Permasalahan Email yang Sudah Terdaftar pada Kartu PraKerja

Selamat sore,

Mungkin ada yang bisa bantu permasalahan saya. Saya sudah diterima sebagai kartu PraKerja 2 minggu yang lalu. Saat pendaftaran HP saya masih bagus, tidak ada masalah dengan Gmail saya. Akan tetapi setelah saya dinyatakan lulus, HP saya rusak dan sayangnya tidak bisa diperbaiki lagi.

Keadaan ini menyulitkan saya untuk login ke Gmail yang terdaftar di PraKerja karena saya lupa password saya dan lupa mengganti nomor yang tercantum di Gmail. Nomor yang tercantum di Gmail saya adalah nomor saya pertama kali mendaftarkan akun Gmail. Keadaan ini semakin menyulitkan saya.

Saya sudah mencoba untuk menelepon call center PraKerja, tapi tidak ada jawaban. Jawaban yang saya terima selalu “Maaf saat ini kami masih melayani nasabah lain ” atau “no response from.. “.

Mungkin ada yang punya kendala yang sama dengan saya dan sudah terselesaikan, bisa berbagi infonya? Atau ada yang bisa bantu saya untuk mengembalikan akun Gmail saya.

Terima kasih banyak.

Angel Veronica
Badung, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Komentar

  • Kalau sudah begitu saya kira gmail nya gak bisa kembali. Karena pasti satu2nya verifikasi yang bisa dia lakukan (setelah Anda lupa password) adalah kirim SMS ke nomor terdaftar (yang nampaknya nomornya sudah hilang?)
    Karena Anda gak daftar gmail sambil ngasih NIK kan...
    Sebetulnya kalau Anda punya alamat e-mail cadangan, alamat tersebut juga bisa didaftarkan sebagai emergency/backup, dan Anda bisa terima e-mail untuk ganti password di situ. Tapi kemungkinan besar Anda juga tidak mendaftarkan alamat e-mail cadangan bukan.

    Kecuali kalau Anda sungguh berniat, coba hubungi gmail (pake e-mail, atau kalau mau yah silakan telepon...) tanya mereka apa ada solusi lain. Mungkin bisa verifikasi tanggal lahir, contact, entah lah.

    Saya kira (harusnya) lebih simpel ganti alamat e-mail di prakerja.
    Tapi ya entah lah juga hehehe.

    • kalo masalah saya, saya sudah selesai buat akun prakerja, sampai pada tahap daftar gelombang pertama dlu saya gk lolos, kemudian saya jarang buka akun saya sampai sekarang saya lupa dengan email yg saya pakai untul log in,adakah solusi ?

    • akun saya di aplikasi sekolahmu masuk yang baru dengan email yang sama, sementara saya tinggal ikut webinar, pihak aplikasi responnya macam2, dan sy sudah ikuti semua petunjuk tapi tetap akun baru yang masuk dan hilang semua program pelatihan yang sya beli, mohon bantunnya

      • Sama saya juga begitu, tapi saya ngambil kelas di skill academy. Udah beli kelas tiba tiba aplikasi logout sendiri. Pas login lagi password salah, saya klik yang lupa password malah akun baru yang muncul. Kelas yang saya ambil sebelumnya hilang

    • selamat sore kak, mau nanya saya sudah terdaftar akun prakerja ko ga dapet otp dari akun email yg saya daftarkan di kartu prakerja. jadi untuk saat ini saya selalu gagal gelombang terus. saya daftar dari gelombang 5 sampe sekarang ga lolos terus

    • Waduh..
      Kalau saya
      Saya daftar nya itu di bulan April sekitar jam 5 sore.
      Sudah berhasil daftar terus saya disuruh verifikasi email
      Nah permasalahan nya itu saya gak dapat email verifikasi nya
      Saya coba tlfn CS nya, saya coba email tapi gak ada balasannya juga.
      Dan kemarin saya coba email lagi, Alhamdulilah email verifikasi nya masuk
      Tapi pas saya coba verifikasi ternyata gak bisa
      Saya coba berulang2 dan masih tetep gak bisa.
      Eh gak tau nya email verifikasi nya sudah expire.
      Kalau mau daftar lagi gimana cara nya ya?
      Saya coba daftar pakai email yg sebelumnya, saya disuruh verifikasi email lagi

