Pelayanan Buruk XL

Saya sudah menggunakan XL sejak 2012, baru kali ini mengalami kendala parah. Tiba-tiba tanggal 18 September 2020 sekitar pukul 13.40 WIB jaringan internet matot, padahal tidak saya utak atik pengaturan HP saya. Saya pikir hanya sebentar, saya sudah coba matikan, restart juga, tapi hingga malam belum bisa dan saya buat laporan call center STATUS C24910403. Manis sekali, dijanjikan secepatnya ditangani.

Hingga kesal, saya terus bombardir follow up ke CS via Twitter mengenai laporan saya. Setiap hari saya follow up dan tanyakan statusnya dan hanya disuruh menunggu. Tanggal September 2020 saya mendapat jawaban ada pemadatan penggunaan jaringan. Saya disarankan untuk restart kembali. Padahal saya pakai 2 SIM card dan SIM card IM3 saya SANGAT SANGAT LANCAR DAN NORMAL. HANYA XL YANG ABNORMAL.

Saya konfirmasi lagi masih belum bisa akses sama sekali. Eh belum selesai, sudah dibuat laporan baru STATUS C24923648. Dari ulang kembali, CS kurang kompeten, saya minta untuk dihubungi tim terkait agar saya bisa menjelaskan secara jelas, hingga saya berulang kali kirim video gambaran kendala sinyal saya supaya sekiranya bisa bantu untuk dianalisis.

Namun hingga saat ini 24 September 2020 pukul 20.10 WIB kendala tersebut belum teratasi. Kemudian dijanjikan kembali oleh CS #M190 dalam SLA 1X24 jam ke depan akan selesai dan akan ada tim yang akan meninjau lokasi saya. Saya sangat membuka lebar pintu rumah. Namun setelah saya make sure kembali, CS lainnya yang menanggapi dan tidak berani menjawab keraguan saya. Dan sangat tidak profesional ketika CS konfirmasi via telepon sekali saat itu, menyebut nama saya SUSI. Kemudian juga CS #M22 di twitter panggil saya TITIN.

Entah bertujuan meledek atau sedang lelah, CS sangat-sangat tidak profesional menangani masalah. Tidak melihat history, selalu konfirmasi ulang apakah yg dimaksud laporan c sekian c sekian. Sangat membuang waktu. Sangat sangat disayangkan sekali CS-nya. Kurang training atau kurang entertaining dari kantor mungkin.

Saat ini yang saya inginkan adalah kompensasi dan ganti rugi dari pihak XL, karena dari 18-24 September 2020 atau 6 hari kendala saya tidak terselesaikan, padahal sinyal saya 4G+, sinyal 1 bar, kuota reguler masih 13 GB dan Youtube masih 18 GB. Lokasi saya padahal termasuk dalam area yang bagus di Rempoa, Ciputat Timur.

Maratina Tanti
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:100    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Pelayanan Buruk XL

    • 25 September 2020 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Hi Maya. Anda salah kalau menjawab dengan minta kirim Via DM. Ini memang muncul di Twitter, tapi bukan serta merta diminta DM. Karena tulisan ini di terbitkan di Situs Media Konsumen. Ini CS XL lho, tapi sepertinya kurang picnic. Anda menyuruh admin @MediaKonsumenID untuk kirim DM. Itu sangat lucu. Kelihatan sekali betapa minim pengalaman seorang CS XL

    • 26 September 2020 - (01:09 WIB)
      Permalink

      Maya, oh Maya…
      Terlihat sekali kamu tidak profesional, ini keluhan bersifat publik dan mencangkul semua konsumen XL…
      Jangan kn yang dari 2012, saya pengguna XL dari 2008 keluhan juga cuma di jawab sama bot Maya dan tidak ada kejelasan…
      Inilah bukti provider tak hanya XL tapi semuanya, hanya ingin uang kita saja, semoga kedepan kita bisa gunakan email untuk berpesan dan berkontak sosial tanpa nomer² provider yg harus di isi tiap bulan untuk masa aktif

  • 26 September 2020 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Saya jg mengalami kendala di daerah saya .
    Ini merupakan kendala yg kesekian kalinya..
    Sudah waktunya berpinda ke provider lain.
    Buat pengguna yg lain saya menyerukan dan mengajak sebelum anda2 menyesal dengan pelayanan XL yg buruk

  • 26 September 2020 - (04:02 WIB)
    Permalink

    Terang aja mass aku juga udah berkali kali beli paket iflix pas striming iflix malah kuota utama yang berkurang ini gak cuman sekali dua kali tapi berkali-kali setiap up di Twitter pasti cuman di bolak balik yang minta alamat lah nomer lah jenis HP lah tapi ujung-ujungnya tetep gak bisa dan pada akhirnya aku menemukan suatu pencerahan untuk berganti ke profider lainnya dan sekarang jadi bahagia wkkwkww

  • 26 September 2020 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Ternyata bukan hanya saya sendiri yang merasakan, saya pakai Axis sejak 2010 dan tertulis terdaftar 2014.
    Tapi tidak pernah ada solusi seperti yang saya harapkan.

