Surat Pembaca

Pelatihan Kartu PraKerja sekolahpintar.com Cukup Bermasalah

Saya ingin berbagi keluh kesah dan mungkin para pembaca ada yang memiliki cerita seperti saya. Saya adalah salah satu peserta pelatihan kartu PraKerja gelombang 6 dengan nomor 3506202*********. Saya memilih Kemnaker sebagai mitra pelatihan, karena sebelumnya saya sempat membaca banyak review kecewa dengan mitra Bukalapak atau Tokopedia. Setelah saya memilih Kemnaker, saya memutuskan mengikuti pelatihan new digital marketing dengan pemberi materi langsung dari Babastudio.

Saya mengakses materi cukup mudah untuk beberapa bab pertama. Ketika saya memutuskan untuk lanjut membaca materi di hari berikutnya, permasalahan baru muncul. Progres materi yang saya simak di hari sebelumnya tidak terhitung dan tidak tercentang hijau. Begitu pun dengan progres kuis saya masih 0, padahal saya sudah menjawab 3-4 kuis dengan benar.

Saya mencoba mengulangi video materi dari awal hingga pada bab terakhir yang saya simak, tapi tetap ada bab yang tidak tercentang hijau. Saya terus coba ulangi materi video. Butuh waktu satu minggu lebih untuk menyelesaikan materi tersebut. Di materi paling akhir, saya berhasil menyelesaikan 46 dari 46 materi dan kuis juga telah ter-update menjadi 20. Tetapi kadang ketika saya me-refresh halaman, progres ini acak lagi. Saya tidak tahu kenapa.

Permasalahan lain dari website ini adalah website kadang tidak bisa diakses karena terlalu banyak yang ingin masuk. Dari seminggu yang lalu selalu muncul bad gateway dan poster under maintenancewebsite baru bisa diakses 8 jam kemudian. Hal tersebut tidak hanya terjadi sehari tapi hampir setiap hari. Jika memang menjadi mitra pelatihan dengan Kemnaker harusnya sebelum kontrak dicek dulu apakah website yang ditawarkan untuk kerja sama sudah mumpuni untuk diakses ribuan orang dalam satu waktu. Sampai saya menulis artikel ini saya belum bisa masuk untuk mengakses halaman materi saya.

Problem lainnya yakni masalah webinar. Di kartuprakerja.sekolahpintar.com bagian webinar cuma terdapat bagan jadwal sesi webinar Senin – Jumat pukul 09.00, 10.00, dan 11.00 serta 2 button untuk mengklik downloading Zoom. Saya sudah menginstall Zoom sebelumnya jadi mengapa harus menginstall lagi? Tidak ada tombol untuk join room Zoom webinar. Tidak ada informasi untuk cara join room Zoom. Lalu bagaimana kita bisa ikut webinar? Untuk masuk room saya tidak bisa.

Saya coba untuk online sesuai jadwal sesi. Pernah sekali saya bisa masuk di halaman pukul 09.00. Tetap saja tidak bisa ikut webinar! Saya coba sesi berikutnya juga. Tetap tidak bisa! Hanya ada tombol download Zoom. Terus bagaimana agar saya atau peserta lain bisa akses webinar? Tidak ada link undangan untuk join di room Zoom juga. Customer service sudah saya hubungi beberapa (terdapat 8 nomor CS) tetapi tidak ada respon. Mohon konfirmasi dari pihak sekolahpintar.com bagaimana penyelesaian kasus seperti ini.

Mungkin teman-teman ada yang membaca dan memiliki masalah yang sama pada kartuprakerja.sekolahpintar.com bisa komentar juga atau bahkan mungkin sudah bisa lolos webinar bisa diceritakan pengalamannya. Satu hal yang cukup mengganggu saya pada kartu PraKerja ini adalah kita tidak bisa mengambil pelatihan lain sebelum menyelesaikan pelatihan pertama.

Bagaimana kita bisa menyelesaikan pelatihan pertama jika mitra pelatihan seperti pada kasus saya sekolahpintar ini zonk? Maju tidak bisa mundur tidak bisa. Mau ambil pelatihan lain tidak bisa, otomatis progress lanjutan lainnya tidak bisa. Saran saya kepada pemerintah untuk selalu melakukan cek mendalam pada calon vendor mitra pelatihan apakah mereka cukup layak dan mumpuni dalam menjadi mitra dan memberikan pelayanan. Terima kasih banyak.

