KTA Bank DBS Dilempar-lempar Saat Mau Bayar

Saya pemegang KTA Bank BDS dengan nomor: 7800941861. Saya mempunyai tunggakan 4 bulan dan sekarang saya berniat untuk membayar. Namun saya dipersulit, bilangnya tidak ada program restrukturisasi ataupun keringanan, dan bilang sudah lewat programnya.

Apa benar sudah tidak ad program restrukturisasi? Call center DBS collection tidak pernah ada yang angkat. Malah dikirim debt collector ke rumah. Saya mengikuti peraturan OJK, tetapi mereka meminta saya membayar full, entah ke mana dan ke siapa. Mereka mengaku-ngaku dari DBS dan membawa surat.

Info dari CS DBS mereka bukan dari pihak Bank DBS. Namun sebagian CS bilang mereka dari Bank DBS. Apakah ini ada permainan di collection DBS yang sudah melelang hutang? Saya kesulitan menghubungi untuk meminta program restrukturisasi.

Ini bukan pertama kali saya meminta program ini. Sudah hampir tiap bulan saya telepon dan selalu bilang gak ada program.

Irvan Kumala
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Irvan Kumala

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pak Ivan. Saya juga sudah telat 5 bulan. Malah saya lucu aja sama DC internal. Saya kan dapat sms katanya dapat program diskon pelunasan dan saya diminta menghubungi ke DC.
    Saya sudah hub dan ternyata katanya smua DC sibuk dan akan dihandle oleh salah satu DC
    Saya tunggu sampai hari ini gada kejelasan.kebiasaan burik para dc internal mereka itu ya Gitu.
    Saat udah ada notif mereka ilang kayak ditelan bumi.nanti hadir lagi klo kita dah lama gadakabar dan nagih kayak cuma mereka yg punya perut.
    Saya sudah sebel ma kelakuan mereka pak.
    Tukang boong semua.saya komplen via email kenapa para DC itu info nya beda beda dan seneng banget boong. Malah saya dibilang ini itu.gajelas pokoknya.

    Pas datang dc lapangannya bikin keributan ga pak?saya pernah di WA ma.dc lapangan dan mereka nipu saya pak.bilang ada program ternyata enggak.

    Sejak saat itu saya selalu komplen ke internal.DBS via email

    • Mereka datang baik2 pak.. tp kebetulan saya ga di rumah.. dan akhirnya mereka telp.. yg saya binggung.. kalo telp cs hutang saya dengan data dc berbeda jauh.. selisih 60jt.. yg q ngmg brp dan yg lain ngmg brp... saya mau bayar posisinya skrg.. tapi ga bs bayar tunggakan full 4 bulan.. malah msreka minta 5 bulan dimuka.. saya ad rekaman percakapan dengan mereka.. saran saya tiap telp rekam aja.. blg sama mereka kalo telp ini direkam.. mereka jaih lebih berhati2 saat berbicara..

      • Pak ivan
        Ya pak saya selalu rekam.
        dan saya tiap abis di telp DC selalu saya email aja.
        Saya ga suka aja mereka tuh kerja cuma kejar target tapi ga bs terima pengaduan.
        Saya juga pernah beda sisa hutang.
        saya paksa mereka buat sebutkan history pembayaran saya.
        Saya minta ke mereka dan dikasih.
        Saya juga cocokaan dengan yang punya saya.

    • Mba ayu boleh tau cara complain ke internal DBS gimana dan email kemana? Btw gimana caranya ya agar kita buat group perihal hal ini

      • Ad yg telp saya dr dbs.. mereka cm blg diselesaikannya diminta telp collection.. krn mereka ga pnya data apa2.. dan infonya yg telp saya kmaren dr collection berbeda dgn laporan.. krn laporan yg telp saya cowo.. tp yg telp saya cewe.. ini bank dbs segede gini cm sekedar report aja masih berantakan..

        Dan tetap saja tidak ad solusi.. cm dilempar2 lagi.. dan blg ga ad program restruktur.. saya ud rekam smua.

        Kalo aduin ojk gmn ya? Di website dbs blgnya ad restrukfur.. tp skrg blgnya ga ada..
        Pembohongan public..

    • Kmaren saya baru ngajuin telat 8 hari, tapi sampai skrg belum ada tanggapan, katanya nanti ada yg telfon dari team terkait

  • Saya pas banjir kmrin juga semper telat bayar cicilan ke 11, krn telat sehari penaltinya dah gede banget, akhirnya Saya pikir bayar sekalian Aja pas tagihan berikut , dan 10cicilan sebelumnya Saya ga pernah nunggak, trust dihubungi pihak dcnya, disuruh bayar bla bla bla dan Saya jelasin kenapa Saya ogah bayar dan may bayar began tagihan berikut aja toh Saya juga bayar dendanya tapi dcnya dah kayak manusia lulusan sd ga bisa bedain nasabah Mana yang bermasalah dan nasabah Mana yang kreditnya sangat baik sampai terakhir Saya ms sibuk nasehatin dcnya kalau dia kerja bawa benders perusahaan jadi jangan kayak dipasar , eh dia malah taro tlpnya di meja pas Saya lg nasehatin, ampe dah kelar Saya manggil2 n nungguin dia balik.

    Dan dari yang Saya ketahui, Kta dbs itu melalui third party, biasanya yang kayak gt yang sudah dapetin relaksasi pembayaran Karena mereka bukan perbankan , semua Kta instant itu via third party melalui fintech2 atau p2p lending spt coinwork, modaltoko dsbnya

  • Belum ad penjelasan dr pihak dbs.. saya ad rekaman dimana 1 cs bilang total hutang saya lebih rendah dan pihak collection bilang lebih selisih 60jtan.. kalau dr dbs masih melempar2 saya akan coba lapor ke ojk.

  • Salam kenal pak irvan
    Sy jg ada tunggakan d dbs 4 bln, emg bnr pak dbs ini bank amburadul
    Sy sdh minta keringanan dari april smp skrg ga ada ujungnya yg ada dsrh bayar trs
    Bank ga ada prikemanusiaannya ini, ga ikut aturan pemerintah utk nasabah selama covid

  • Hi pak.. ini kondisi yang nyaris dialami oleh semua nasabah yg macet di DBS. Sy ada bberapa kondisi macet di bank lain dan sudah ada yg deal dengan sy walaupun proses berjalan lambat. Satu2nya yang susah dan DCnya cenderung tidak support cuma DBS..

  • Mungkin ada yg pnya pengalaman bagimana penyelesaiannya? Sampai sekarang pihak dbs tidak ad contact saya dan kalau saya contact pun blgnya nanti ad pihak yg akan menghubungi..

    Thanks

    • sama pak ivan.

      gada yang jelas juga. saya cuma dapat sms mendapatkan diskon. pas d hub katanyaa akan ada yg hub. tapi ga jelas juga