Surat Pembaca

Pelatihan Kartu PraKerja sekolahpintar.com Cukup Bermasalah

Saya ingin berbagi keluh kesah dan mungkin para pembaca ada yang memiliki cerita seperti saya. Saya adalah salah satu peserta pelatihan kartu PraKerja gelombang 6 dengan nomor 3506202*********. Saya memilih Kemnaker sebagai mitra pelatihan, karena sebelumnya saya sempat membaca banyak review kecewa dengan mitra Bukalapak atau Tokopedia. Setelah saya memilih Kemnaker, saya memutuskan mengikuti pelatihan new digital marketing dengan pemberi materi langsung dari Babastudio.

Saya mengakses materi cukup mudah untuk beberapa bab pertama. Ketika saya memutuskan untuk lanjut membaca materi di hari berikutnya, permasalahan baru muncul. Progres materi yang saya simak di hari sebelumnya tidak terhitung dan tidak tercentang hijau. Begitu pun dengan progres kuis saya masih 0, padahal saya sudah menjawab 3-4 kuis dengan benar.

Saya mencoba mengulangi video materi dari awal hingga pada bab terakhir yang saya simak, tapi tetap ada bab yang tidak tercentang hijau. Saya terus coba ulangi materi video. Butuh waktu satu minggu lebih untuk menyelesaikan materi tersebut. Di materi paling akhir, saya berhasil menyelesaikan 46 dari 46 materi dan kuis juga telah ter-update menjadi 20. Tetapi kadang ketika saya me-refresh halaman, progres ini acak lagi. Saya tidak tahu kenapa.

Permasalahan lain dari website ini adalah website kadang tidak bisa diakses karena terlalu banyak yang ingin masuk. Dari seminggu yang lalu selalu muncul bad gateway dan poster under maintenancewebsite baru bisa diakses 8 jam kemudian. Hal tersebut tidak hanya terjadi sehari tapi hampir setiap hari. Jika memang menjadi mitra pelatihan dengan Kemnaker harusnya sebelum kontrak dicek dulu apakah website yang ditawarkan untuk kerja sama sudah mumpuni untuk diakses ribuan orang dalam satu waktu. Sampai saya menulis artikel ini saya belum bisa masuk untuk mengakses halaman materi saya.

Problem lainnya yakni masalah webinar. Di kartuprakerja.sekolahpintar.com bagian webinar cuma terdapat bagan jadwal sesi webinar Senin – Jumat pukul 09.00, 10.00, dan 11.00 serta 2 button untuk mengklik downloading Zoom. Saya sudah menginstall Zoom sebelumnya jadi mengapa harus menginstall lagi? Tidak ada tombol untuk join room Zoom webinar. Tidak ada informasi untuk cara join room Zoom. Lalu bagaimana kita bisa ikut webinar? Untuk masuk room saya tidak bisa.

Saya coba untuk online sesuai jadwal sesi. Pernah sekali saya bisa masuk di halaman pukul 09.00. Tetap saja tidak bisa ikut webinar! Saya coba sesi berikutnya juga. Tetap tidak bisa! Hanya ada tombol download Zoom. Terus bagaimana agar saya atau peserta lain bisa akses webinar? Tidak ada link undangan untuk join di room Zoom juga. Customer service sudah saya hubungi beberapa (terdapat 8 nomor CS) tetapi tidak ada respon. Mohon konfirmasi dari pihak sekolahpintar.com bagaimana penyelesaian kasus seperti ini.

Mungkin teman-teman ada yang membaca dan memiliki masalah yang sama pada kartuprakerja.sekolahpintar.com bisa komentar juga atau bahkan mungkin sudah bisa lolos webinar bisa diceritakan pengalamannya. Satu hal yang cukup mengganggu saya pada kartu PraKerja ini adalah kita tidak bisa mengambil pelatihan lain sebelum menyelesaikan pelatihan pertama.

Bagaimana kita bisa menyelesaikan pelatihan pertama jika mitra pelatihan seperti pada kasus saya sekolahpintar ini zonk? Maju tidak bisa mundur tidak bisa. Mau ambil pelatihan lain tidak bisa, otomatis progress lanjutan lainnya tidak bisa. Saran saya kepada pemerintah untuk selalu melakukan cek mendalam pada calon vendor mitra pelatihan apakah mereka cukup layak dan mumpuni dalam menjadi mitra dan memberikan pelayanan. Terima kasih banyak.

Audia Putri Narayani
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sama, saya juga begitu, video pelatihan udah saya terulang ke awal padahal sebelumnya sudah 20 video siap, webinar nya gak bisa di akses, sumpah saya menyesal ambil sekolah pintar, karena sampai sekarang belum kelar kelar

    • saya juga mengalami hal yg sama. jujur sangat menyesal karna hampir tiap hari saya mencoba merefresh halam web sekolah pintar tsb. tp hasilnya tetap sama. sudah mengubungi cs dan pihak terkait tp tdk ada jawaban. mohon agar diberikan solusinya.

