian KTP ke Disduk bisa, tetapi karena covid menunggu jadwal, akhirnya saya edit KTP, print warna, dan coba upgrade Gopay. Setelah berulang-ulang akhirnya berhasil juga upgrade Gopay, dan secara otomatis akun tersambung. Kira2 3 hari berikutnya dana insentif otomatis masuk.
    Yang pokok adalah akun insentif jangan sampai salah dan wajib diupgrade, pelatihan ambil yang mudah dan cepat (sekolahmu bisa dipertimbangkan). Usahakan mengakses web prakerja dari PC (pakai chrome kalau mau daftar). Lolos atau tidak untung-untungan juga, tetapi tetap mencoba saja karena masih ada beberapa gelombang lagi.
    Demikian sekiranya dapat membantu. Terima kasih.

  • 26 Agustus 2020 - (11:31 WIB)
    Permalink

    kalo menurutku sih krn terlalu membludak jd wajar aja keteter. Trs namanya program baru ya semuanya jd blm sempurna. Tp disamping itu menurutku pribadi sebenernya ilmu pelatihan dari program ini jg bagus dan bisa buka peluang. Aku pribadi pun skrg selesai pelatihan di pintaria, jd mulai buka usaha

    • 26 Agustus 2020 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Mungkin buat situ wajar, tapi buat saya jelas tidak wajar. Karena gelombang setelah saya saja sudah banyak yang terima insentif sampai 4x. Sedangkan saya yang gelombang I saja, sertifikat di dashboard tidak muncul sampai hari ini, lalu gimana bisa cair.

  • 26 Agustus 2020 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Update :
    Hari ke 8 setelah surat pembaca ini ditulis ( masuk minggu ke-16 setelah saya menyelesaikan pelatihan ) : Masih belum ada perkembangan sama sekali maupun tanggapan dari Pihak terkait dalam hal ini adalah Prakerja.

  • 2 September 2020 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Saya masuk gelombang 4. sudah menyelesaikan kursus bahasa Mandarin (status kursus 100%), tapi juga masih harus menunggu penjadwalan webinar yang sampai skrg tak kunjung tiba. Padahal saya sudah menyelesaikan semuanya tanggal 26 Agustus (sekarang 2 September btw). Sudah menghubungi pihak skill academy melalui email, WA dan telp. Hanya dibales oleh BOT di email (menjelaskan tata cara pendaftaran webinar – udah gw ikutinnnn dari tanggal 26 Agustus! Yang dibilang kuota penuh lah, menunggu penjadwalan lah, begitu kuota masih ada, pas daftar dibilang user tidak memiliki sesi webinar, lah???). Herannya, saya belum ikut webinar tapi status kursus sudah 100%. Tapi saya belum bisa ambil kursus lain krn status kursus Mandarin saya masih aktif. Lah ini gimana ya???? Bisa ga saya ngomong sama manusia? Bukan sama BOT

  • 7 September 2020 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Sama saya insentif bulan ke 4 belum cair dari tgl 16 Agustus 2020 heran masalahnya dimana, sertifikat sudah tiga saya, disitu tertulis sedang diproses tapi uangnya tak juga cair, kalau memang pemerintah kewalahan untuk pencairan dana insentif, tambah saja pekerja atau buka lowongan pekerjaan biar masalah cepat terselesaikan dan masyarakat dapat pekerjaan

  • 18 September 2020 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Update (per 17 September 2020) :
    – Sertifikat di dashboard sudah keluar.
    – Jadwal insentif tahap 1-4 sudah muncul.

    Mudah – mudahan insentif cair sesuai jadwal. Terimakasih untuk Skill Academy, Tokopedia, dan Prakerja. Juga untuk Media Konsumen yang sudah membantu memuat keluhan saya.

  • 27 September 2020 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Update :
    – Sertifikat sudah muncul di dashboard.
    – Insentif sudah dijadwalkan dari tahap 1 sampai 4.
    – Per tanggal 23 September, insentif pertama sudah cair.

    Terimakasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat keluhan saya.
    Terimakasih juga kepada pihak Skill Academy, Tokopedia, dan Prakerja yang sudah merespon dan menindaklanjuti laporan saya.

 Apa Komentar Anda mengenai PraKerja?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Insentif PraKerja Gelombang I Tak Kunjung Cair, Masalah ada di Pihak Sā€¦

oleh Saki- dibaca dalam: 1 min
38