Surat Pembaca

Akun Shopee Paylater Diretas, Kenapa Pihak Konsumen yang Harus Membayar Tagihan???

Saya adalah pemilik akun Shopee arleen_04. Pada tanggal 09 Juli 2020 saya mendapatkan telpon yang mengatasnamakan Shopee. Awalnya saya curiga, akan tetapi pihak penelpon bisa mengetahui data saya di akun Shopee mulai nama, alamat pengiriman dan transaksi saya. Pihak penelpon mengatakan bahwa saya Berhak menerima bonus Shopeepay dengan syarat harus top up Shopeepay saya dulu, dan akhirnya saya lakukan.

Memang salah saya telah memberikan kode OTP untuk masuk akun saya, tapi saya tidak pernah memberikan password untuk Shopeepay saya apalagi Shopeepay saya menggunakan keamanan sidik jari untuk melanjutkan transaksi. Anehnya kenapa hacker bisa menguras saldo Shopeepay saya sebesar 1,9jt dan tidak disisakan 1 rupiah pun.

Pada saat itu saya langsung melaporkan peretasan tersebut kepada pihak Shopee, dan pihak Shopee menyuruh saya untuk menunggu untuk tidak lanjutnya. Dan pada saat itu si hacker melakukan transaksi pembelian perdana kuota dengan menggunakan metode pembayaran Shopeepay later, secara otomatis saya membatalkan transaksi tersebut karena merasa bukan transaksi saya. Akan tetapi hacker tersebut kembali melanjutkan transaksi tersebut dan saya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut karena ada notifikasi dari Shopee bahwa saya tidak dapat membatalkan transaksi karena saya sudah sekali melakukan pembatalan.

Pada saat itu saya berinisiatif untuk chat penjualnya dan memohon untuk membatalkan transaksi tersebut, akan tetapi belum terselesaikan percakapan dengan si penjual akun saya dibekukan oleh pihak Shopee sebagai tindak lanjut pelaporan saya. Saya merasa agak lega karena kemungkinan besar pihak Shopee juga akan membekukan transaksi karena akun sedang diretas. Tapi setelah akun saya dipulihkan setelah 3 hari saya melihat transaksi tersebut masih dilanjutkan oleh pihak Shopee dan berstatus dalam pengiriman.

Pada saat itu juga saya sangat kecewa dan langsung menghapus akun saya. Pada bulan Agustus awal saya mendapatkan pemberitahuan untuk tagihan Shopeepay later tersebut, saya langsung mengirimkan email ke pihak Shopee tentang peretasan akun saya, dan memohon kebijaksanaan pihak Shopee karena tagihan dari transaksi tersebut bukan transaksi saya. Dan kagetnya pihak Shopee tetap membebankan tagihan tersebut kepada saya, yang memang tidak besar tapi saya merasa dirugikan karena saya merasa bukan kewajiban saya di saat pihak Shopee bisa menghentikan transaksi tersebut untuk kebaikan konsumen tapi pihak Shopee melakukan hal sebaliknya.

Di sini saya berpikiran bahwa Shopee HANYA MEMIKIRKAN KEUNTUNGAN MEREKA SENDIRI TANPA MEMIKIRKAN KONSUMEN!!! Saya tetap bertahan tidak mau membayar karena bukan kewajiban saya.

Kini setiap hari saya ditelpon debt collector Shopee. Berkali-kali juga saya menjelaskan kejadiannya dan memohon untuk kebijaksanaan akan tetapi tidak pernah ada solusi. Sampai sekarang saya masih mendapatkan sms tagihan Shopeepay later tersebut dan ancaman akan disomasi apabila tidak melunasi tagihan tersebut.

Disini terlihat jelas bahwa pihak Shopee hanya mengambil kebijakan yang menguntungkan bagi mereka tanpa memikirkan kerugian konsumen!!!!

Tolong untuk pihak Shopee, itu bukan tagihan saya kenapa harus ditagihkan ke saya???!!!

Arlina Dyah Anggraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Memang lebih baik tidak mengaktifkan shopeepay later dan aplikasi "berhutang" lainnya.
    Serem banget, gampang disalahgunakan. Orang yang ngutang tapi kita yang suruh bayar.

    Buat mbaknya semoga masalahnya cepat selesai...