      • Mohon dong dikasih pencerahan gimana utk mengikuti webinar di pelatihan sekolah pintar prakerja,,jgn la kecewakan kami ..niat utk mngikuti prakerja ini jujur bgt sekalian utk mendapatkan ilmu kami jg ingin mendapatkan insentif prakerja dengan mngikuti prosedur tp kenapa kami dipersulit,,kami jg udh selesaikan pelatihan dengan modal waktu dan materi yg tidak sedikit..tp knp semua komentar ttg sekolah pintar tidak ditindaklanjuti..kmi hanya ingin bs di permudah jgn dipersulit begini.

        • Good like belajar pelatihan kursus menjahit dari kemarin siang sampe jam 03:30 baru selesai dan yang anehnya dari vidio terahir tidak muncul untuk memberi ranting dan bertulis dalam masa pelatihan padahal vidio itu saya simak dan ber ulang2 di putar sampe paham tapi belum ceklizt hijau jadi bingung harus bagaimana

        • Saya juga mengalami masalah yang sama. Ternyata link join untuk webinarnya hanya terlihat jika memakai PC atau laptop. Kalo di Hp gak keliatan linknya. Namun tetap saja mau join masuk gak bisa krn tulisannya host sedang dlm meeting lain.
          Setelah berhasil masuk, masalah berikutnya mau memberikan ulasan di kemnaker, krn saya membeli lewat kemnaker... Dan ini masalah baru, gak ada pilihan buat memberikan ulasan.. Saat dibuka aplikasi kemnakernya error....sedangkan cuma dikasih waktu 2 hari buat memberi ulasan dari sertifikat terbit.

    • Milik istri saya juga begitu kasusnya membeli pelatihan di kartuprakerja.sekolahpintar.com seharga 500.000 kursus menjahit , setelah menyelesaikan seluruh modul pelatihan berupa video , terus mengakses webinar.. dari pertama sampai sekarang belum ada menu atau tombol join yg mengarah pada zoom meeting , hanya ada perintah download install aplikasi zoom meeting versi komputer atau aplikasi zoom meeting versi android , Setelah install aplikasi zoom meeting di leptop dan sudah berhasil login sesuai dgn email yg sama pada kemenaker kartuprakerja.sekolahpintar.com kemudian login kembali dasboard pelatihan di kartuprakerja.sekolahpintar.com langsung menuju menu webinar pada waktu yg telah di tentukan sesuai jadwal webinar di dasboard pelatihan .. hasilnya tetap sama tetap tidak bisa ikut webinar.. saya hubungi custumer service nya tidak ada respon sama sekali yg merespon hanyalah robot syistem...

    • Saya juga memiliki permasalahan yg Sama. Apa yg harus saya lakukan? Karena webinar bener* gabisa Di akses di sekolahpintar.

    • sma sya juga gtu nyesel bget pilih sekolah pintar yg ternyata sangat² ribet dan bermasalah....udh upgradet nya bnyak dan lama malah gc bnr² ikut webinar aja susah dan gc bisa sma se x...tlong bgi yg udh ad absensi dr sekolah pintar bgi² agar pelatiban ini selesai?? ini peltihan lertma sy mohon di bantu smua??,
      buat sekolah pintar knpa hrus ngasih pelatihan klo nyatanya bikin org susah....

    • Utk webinar lebih baik menggunakan PC, sy jg sdh coba brkali2 akhirny bisa muncul linkny di PC. Namun untuk video materiny sendiri sy selalu mengalami kendala, video materi selalu kembali ke halaman login. Sy sdh hubungi CS, sdh diberikan arahan jg namun video materi tetap seperti itu. Benar2 menyita waktu, sangat mempersulit ? Mungkin ada tmn2 yg bisa memberikan solusi ?

      • Sekarang udah bisa belum mbak. Punya suami ku jg gitu jd cuma bisa muter 1 video saja gk bisa lanjut ke yg lain

    • Punya suami sy jg gtu, jd cuma bisa buka video pertama pembukaan saja pas video tersebut selesai gak bisa lanjut ke video ke 2 dan seterusnya, karna tiap klik lanjut pasti logout sendiri otomatis harus ngulang lagi dari video pertama dong gak selesai2 begitu terus sementara video pertama yang udah kelar ditonton pun tidak centang hijau dan juga tidak bisa langsung puter video ke 2 ke 3 atau lainnya seperti pelatihan yg lain. harus ngulang lagi ngulang lagi. Sampai kiamat pun cuma bisa nonton video pembukaan doang. Padahal akun saya beli pelatihan di bukalapak lancar bgt mau buka video bab brp dulu jg bisa dan sekarang udah selesai udah dpt sertifikat

    • saya adalah peserta gelombang 4.. dr bulan agustus sy puny kendala yg sm seperti kesusahan mengikuti webinar di sekolah pintar. dan sy setiap hari terus mencoba agar kendala cepat terselesaikan tapi sampai sekarang sama sj tidak bisa mengikuti webinar. sedih sekali... ?

