Surat Pembaca

Sudah Ikut Pelatihan PraKerja di Kelas.com melalui Tokopedia, Sertifikat Belum Juga Muncul di Dashboard

Saya sudah mendaftar kartu PraKerja, sudah disetujui dan ada dana masuk 1 juta rupiah. Saya sudah mengikuti pelatihan di Tokopedia,  yaitu Kelas.com. Pelatihan saya selesai pada tanggal 25 Agustus 2020 dan sudah mendapatkan sertifikat pada tanggal 25 itu juga. Setelah itu saya mengisi ulasan di akun Tokopedia saya.

Sertifikat sudah muncul dari tanggal 25 Agustus 2020

Setelah semua selesai saya menunggu selama 9 hari, karena di situ tertera harus menunggu 9 hari kerja. Namun sampai saat ini sertifikat saya belum muncul di dashboard PraKerja. Padahal mitra pelatihan lain punya istri saya sudah selesai, bahkan insentif sudah diterima.

Sebenarnya yang salah di pihak siapa? Karena saya sudah mencoba email dan menanyakan ke CS. Pihak Kelas.com bilang sudah memberikan sertifikat ke mitra Tokopedia. Sedangkan menurut pihak Tokopedia ketika saya email, mengaku sudah memberikan sertifikat ke pihak PraKerja. Saya coba hubungi CS PraKerja mereka bilang belum menerima sertifikat dari pihak Tokopedia.

Saya sudah berulang ulang verifikasi dan email, tetapi tidak ada tanggapan dan solusi. Apa susahnya untuk email kembali sertifikat saya ke PraKerja. Keterangan di awal maksimal 9 hari, tetapi sudah 11 hari dan sudah menanyakan tetapi tidak ada respon. ?

Muhammad Muchlis
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bukan bermaksud menjatuhkan, langsung to the point aja. Menurut pengalaman saya, antara Tokopedia dan bukalapak lebih cepat bukalapak. Next Time kalau mau bantu saudara memberi pelatihan, beli saja di bukalapak. Saya membeli latihan di sekolah desain di bukalapak, Alhamdulillah prosesnya cepat. Tidak seperti saudara saya yang membeli pelatihan di Tokopedia yang sampai saat ini sertifikat tidak muncul di Dashboard Prakerja. Padahal dari pihak vendor sudah mengirimkan data tersebut ke Tokopedia.

  • Saya juga mengalami hal serupa... Sudah 9 Hari tapi sertifikat belum muncul didashboard prakerja... Mengecewakan kelas.com

  • Saya juga sudah selesai pelatihan di kelas.com..pada tgl 29 agustus ..tetapi sampai saat ini belum ada sertifikat yang muncul didasboard prakerja..sudah email ke tokopedia dan prakerja, harus menunggu lagi. Padahal banyak yang mengambil dari kelas.com yang belum mendapatkan sertifikat di dashboard.

  • Selamat malam.
    Saya sudah mengikuti semua sesi pelajaran, akan tetapi di dashbord belum ada sertifikat yang tertera.

    Mohon bantuannya.
    Terimakasih