Surat Pembaca

Ketidakpastian Tindak Lanjut oleh Pihak DANA Indonesia Digital Wallet terkait Kasus Penipuan

Kepada Yth Tim Surat Pembaca,

Bersama dengan surat ini kami ingin melaporkan keluhan kepada Tim DANA Indonesia’s Digital Wallet dengan kronologi sbb:

Pada tanggal 13 September 2020, saya melakukan transfer dari akun DANA saya ke akun dana penipu sebesar Rp3.650.000 di nomor 0838035970** atas pembayaran Jasa Paypal. Namun pembayaran tersebut berstatus pending sehingga pihak penipu bilang tidak bisa memproses orderan karena uangnya belum masuk.

Saya pun melakukan transfer kembali untuk menambah jumlah orderan sekaligus jaminan agar orderan saya diproses. Saya mentransfer melalui BCA Virtual Account ke DANA Top Up ke akun dengan nomor yang sama sejumlah Rp1.328.600. Setelah melakukan transfer akun Twitter dari pelaku hilang. Kemudian saya menghubungi pelaku lewat telpon namun tidak diangkat.

Saya kemudian mengirimkan sms dan pelaku masih merespon dengan janji akan mengembalikan uang tersebut ketika uang yang Rp3.650.000 sudah masuk ke akun DANA penipu. Merasa sepertinya ada yang aneh, segera saya telpon Customer Care DANA di 1500445 untuk pembatalan pembayaran yang ter-pending sejumlah Rp3.650.000. Namun customer care bilang bahwa transaksi yang sudah dilakukan tidak dapat dibatalkan.

Kemudian saya menjelaskan bahwa ada indikasi penipuan dan saya meminta akun penipu dibekukan. Customer care langsung memproses pembekuan akun penipu dan saya diminta untuk mengirimkan foto identitas, foto selfie, bukti transaksi dan bukti percakapan dengan pelaku via email ke help@dana.id .

Setelah melakukan instruksi dari pihak Customer Care DANA, saya telepon kembali ke 1500445 untuk menanyakan apakah pelaku sudah menarik uang ataupun melakukan transaksi dengan uang yang saya kirim. Namun saya tidak mendapat jawaban, customer care hanya bilang dia tidak bisa memberi tahu apakah uangnya sudah digunakan atau belum. Tanggal 13 September 20 pukul 20.10 transaksi saya yang pending sejumlah Rp3.650.000 berubah status menjadi batal dan uangnya langsung otomatis ter-refund ke akun DANA saya. Setelah uang tersebut te-refund pelaku tidak dapat dihubungi sama sekali.

Tanggal 14.09.2020, saya mendapat balasan melalui email sbb:

Hi Ibu Emmy,

Selamat datang di Customer Care DANA. Saya Permadi, Customer Care DANA akan membantu.

Menindaklanjuti laporan penipuan yang Ibu Emmy alami, setelah Permadi lakukan pengecekan pada sistem kami, transaksi pada 13/September/2020 19:10:29 WIB telah gagal dan uang telah dikembalikan ke saldo Ibu Emmy. Silakan lakukan pengecekan pada riwayat transaksi Ibu Emmy.

Kemudian saya membalas bahwa benar transaksi sejumlah Rp3.650.000 sudah gagal dan uangnya kembali secara otomatis ke saldo DANA saya. Namun yang saya permasalahkan adalah terkait uang yang saya transfer melalui BCA Virtual Account sejumlah Rp1.328.600.

Akhirnya kasus ini dibuatkan pelaporan baru dan saya kembali diminta untuk mengirimkan data-data foto KTP, selfie, bukti transaksi, bukti percakapan dan surat pengaduan yang bertanda tangan di atas materai Rp6.000 via email. Berkali kali saya telpon Customer Care DANA dan saya hubungi via WA untuk konfirmasi apakah uangnya masih ada di saldo akun DANA pelaku atau tidak. Namun selalu dijawab sama saya harus menunggu konfirmasi selanjutnya.

