IDExpress Memberikan Informasi Pengiriman yang Salah

Terima kasih Mediakonsumen yang sudah menampilkan tulisan saya ini.

Perkenalkan nama saya Yusa, saya salah satu pedagang aktif di Shopee, baru-baru ini saya mengaktifkan kurir ID Express pada ecommerce Shopee, dengan tujuan memperluas jangkauan jasa kurir pada toko saya. Namun betapa kecewanya saya terhadap kurir ID Express ini, pada tanggal 28 Agustus 2020 pukul 08:20 WIB masuk sebuah orderan dengan kurir ID Express, dan segeralah saya memprosesnya dan melakukan permintaan pickup, dan betapa terkejutnya saya pada tanggal 29 Agustus 2020 pukul 00:35 WIB status pada Shopee mengatakan bahwa kurir gagal pickup dikarenakan paket sedang disiapkan.

Dan bukan hanya satu kali status ini ada, setiap konsumen yang menggunakan kurir ID Express selalu dikatakan gagal pickup dikarenakan paket sedang disiapkan.

Bagi saya ini adalah penipuan informasi, dimana hal ini dilindungi oleh Undang-Undang di Indonesia, dimana informasi yang salah dan memberikan informasi yang menyimpang dapat dituntut sesuai hukum.

Pada tanggal tersebut kurir ID Express tidak datang ke rumah saya untuk pickup, bahkan tidak menghubungi sama sekali, beda halnya kurir Sicepat yang memberikan stiker bahwa mereka sudah datang namun tidak ada orang, dan kurir ninja yang selalu menghubungi via wa bila mau melakukan pickup bahkan sampai JNT pun menghubungi via WA bila mau melakukan pickup.

Dan yang anehnya, status pada situs resmi ID Express tidak mengatakan demikian (Kurir gagal pickup karena paket sedang disiapkan) namun statusnya diterima, data pun menunjukan waktu yang sama dengan yang ada di shopee yaitu 00:35WIB, logika manusia saja, kurir gagal pickup pada pukul 00:35 WIB yang datang itu kurir apa kuntilanak ya?

Mohon kiranya bila kurir memang tidak dapat melakukan pickup, buatlah informasi yang benar, bukan memberikan informasi yang salah sehingga mengakibatkan kesalahpahaman, saya pun sudah menghubungi pihak ID Express namun sepertinya CS mereka tidak pernah ada karena saya telepon tidak pernah diangkat setelah saya tekan 0 untuk berbicara dengan CS.

Sekiranya bagi penjual yang ingin mengaktifkan ID Express untuk berpikir 2x, karena pembeli akan beranggapan bahwa penjual lalai dalam mempersiapkan paket.

Yusa Dibrata
Bekasi 17411

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai IDExpress:
[Total:51    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan IDExpress atas Surat Bapak Yusa Dibrata

Menanggapi keluhan Bapak Yusa Dibrata melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 31 Agustus 2020, dengan judul “IDExpress...
Baca Selengkapnya

Loading...

22 komentar untuk “IDExpress Memberikan Informasi Pengiriman yang Salah

    • 12 November 2020 - (04:17 WIB)
      Permalink

      Saya belanja di Shopie dan menggunakan jasa kirim ID EXPRES , pengiriman dari Pekalongan ke Jawa timur ,awal pengiriman 2 hari ditulis masih on proses ,awalnya saya tidak curiga karena kadang begitu tapi pada akhirnya tetap sampai.Tapi ini tidak benar ! 6 hari kemudian saya cek kembali, disitu ditulis kalo paket sudah diterima oleh alamat yg dituju , padahal sama sekali belum menerima paketnya bahkan tidak ada pihak ID EXPRES yang menelpon , kini pesanan saya 2 baju batik hilang sudah😔 karena tepat 2 Minggu ini pesanan belum juga sampai ,tolong mas kurir IWAN SETIAWAN atau pihak ID EXPRES jangan melakukan penipuan publik , tolong banyak orang yang rugi karena kalian 😒