Audia Putri Narayani
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • saya juga tidak bisa log in dan muter-muter terus, tolong agar tidak di persulit mendapatkan hak orang demi kepentingan diri sendiri

  • yang ngga bisa kasi ulasan di kemnaker karena pelatihan tidak ditemukan di menu penilaian mari berkumpul ..
    yang pernah ada kendala yg sama dan udah ada penyelesaiannya , boleh share dong caranya gmn
    cs gabisa dihubungi nih

    • sama, saya juga kendalanya seperti itu.
      dari kemarin gak bisa bisa kasi ulasan di kemnaker

      • Saya melakukan 2 hal untuk ini (dan pada kenyataannya sebelumya saya pusing hingga 1 bulan yang buat saya pasrah saja)
        (1) kirim email ke kartuprakerja.sekolahpintar@gmail.com dengan isi seperti ini
        Halo Admin, saya telah selesai melakukan pelatihan dengan materi “Belajar Bahasa Inggris(contoh saja)” di platform “kemenaker”. Sertifikat saya belum masuk di dashboard prakerja, mohon segera mengirimkan sertifikat pada pihak kartu prakerja. Nama : (isi nama lengkap kamu), Nomor prakerja : (isi nomor kartu prakerja kamu). Terima kasih

        Pada Subjeknya tulis "ID TRANSAKSI:(isi nomor transaksinya) NOMOR VOUCHER: (isi nomor vouchernya)

        => jangan lupa sertakan sertifikat yang sudah kamu unduh dan (1) screenshoot ulasan dan bintang (2) screenshoot tanggal dan jam webinar yang sudah kamu ikuti (3) screenshoot jumlah video dan kuis yang sudah selesai

        nanti balasannya seperti di bawah ini:
        INI EMAIL OTOMATIS. TIDAK AKAN MEMBALAS EMAIL KAMU
        DUA CARA UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN PEMBELAJARAN KAMU

        Pertama, Permasalahan Log In

        Ada 6 langkah untuk kamu dapat mengatasi permasalahan log in kamu:
        1. Di ponsel atau tablet, buka aplikasi Chrome
        2. Di kanan atas, klik “Lainnya”.
        3. Klik Histori. Hapus data browsing.
        4. Di bagian atas, pilih rentang waktu. Untuk menghapus semua, pilih Sepanjang masa. Di samping “Cookie dan data situs” dan “Gambar dan file cache”, centang kotaknya.
        5. Tap Hapus data.
        6. Buka kembali website kartuprakerja.sekolahpintar.com. Selamat Melanjutkan kembali video materi ?

        Untuk lebih memudahkan kamu, kami berikan link Video Panduan untuk kamu klik

        _____________________________________________________________________________________________
        Kedua, Permasalahan Webminar
        =>pada webinar, kita harus absen juga dan ini juga yang menjadi masalah saya karena pada saat klik “Mulai Webinar”, tiba-tiba langsung keluar namun ada tulisan di bawah “Mulai Webinar” bahwa sudah mengikuti webinar pada jam saat klik tulisan itu.
        Di sini kita kirim lagi email dengan isi seperti ini tadi namun tambahkan kalimat “saya tidak dapat melakukan absen”

        Pada kasus ini, bila tidak bisa masuk webinar saat membuka aplikasi ZOOM, kita harus kirim email lagi seperti di atas.
        Ini dia jawaban emailnya (ada link mengikui ZOOM dan Passcode saat kita membuka ZOOM Webinarnya):

        Silahkan klik link di bawah ini dan WAJIB INSTAL APLIKASI ZOOM TERLEBIH DULU

        Silahkan memilih jadwal webinar berikut ini :

        1. Jadwal Webinar Senin s/d Jumat (Sabtu minggu libur)
        2. Jam pelaksanaan (Pilih salah satu)

        A. Jam 09:00 WIB s/d jam 10:00 WIB
        B. Jam 10:00 WIB s/d jam 11:00 WIB
        C. Jam 11:00 WIB s/d jam 12:00 WIB
        D. Jam 13:00 WIB s/d jam 14:00 WIB
        E. Jam 14:00 WIB s/d jam 15:00 WIB
        F. Jam 16:00 WIB s/d jam 17:00 WIB