  • Aku juga sperti ini kak, ?
    Keceplosan otp, tapi wktu pelaku bertanya" tntg pin shopeepay udh aku matiin telpnya . Aku lngsung cepet" ganti semua password akun maupun shopeepay , dan aku gantinya berkali", tau tau pas login akun udh dibekukan,
    Yg saya tanyakan akun saya apakah udh aman ketika dibekukan tersebut ????

    • Gimana mbak nasibnya sekarang? Mbak tetap bayar tagihan atau mbak abaikan.
      Saya sedang mengalami hal yang sama seperti mbak??

      • Buat kelanjutan maslahnya kak arlin gimana ya tetap membayar ya apa tidak ya soalnya saya juga di bulan kenatipu juga pinjaman sebesar 15 jutaan kak.
        Kalo neh mintak no wanya kak mau sharing aja kelanjutannya gimana ..?

        • Mba boleh email ke saya , saya juga baru diretas oleh si heacker shopepay letter & shope pinjam jumlahnya amat besar ?
          Saya dah lapor ke pihak berwajib tapi respon si shope disuruh bayar tagihannya adakah solusi ?

  • Saya kejadian dari bulan mei kemaren tiba2 ada pemberitahuan akun shopee anda di tutup secara permanent (jam 12 malam), saat itu saya coba login sdh tidak bisa dan disitu saya langsung menghubungi cs shopee tanya kenapa tiba2 di tutup permanent & langsung saya jelaskan bahwa saat itu msh ada saldo paylatter takut nya itu di salah gunakan. Besok siang nya masuk sms bahwa ada penggantian password nah disitu sdh tau kalo akun di bobol.
    Pertanyaan yg tidak ada jawaban yg jelas dari pihak shopee :
    1. Kenapa akun saya bisa tiba2 di tutup secara permanent dan setelah itu langsung di akses oleh orang.
    2. Kenapa bisa sedangkan saya tidak pernah kasih kode OTP ke siapa pun (Nah Ini Yang Perlu Dicamkan.
    3. Kenapa untuk hal2 begini tidak di prioritaskan padahal selang setengah jam saya langsung mengubungi Cs Shopee membuat laporan beserta bukti.
    4. Sangat jelas disitu infomarsi orang yg melakukan pesanan (yg membobol) Nama nya, no tlp nya, serta alamat nya tertera lengkap (karena dia menggunakan untuk beli pakaian lebaran & mainan anak).
    5. Aneh nya juga respon Cs Shopee hanya tenang saja kata nya akun saya akan kembali seperti semula? wtf.
    6. Keren nya setelah dia melakukan pemesanan saya sudah bisa login akun saya dengan kondisi saldo paylatter sdh mentok habis??
    7. Saya sudah coba membatalkan semua pesanannya tapi ditolak semua sama toko nya padahal sudah dengan alasan akun saya kena hack tapi tetep itu urusan saya dengan shopee kata nya (berhubung juga si pembobol sdh chat duluan lebih dipercepat pengemasan & pengirimannya jadi sudah di proses cepat)

    Nah heran nya mereka tidak ada jawaban selain saya pernah kasih Kode OTP ke orang lain karena alasan akun di hack hanya itu. Saya merasa sangat dirugikan karena memang tidak pernah melakukan itu. Dan inti nya itu urusan saya (yg punya akun) kata nya jadi harus bayar.
    Logika aja kan saya tidak pernah kasih Kode OTP berarti sistem Shopee kan yang bobrok kalo gitu atau ada permainan orang dalam karena ko bisa segampang itu mempermainkan akun orang begitu, (Nah dan itu pertama kali paylatter saya digunakan pas dengan kejadian itu).

    Selemah itu sih berarti sistem keamanan sekelas Shopee???‍♀️

    (Dan inti nya saya tidak bayar sampai sekarang & siap kalo memang di proses secara hukum karena gk puas dengan tanggapan2 mereka & saya yg sangat di rugikan disini).

    • Jadi gimana kak. Ini kejadian nya seperti yang Saya alamin semingguan ini.
      Terus kakak proses bagaimana sja? Apakah pihak shopee ada kebijaksanaan lebih lanjut lagi?

