Surat Pembaca

Shopee Melindungi Pembeli yang Merugikan Penjual

Pembeli di Shopee dengan akun kurniasih*** telah membeli beberapa produk di toko saya. Setelah barang sampai pembeli memberi bintang 3 tanpa ada keterangan atau alasan apapun. Saya sudah coba chat pembeli untuk menanyakan kendala apa, tapi sampai 1 minggu berlalu tidak ada balasan sama sekali, padahal setiap hari pembeli statusnya online.

Oleh sebab itu saya buat laporan ke pihak Shopee dengan no laporan 90366808 untuk menghapus penilaian yang tidak otentik dan tidak beralasan tersebut.

Setelah beberapa hari saya dapat email jika saya disuruh menunjukkan bukti percakapan kalau pembeli mengizinkan penghapusan penilaian tersebut padahal sudah saya kirimkan bukti chat 1 minggu tidak dibalas sama sekali. Tetapi tetap pihak Shopee berkali-kali memaksa saya mengemis ke pihak pembeli. Padahal seharusnya saya yang menuntut apa alasan pemberian nilai buruk itu???? Tapi justru saya terus dipaksa mengemis. Saya juga berkali-kali sudah sampaikan ke agen live chat tapi hasilnya tetap sama.

Tolong pihak Shopee bersikap bijak, tidak semena-mena terhadap penjual dan mendewakan pembeli.

Yudi Ekasari
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Oiya saya belum jelaskan disini tapi ke shopee sudah saya jelaskan,
    Pembeli ini membeli 6 produk berbeda masing2 1 pc dengan total belanja 16.900 untuk 6 produk tersebut dengan free ongkir.
    Order tgl 17 pkl 21.19
    Saya kirim tgl 18
    Sampai bandung tgl 20
    Dan ke 6 produk saya diberi bintang 3 semua, jadi bukan cuma 1 saja, 6 x bintang 3.

  • Sebagai salah satu penjual di Platform Shopee, Tokopedia, Lazada dan JD ID, kita cukup berpengalaman dengan hal seperti ini. Masalahnya adalah bagaimana respon kita sebagai penjual setelah kita diberikan bintang 3 atau bahkan bintang 1 tanpa alasan.

    Kembali ke masing-masing toko lagi apakah kita perlu menanggapinya secara berlebihan atau itu merupakan kebebasan dan hak dari konsumen kita. Kenyataannya, pemberian bintang di Platform Jual Beli Online memang adalah hak dari masing - masing customer.

    Di toko kami berapapun bintang yang diberikan oleh pelanggan, kita akan selalu mengulas balik dengan jumlah bintang yang sama ke akunnya. Bisa dilihat beberapa akun pembeli "Bermasalah" akunnya memiliki banyak bintang 1 dari toko - toko lain karena memang ada tipe - tipe orang seperti itu.

    Tetapi kita sebagai toko online harus menekan ego kita demi customer kita, meskipun dengan kesalahan dan ketidakpahaman oleh customer kita. Ada jg indikasi persaingan bisnis seperti yang diungkapkan salah satu akun diatas. Adalah hal yang wajar dalam berbisnis baik di ranah Offline maupun Online

  • Initinya gk ngaruh mau bintang bagus/jelek intinya selaku penjual wajib chat comentar..
    Dr yg good and no good...
    W aja beli olshop gk liat bintang intinya di chat fast respon itu yg terbaik..
    Bintang di urusin, yg penting komunikasi u sm pelanggan agar jadi langganan..

  • ITU YANG PADA JULID BILANG UDH RESIKO LAH, CENGENG LAH GABACA AMPE BERES APA GAK BISA NGERESAPIN MAKSUDNYA SIH? RESAPIN ATUH SI CUSTOMER GAK NGASIH TAU ALESAN BINTANG 3 TEH APA, COBA KALAU DIKASIH TAU JUGA BISA JADI BAHAN EVALUASI BUAT TOKO DIA. JANGAN CUMAN SELLER YANG DISURUH NANGGUNG RESIKO. SURUH CUSTOMER JUGA BELAJAR JANGAN SEENAKNYA KASIH PENILAIAN TANPA ALESAN. KALAU DIWAJARIN TRS CUSTOMER KEK GT GAK AKAN BELAJAR TRS AJA YG DISURUH NANGGUNG RESIKONYA SELLER. MIKIR NETIZEN HERAN.