Sistem Pelaporan SLIK OJK Akulaku Bermasalah

Saya adalah pelanggan Akulaku, dengan nama akun Agus Jatmiko, nomor telepon akun 0857170884**. Sekitar akhir tahun 2019 pengajuan KPR subsidi BTN saya ditolak dengan alasan BI Cheking (SLIK OJK) saya ada kredit macet. Saya kaget dan bingung, kok bisa? Padahal saya merasa tidak pernah ada tunggakan, telat bayar apalagi sampai kredit macet apapun dan di manapun.

Sebulan yang lalu saya mengajukan pembiayaan untuk membeli rumah juga ditolak karena alasan yang sama. Akhirnya saya inisiatif minta SLIK saya ke OJK, dan hasilnya sudah dikirim via email oleh OJK tanggal 19 Agustus 2020 kemarin. Ternyata benar di situ ada laporan bahwa saya ada tunggakan sampai kredit macet kira-kira di rentang waktu Januari sampai Oktober 2019, dan pelapornya adalah Akulaku.

Saya kaget dan kecewa sama Akulaku. Saya telepon CS Akulaku dan disampaikan oleh CS Akulaku bahwa sesuai data yang Akulaku miliki, saya tidak pernah ada masalah telat bayar apalagi kredit macet di Akulaku. Lalu kenapa bisa di OJK data saya seperti itu? Saya minta solusi ke CS tapi sejauh ini tidak ada solusi yang jelas yang bisa saya terima.

Saya sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan. Bagaimana bisa Akulaku melaporkan data kredit saya ke OJK yang tidak sesuai kenyataan. Saya sudah lapor ke OJK dan menurut OJK apabila tidak ada revisi data dari Akulaku maka disuruh lapor lagi ke OJK. Namun di sini saya masih menunggu solusi dulu dari Akulaku sebagai pelapor.

Mohon kiranya pihak Akulaku bisa menghubungi saya dan memberikan solusi yang jelas, karena kalau via CS saya tidak mendapatkan solusi pasti dan saya juga makin keluar biaya banyak buat bolak balik beli pulsa untuk telpon ke CS Akulaku. Terima kasih.

Agus Jatmiko
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Agus

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Akulaku dan Mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Sy cicilan barang dan pinjaman tunai,tapi sy tdk pernah telat bayar apa lg gak bisa bayar/kredit macet,yng ada saya selalu melunasi dan membayar sebelum jatuh temponya. Mangkanya pas ada laporan di ojk dr akulaku bahwa saya ada kredit macet sy kaget sekali dan kecewa.

      • Lunas dari bulan apa mas? Trs ajuin bulan apa?
        Mas nya udh coba tlp akulaku buat minta surat keterangan lunas.
        Krna klo lewat email ga pernah di balas

      • Akulaku lunas bulan apa dan ajukan kpr bulan apa mas? Temen2 yg juga kya bgini.
        Saran mas sebelum ajukan kpr, slik ojk mandiri aja.

      • Coba aja pak minta slik ojk nya trus telp ke akulaku mau pengaduan gt masalah slik.. Alhamdulillah sy juga gt sekrg uda selesai setelah konfirmasi ke akulaku dan kirim bukti slik nya.. Pas update terbaru uda bersih... Klo emang kita gak ada tunggakan lain2 mah pak..

    • Barang dan pinjaman tunai. Tapi saya sama sekali tdk pernah telat bayar,tidak bayar,dan tidak sanggup bayar/kredit macet. Itu sudah sy konfirmasi ke cs akulaku dan di situ di sampaikan oleh cs bahwa memang benar bahwa saya dr awal pakai akulaku sampai saat ini tidak pernah telat bayar,tidak bayar,dan tidak sanggup bayar/kredit macet. Dan untuk keluhan saya sy di minta untuk berkirim email untuk di bantu surat pelunasannya dan sampai sekarang blm ada respon dr email sy tersebut. Tapi sy pikir lg klo saya minta surat pelunasan,artinya sy mengakui klo sy pernah bermasalah dlm pembayaran di akulaku. Sedangkan sy merasa tdk pernah bermasalah dlm pembayaran di akulaku,dan sudah iyakan oleh cs akulakau. Spertinya ini ada salah di penyampaian data oleh akulaku ke OJK.Mungkin sy akan datangi akulaku saja dengan bukti print hasil SLIK sy dr OJK.

