IDExpress Memberikan Informasi Pengiriman yang Salah

Terima kasih Mediakonsumen yang sudah menampilkan tulisan saya ini.

Perkenalkan nama saya Yusa, saya salah satu pedagang aktif di Shopee, baru-baru ini saya mengaktifkan kurir ID Express pada ecommerce Shopee, dengan tujuan memperluas jangkauan jasa kurir pada toko saya. Namun betapa kecewanya saya terhadap kurir ID Express ini, pada tanggal 28 Agustus 2020 pukul 08:20 WIB masuk sebuah orderan dengan kurir ID Express, dan segeralah saya memprosesnya dan melakukan permintaan pickup, dan betapa terkejutnya saya pada tanggal 29 Agustus 2020 pukul 00:35 WIB status pada Shopee mengatakan bahwa kurir gagal pickup dikarenakan paket sedang disiapkan.

Dan bukan hanya satu kali status ini ada, setiap konsumen yang menggunakan kurir ID Express selalu dikatakan gagal pickup dikarenakan paket sedang disiapkan.

Bagi saya ini adalah penipuan informasi, dimana hal ini dilindungi oleh Undang-Undang di Indonesia, dimana informasi yang salah dan memberikan informasi yang menyimpang dapat dituntut sesuai hukum.

Pada tanggal tersebut kurir ID Express tidak datang ke rumah saya untuk pickup, bahkan tidak menghubungi sama sekali, beda halnya kurir Sicepat yang memberikan stiker bahwa mereka sudah datang namun tidak ada orang, dan kurir ninja yang selalu menghubungi via wa bila mau melakukan pickup bahkan sampai JNT pun menghubungi via WA bila mau melakukan pickup.

Dan yang anehnya, status pada situs resmi ID Express tidak mengatakan demikian (Kurir gagal pickup karena paket sedang disiapkan) namun statusnya diterima, data pun menunjukan waktu yang sama dengan yang ada di shopee yaitu 00:35WIB, logika manusia saja, kurir gagal pickup pada pukul 00:35 WIB yang datang itu kurir apa kuntilanak ya?

Mohon kiranya bila kurir memang tidak dapat melakukan pickup, buatlah informasi yang benar, bukan memberikan informasi yang salah sehingga mengakibatkan kesalahpahaman, saya pun sudah menghubungi pihak ID Express namun sepertinya CS mereka tidak pernah ada karena saya telepon tidak pernah diangkat setelah saya tekan 0 untuk berbicara dengan CS.

Sekiranya bagi penjual yang ingin mengaktifkan ID Express untuk berpikir 2x, karena pembeli akan beranggapan bahwa penjual lalai dalam mempersiapkan paket.

Yusa Dibrata
Bekasi 17411

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan IDExpress atas Surat Bapak Yusa Dibrata

Menanggapi keluhan Bapak Yusa Dibrata melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 31 Agustus 2020, dengan judul “IDExpress...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “IDExpress Memberikan Informasi Pengiriman yang Salah

    • 12 November 2020 - (04:17 WIB)
      Permalink

      Saya belanja di Shopie dan menggunakan jasa kirim ID EXPRES , pengiriman dari Pekalongan ke Jawa timur ,awal pengiriman 2 hari ditulis masih on proses ,awalnya saya tidak curiga karena kadang begitu tapi pada akhirnya tetap sampai.Tapi ini tidak benar ! 6 hari kemudian saya cek kembali, disitu ditulis kalo paket sudah diterima oleh alamat yg dituju , padahal sama sekali belum menerima paketnya bahkan tidak ada pihak ID EXPRES yang menelpon , kini pesanan saya 2 baju batik hilang sudah? karena tepat 2 Minggu ini pesanan belum juga sampai ,tolong mas kurir IWAN SETIAWAN atau pihak ID EXPRES jangan melakukan penipuan publik , tolong banyak orang yang rugi karena kalian ?

