Bukalapak Lambat Menangani Keluhan Buyer, Seller Bermasalah Tetap Dibela

Pada tanggal 6 September 2020, saya membeli dua buah barang di Bukalapak dengan Seller yang sama dan memiliki status “Super Seller” serta Rating “Juragan”. Sebelum saya melakukan purchase, Seller menyatakan barang tersedia. Berdasarkan pernyataan seller tersebut, saya melakukan transaksi barang yang telah didiskusikan ketersediaannya.

Namun, setelah melakukan pembayaran Seller memberikan informasi bahwa warna varian dari barang yang saya pesan tidak tersedia. Selanjutnya saya memutuskan untuk mengajukan permohonan pembatalan transaksi, karena sudah tidak merasakan kenyamanan bertransaksi dengan seller tersebut.

Nomor Transaksi Bukalapak: 202937740682
Id Seller: Faza Jualonline

Permohonan pembatalan saya ditolak oleh Seller dan Seller menginginkan transaksi dilanjutkan. Akhirnya saya membuka fitur komplain di Bukalapak, saya mengharapkan transaksi dapat dibatalkan. Pihak Bukalapak menyatakan bahwa Seller ingin mencarikan barang terlebih dahulu, sehingga saya harus menunggu sampai hari Kamis. Hari Kamis 10 September 2020, Seller mengirimkan pesan bahwa barang akan dikirim.

Jumat 11 September barang tiba, hanya saja yang produk yang menjadi masalah sejak awal tidak dikirimkan. Saya hanya menerima satu barang dari dua barang yang dipesan. Kecewa yang sebesar-besarnya oleh Bukalapak yang tetap mendahulukan keinginan Seller, meskipun saya telah menceritakan kronologi dan bukti-bukti yang menjadikan transaksi ini tidak nyaman.

1. Info awal Ready, setelah pembayaran jadi tidak Ready.
2. Mohon pembatalan, ternyata ditolak Seller dan tetap diproses.

Kalau saja pembatalan dilakukan di awal sesuai permintaan saya, permasalahan ini mungkin tidak akan muncul. Status saat ini, uang saya bayarkan sesuai pesanan, barang yang saya terima hanya sebagian. Saya sudah membuka kembali fitur komplain terkait barang yang belum saya terima, tapi dari Tim Bukalapak tetap menyampaikan secara formalitas. Bukalapak menyampaikan akan konfirmasi ke Seller terlebih dahulu, dalam beberapa hari baru dapat kami tindaklanjuti, Seller akan kami edukasi, dan lain sebagainya.

Terima kasih Bukalapak, Seller segalanya untuk Bukalapak. Pesan untuk Bukalapak:

Bukan hanya materi yang dirugikan, waktu dan pikiran juga jadi tersita karena masalah ini. Buyer mungkin tidak memberikan benefit secara langsung untuk Bukalapak, tetapi Seller tidak akan hidup kalau Buyer tidak ada.

Fikri Akhmad Badrian
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Fikri Akhmad Badrian

Terima kasih atas feedback yang diberikan melalui Media Konsumen. Kami informasikan bahwa kendala transaksi pembelian yang dialami oleh Bapak Fikri...
Baca Selengkapnya

Komentar