Pada tanggal 18 September 2020 pihak DANA kembali mengirimkan email yang berisi informasi bahwa uang tersebut sudah digunakan untuk transaksi oleh pelaku, tanpa ada penjelasan yang jelas transaksi apa, kapan dan di mana. Dan pihak DANA hanya akan memberikan data data terkait pelaku jika ada surat panggilan dari pihak kepolisian. Tidak ada tindak-lanjut dari pihak DANA yang mempermudah korban, misalnya mediasi ke pihak bank (jika pelaku menarik uang saldo dana ke bank), ataupun ke pihak merchant (jika pelaku melakukan transaksi pembelanjaan). Saya beranggapan bahwa Pihak DANA lepas tangan atas tanggung jawabnya dengan dalih melindungi data pengguna (penipu) namun di sisi lain hal ini mempersulit korban penipuan.

Bersama dengan Surat Pembaca ini, kami mohon bantuan agar masalah ini dapat segera selesai.

Hormat kami.

Emmy Sri Idah
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA atas Keluhan Ibu Emmy Sri Indah

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Emmy Sri Indah di Media Konsumen, “Ketidakpastian Tindak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya itu wajar,sesuai dengan prosedur yang ada,melindungi data pengguna juga hak DANA,kan jg gak ada surat kehilangan atau surat laporan k kepolisian jd ya gk bs d perpanjangan coba urus surat laporan k kepolisian itu jd bukti kuat,bkn cm ngmng saya di tipu gt doang klu ucapan itu cmargumen d mata hukum

    • Iya sama, tpi g ada tanggapan dari pihak DANA, kalau k bank konvensional kan biasanya ada pemblokiran sementara akunnya atau bantuan sejenisnya, ni DANA ko diem bae

      • Waduh, berarti tetap aman2 saja ya, Kak si penipu?

        Saya habis Maghrib tadi juga ketipu..?

        • Sy kena tipu oleh call center dana sekitar 9 JT lebih sy isi saldo dana lewat CIMB niaga ke nmr hp sy tp semua tdk masuk hilang entah kemana tp jelas itu nmr sy to saldo tdk masuk tp pas sy coba sy masukin saldo dana 20 rebu ada,,sy komplain kedana sampai sekarang belum di tanggapi sampai sekarang,,padahal dari tgl 2 Juni 2023,,belum juga di tanggapi parah ni,,sy mau lapor polisi dengan bukti setruk dari bank,,tansaksi sy tdk masuk sebesar 9 JT lebih

      • Tepat tanggal 26 Mei 2021 jam 16:05 saya juga kena tipu lewat top UP virtual account DANA sebesar RP. 2,4jt dan sudah melakukan laporan lewat CS DANA serta lewat email serta mengisi data yg di perlukan, dan ketika saya bertanya apakah saldo DANA pelaku masih ada atas tidak ada sama sekali karena saya masih berharap apakah uang akan kembali tapi saya malah mendapat jawaban jika pihak DANA tidak bisa memberikan info yg saya minta dan menunggu kelanjutan nya 3x24 jam, jadi apakah uang tersebut tidak akan kembali lagi?? Padahal disini korban sangat dirugikan dan sangat berharap bila uang nya bisa kembali tapi pihak DANA malah seakan-akan menutupi dan kurang terbuka pada pihak korban.

  • Apa memang tidak bisa ditindaklanjut terkait penipuan yg dikirim lewat platform dana, soalnya saya tertipu dengan disuruhnya melakukan pinjaman uang dan uangnya ditransfer ke dana top up sebesar 2,250,000 bagaimana cara untuk melaporkan kejadian tersebut qpakah ada tindaklanjut untuk oknum penipu itu

  • Tgl 28, saya terkena penipuan online membeli sebuah produk sepatu local lewat calo, setelah saya transfer uang sebesar 750, si calo"penipu" tidak mengirimkan barang yg saya inginkan, karena transaksi dari dana to dana, saya laporkan kejadian tersebut, dan sudah 2minggu, laporran penipuan saya di terima sehingga diminta data history transfer dan fc ktp ke alamat email dana dan langsung saya kirim bukti fisik nya juga ke kantor dana, sesuai perinta dana di email untuk mengirimkan bukti fisik, dana mengclaim bahwa dana saya masih aman 750rb dan dapat di reffund, tapi sampai sekarang belum juga di reffund. Dari tgl 28 -13 juli belum di ada konfirmasi uang saya di reffund, padahal email terakhir dari dana uang saya akan di reffund, tapi kapan ya kira kira, ada yg tahu cara menangani kasus saya, dan brpa lama biasanya dana meng-reffund dana saya, terimakasih