      • 16 Desember 2020 - (19:36 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama menggunakan ID Express pengiriman pada tgl 7 Desember hingga saat ini tgl 16 Desember belum sampai.

        • 19 Desember 2020 - (21:41 WIB)
          Permalink

          Kalau saya baru pesan tgl 17 des tapi sampai sekrang belum dikirim kirim kak. Pake jasa id expres.
          Haduh jadi takut, gak nyampe barangnya. Mana pesanan orang lagi

          • 19 Desember 2020 - (22:16 WIB)
            Permalink

            Paket saya dinyatakan hilang oleh id express dan pihak shopee. Tetapi saya mengajukan pengembalian sebelum masa garansi shopee habis kak jadi hari ini pengembalian dananya sudah masuk. Sebelumnya saya mengajukan pengembalian dana tgl 14 desember karena tgl 15 desember nya masa garansi sudah habis.

          • 28 Maret 2021 - (08:48 WIB)
            Permalink

            Menurut saya jasa kirim ID Express ini sangat mengecewakan, pasti selalu terjadi permasalahan..
            Apalagi kalau kita belanja di shopee sekarang tidak bisa milih jasa pengiriman sendiri, jujur saya kecewa banget pake jasa kirim ID express, udah 3 hari paket terjadi permasalahan.. pdhal hanya dari semarang ke kendal saja.. harusnya kan udah nyampe.. tapi sampai hari ini belum juga datang..

    • 27 Desember 2020 - (22:49 WIB)
      Permalink

      Beli barang di shopee dan menggunakan expedisi ID Express. Barang belum diterima, bahkan tidak ada kurir satupun yang datang, tapi di keterangan barang sudah diterima oleh saya, ampun deh pake expedisi ini. Mana lama lagi

  • 1 September 2020 - (01:23 WIB)
    Permalink

    Cukup buat saya kerja sama dengan ID Express 7 hari saja di awal bulan Agustus. Karena tergiur cashback 10% saya aktifkan jasa kirim ini.di hari pertama langsung ada yg telfon saya dan bilang akan ambil.saya cukup puas. Di hari kedua sudah tidak ada telfon, saya konfirmasi manual nelfon kurir yg kemarin ambil, di balas teman saya OTW ke sana kak abis ini.lama nunggu akhirnya datang juga wlpn telat 2 jam dr jadwal yg di janjikan.hari ke 3, saya kembali nelfon kali ini CS id Express perihal g ada yg pick up n kurir g ada yg balas wa n telfon saya.akhirnya mlm hari ada yg nelfon. Hari ke 4 saya mengalami kejadian yang sama, pulsa lagi buat nelfon CS di jakarta. Hari ke 5 di ambil ma kurirnya mungkin karena udh di tegur pusat. Hari ke 6 sama sekali g ada yg ambil wlpn udh telfon pusat. Hari ke 7 saya kirim via grab express ke kantor cabang terdekat tempat tinggal saya dan di hari itu juga saya offin ID Express.selain g jelaa pick up nya, paket juga luama bgd sampainya. Sesama jatim ada yg 2 minggu baru sampai. Kena komplen mulu pake ini jasa ekspedisi. Mana kalau wa kurirnya berasa kita ngemis*. G banget

  • 4 September 2020 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Saya ucapkan terima kasih kepada ID Express yang telah menghubungi saya dan bertemu dengan saya atas permasalahan ini. Jujur saya sangat salut dengan ID Express yang mau menghubungi hingga datang mengunjungi saya untuk dapat memberikan permintaan maaf secara langsung serta memberikan solusi yang tepat atas permasalahan ini. Sebuah perusahaan yang masih sangat muda namun sangat bertanggung jawab serta mau melakukan perubahan atas masukan dari penggunanya.