  • 1 September 2020 - (01:23 WIB)
    Permalink

    Cukup buat saya kerja sama dengan ID Express 7 hari saja di awal bulan Agustus. Karena tergiur cashback 10% saya aktifkan jasa kirim ini.di hari pertama langsung ada yg telfon saya dan bilang akan ambil.saya cukup puas. Di hari kedua sudah tidak ada telfon, saya konfirmasi manual nelfon kurir yg kemarin ambil, di balas teman saya OTW ke sana kak abis ini.lama nunggu akhirnya datang juga wlpn telat 2 jam dr jadwal yg di janjikan.hari ke 3, saya kembali nelfon kali ini CS id Express perihal g ada yg pick up n kurir g ada yg balas wa n telfon saya.akhirnya mlm hari ada yg nelfon. Hari ke 4 saya mengalami kejadian yang sama, pulsa lagi buat nelfon CS di jakarta. Hari ke 5 di ambil ma kurirnya mungkin karena udh di tegur pusat. Hari ke 6 sama sekali g ada yg ambil wlpn udh telfon pusat. Hari ke 7 saya kirim via grab express ke kantor cabang terdekat tempat tinggal saya dan di hari itu juga saya offin ID Express.selain g jelaa pick up nya, paket juga luama bgd sampainya. Sesama jatim ada yg 2 minggu baru sampai. Kena komplen mulu pake ini jasa ekspedisi. Mana kalau wa kurirnya berasa kita ngemis*. G banget

  • 4 September 2020 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Saya ucapkan terima kasih kepada ID Express yang telah menghubungi saya dan bertemu dengan saya atas permasalahan ini. Jujur saya sangat salut dengan ID Express yang mau menghubungi hingga datang mengunjungi saya untuk dapat memberikan permintaan maaf secara langsung serta memberikan solusi yang tepat atas permasalahan ini. Sebuah perusahaan yang masih sangat muda namun sangat bertanggung jawab serta mau melakukan perubahan atas masukan dari penggunanya.

    • 12 Oktober 2020 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Paket saya aja hilang belanja di shopee pale kurir id xpress .
      udah ke 4 x begini yang 2 gagal kirim alasan bad adress/sulit dihubungi padahal telpon tidak ada dan jasa kurir lain tidak pernah susah temui rumah saya .
      yang 2 lagi keterngan sudah diterima pembeli/tetangga padahal sama sekali tidak ada paket saya datang kapokk

      • 19 Oktober 2020 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Sama kak, saya pesan jam tangan dan pengiriman melalui ID Express, ternyata paket saya hilang, dan kurir maupun pihak ID Express ( PA AZKA Bagian wilayah Panyikeukan ) tidak ada itikad baik untuk mengganti.
        Saya sudah complain ternyata tidak ada respon poositif dari pihak ID Ekspress. Sudah berbulan2 saya menunggu itikad baik dari ID Express.

        1
        1
  • 7 Oktober 2020 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Gimanaa sihh paket pdhl udah digudang,trs aku lacak katanya alasannya masalah dalam pengiriman nyesel tak lewatkan sini.cukup ini ajaa

  • 13 Oktober 2020 - (01:00 WIB)
    Permalink

    Paket dari Jakarta dikirim ke Surakarta hellow ini bener ngga di pengiriman nya yang harus nya paket udah nyampe dibawa ke Surakarta ngapain? Anjim bgttt

    • 13 Oktober 2020 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Paket dari Jakarta – Banten , kemarin udah nyampe serang terus gue cek lagi malah di Surakarta , ini pengiriman bener ngga si? Anjjjjim harus nya udah sampeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

      • 20 November 2020 - (10:29 WIB)
        Permalink

        Kemarin tgl 16 Nov belanja di Shopee adalah pertama kali sy coba kirim paket via ID Express, dan akan jadi terakhir kalinya.
        Rumah sy dlm cluster kecil, jd keterangan alamat komplek sy tulis “Titip di Pos Satpam”, utk mudahkan kurir kirim paket 24 jam, karena Pak Satpam yg kemudian akan distribusikan paket ke pemilik rumah.
        Ternyata setelah dikirim, di status Shopee ditulis nama penerima adalah saya sendiri. Padahal saya seorang ibu2, perempuan, tidak pernah berada di Pos Satpam. Gimana kalau paket tersebut hilang? Padahal sy tidak pernah menerima secara langsung dari kurir ID Express.
        SEMUA jasa kurir selain ID Express selalu menulis NAMA SATPAM YANG SEDANG BERJAGA sebagai penerima paket. Tapi hanya kurir ID Express yg kerjanya asal-asalan.
        Sy tidak akan gunakan jasa kurir ID Express lagi.