    • sya sdh mempelajari 59.vidio dri 62 vidio semua,, sdh hmpir 1.bln sya tdak bsa login2 lgi asal kita login kluar blm daftar
      hbis kita daftar d suruh login lgi y bgtu2 setrus.a,, kadang2 saya bsa masuk tapi vidio.a 1.2.3. smpe brjam2 gk bsa brlnjut ke seterus.a
      sekolah pintar bantu kmi yg lagi berusaha mencari ilmu di campus anda jngn di susahin

  • Saya pun mengalami hal yg sama persis. Sampai sekarang tdk ada solusi, chat semua CS pun tdk ada yg direspon. Kirim email ke pihak terkait pun tdk ada respon juga. Entah harus menunggu berapa lama. Jujur menyesal memilih pelatihan di platform ini

  • vidio materi yang telah selesai semua dan tidak centang hijau dan tidak bisa mengikuti langkah selanjutnya:)

    • Saya mengikuti klas menjahit dan saya tdk bisa melihat video materi terakhir selalu kembali kemenu login sudah hampir 3 hri seprti itu
      Dan materi yg sudah saya tonton tdk tercentang hijau setiap komplain ke cs malah dikirim link yg itu2 aza

  • Saya juga mengalami seperti teman2 alami, saya sudah tanya ke cs, ke kartu prakerja, ke kemnaker, tapi tidak ada respons, saya gelombang 4, saya sudah menyelesaikan pelatihan dan kuis, tapi kuis masih o, dan ikut webiner tapi link nya tidak ada, ntah bagaimana nasib isentif kita

    • Saya sudah mengalami juga hal seperti ini,tapi punya teman saya sekarang dia sudah dapat insentif,dia ambil pelatihan di sekolah pintar,kursus menjahit...butuh kesabaran extra kita masuk ke sekolah pintar. apa bila ada kendala saya insyaAllah siap membantu.ini no hp saya 0813391004**

  • Web Prakerja memang banyak kelemahannya karena masih dalam proses pengembangan.
    Sekedar info,
    - CS memang sulit dihubungi, kirimkan saja keluhan lewat email
    - Apabila sudah menyelesaikan pelatihan, sertifikat pasti terlambat, jadi harus bersabar
    - Pencairan insentif cenderung mundur, jangan berpatokan pada tanggal
    - Usahakan mengikuti pelatihan dengan PC atau laptop, jangan dari hp/smartphone (gunakan browser chrome), kalau ada kendala ulangi lagi prosesnya
    - eWallet wajib sudah diupgrade, kalau tidak, tidak bisa tersambung
    - pilih pelatihan yang simpel dan durasi terpendek saja bagi yang belum

  • Sama persis dengan yang saya alami. Saya ikut pelatihan bahasa inggris. Saya mengira hanya saya yg mengalami problem demikian. Ternyata banyak sekali.
    Centang hijau tiba2 hilang sendiri
    Halaman sering maintenance
    Tidak bisa ikut webinar
    Cs tidak pernah merespon
    Pdhal hal2 tersebut adalah syarat lulus nya kita ikut pelatihan.
    Kecewa sekali. Untuk dapat ikut kartu prakerja saja sudah susah sekali. Malah pelatihannya pun ikut susah di akses.

  • Sumpah demi allah saya sangat menyesal ngambil pelatihan di sekolah pintar,sampai sekarang ga bisa mengikuti sesi webinar padahal quiz dan video sudah selesai.
    Sampai sekarang masih menggantung.ga ada solusi

    • Saya mah udah masuk link webinar tapi minta passcode nah passcode nya itu dapat dari mana. Hubungin cs sekolah pintar ga di balas". Beneran asli kaya ngemis jadinya

    • Kah mohon maaf ini mw nanya
      klw kita sudah beli materi tapi eror terus ini bisa tdk kita ambil materi lain di aplikasi lain
      Di sebabkan sering eror atw kita du suru selesaikan dulu materi yg kita ambil baru bisa beli materi baru . Mohon bimbingannya

  • Sama gan, saya sampai detik ini mengikuti prakerja bahasa inggris di sekolah pintar tidak dapat menyelesaikan webinar, padahal video dan kuis sudah di putar dan di jawab berkali kali sampai kouta internet habis cuma buat mutar video sekolah pintar, sampai detik ini tidak ada solusi nya gan sudah menghubungi cs sekolah pintar dan kemenaker hanya balasan pesan otomatis sajah untuk melihat youtube lagi yg ngabisin kouta internet lagi

    • Saya juga mengalami hal yg sama, saya gelombang ke 4 kalo saran saya sebaiknya kita mengadu pada bang Hotman Paris atau Dedy Corbuzier agar di angkat ke media soal nya percuma segala cara sudah kita kerjakan lewat telp, email kalo di angkat ke media viral otomatis dari pihak sisnaker atau sekolah pintar.com pasti akan menanggapi

  • Sampai Hari ini saya belum bisa masuk Sekolah Pintar, pdhl hari ini saya mau webinar juga. CS juga ga ngerespon apa apa dari kemarin. Rekomendasi dapet sertifikat cepat dan murah dong, saldo saya sisa 500k. Gara gara (Tertipu) Sekolah Pintar. Niat mau pinter, malah di bego begoin. Halaaahhh..

1 2 3 6