    3
    1
    • 12 Oktober 2020 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Paket saya aja hilang belanja di shopee pale kurir id xpress .
      udah ke 4 x begini yang 2 gagal kirim alasan bad adress/sulit dihubungi padahal telpon tidak ada dan jasa kurir lain tidak pernah susah temui rumah saya .
      yang 2 lagi keterngan sudah diterima pembeli/tetangga padahal sama sekali tidak ada paket saya datang kapokk

      • 19 Oktober 2020 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Sama kak, saya pesan jam tangan dan pengiriman melalui ID Express, ternyata paket saya hilang, dan kurir maupun pihak ID Express ( PA AZKA Bagian wilayah Panyikeukan ) tidak ada itikad baik untuk mengganti.
        Saya sudah complain ternyata tidak ada respon poositif dari pihak ID Ekspress. Sudah berbulan2 saya menunggu itikad baik dari ID Express.

        3
        1
  • 7 Oktober 2020 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Gimanaa sihh paket pdhl udah digudang,trs aku lacak katanya alasannya masalah dalam pengiriman nyesel tak lewatkan sini.cukup ini ajaa

  • 13 Oktober 2020 - (01:00 WIB)
    Permalink

    Paket dari Jakarta dikirim ke Surakarta hellow ini bener ngga di pengiriman nya yang harus nya paket udah nyampe dibawa ke Surakarta ngapain? Anjim bgttt

    • 13 Oktober 2020 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Paket dari Jakarta – Banten , kemarin udah nyampe serang terus gue cek lagi malah di Surakarta , ini pengiriman bener ngga si? Anjjjjim harus nya udah sampeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

      • 20 November 2020 - (10:29 WIB)
        Permalink

        Kemarin tgl 16 Nov belanja di Shopee adalah pertama kali sy coba kirim paket via ID Express, dan akan jadi terakhir kalinya.
        Rumah sy dlm cluster kecil, jd keterangan alamat komplek sy tulis “Titip di Pos Satpam”, utk mudahkan kurir kirim paket 24 jam, karena Pak Satpam yg kemudian akan distribusikan paket ke pemilik rumah.
        Ternyata setelah dikirim, di status Shopee ditulis nama penerima adalah saya sendiri. Padahal saya seorang ibu2, perempuan, tidak pernah berada di Pos Satpam. Gimana kalau paket tersebut hilang? Padahal sy tidak pernah menerima secara langsung dari kurir ID Express.
        SEMUA jasa kurir selain ID Express selalu menulis NAMA SATPAM YANG SEDANG BERJAGA sebagai penerima paket. Tapi hanya kurir ID Express yg kerjanya asal-asalan.
        Sy tidak akan gunakan jasa kurir ID Express lagi.

    • 28 Oktober 2020 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Sama, saya biasanya pakai jnt express tp kali ini saya pakai id express. eh udah pengirimannya lama trus kan biasanya kalau jnt itu dari surabaya langsung ke malang. eh id express ini malah dari surabaya nyasar ke jember. padahal kan udah ngelewatin malang. trus juga statusnya udah diterima padahal paket belum saya terima. kecewa banget sama id express. mendingan pakai jnt express aja

    • 12 November 2020 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Saya juga pesen dishoppe biasanya juga pake jnt express tapi ini coba pake ID express, paketnya udah dikirim 1 hari yang lalu tapi sampai sekarang paketnya masih dijakarta, dan paketnya pun ga jalan dari tadi siang, mohon untuk pihak atau kurir id express bisa lebih bertanggung jawab dalam pengiriman barang?

    • 11 Januari 2021 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Saya belanja di Shopie dan menggunakan jasa kirim ID EXPRES , pengiriman dari klojen ke yogyakarta ,awal pengiriman 2 hari ditulis masih on proses ,awalnya saya tidak curiga karena kadang begitu tapi pada akhirnya tetap sampai.Tapi ini tidak benar ! 6 hari kemudian saya cek kembali, disitu ditulis kalo paket sudah diterima oleh alamat yg dituju , padahal sama sekali belum menerima paketnya bahkan tidak ada pihak ID EXPRES yang menelpon , kini pesanan saya 1 buku hilang sdh ? karena tepat 1 Minggu ini pesanan belum juga sampai ,tolong mas kurir *WISNU SURYA ADITYA* atau pihak ID EXPRES jangan melakukan penipuan publik , tolong banyak orang yang rugi karena kalian ?