    • 28 Oktober 2020 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Sama, saya biasanya pakai jnt express tp kali ini saya pakai id express. eh udah pengirimannya lama trus kan biasanya kalau jnt itu dari surabaya langsung ke malang. eh id express ini malah dari surabaya nyasar ke jember. padahal kan udah ngelewatin malang. trus juga statusnya udah diterima padahal paket belum saya terima. kecewa banget sama id express. mendingan pakai jnt express aja

    • 12 November 2020 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Saya juga pesen dishoppe biasanya juga pake jnt express tapi ini coba pake ID express, paketnya udah dikirim 1 hari yang lalu tapi sampai sekarang paketnya masih dijakarta, dan paketnya pun ga jalan dari tadi siang, mohon untuk pihak atau kurir id express bisa lebih bertanggung jawab dalam pengiriman barang🙏

  • 14 Oktober 2020 - (14:16 WIB)
    Permalink

    saya juga menyesal telah mengaktifkan id express… gk ada kabar sama sekali, gk ada wa gk ada tlp. di lihat di situs id expres nya sendiri susah di buka. bahkan cabang tasikmalaya saya cek tidak nyantumin no yang bisa di hubungi ,… parah emang

  • 14 Oktober 2020 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Waduhhh… Kok banyak yg komplain ya pake ID express, mudah2 an sudah lebih baik pelayanannya krn saya baru kali ini coba pakai ID express belanja di shopee, hari ini checkout di shopee pake ID express, mudah2 an sesuai estimasi pengiriman dan pelayanannya atas komplain costumer yg sebelum nya.

  • 17 Oktober 2020 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Terjawab sudah kegalauan karena memilih idexpress. Ternyata eh ternyata kebanyakan begitu ya. Miris deh usaha bukan mengutamakan kepuasan pelanggan karena ini usaha jasa harusnya jangan seperti itu. Gak lagi deh pilih dia. Menu chat di situsnya juga gak ada yang respon. Paketanku udah 3 hari gak ada update progress. Lempeng gak jelas.

  • 19 Oktober 2020 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller shopee pun merasakannya sekarang sesama jatim dan kirim ke jateng. Seminggu ga nyampe². Bahkan ada yang status nya diterima sedangkan pembeli belum menerima paket sampe mengajukan pengembalian. Semenjak jualan di shopee ya baru kali ini kecewa dengan jasa kirim. Kirain saya paling lelet mah cuma Nin** pas awal ada, eh ada yang lebih parah hmmmmm

  • 21 Oktober 2020 - (20:14 WIB)
    Permalink

    saya tidak mengerti padahal saya blom menerima paket nya tv di oemberitahuan saya sudah nenerima nya, mohon informasi nya dengan no resi IDS001317212331

    • 22 Oktober 2020 - (08:10 WIB)
      Permalink

      Sama mas…persis kasusnya seperti saya barang belum diterima di setatus katanya sdh ditrima…..Bego benar kurir yg ngantar pdhl di alamatnya ada no HP…kan bisa mghubgi….

  • 24 Oktober 2020 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Apa apan ini ID Express, baru pertama kali coba belanja pengiriamn menggunakan ID express.
    Status pengiriman skr ada di Makasar. Padahal saya tinggal di Balikpapan?????????
    Ditelpon kagak ada yg angkat. di chat di web nya cuma pajangan kagak ada yg jawab?
    NYESEL BANGET PAKE id express. This is the first and The LAST.

  • 29 Oktober 2020 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Saya membeli sprei di shopee dan memilih jasa pengiriman id expres pada tanggal 26 oktober 2020 dan langsung dikirim oleh pihak tokonya. Alamat toko di surabaya, jatim. Alamat tujuan: magetan, jatim. Namun pas saya cek tgl 28, paket
    yg harusnya sudah sampai malah berada di solo. Tgl 29 saya cek paket ttp berada di solo. Entah kapan sampainya, pengiriman malah ga jelas muter” entah mau kemana saja

  • 21 November 2020 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga lagi nunggu barang nih, dikirim pake id ekspress, notifnya:

    “(TH CIAMPEA) masalah dalam pengiriman ( disimpan)”

    Saya di Leuwiliang, padahal Ciampe ke Leuwiliang Deket.

    Itu gimna yah? Khawatir jadinya

  • 28 November 2020 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja hari ini co shopee pake id express gatau kalo banyak yg punya pengalaman buruk, semoga paket saya baik2 saja😭

 Apa Komentar Anda mengenai IDExpress?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

IDExpress Memberikan Informasi Pengiriman yang Salah

oleh Yusa Dibrata dibaca dalam: 1 min
22