    • Sy juga tgl 20 kemarin kena hack kak,,, sy tidak tahu klo mereka mengarahkan sy utk aktifasi spaylater karna memang sebelumnya sy bukan pengguna spaylater...si hacker ini menggunakan semua saldo sebesar 2,8juta untuk belnja ,,, sy berniat tidak akan membayar karna ternyata sebelum sy sudah banyak korban yg juga tdk ada solusi terbaik atas kasus ini

  • kemarin aku juga kena hack kak mau tanya apa sekarang ada kebijakan dari shopee ke kakak, atau apa kakak membayar tagihan nya ?

    mohon di jawab soalnya shopee pay latter saya yang digunakan oleh yang hack 3,7jt saya juga keberatan untuk membayarnya

  • Akun saya kena hack shopeepaylater nya habis dibuat belanja.jumlahnya 750rbu
    Dan sekarang tagihannya dibebankan ke saya...
    Lah bodo amat lah pokonya saya tidak mau bayar itu tagihan bukan saya ini yg pake.
    Curhat sedikit.
    Penghasilan saya sehari Alhamdulillah 100rbu bersih kalau 10 hari dapat 1.000.000
    Kalo memang saya punya utang dan saya yg pakai uangnya saya bisa atau gampang buat lunasin itu 750 mah kecil.
    Lah ini disuruh bayar,ditagih buat bayar 750rb bayar apaan bayar angin?

  • Halo, selamat siang
    hari ini sy juga barusan alami nih shopee paylater (user: tina_02) sy kena Retas, itu gimana solusinya ya?? apakah da tanggung jawab dari pihak shopee ? atau haruskah kita lapor langsung ke pihak kepolisian ??
    terima kasih.

    • Ka,, saya juga baru kena penipuan dari shopee,,
      Saya disuruh download akulaku dan kredit pintar
      Di akulaku saya tagihan udh 1.200.000
      Padahal saya gk minjem,,,
      Berawal dari pihak shopee katanya saya dapet undian 2.300.000
      Malah di suruh ini dan itu
      Dan saldo atm saya juga kena 700 ribuan ya allah??????

      • Kalau sya boleh kasih saran,
        Mending mba tenangkan pikiran dulu selamatkan diri mba tenang pokus pada tujuan,
        Dan kejadian yg menimpa mba skrng lupakan,saran saya ganti no hp hapus app ganti yg baru,biar hidup mba tenang .biar tidak ada teror Melalui hp.
        Dan untuk kdpanya jika ada kerabat atau tetangga,saudara mengetahui masalah mba kasih dia penjelasan ceritakan yg sesungguhnya.
        Intinya tenangkan dulu diri mba,

        • Iya saya udh lumayan tenang setelah liat info info dari orang² yg nasibnya sama kaya saya

  • Pihak shopee gk bklan tanggung jawab percuma ngmail atau tlpn cs shopee juga gk ada solusinya.
    Solusi yg terbaik yg saya alami sampai saat ini ialah ganti nomor hapus apk shopee .
    Note:kumpulin bukti saat akun shopee di bajak

    • Apa dengan mengganti no tlfn dan menghapus akun shopee,, gk akan ada penagihan lagi dari akun shopee?
      Shopee pinjam saya jatuh tempo tgl 05 agustus nanti ka,, tolong saya ka

      • Mba kalau saya punya hutang pada saat seperti keadaan sekarang ,kalau ada saya bayar kalau tdk ngapain maksain,malah mikirnya gimna bsok makan/buat kebutuhan keluarga,
        Ini mba posisinya data mba kan di slah gunakan dan mba harus byar semuanya.
        Hih amit amit sya gk akan pernah byar tu hutang.

  • Pada tgl 16 juli 2021 ini saya baru kena hack
    Sebelumnya saya di chat wa terus dia ngirim link terus saya buka,,, dan memasukan kode otp,,
    Tagihan shopee pinjam saya udh 800 ribu walaupun kecil saya gk mau bayar itu,, karna bukan saya yg minjem?,, udah lapor ke cs shopee
    Akun saya di bekukan sementara saya disuruh nunggu 2_3 hari kerja
    Tolong yang tau apa ada sholusi terbaik

    Apa dengan ganti no dan menghapus akun shopee,, masalah akan terselesaikan?