        PENTING
        1. Pilih hanya salah satu
        2. Jika penuh pindah ke jam berikutnya
        3. WAJIB isi absensi. Lewat chat, Minta Link absensi pada instruktur saat WEBINAR
        Tidak absen, dianggap tidak ikut webinar

        Berikut Link Webinar HANYA bisa di Klik sesuai Jadwal diatas
        – Join Zoom Meeting
        https://us02web.zoom.us/j/87425394342?pwd=bmtJNFFzdXR3SlRWS2MwZGZPY281dz09
        Passcode: 956514

        Terimakasih dan selamat belajar kembali
        _____________________________________________________________________________________________

        (2) Kemudian langkah kedua, kita masuk ke website Kemnaker dan buat Komplain tentang masalah apapun tentang termasuk apabila website lembaga pelatihan itu sulit diakses, log in bermasalah, tidak dapat melakukan penilaian di kemnaker padal sudah selesai, dll dan sertakan bukti sertifikat dan screenshoot seperti di atas.

        Lakukan terus dan tunggu hingga kita dapat melakukan penilaian.

        1. Saya juga menemukan masalah kalau kita buka di browser. Jadi apabila ada ada tulisan “tambahkan kemnaker ke layar utama”, klik saja. Nah dari sinilah saya dapat mengakses penilaian dari kemnaker. Namun,pada saat tidak saya buka dari layar utama dan langsung dari browser chrome, sata tidak menemukan penilaiannya.
        2. Sebelumnya setelah saya melakukan penilaian dan ulasa di situs kemnaker, tiba-tiba tidak ada tulisan apapun di menu penilaian dan saya tidak dapat melihat tentang yang sudah saya ulas tadi. Di sini kita komplain ladi di situs kemnaker tentang masalah ini.
        3. Tunggu saja beberapa hari atau 7 hari kerja, kita akan mendapat email dari kemnaker bahwa kita sudah mendapat sertifikat (walau saat saya cek di prakerja.go.id statusnya belum selesai dan masih “aktif”

        ------Untuk yang videonya belum terceklist, hapus history atau hapus data browsernya terlebih dahulu dan buka kembali websitenya-----

    • Saya melakukan 2 hal untuk ini (dan pada kenyataannya menunggu dan komplain selama 1 bulan yang buat saya pasrah saja)
      (1) kirim email ke kartuprakerja.sekolahpintar@gmail.com dengan isi seperti ini
      Halo Admin, saya telah selesai melakukan pelatihan dengan materi "Belajar Bahasa Inggris(contoh saja)" di platform "kemenaker". Sertifikat saya belum masuk di dashboard prakerja, mohon segera mengirimkan sertifikat pada pihak kartu prakerja. Nama : XXX
      Nmr prakerja : isi nomor kartu prakerja kamu. Terima kasih

      => jangan lupa sertakan sertifikat yang sudah kamu unduh dan (1) screenshoot ulasan dan bintang (2) screenshoot tanggal dan jam webinar yang sudah kamu ikuti (3) screenshoot jumlah video dan kuis yang sudah selesai

      INI EMAIL OTOMATIS. TIDAK AKAN MEMBALAS EMAIL KAMU
      DUA CARA UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN PEMBELAJARAN KAMU

      Pertama, Permasalahan Log In

      Ada 6 langkah untuk kamu dapat mengatasi permasalahan log in kamu:
      1. Di ponsel atau tablet, buka aplikasi Chrome
      2. Di kanan atas, klik “Lainnya”.
      3. Klik Histori. Hapus data browsing.
      4. Di bagian atas, pilih rentang waktu. Untuk menghapus semua, pilih Sepanjang masa. Di samping "Cookie dan data situs" dan "Gambar dan file cache", centang kotaknya.
      5. Tap Hapus data.
      6. Buka kembali website kartuprakerja.sekolahpintar.com. Selamat Melanjutkan kembali video materi :)

      Untuk lebih memudahkan kamu, kami berikan link Video Panduan untuk kamu klik

      _____________________________________________________________________________________________
      Kedua, Permasalahan Webminar
      =>pada webinar, kita harus absen juga dan ini juga yang menjadi masalah saya karena pada saat klik "Mulai Webinar", tiba-tiba langsung keluar namun ada tulisan di bawah "Mulai Webinar" bahwa sudah mengikuti webinar pada jam saat klik tulisan itu.
      Di sini kita kirim lagi email dengan isi seperti ini tadi namun tambahkan kalimat "saya tidak dapat melakukan absen"