      2

  • 14 Oktober 2020 - (14:16 WIB)
    Permalink

    saya juga menyesal telah mengaktifkan id express… gk ada kabar sama sekali, gk ada wa gk ada tlp. di lihat di situs id expres nya sendiri susah di buka. bahkan cabang tasikmalaya saya cek tidak nyantumin no yang bisa di hubungi ,… parah emang

  • 14 Oktober 2020 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Waduhhh… Kok banyak yg komplain ya pake ID express, mudah2 an sudah lebih baik pelayanannya krn saya baru kali ini coba pakai ID express belanja di shopee, hari ini checkout di shopee pake ID express, mudah2 an sesuai estimasi pengiriman dan pelayanannya atas komplain costumer yg sebelum nya.

  • 17 Oktober 2020 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Terjawab sudah kegalauan karena memilih idexpress. Ternyata eh ternyata kebanyakan begitu ya. Miris deh usaha bukan mengutamakan kepuasan pelanggan karena ini usaha jasa harusnya jangan seperti itu. Gak lagi deh pilih dia. Menu chat di situsnya juga gak ada yang respon. Paketanku udah 3 hari gak ada update progress. Lempeng gak jelas.

  • 19 Oktober 2020 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller shopee pun merasakannya sekarang sesama jatim dan kirim ke jateng. Seminggu ga nyampe². Bahkan ada yang status nya diterima sedangkan pembeli belum menerima paket sampe mengajukan pengembalian. Semenjak jualan di shopee ya baru kali ini kecewa dengan jasa kirim. Kirain saya paling lelet mah cuma Nin** pas awal ada, eh ada yang lebih parah hmmmmm

  • 21 Oktober 2020 - (20:14 WIB)
    Permalink

    saya tidak mengerti padahal saya blom menerima paket nya tv di oemberitahuan saya sudah nenerima nya, mohon informasi nya dengan no resi IDS001317212331

    • 22 Oktober 2020 - (08:10 WIB)
      Permalink

      Sama mas…persis kasusnya seperti saya barang belum diterima di setatus katanya sdh ditrima…..Bego benar kurir yg ngantar pdhl di alamatnya ada no HP…kan bisa mghubgi….

  • 24 Oktober 2020 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Apa apan ini ID Express, baru pertama kali coba belanja pengiriamn menggunakan ID express.
    Status pengiriman skr ada di Makasar. Padahal saya tinggal di Balikpapan?????????
    Ditelpon kagak ada yg angkat. di chat di web nya cuma pajangan kagak ada yg jawab?
    NYESEL BANGET PAKE id express. This is the first and The LAST.

  • 29 Oktober 2020 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Saya membeli sprei di shopee dan memilih jasa pengiriman id expres pada tanggal 26 oktober 2020 dan langsung dikirim oleh pihak tokonya. Alamat toko di surabaya, jatim. Alamat tujuan: magetan, jatim. Namun pas saya cek tgl 28, paket
    yg harusnya sudah sampai malah berada di solo. Tgl 29 saya cek paket ttp berada di solo. Entah kapan sampainya, pengiriman malah ga jelas muter” entah mau kemana saja

  • 21 November 2020 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga lagi nunggu barang nih, dikirim pake id ekspress, notifnya:

    “(TH CIAMPEA) masalah dalam pengiriman ( disimpan)”

    Saya di Leuwiliang, padahal Ciampe ke Leuwiliang Deket.

    Itu gimna yah? Khawatir jadinya

  • 28 November 2020 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja hari ini co shopee pake id express gatau kalo banyak yg punya pengalaman buruk, semoga paket saya baik2 saja?