    • Permasalahan sudah di selesaikan,dan data SLIK sy sudah di betulkan oleh akulaku. Bs sy simpulkan Kesalahan input data ada di pihak akulaku. Skrng data SLIK sy sudah bersih.

  • @ Agus Jatmiko

    Bisa jadi Akulaku memang pernah mengirim laporan ke OJK bahwa anda memiliki tunggakan sampai kredit macet di rentang waktu Januari sampai Oktober 2019.

    Namun ketika anda sudah melunasi kredit macet tersebut, Akulaku belum sempat membuat Revisi dari laporan yang dulu itu.

    OJK menampung data dari fintech. Disini tugas Akulaku harus merevisi laporannya agar nama anda bersih di BI.

    Anda harus terus meminta pertanggung jawaban pada fintech Akulaku.

    • Akulaku memang terdaftar di ojk,dan dia wajib melaporkan ke ojk. Tapi yng perlu sy tegaskan adalah saya tdk pernah telat bayar,tidak bayar,apa lg sampe gak bisa bayar/kredit macet di akulaku. Yng ada adalah saya selalu membayar kewajiban sy tepat waktu dan bahkan keseringan sy bayar sbelum jatuh tempo. Tapi kenapa akulaku melaporkan saya ke ojk bahwa sy ada.kredit macet,itu yng membuat sy kaget dan kecewa.

    • Saya sama sekali tdk pernah merasa telat bayar,tidak bayar,dan tidak sanggup bayar/kredit macet di akulaku,dan itu sudah sy konfirmasi ke cs akulaku bahwa sy memang tdk pernah bermasalah dlm pembayaran dr awal sampai saat ini. Mngkin memang benar kata agan bahwa akulaku salah dlm meyampaikan data transaksi sy ke OJK. Mngkin perlu juga saya lapor polisi atau ke OJK lg,karna dengan adanya ini sy sangat dirugikan selama ini. Tapi sampai saat ini sy inisiatif nunggu dl respon dr akulaku

    • Sudah clear,sudah di betulin data slik sy oleh akulaku. Sudah lega walaupun msh sdikit kecewa karna dengan adanya ini semua urusan rencana sy memiliki rumah jd gagal cm gara" kecerobohan dr akulaku.

  • Trmksh kepada akulaku atas tanggapan dan pembetulan data SLIK/BI Cheking saya di OJK. Walaupun msh ada sdikit kecewa karena semua rencana dan cita" sy dan keluarga untuk memiliki rumah pertama kami jadi gagal dan hangus cuma gara" kecerobohan input data slik dr pihak akulaku,tapi ya sudahlah semoga jd pelajaran buat kita semua. Dan trmksh juga untuk Media konsumen,semoga makin sukses.

    • Awal mula sy mengetahui kasus sy karna sy iseng mengajukan permohonan data SLIK saya ke OJK karna sy di tolak pengajuan KPR rumah dengan alasan BI cheking sy katanya call 5,dan di situ sy tahu bahwa sy ada call 5 dan pelapornya adalah akulaku.mangkanay sy lngsung komplaim dan saya laporan via call center,dan kemudian datang lngsung ke kantor pusatnya akulaku di gedung sahid center jakarta. Dan untuk pengajuan SLIK itu bukan ke akulaku,tapi ke OJK. Dan masalah sy adalah murni kesalahan input data dr akulaku,karna saya memang terbukti tdk pernah telat atau nunggak pembayaran. Jd kita beda kasus. Klo kasus anda yng memang pernah telat bisa minta surat pelunasan ke akulaku buat pengajuan KPRnya.

  • Sama saya juga ditolak ambil KPR gara2 akulaku,saya pernah telat sebulan, itupun saya bayar sekalian 2 bulan di bulan berikutnya, tapi dia lgsg kasih saya call 5 mas coba minta email-nya akulaku buat pengajuan Slim.