  • 26 September 2020 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Pas banget, nemu artikel ini dari beranda google. Saya pengguna XL Prioritas malah, tapi sinyal di tempat kerja saya yang memang pelosok sangat sangat jelek. Mohon maaf, kadang saya suka diejek teman saya yg menggunakan provider lain contoh IM3 dan Telkomsel.
    Saya pernah mengajukan melalui CS juga, diminta email dan mengisi data-data seperti tipe HP, tempat indoor atau outdoor yang tidak ada sinyalnya, dsb. Tanggapannya hanya dijawab sinyal di area saya tersebut sudah kembali normal. Iya, kembali normal walau masih rada lemot (mending daripada sama sekali ga bisa). Tapi lately, oh No. Mau saya ambil aja deposit dan tutup nomor deh. Wilayah saya termasuk kota walau pelosok ya, di Bekasi Utara. Gak kebayang yg pakai XL di Pelosok luar pulau jawa.

  • 26 September 2020 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Hai untuk yang menyalahkan maya, anda tidak tau yang dia rasakan, sehingga kalian bisa berkata demikian. Kalian tidak tau rasany jadi tidak usah sibuk. CS ny aja minta maaf, kalian comment ga penting. Kalian ga tau perasaan maya, mungkin dia ada kerjaan dan harus menggunakan data seluler, mungkin melamar pekerjaan, atau bisnis ny dan sangat penting baginya. Jadi cukup diam dan biarlah urusan dia dengan CS XL. Dan buat maya, sabar karna saya juga demikian,dan sampai hari ini saya juga masih kehilangan sinyal XL saya. Saran saya anda lapor ke XL center terdekat saja. Semoga XL kedepan nya tidak mengecewakan. 🙏

    • 19 Oktober 2020 - (12:08 WIB)
      Permalink

      Ngebadut ya mas? Maya itu kan bot, pernah hubungin CS web online gitu gak sih? Emg langsung dihubungkan ke CS aslinya? Psti diarahin ke bot dlu dng, masa Bot punya perasaan, situ waras?

  • 26 September 2020 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Ya Allah senengnya punya banyak temen yang kendalanya sama, XL memang hebat bisa mempersatukan kami… korban janji XL, saya XL PRIORITAS berpengalaman sama, prioritas lemot dan signal cuma 1 bar… padahal di ujung menteng cakung.. apa kata ujung jadi berpengaruh sama kualitas jaringan ya?

  • 27 September 2020 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Parah emang, sinyal 4G+ kuota lokal masih 15GB YouTube masih 16GB tapi lemotnya luar biasa, mau download ukuran 5MB saja 6 jam dgn kecepatan 20kb/s, parahhhhhhhhhh
    Nomor saya sudah lama 0817xxx tapi pelayanan kaya gini.

  • 13 Oktober 2020 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah setelah melewati perjalanan panjang, akhirnya dari tim XL serius menangani kendala saya setelah saya menulis di media konsumen ini. Tanggal 28 September ada 2 orang tim jaringan XL visit ke rumah saya untuk melihat kondisi real dan menginvestigasi. hasilnya tidak bisa didapatkan di hari itu jadi menunggu kembali. saya selalu di hubungi berkala oleh tim terkait (terima kasih Mbak Priska) tiap 2 hari sekali menanyakan experience penggunaan data dan mengabarkan bahwa kendala masih dalam investigasi. sampai akhirnya saya kebetulan pergi ke daerah Pondok Aren (rumah saya kawasan Rempoa, Ciputat Timur) dan mencoba paket data sangat sangat lancar XL nya. diindikasikan bahwa yang bermasalah adalah site di daerah rumah saya dan saya laporkan kembali ke tim terkait. long story short, tanggal 11 Oktober saya dikabari kembali dan diberikan compliment paket data (karena paket data yang sebelumnya sudah habis masa berlaku padahal kuota masih banyak) dan disarankan untuk mencoba kembali. voila! akhirnya masalah terselesaikan walaupun terkadang masih agak agak lambat jaringannya dan harus di pancing ganti sim atau mode airplane. dan dari pihak XL menegaskan bahwa jika memang kedepannya masih mengalami kendala serupa atau tidak sesuai ekspektasi, jawaban dan tanggapan dari pihak XL adalah tidak dapat menambah jaringan kembali karena sudah “best effort” yang dilakukan tim XL dengan penambahan jaringan maksimal. semoga pengguna XL di wilayah Rempoa, Ciputat Timur saat ini baik-baik saja ya. Masukan saya hanya satu, mohon diperbaiki lagi knowledge dari teman-teman tim CS nya. kurang elok rasanya setiap komplain atau jemput bola, seperti bot. Tapi secara keseluruhan saya ucapkan terima kasih banyak kepada XL yang telah serius menangani kendala saya.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Buruk XL

oleh Maratina dibaca dalam: 1 min
12