Surat Pembaca

Pelatihan Kartu PraKerja sekolahpintar.com Cukup Bermasalah

Saya ingin berbagi keluh kesah dan mungkin para pembaca ada yang memiliki cerita seperti saya. Saya adalah salah satu peserta pelatihan kartu PraKerja gelombang 6 dengan nomor 3506202*********. Saya memilih Kemnaker sebagai mitra pelatihan, karena sebelumnya saya sempat membaca banyak review kecewa dengan mitra Bukalapak atau Tokopedia. Setelah saya memilih Kemnaker, saya memutuskan mengikuti pelatihan new digital marketing dengan pemberi materi langsung dari Babastudio.

Saya mengakses materi cukup mudah untuk beberapa bab pertama. Ketika saya memutuskan untuk lanjut membaca materi di hari berikutnya, permasalahan baru muncul. Progres materi yang saya simak di hari sebelumnya tidak terhitung dan tidak tercentang hijau. Begitu pun dengan progres kuis saya masih 0, padahal saya sudah menjawab 3-4 kuis dengan benar.

Saya mencoba mengulangi video materi dari awal hingga pada bab terakhir yang saya simak, tapi tetap ada bab yang tidak tercentang hijau. Saya terus coba ulangi materi video. Butuh waktu satu minggu lebih untuk menyelesaikan materi tersebut. Di materi paling akhir, saya berhasil menyelesaikan 46 dari 46 materi dan kuis juga telah ter-update menjadi 20. Tetapi kadang ketika saya me-refresh halaman, progres ini acak lagi. Saya tidak tahu kenapa.

Permasalahan lain dari website ini adalah website kadang tidak bisa diakses karena terlalu banyak yang ingin masuk. Dari seminggu yang lalu selalu muncul bad gateway dan poster under maintenancewebsite baru bisa diakses 8 jam kemudian. Hal tersebut tidak hanya terjadi sehari tapi hampir setiap hari. Jika memang menjadi mitra pelatihan dengan Kemnaker harusnya sebelum kontrak dicek dulu apakah website yang ditawarkan untuk kerja sama sudah mumpuni untuk diakses ribuan orang dalam satu waktu. Sampai saya menulis artikel ini saya belum bisa masuk untuk mengakses halaman materi saya.

Problem lainnya yakni masalah webinar. Di kartuprakerja.sekolahpintar.com bagian webinar cuma terdapat bagan jadwal sesi webinar Senin – Jumat pukul 09.00, 10.00, dan 11.00 serta 2 button untuk mengklik downloading Zoom. Saya sudah menginstall Zoom sebelumnya jadi mengapa harus menginstall lagi? Tidak ada tombol untuk join room Zoom webinar. Tidak ada informasi untuk cara join room Zoom. Lalu bagaimana kita bisa ikut webinar? Untuk masuk room saya tidak bisa.

Saya coba untuk online sesuai jadwal sesi. Pernah sekali saya bisa masuk di halaman pukul 09.00. Tetap saja tidak bisa ikut webinar! Saya coba sesi berikutnya juga. Tetap tidak bisa! Hanya ada tombol download Zoom. Terus bagaimana agar saya atau peserta lain bisa akses webinar? Tidak ada link undangan untuk join di room Zoom juga. Customer service sudah saya hubungi beberapa (terdapat 8 nomor CS) tetapi tidak ada respon. Mohon konfirmasi dari pihak sekolahpintar.com bagaimana penyelesaian kasus seperti ini.

Mungkin teman-teman ada yang membaca dan memiliki masalah yang sama pada kartuprakerja.sekolahpintar.com bisa komentar juga atau bahkan mungkin sudah bisa lolos webinar bisa diceritakan pengalamannya. Satu hal yang cukup mengganggu saya pada kartu PraKerja ini adalah kita tidak bisa mengambil pelatihan lain sebelum menyelesaikan pelatihan pertama.

Bagaimana kita bisa menyelesaikan pelatihan pertama jika mitra pelatihan seperti pada kasus saya sekolahpintar ini zonk? Maju tidak bisa mundur tidak bisa. Mau ambil pelatihan lain tidak bisa, otomatis progress lanjutan lainnya tidak bisa. Saran saya kepada pemerintah untuk selalu melakukan cek mendalam pada calon vendor mitra pelatihan apakah mereka cukup layak dan mumpuni dalam menjadi mitra dan memberikan pelayanan. Terima kasih banyak.