      Ini dia jawaban emailnya (ada link mengikui ZOOM dan Passcode saat kita membuka ZOOM Webinarnya):

      Silahkan klik link di bawah ini dan WAJIB INSTAL APLIKASI ZOOM TERLEBIH DULU

      Silahkan memilih jadwal webinar berikut ini :

      1. Jadwal Webinar Senin s/d Jumat (Sabtu minggu libur)
      2. Jam pelaksanaan (Pilih salah satu)

      A. Jam 09:00 WIB s/d jam 10:00 WIB
      B. Jam 10:00 WIB s/d jam 11:00 WIB
      C. Jam 11:00 WIB s/d jam 12:00 WIB
      D. Jam 13:00 WIB s/d jam 14:00 WIB
      E. Jam 14:00 WIB s/d jam 15:00 WIB
      F. Jam 16:00 WIB s/d jam 17:00 WIB

      PENTING
      1. Pilih hanya salah satu
      2. Jika penuh pindah ke jam berikutnya
      3. WAJIB isi absensi. Lewat chat, Minta Link absensi pada instruktur saat WEBINAR
      Tidak absen, dianggap tidak ikut webinar

      Berikut Link Webinar HANYA bisa di Klik sesuai Jadwal diatas
      - Join Zoom Meeting
      https://us02web.zoom.us/j/87425394342?pwd=bmtJNFFzdXR3SlRWS2MwZGZPY281dz09
      Passcode: 956514

      Terimakasih dan selamat belajar kembali
      _____________________________________________________________________________________________

      (2) Kemudian langkah kedua, kita masuk ke website Kemnaker dan buat Komplain tentang masalah apapun tentang termasuk apabila website lembaga pelatihan itu sulit diakses, log in bermasalah, tidak dapat melakukan penilaian di kemnaker padal sudah selesai, dll dan sertakan bukti sertifikat dan screenshoot seperti di atas.

      Lakukan terus dan tunggu hingga kita dapat melakukan penilaian.

      1. Saya juga menemukan masalah kalau kita buka di browser. Jadi apabila ada ada tulisan "tambahkan kemnaker ke layar utama", klik saja. Nah dari sinilah saya dapat mengakses penilaian dari kemnaker. Namun,pada saat tidak saya buka dari layar utama dan langsung dari browser chrome, sata tidak menemukan penilaiannya.
      2. Sebelumnya setelah saya melakukan penilaian dan ulasa di situs kemnaker, tiba-tiba tidak ada tulisan apapun di menu penilaian dan saya tidak dapat melihat tentang yang sudah saya ulas tadi. Di sini kita komplain ladi di situs kemnaker tentang masalah ini.
      3. Tunggu saja beberapa hari atau 7 hari kerja, kita akan mendapat email dari kemnaker bahwa kita sudah mendapat sertifikat (walau saat saya cek di prakerja.go.id statusnya belum selesai dan masih "aktif"

    • Saya melakukan 2 hal untuk ini (dan pada kenyataannya sebelumya saya pusing hingga 1 bulan yang buat saya pasrah saja)
      (1) kirim email ke kartuprakerja.sekolahpintar@gmail.com dengan isi seperti ini
      Halo Admin, saya telah selesai melakukan pelatihan dengan materi “Belajar Bahasa Inggris(contoh saja)” di platform “kemenaker”. Sertifikat saya belum masuk di dashboard prakerja, mohon segera mengirimkan sertifikat pada pihak kartu prakerja. Nama : (isi nama lengkap kamu), Nomor prakerja : (isi nomor kartu prakerja kamu). Terima kasih

      Pada Subjeknya tulis "ID TRANSAKSI:(isi nomor transaksinya) NOMOR VOUCHER: (isi nomor vouchernya)

      => jangan lupa sertakan sertifikat yang sudah kamu unduh dan (1) screenshoot ulasan dan bintang (2) screenshoot tanggal dan jam webinar yang sudah kamu ikuti (3) screenshoot jumlah video dan kuis yang sudah selesai

      nanti balasannya seperti di bawah ini:
      INI EMAIL OTOMATIS. TIDAK AKAN MEMBALAS EMAIL KAMU
      DUA CARA UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN PEMBELAJARAN KAMU