  • 5 Desember 2020 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga lagi nunggu barang nih, dikirim pake id ekspress, notifnya:

    “(TH Siantar Timur) masalah dalam pengiriman ( disimpan)”

    Dibawah oleh Ramotsen Frenksisco Purba

    Semoga tidak kenapa kenapa dengan barang saya

    • 10 Desember 2020 - (06:11 WIB)
      Permalink

      Barang kk sampe ga akhirnya? Krna status barang saya jg kayak gini “TH cibinong masalah dalam pengiriman. [disimpan]. Saya jd khawatir

    • 18 Desember 2020 - (17:33 WIB)
      Permalink

      saya juga sama kak. mau bertanya apakah paket kakak sudah sampai? paket saya belum sampai dan kurirnya Ramotsen Frenksisco Purba juga kak di Siantar Timur

  • 11 Januari 2021 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Saya kecewa dengan ekspedisi IDexpress karena tergiur dengan ongkir yang agak murah jadi paket saya disalahkan alamat, pemesanan tgl 7 Januari 2021 paket saya tujuan way kanan Lampung tapi dikirim ke Kotabumi Selatan dan diketerangan paket sudah diterima pada tgl 10 Januari 2021 jam 19.30 dan parahnya lagi yg Nerima tetangga, padahal jelas2 alamatnya way kanan Lampung tapi dikirim kekotabumi, selatan,,,

  • 12 Januari 2021 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Berbagi pengalaman paling buruk, sebelumnya saya membeli produk di AkuLaku pda tgl 14 Desember 2020, tgl 15 nya tertulis sedang dikirim dan tulisan di aku laku hnya menampilkan ekpedisi pribadi dengan nomer resi tidak bisa dicek dan nomr hp yg tdk bsa dihubungi. Lalu saya chat ke Merchant katanya sudah dikirm dan berjalan 10 hari saya kembali menghubungi merchant terus untuk menanyakan resi yang bisa dicek, si penjual hnya membalas “iya kak, sabar kak” Oke, saya masih menoleransi sampai 2 minggu . Sudah 15 hari saya hubungi penjual lagi tidak ada respon, kemdian saya laporkan ke CS aku laku hnya mengatasi masalah tpi tdk ada tindakan apa2 dri aku laku, sya sudah ajukan refund barang katanya sudah dikirim, saya tnya ekspedisi apa tidak ada jawabn dri Merchant, sudah sampai sekarang hari ini baru di kasih resi tgl 12 Januari hampir 1 bulan, katanya ada kendala di pengiriman. Sya penasaran apa si ekspedisi sampai hmpir 1 bulan. Ternyata dikasih nomer resi dari ID express. Saya kesel banget dong!!! Merugikan kya gini apa bisa dituntut? Saya bener2 kesel marah khawatir lah pastinya!

  • 4 Februari 2021 - (16:34 WIB)
    Permalink

    saya ga baru ini pakai id express saya kira amanah kenapa begini ya nyari duit, statusnya tadi pagi jam 08 sedang dikirim kelamat tapi jam 10 an pengiriman dalam masalah saya belum telepon cs id express sih… baru pertama begini. serius nanya paketnya jadinya hilang apa bakalan datang?

  • 12 Februari 2021 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Beberapa hari yang lalu order di shopee pake ID express, dipantau tiap hari aman aja. Eh hari ini aku tracking paketnya menuju palembang. Aku di Riau woi. Jadi cemana ceritanya paketku ini?

  • 13 Maret 2021 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Saya coba menggunakan jasa IDexpress ternyata memang mengecewakan.Tracking paket dari Ngawi sudah dikirim ke magetan pukul 12.14 tapi baru pukul 19.06 baru diterima IDexpress magetan.Ngawi dan magetan berbatasan tapi perlu waktu 7 jam.benar benar mengecewakan.