Audia Putri Narayani
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • wah, trnyata tdk hny saya yg mnglami mslh.. byk tmen2 jg mnglminya. ini bru pglmn prtma sya, n sya gk tau kalau di sekolah pintar bermslah. krna sya fikir ini sesuai dg minat sya, mkanya saya ambil lah pelatihan belajar bahasa inggris di sekolah pintar ini. Kendala yg sya hadapi yaitu sya tdk bsa menonton video pembelajaran 1.5 dan hanya stagnan di video 1.4. utk ikt webinar jg sya bingung hrus pilih yg mna, krn tdk ad kterangan apa2. klo rasa nyesel jg psti ada. tp kn qt smua gk tau klo kjdianny bkal jd bgini. Tlg pihak sekolah pintar utk bsa profesional. krna ini mnyangkut insentif para peserta yg sdh sgt mengidam2kan mndpt ibsentid. Trims ??

  • Saya kira cuma saya yg mengalami kesulitan saat ikut webinar. Saya peserta prakerja gelombang 7. Saya sudah ikit latihan, bahkan diputar sampai 4x divideo pertama dan terakhir.
    Tapi ketika akan ikut webinar.. yg tertera hanya jadwal webinar. Tidak ada pilihan harus klik tombol ini dan itu.
    Ini terjadi sudah seminggu yang lalu.
    Entah sampe kapan bisa diakses lagi.
    Tidak ada tempat pengaduan... Berkali2 menghubungi CS nya tapi tidak pernah ada respon.
    Kalo sudah begini... Bagaimana nasib kartu prakerja kami.

  • Untuk mengikuti webinar,silahkan coba masuk ke website sekolah pintar dan mulai kursus yang sudah dipilih. Lalu disitu tertera jadwal webinar yang akan diikuti,ingat harus sesuai jadwal webinar.
    Jika sudah sesuai,disitu akan langsung dibawa ke grup webinar yg akn diikuti,sebelum itu pastikan apl zoom nya sudh di downlod..

  • SEKOLAHPINTAR.COM SUNGGUH MENGHAMBAT KAMI SEMUA UNTUK MENDAPATKAN ISENTIF PRAKERJA YANG SANGAT KITA BUTUHKAN, TOLONG DITINDAK LANJUTTI PLATFORM MITRA YANG BERMASALAH KHUSUSNYA SEKOLAHPINTAR.COM ,KITA SUDAH SABAR NAMUN JIKA TIDAK DIRESPON MAKA BANYAK DOSA YANG TERJADI KARENA ULAH PLATFORM GAJELAS

    • Coba kak download beberapa broswer di komputer atau smartphone, biasanya kebanyakan pake chrome, mungkin server chrome nya kebanyakan user jadi tidak bisa untuk login atau menonton video di sekolahpintar. Kalo misal tidak bisa pake chrome bisa dicoba pake broswer yang lainnya (opera, mozilla, UC). Alhamdulillah saya coba pake broswer lain berhasil sampe ke download sertifikat. Semoga temen2 berhasil juga. Salam

  • Saya kemarin jga g bisa webinar, sekarang udah bisa webinar, tinggal kasih ulasan d dashboart kemnaker, tp belum berhasil, intinya sabar aja, karna yg akses bukan cuma kita??
    Yg pake browser hp mungkin bisa dicoba opsi "situs dekstop"

  • saya senasib dengan kalian, nyesel ambil materi dari sekolah pintar,,sampai sekarang webinar nggak bisa. Harus kemana nih laporannya,,,hubungi CS sudah, tapi gak ada penyelesaian

  • saya punya jawab untuk masalah webinar kalian tinggal masukan data sesuai di prakerja ke link ini https://forms.gle/45mwuAKM2wdxn2iu9
    saya kirim pagi,sore sudah di email dari sekolah pintar untuk mengikuti jadwal webinar,mereka akan mengirimkan link untuk bisa mengikuti jadwal webinar,tapi bukan jma 9 pagi,melaikan jam 1 siang dan juga memilik 3 sesi,silahkan mencoba

    sekarang kedala saya tidak bisa mengakses sekolah pintar,ada apa yg sebenernya,selalu saja ada problem

  • rasanya ingin saya keluarkan kata-kata kasar buat sekolah pintar ini. Benar-benar mengecewakan. sedangkan kita tidak bisa pindah atau beli pelatihan yang lain kalau sedang berjalan di sekolah pintar yang bikin saya merasa dibodohi. #laporpresidenaja

  • Saya juga mengalami hal yg sama, tidak bisa mengikuti webinar, karena tidak ada link undangan dari lembaga pelatihan sekolah pintar.com, sudah berhari2 tiada kemajuan hanya jln di tempat, menghabiskan waktu dan kuota, dimana tanggung jawab lembaga ini?