    • Mohon dapat dibantu. Semoga ada yg tau solusinya. Saya sudah punya No Kartu Prakerja, kemudian membeli pelatihan. Semenjak saya membeli pelatihan, saya tidak ada login ke prakerja. Saya sudah menyelesaikan pelatihan dan mengikuti webinar. Ketika beberapa hari setelah menyelesaikan pelatihan, saya mau login kembali ke prakerja tapi tidak bisa terus katanya email dan password saya salah. padahal saya yakin sekali itu email dan password yg benar karena saya punya catatannya. Jadi saya coba klik 'lupa password', kemudian disuruh mengisi kolom email. kata saya masukkan email saya katanya email saya salah. saya yakin sekali kalo itu email yg sudah benar. Karena kebingungan, saya buka gmail saya dan mencari email yg dulu dikirim prakerja untuk memverifikasi email. ternyata memang ada email verifikasi dari prakerja. berarti memang email itu yg saya gunakan untuk login prakerja. tapi saya coba kembali tetap email yg saya masukkan salah. Jadi, tombol verifikasi yg dikirim prakerja ke email saya, saya klik untuk mengirim verifikasi ulang. Dan akhirnya email saya bisa terverifikasi. Tetapi masalah baru muncul lagi, karena ketika mau login dengan email itu, saya malah di antar ke halaman verifikasi data KTP. Seperti ketika mau baru mendaftar prakerja. Saya masukkan NIK saya, katanya NIK sudah terdaftar. Bagaimana ya ? apakah ada yg tau solusinya ????

  • Halo terimakasih atas responnya, iya benar saya tidak mencantumkan NIK saya di g-mail akan tetapi saya mencantumkan g-mail cadangan dan itu juga tidak bisa diakses. Padahal yang g-mail cadangan saya ingat betul passwordnya.
    Saya pikir juga lebih mudah kalau telepon prakerja langsung untuk mengganti g-mail tapi mereka tidak pernah menjawab.
    Mungkin saya akan ambil sarannya untuk telepon pihak g-mail.

    Sekali lagi terimakasih atas responnya.

  • Kalo aku kmrn sempet ada kendala juga tp pas pelatihan dan lgsg nanya ke cs pelatihanku di pintaria. Alhamdulillah cs nya membantu dan masalahku selesai.

      • Biasanya kalau kita buka pintaria, akan muncul chat dengan pihak pintaria di bagain bawah sebelah kanan. Mungkin bisa coba disitu ya.

  • Halo mbak namira, terima kasih banyak atas infonya. Sepertinya ini lebih mudah dibandingkan harus menghubungi call center prakerja.

  • Mohon bantuan ketika daftar kartu prakerja mau lanjut login lupa pasword email, apa bisa direset untuk pendaftaran ulang. Kami sangat mengharapkan bantuannya

  • Halo Yosef, berarti kamu belum lulus prakerja kan? kalau iya saya enggak paham apa masih bisa direset tanpa daftar ulang.
    Tapi kalau kamu udah lulus prakerja dan lupa password disitu ada lupa sandi yang bisa bantu. Maaf enggak bisa bantu banyak.

    • kalo masalah saya, saya sudah selesai buat akun prakerja, sampai pada tahap daftar gelombang pertama dlu saya gk lolos, kemudian saya jarang buka akun saya sampai sekarang saya lupa dengan email yg saya pakai untul log in,adakah solusi ?

  • Halo kk.gimana cara nya ya soal nya dlu gelombang 4 ditunda trus saya udah daftr kan.trus pas gel 4 udh buka saya coba login lagi.tpi saya lupa pasword trus saya coba ganti² ngk bsa kn.trus email yg terdftar saya hapus saya pikir bisa daftar ulang.nyatanya tidak bsa lagi.Trus saya juga udah pulihkan email kan.tapi gak bisa.alias email nya slah.Tapi udh lama ptakerj sllu ada gangguan .gmna. y kk mhon bntua nya

  • Halo Miranda, apa kamu cantumkan nomor telepon yang masih aktif ke e-mailmu? kalau iya harusnya masih bisa dipulihkan. Kalau e-mailnya salah coba tekan lupa e-mail. Tapi kalau kamu emang udah hapus akun e-mail nya secara permanen sepertinya tidak bisa kembali lagi.

    Untuk prakerja karena daftarnya juga pake NIK makanya cuma bisa daftar sekali supaya merata. Atau coba hubungi pihak prakerja bisa via e-mail, instagram atau call center 021-25541246. Maaf ya saya gak bisa bantu banyak.

    • Kak, semalam saat aku tidur akun gmailku dihapus tiba-tiba. Tapi karena aku tautkan ke email dan nomer yang aktif, jadi masih bisa di pulihkan. permasalahannya saat mencoba login ke prakerja selalu gagal. Saat mencoba lupa pasword, ketik email. Email yg digunakan salah. Itu bagaimana ya kak.

      • Wah kalau kayak gini saya gak tau sama sekali. Tapi katanya juga banyak yang terkendala sama e-mail. Atau coba aja ditunggu sampai sinyal kamu bener-bener kencang baru coba login lagi.

  • Admin Kartu Prakerja mohon reset ulang data saya karena tidak bisa mendapatkan kode OTP pada no.hp saya