      Pertama, Permasalahan Log In

      Ada 6 langkah untuk kamu dapat mengatasi permasalahan log in kamu:
      1. Di ponsel atau tablet, buka aplikasi Chrome
      2. Di kanan atas, klik “Lainnya”.
      3. Klik Histori. Hapus data browsing.
      4. Di bagian atas, pilih rentang waktu. Untuk menghapus semua, pilih Sepanjang masa. Di samping “Cookie dan data situs” dan “Gambar dan file cache”, centang kotaknya.
      5. Tap Hapus data.
      6. Buka kembali website kartuprakerja.sekolahpintar.com. Selamat Melanjutkan kembali video materi ?

      Untuk lebih memudahkan kamu, kami berikan link Video Panduan untuk kamu klik

      _____________________________________________________________________________________________
      Kedua, Permasalahan Webminar
      =>pada webinar, kita harus absen juga dan ini juga yang menjadi masalah saya karena pada saat klik “Mulai Webinar”, tiba-tiba langsung keluar namun ada tulisan di bawah “Mulai Webinar” bahwa sudah mengikuti webinar pada jam saat klik tulisan itu.
      Di sini kita kirim lagi email dengan isi seperti ini tadi namun tambahkan kalimat “saya tidak dapat melakukan absen”

      Pada kasus ini, bila tidak bisa masuk webinar saat membuka aplikasi ZOOM, kita harus kirim email lagi seperti di atas.
      Ini dia jawaban emailnya (ada link mengikui ZOOM dan Passcode saat kita membuka ZOOM Webinarnya):

      Silahkan klik link di bawah ini dan WAJIB INSTAL APLIKASI ZOOM TERLEBIH DULU

      Silahkan memilih jadwal webinar berikut ini :

      1. Jadwal Webinar Senin s/d Jumat (Sabtu minggu libur)
      2. Jam pelaksanaan (Pilih salah satu)

      A. Jam 09:00 WIB s/d jam 10:00 WIB
      B. Jam 10:00 WIB s/d jam 11:00 WIB
      C. Jam 11:00 WIB s/d jam 12:00 WIB
      D. Jam 13:00 WIB s/d jam 14:00 WIB
      E. Jam 14:00 WIB s/d jam 15:00 WIB
      F. Jam 16:00 WIB s/d jam 17:00 WIB

      PENTING
      1. Pilih hanya salah satu
      2. Jika penuh pindah ke jam berikutnya
      3. WAJIB isi absensi. Lewat chat, Minta Link absensi pada instruktur saat WEBINAR
      Tidak absen, dianggap tidak ikut webinar

      Berikut Link Webinar HANYA bisa di Klik sesuai Jadwal diatas
      – Join Zoom Meeting
      https://us02web.zoom.us/j/87425394342?pwd=bmtJNFFzdXR3SlRWS2MwZGZPY281dz09
      Passcode: 956514

      Terimakasih dan selamat belajar kembali
      _____________________________________________________________________________________________

      (2) Kemudian langkah kedua, kita masuk ke website Kemnaker dan buat Komplain tentang masalah apapun tentang termasuk apabila website lembaga pelatihan itu sulit diakses, log in bermasalah, tidak dapat melakukan penilaian di kemnaker padal sudah selesai, dll dan sertakan bukti sertifikat dan screenshoot seperti di atas.

      Lakukan terus dan tunggu hingga kita dapat melakukan penilaian.

      1. Saya juga menemukan masalah kalau kita buka di browser. Jadi apabila ada ada tulisan “tambahkan kemnaker ke layar utama”, klik saja. Nah dari sinilah saya dapat mengakses penilaian dari kemnaker. Namun,pada saat tidak saya buka dari layar utama dan langsung dari browser chrome, sata tidak menemukan penilaiannya.
      2. Sebelumnya setelah saya melakukan penilaian dan ulasa di situs kemnaker, tiba-tiba tidak ada tulisan apapun di menu penilaian dan saya tidak dapat melihat tentang yang sudah saya ulas tadi. Di sini kita komplain ladi di situs kemnaker tentang masalah ini.
      3. Tunggu saja beberapa hari atau 7 hari kerja, kita akan mendapat email dari kemnaker bahwa kita sudah mendapat sertifikat (walau saat saya cek di prakerja.go.id statusnya belum selesai dan masih “aktif”

1 4 5 6