  • 13 Maret 2021 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya menggunakan IDexpress paket dari Bandung ke Salah satu kota di Jawa timur paket harus transit di banyak kota,transit di Karawang,transit lagi di Tegal,transit di Surakarta,transit di Ngawi baru masuk ID express kota tujuan.jangan harap paket cepat diterima.

  • 24 Maret 2021 - (05:58 WIB)
    Permalink

    permisi, di akun shopee saya telah tercantum alamat lengkap beserta kota tujuan yang jelas, yakni surabaya. tapi paket malah dikirim ke surakarta. no resi : IDS000665170449

  • 31 Maret 2021 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Ini ketiga harinya nungguin paket dari ekspedisi ID EXPRESS dan ini terakhir kalinya pake ekspedisi ini karena masih ada jasa kirim lain yang lebih cepat dan amanah. Sekian Terimakasih.

  • 1 April 2021 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Hallo, mau komentar juga, semoga pihak ID Express membaca dan bisa dijadikan pelajaran.
    Aku belanja shopee, kebetulan jasa expedisi ntah kenapa disemua seller adanya id express aja, ya mungkin shopee lagi eror krna banyak flashsale, yaudah gpp pake id express, seharusnya sehari sampai, dan beneran sampai, tapi salah alamat. Kesalahannya kurir adalah gang XI dibaca IX, selain itu paketnya dilempar aja krna mungkin diketok gak ada orang, dan statusnya diterima oleh saya, padahal saya gak menerima. Biasanya kalau jasa ekspedisi lain, dia pasti nginfoin “kak tak taruh sini ya” sambil lampirin foto, ini gak nginfo klo paketnya dilempar aja dan kebetulan salah rumah. CS yang yg di web juga slow respon, akhirnya nelpon CS 021 dong, keluar pulsa hmm, krna gak tau mau kemana lagi, Alhamdulillah 6 jam kemudian si kurir nelpon. andai tadi kurirya WA aku, pasti gak akan aku laporin pusat, krna kasian juga, tp aku gak tau harus lapor kemana. Katanya sekarang lagi otw ambil, semoga barangku bisa sampai di aku. karena pas aku nyamperin ke alamat yg salah, barangku tergeletak sembarangan, yg punya rumah gak jawab, mau lompat pagar nanti dikira maling

    Mungkin bisa dijadikan evaluasi ID Ekspress
    1. Jika kirim barang, pastikan ada yg menerima, jika penerima tidak ada, tolong telpon / WA pemilik barang, enaknya dititip kemana / ditaruh mana. Jangan main lempar, karena tadi pas aku ke alamat yg salah, barangku tergeletak gitu aja, huhu, pagernya di ketok2 gak ada yg jawab, takut ilang / kebuang.
    2. Banyakin CS lagi, mungkin digerai terdekat, biar gak boros pulsa.

    Maaf, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.

    • 1 April 2021 - (15:22 WIB)
      Permalink

      tambahan
      3. Infokan dengan jujur barang yang dikirim diterima oleh siapa, jika memang tidak ada yang menerima ya kasih note saja (barangnya disini, tidak ada orang). Jangan karena yang punya barang bella, diterima oleh bella juga, padahal bella gak terima. karena belum tentu si penerima adalah si pemilik barang. Berkaca dari ekspedisi lain misal barangnya bella, yang terima si Yuni (sepupu/teman/kakak/dll) biar jelas dan tidak ada fitnah. Kalian aman, customerpun tenang.

  • 4 April 2021 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Tidak recomeded nih id xpress..
    Pengiriman telat …

    Tolong untuk pihak id xpres..
    Untuk nomor resi : IDS003293045355
    Tolong acc kan..

 Apa Komentar Anda mengenai IDExpress?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

IDExpress Memberikan Informasi Pengiriman yang Salah

oleh Yusa Dibrata dibaca dalam: 1 menit
47